Connect with us

Tekno

ACE Banten Gaungkan Gerakan Nasional PLTS Sejuta Atap

Published

on

Bisniscorner.com Gerakan nasional Sejuta Surya Atap adalah upaya nyata untuk Indonesia yang lebih baik, yaitu dengan mengganti penggunaan bahan bakar fosil sebagai penghasil listrik utama dengan menggunakan tenaga dari sinar matahari yakni Pemakaian Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Untuk mendukung program gerakan nasional tersebut, Pokja Wartawan Harian Tangerang Selatan (PWHTS) bersama Asosiasi Chief Engineering (ACE) Banten dan Solar Quest serta Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar seminar bertajuk ‘Gerakan Nasional PLTS Sejuta Atap’ yang digelar di Hotel Swiss Bell, BSD, Serpong, Kota Tangsel pada Sabtu, (15/2).

Plt ACE Banten, Wawan Kurniawan menjelaskan dengan adanya seminar ini diharapkan dapat mewujudkan penggunaan panel surya sebagai pengganti bahan bakar fosil.

“Gerakan sejuta atap panel surya merupakan upaya nyata untuk Indonesia lebih baik, yaitu mengganti bahan bakar fosil dengan menggunakan sinar matahari,” terang Wawan di Hotel Swiss Bell, BSD, Serpong, Sabtu (15/2).
Lanjutnya, pemakaian panel surya sebagai sumber listrik akan mengurangi polusi udata dan suara. Dengan begitu, ACE Banten akan siap mendukung program PLTS di Indonesia.

“Listrik yang dijadikan panel surya tidak menyebabkan polusi udara dan polusi suara. Maka itu, kami ACE Banten siap mendukung program pemaiakan listrik tenaga surga dalam mensukseskan gerakan nasional pemakaian listrik tenaga surya,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, akan turut serta mendukung gerakan nasional PLTS di Indonesia.
Menurutnya, PLTS selain hemat dalam pemakaian energi listrik juga bisa membantu penghematan pengeluaran rumah tangga.

“Saya mendukung gerakan nasional PLTS ini karena bukan dalam rangka menghemat energi saja, tapi ternyata menghemat pengeluaran rumah tangga di masing-masing rumah. Di Tangsel saja kita punya 400 ribu lebih rumah, kalau separuhnya saja memakai PLTS terjadi penghematan ekonomi yang luar biasa,” tutur Benyamin. (red)

Tekno

Semarakkan Semangat Sambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Telkomsel Siaga Optimalkan 233 Ribu BTS, Puluhan Program Promo, dan Layanan Pelanggan Terdepan

Published

on

Bisniscorner.com – Menyambut momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (NARU) dengan #SemarakSemangat, Telkomsel menghadirkan kenyamanan komunikasi bagi pelanggan melalui kesiapan infrastruktur jaringan broadband terdepan dan terluas, ketersediaan produk dan layanan digital bernilai tambah, serta berbagi harapan dengan mereka yang membutuhkan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang inklusif dan berkelanjutan.

Selama momen perayaan NARU 2023/2024, Telkomsel memproyeksikan akan terjadi lonjakan trafik broadband hingga sebesar 13% dibandingkan dengan hari biasa, atau 10,8% dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya. Lonjakan trafik tersebut diperkirakan pada puncaknya akan mencapai 55,2 Petabyte, dan didorong oleh peningkatan akses media sosial sebanyak 15,6%, video streaming sebanyak 9,7%, layanan komunikasi sebanyak 31,9%, online gaming sebanyak 20,6%, hingga e-commerce sebanyak 19,1%.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, “Telkomsel berkomitmen hadir bersiaga mendampingi para pelanggan untuk menyambut Natal dan Tahun Baru dengan penuh sukacita, melalui kesiapan jaringan broadband terdepan dan terluas, ketersediaan ragam produk dan layanan bernilai tambah, serta program CSR untuk berbagi dengan sesama. Terinspirasi oleh semangat bhinneka tunggal ika, kami terus berupaya menghubungkan setiap sudut negeri, menghadirkan terobosan, dan menyalakan semangat berbagi harapan dengan #SemarakSemangat di momen selebrasi NARU kali ini. Mari kita rayakan peluang dan harapan baru akan masa depan yang lebih cerah, bersama-sama terus melaju untuk kemajuan bangsa.”

Kesiapan Jaringan Broadband Terdepan dan Terluas dengan Lebih dari 233 Ribu BTS

Untuk mendukung kenyamanan pengalaman digital pelanggan di seluruh Indonesia selama periode NARU ini, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di 427 lokasi khusus, yang terdiri dari 27 area residensial, 48 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun), 321 area spesial (mal, alun-alun, pusat keramaian), 29 area di rute mudik (jalur mudik, rest area, SPBU), dan 2 gereja/rumah ibadah.

Optimalisasi tersebut di antaranya dilakukan dengan melakukan peningkatan kapasitas 21 unit BTS 4G/LTE, penambahan 53 unit BTS 4G/LTE baru, dan penambahan 55 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), sehingga menggenapi lebih 233 ribu BTS yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jangkauan hingga 97 persen wilayah populasi. Untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas GGSN (Gateway GPRS Support Node) hingga 13,21 Tbps dan kapasitas IX (Internet Experience) hingga 11,08 Tbps.

Guna menghadirkan pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat sekaligus meningkatkan efisiensi operasional, Telkomsel pun telah bertransformasi menjadi penyedia layanan konvergensi terbesar pertama yang mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) dengan Autonomous Network di Indonesia, memberikan kecepatan dan stabilitas layanan jaringan melalui skema zero touch self-assurance berbasis AI untuk mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis.

Selama periode 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, Telkomsel terus memastikan kesiapan jaringan dan memantau pergerakan trafik broadband melalui 15 Posko Siaga Jaringan, yang di antaranya termasuk posko bersama TelkomGroup dan mitra. Di samping itu, Telkomsel pun telah mengoptimalkan layanan VoLTE (Voice over LTE) yang kini telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan dapat digunakan oleh hingga 347 tipe smartphone dari 14 brand.

Ketersediaan Produk Bernilai Tambah dengan Puluhan Promo, Layanan Pelanggan Terdepan untuk NARU

Guna mendukung kemeriahan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Telkomsel menghadirkan ragam produk dan layanan bernilai tambah dengan program dan promo khusus yang dapat diakses oleh pelanggan di berbagai titik layanan yang tersedia, mulai dari promo Movie Voucher untuk upgrade ke paket Halo+ 250k, bebas  berlangganan OTT favorit bagi pelanggan Halo+, tambahan Kuota Apresiasi bagi pelanggan setia Halo+, hingga kuota besar dan harga yang terjangkau dengan Paket Super Seru, serta Paket khusus Nonton bagi pelanggan Telkomsel PraBayar. Bagi pelanggan internet rumah, Telkomsel menghadirkan modem wi-fi paling terjangkau Orbit Star G1 seharga Rp399 ribu dan mengadakan program promo khusus untuk pembelian paket JITU 1 dari IndiHome.

Telkomsel juga mendorong #SemarakSemangat NARU dengan beberapa program bundling khusus, seperti bundling berlangganan WeTV di berbagai paket internet, paket berlangganan Vidio untuk menonton pertandingan FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023™, paket Netflix mobile dengan kuota lebih banyak, serta paket bundling Google Play Pass untuk menikmati akses beragam koleksi mobile games dan aplikasi pilihan berkualitas tinggi tanpa hambatan konten iklan dengan bonus kuota data Telkomsel. Selain itu, pelanggan juga bisa mendapatkan keuntungan dengan berbagai program khusus, mulai dari program Panjat Hadiah Roli di Telkomsel roli, kemudahan untuk membeli produk prabayar menggunakan Telkomsel PayLater atau BRI Direct Debit di aplikasi MyTelkomsel, sampai dengan Pesta Hadiah Akhir Tahun bagi pelanggan SMS Banking.

Adapun pelanggan setia Telkomsel juga dapat menukar Poin dengan banyak keuntungan di Posko Utama, serta dapat menikmati beragam penawaran spesial seperti ekstra kuota, diskon di banyak merchant favorit, diskon smartphone, donasi, berbagi hadiah Natal dan Tahun Baru, hingga kesempatan mendapatkan total 12 iPhone 15 dan ratusan smartphone lainnya, belasan motor hingga 4 mobil Yaris dan grand prize BMW 320i, hanya dengan menukarkan mulai 1 Poin di MyTelkomsel dan MyIndiHome hingga 31 Desember 2023.

Lebih lanjut, Telkomsel mengapresiasi pelanggan setia dengan berbagai keuntungan, mulai dari penukaran Poin dengan merchandise di GraPARI dan Posko Siaga, Lucky Draw Poin Hoki berhadiah 22 smartphone bagi pembelian melalui Omni Channel Telkomsel, harga khusus Telkomsel Orbit dan nomor cantik di Telkomsel Shop, GraPARI, dan Posko Siaga, hadiah khusus untuk pelanggan yang mengambil produk dari MyTelkomsel di Alfamart dan Indomaret, promo khusus bundling CCTV hingga MiFi untuk pembelian IndiHome dengan kecepatan 50 Mbps, serta berbagai program khusus di GraPARI, seperti lelang nomor cantik, redeem Poin untuk voucher minuman, dan keuntungan ekstra untuk pembelian smartphone di device corner.

Untuk kenyamanan pelanggan, 132 Posko Siaga NARU tersedia di seluruh Indonesia untuk pelayanan pelanggan, penjualan produk dan layanan, hingga hiburan berupa games dan live music. Di samping itu, pelanggan juga dapat mengakses layanan pelanggan Telkomsel di Call Center 188 (dan 147, khusus pelanggan IndiHome), aplikasi MyTelkomsel, asisten virtual Veronika di berbagai platform instant messaging, media sosial Telkomsel di Facebook, Instagram, dan X, 507 GraPARI dan 576 ATM MyGraPARI di seluruh Indonesia, serta lebih dari 302 ribu mitra outlet Telkomsel.

Ciptakan Dampak Sosial dalam Implementasi Prinsip ESG dengan Program CSR ‘Sambungkan Senyuman’

Sebagai upaya penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan Telkomsel yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG), selama periode NARU Telkomsel juga melangsungkan program filantropi ‘Sambungkan Senyuman’ dengan melakukan distribusi donasi sejumlah bantuan bagi mereka yang membutuhkan di seluruh penjuru Indonesia, melalui titik distribusi penyerahan bantuan program CSR di Manado (4 Desember), Bandung (7 Desember), Batam (14 Desember), Kupang (18 Desember).

Selain di keempat lokasi program tersebut, Telkomsel membuka bantuan pengobatan gratis untuk Masyarakat Prasejahtera, mendistribusikan bantuan dana untuk Yayasan, Panti Asuhan, Gereja, dan Sekolah Luar Biasa (SLB), bantuan dana usaha bagi UMKM, bantuan dana pendidikan untuk Siswa dan Mahasiswa, bantuan nutrisi bagi Bayi dan Balita, paket sembako bagi Masyarakat Dhuafa/Prasejahtera, hingga bersih-bersih Gereja dan Rumah Ibadah bersama karyawan di seluruh Indonesia. (Rls)

Continue Reading

Tekno

Teknologi Konektivitas Canggih Lengkapi Kenyamanan di All New Honda Accord RS e:HEV 

Published

on

Bisniscorner.com – Untuk pertama kalinya All New Honda Accord RS e:HEV dilengkapi Google built-in* yang menyatu dengan 12.3″ Display Audio, fitur yang dapat menggunakan perintah suara dalam mengakses berbagai kebutuhan serta informasi. Dalam fitur ini terdapat Asisten Google* yang memungkinkan pengguna menggunakan perintah suara untuk meminta bantuan Google Asisten* untuk meminta navigasi, menyalakan musik, bahkan sampai mengontrol suhu A/C. Google Maps* membantu pengguna untuk mencari lokasi tertentu dengan rute tercepat dan akan terus diarahkan sesuai dengan pembaruan lalu lintas. Melalui Google Play*, pengguna dapat dengan mudah mengunduh aplikasi favorit pada Display Audio di All New Honda Accord RS e:HEV.

All New Honda Accord RS e:HEV telah dilengkapi dengan Honda CONNECT with Digital Key, dimana dengan teknologi ini pengguna dapat menghubungkan mobilnya dengan smartphone untuk mengontrol dan mengakses berbagai fungsi serta informasi penting yang berhubungan dengan mobilnya. Honda CONNECT menawarkan teknologi konektivitas canggih dengan tiga nilai yaitu kemudahan, keselamatan serta keamanan sehingga dapat melayani pengguna dalam mengakses berbagai fitur unggulan.

Pada nilai kemudahan (Convenience) terdapat fitur terbaru dan pertama kalinya di Indonesia, terdapat fitur Digital Key yang disematkan pada All New Honda Accord. Fitur ini dapat diakses melalui aplikasi Honda CONNECT dimana fitur ini juga dapat menggantikan fungsi Smart Key untuk membuka dan mengunci pintu, memberikan notifikasi jika pengemudi lupa menutup pintu dan jendela bahkan mengoperasikan mobil melalui aplikasi Honda CONNECT.

Selanjutnya terdapat pula fitur Car Status untuk mengakses berbagai informasi secara aktual tentang kondisi kendaraan seperti status pintu bagasi dan kap mesin terkunci atau tidak terkunci, jendela tertutup atau terbuka, lampu depan, status baterai hingga status airbag. Terdapat pula fitur Remote Vehicle Control yang memungkinkan pengguna mengontrol fungsi kendaraan melalui smartphone dimana pengguna dapat mengunci dan membuka kunci pintu, menyalakan mesin dan A/C hingga mengontrol mobil untuk memberikan respon berupa lampu yang berkedip dan klakson pada saat pengguna mencari posisi mobil dan menutup jendela (pada saat Digital Key terhubung).

Selanjutnya dalam nilai keselamatan (Safety), terdapat fitur baru Light Collision Detection yang mengirim notifikasi secara otomatis ke Honda Customer Care dan smartphone pengguna pada saat kecelakaan ringan. Kemudian sama seperti All New Honda CR-V terdapat juga fitur Automatic Collision Detection yang bekerja untuk mengirim notifikasi secara otomatis ke layanan darurat Honda Customer Care dan smartphone pengguna pada saat kecelakaan yang menyebabkan airbag depan mengembang. Kemudian Honda Customer Care akan menghubungi pengguna dimana melalui fitur ini, menawarkan bantuan ke pengguna.

Kemudian terdapat fitur Security Alarm yang aktif apabila kendaraan pengguna mengalami gangguan yang menyebabkan alarm kendaraan menyala seperti membuka pintu mobil secara paksa. Fitur ini akan bekerja untuk memberikan notifikasi tentang kondisi dari kendaraan ke smartphone pengguna. Terdapat pula fitur canggih Speed Alert yang dimana pengguna mendapat notifikasi ke smartphone saat kendaraan melewati batas kecepatan yang telah ditentukan.

Kemudian pada nilai keamanan (Security), terdapat fitur terbaru Remote Immobilizer yang berfungsi untuk melacak posisi kendaraan dan menonaktifkan fungsi mesin agar tidak dapat dinyalakan lagi dari jarak jauh ketika kendaraan tercuri/dibawa oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kemudian dalam nilai Security juga terdapat berbagai fitur yang meningkatkan rasa aman pengguna terhadap kendaraannya. Fitur Find My Car mempermudah pengguna untuk menemukan posisi kendaraan terkini maupun sedang terparkir. Selanjutnya pada fitur Geofence yang akan memberi notifikasi apabila kendaraan melaju keluar atau masuk dari radius dan lokasi yang sudah ditentukan. Setelah itu fitur Emergency Call yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menghubungi Dealer atau Honda Customer Care dan Experience Honda disaat keadaan darurat, sehingga Call Center Honda dapat memanggil bantuan terdekat sesuai dengan kebutuhan pengguna. (Rls)

Continue Reading

Tekno

BSD City Jadi Tuan Rumah DevFest 2023, Diikuti 1,000 Pengembang Teknologi

Published

on

Bisniscorner.com – Perkembangan teknologi saat ini tidak dipungkiri sangat mempengaruhi berbagai sektor, ini bisa dilihat juga dari merebaknya teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence yang mengubah kebiasan bekerja manusia. Maka dari itu selain fokus untuk menciptakan lebih banyak lagi talenta digital di Indonesia, juga perlu diimbangi dengan kualitas dan update pengetahuan dan wawasan terbaru dengan tren teknologi terkini sehingga solusi teknologi yang diciptakan oleh pengembang teknologi Indonesia pun tidak kalah saing dengan global.

Google Developer Groups (GDG) Indonesia mencoba untuk mengakselerasi peningkatan jumlah dan kualitas pengembang teknologi di Indonesia. Salah satunya melalui DevFest Indonesia 2023 yang akan diselenggarakan di 10 kota di Indonesia, yaitu: Bali, Bandung, Bogor, Depok, Jakarta, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. DevFest Indonesia 2023 akan menghadirkan 80 pembicara (technology experts) dari GoTo, Gopay, Tokopedia, DANA Indonesia, Blibli, tiket.com, Midtrans, Hacktiv8, Julo, dan startup lainnya, hingga para Google Developer Experts baik dari Indonesia maupun luar Indonesia. Konferensi ini digelar untuk berbagi pengalaman dan membahas topik seputar Android, Web Teknologi, Cloud (komputasi awan), Machine Learning dan yang berkaitan dengan Google teknologi kepada lebih dari 10,000 developers (pengembang teknologi) di Indonesia.

Di DevFest Jakarta 2023 sendiri  ada 1,000 lebih pengembang teknologi yang hadir dan berbagi ilmu tentang pemanfaatan teknologi Google mulai dari Android, Web Teknologi, Cloud sampai Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning. Selain mendapatkan pengetahuan penerapan teknologi terbaru dari beberapa expert technology seperti, peserta juga akan berjejaring dengan para expert dan sesama pengembang teknologi lainnya.

Putranto Adhi Nugroho selaku GDG Lead Manager Chapter Jakarta menuturkan bahwa acara ini rutin setiap tahun digelar untuk menghasilkan lebih banyak developer (pengembang teknologi) yang inovatif dalam menyelesaikan berbagai masalah melalui teknologi.

“Kami ingin dengan kegiatan seperti ini bisa memberikan inspirasi, motivasi, dan pastinya pengetahuan baru agar kelak dapat teman-teman menjadi developers yang andal, selain itu juga bisa membuka wawasan untuk menciptakan solusi atas sebuah permasalahan melalui teknologi, disini teman-teman juga bisa membangun relasi dengan para technology experts atau developers lainnya untuk menunjang karier,” terangnya.

“DevFest adalah konferensi teknologi yang diadakan oleh komunitas Google Developer Group (GDG) di seluruh dunia untuk menyajikan konten teknis, workshop, dan kesempatan networking untuk para developers dengan fokus topik di teknologi Artificial Intelligence (AI) , Mobile, Web dan Cloud. Tahun ini Devfest hadir di seluruh 13 GDG yang ada di 10 kota di Indonesia secara offline dan hybrid dengan total target peserta lebih dari 10,000 developers dengan harapan memberikan dampak positif ke ekosistem developer dan teknologi di Indonesia untuk menyambut tantangan baru di era AI,” tutur Danang Juffry selaku Community Manager Google Indonesia & Brunei.

CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land Irawan Harahap mengatakan, di era transformasi digital ini kebutuhan talenta digital sangat diperlukan khususnya di bidang kecerdasan buatan. Para pengembang teknologi (developers) ini bukan hanya inovator, tetapi juga dapat menjadi arsitek masa depan. Sinar Mas Land melalui Digital Hub sangat mendukung program DevFest Indonesia 2023 yang diselenggarakan GDG Indonesia dalam memberikan update atau wawasan terbaru seputar teknologi kepada ratusan peserta hari ini di BSD City. Kami harap melalui kegiatan ini dapat terlahir talenta-talenta baru yang andal di bidang digital.

Dalam mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia, Sinar Mas Land turut mengambil bagian dengan menghadirkan kawasan Digital Hub seluas 25,86 hektare pada 2017 lalu. Kawasan ini ditujukan bagi komunitas dan sejumlah perusahaan teknologi dan digital, mulai dari startup, technology leaders, hingga institusi pendidikan di bidang teknologi informasi (TI) science.

DevFest Jakarta 2023 berlangsung pada tanggal 26 November 2023 lalu di QBig BSD City, dapat diikuti secara offline maupun online, dan terbuka untuk siapa saja yang tertarik dengan perkembangan teknologi. Untuk bergabung, calon peserta dapat mendaftarkan diri secara gratis melalui website: https://s.id/devfest-23-jkt

GDG Jakarta mempunyai misi membantu para pengembang teknologi untuk belajar, berinteraksi, berkreasi, berinovasi, membangun, dan tumbuh bersama. Program ini diproyeksikan agar dapat menjadi sumber yang sangat membantu pengembang teknologi lokal untuk belajar dalam seluruh platform yang ada di ekosistem Google. Dalam acara kali ini, GDG juga berkolaborasi dengan Women Techmakers Jakarta untuk menjunjung kesetaraan dan memperkuat daya perempuan yang bergerak di bidang teknologi. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 hari ago

Menteri Basuki Dorong Pengembang Rumah Bersubsidi Terus Tingkatkan Kualitas Rumah dan Kawasannya

Bisniscorner.com  – Hadir mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta para pengembang perumahan...

Breaking News3 hari ago

Kementerian PUPR Pastikan Kesiapan Infrastruktur Jalan untuk Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional untuk mendukung kelancaran arus...

Breaking News4 hari ago

Tingkatkan Layanan Air Minum Kota Kupang, SPAM Kali Dendeng Diresmikan

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan Sistem Penyediaan Air...

Breaking News5 hari ago

Menteri Basuki : Progres Bendungan Mbay, Nagekeo NTT Capai 27%

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan Bendungan Mbay...

Breaking News6 hari ago

Ucapkan Selamat Hari Bakti PUPR ke-78, Presiden Apresiasi Kinerja dan Kerja Cepat Kementerian PUPR

Bisniscorner.com – Presiden Jokowi mengapresiasi kerja keras dan kecepatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas pembangunan berbagai infrastruktur....

Breaking News1 minggu ago

Menteri Basuki Saksikan Pemasangan Girder Flyover Madukoro, Pintu Gerbang ke Kota Semarang

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan Flyover di Jalan Arteri Yos Sudarso Kota Semarang...

Trending