Connect with us

Hiburan

Stadion Manahan Siap Menjadi Venue Piala Dunia U-20

Published

on

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meresmikan selesainya renovasi Stadion Manahan Kota Solo. Renovasi besar dilakukan oleh Kementerian PUPR sejak Agustus 2018 dengan biaya Rp 301,3 miliar agar Stadion Manahan menjadi stadion modern berstandar Internasional yang dapat menyelenggarakan kegiatan olahraga bertaraf Internasional.

“Alhamdulillah kita telah melakukan renovasi besar-besaran Stadion Manahan agar fasilitasnya menjadi lebih baik dan bisa segera ditetapkan FIFA maupun PSSI sebagai stadion tuan rumah Piala Dunia U20,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/2/2020).

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan bola secara simbolis kepada anak gawang untuk memotivasi prestasi para generasi muda. Hadir pada acara Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

Acara peresmian dilanjutkan dengan pertandingan persahabatan antara tim Persis Solo melawan Persib Bandung. Sepanjang pertandingan hujan rintik mengguyur kawasan Stadion Manahan,  namun tidak menyurutkan animo penonton untuk hadir menyaksikan pertandingan sekaligus merasakan atmosfer bangunan stadion yang baru. Stadion didukung drainase lapangan yang baik sehingga meskipun hujan, tidak terjadi genangan pada saat pertandingan.

Pada saat peresmian, para penonton juga disuguhkan pencahayaan dan tata suara berkekuatan 100 desibel. Pencahayaan menggunakan lampu LED berkekuatan tinggi yang menggunakan sistem penerangan field of play (FOP) 1.500 lux.

Lapangan di Stadion Manahan ditanami rumput berjenis Zoysia Japonica, sama dengan yang digunakan di Stadion Gelora Bung Karno yang memiliki keunggulan lebih hijau dan berakar kuat.

Senada diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bahwa Stadion Manahan memiliki kapasitas 20.000 penonton menggunakan kursi tunggal (single seat) yang dibangun agar dapat menjadi venue event skala nasional dan internasional. Diharapkan pembangunan Stadion Manahan yang baru akan menjadi icon baru Kota Solo serta ikut meningkatkan prestasi olahraga di Solo khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Di Kota Solo ada 5 stadion seperti  Sriwedari dan termasuk Stadion Manahan. Karena kurang representatif, kita renovasi. Kingin membangkitkan kembali prestasi olahraga, khususnya sepakbola di Kota Solo. Fasilitasnya semua direnovasi, sound sistem dan ada jacuzi juga, jadi lengkap seperti GBK Mini,” ujar Menteri Basuki.

Manahan merupakan salah satu stadion yang disiapkan sebagai venue Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021. Untuk kenyamanan atlit juga dilakukan perbaikan ruang ganti pemain yang dilengkapi kolam berendam air panas (jacuzi) untuk masing-masing tim dan ruang pemanasan atlit. Untuk lintasan atletik juga telah dilakukan perbaikan dan telah mendapat sertifikat kelas 2.

Pada fasade stadion juga  menggunakan motif batik Kawung yang  menjadi ciri khas budaya Solo. Konstruksi atap menggunakan space frame keliling stadion, penambahan lift di area tibun barat VIP serta fasilitas 24 kursi difabel.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, yakni Inspektur Jenderal Widiarto, Direktur Jenderal Cipta Karya Danis H. Sumadilaga, Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Diana Kusumastuti, Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Akhmad Cahyadi, dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo A. Charisal Manu. (rls)

Advertisement iklan

Hiburan

Liburan Sekolah, Trans Studio Cibubur Hadirkan Special Act Indonesian Circus Extreme SWAT RAID CLOWN CRAZE SHOW

Published

on

Bisniscorner.com – Menyambut libur sekolah tahun ini, Trans Studio Cibubur menghadirkan show S.W.A.T RAID dengan tajuk Special Act Indonesian Circus Extreme “ S.W.A.T RAID CLOWN CRAZE SHOW ”, mulai dari 22 Juni hingga 7 Juli2023. Pertunjukkan ini bisa disaksikan setiap hari pukul 15.00 WIB di Area Stunt Show Stage yang berada di Zona Adventure Trans Studio Cibubur.

Pertunjukan Clown Craze show ini mengajak pengunjung untuk menyaksikan aksi heroik antara pasukan S.W.A.T dengan para penjahat yang meneror kota dengan menggunakan kostum Clown, yang dipimpin oleh Bozz yang akan merampok bank dunia. Pertunjukkan ini dibuka dengan para clown yang melakukan trik sulap dan berinterkasi dengan para pengunjung, tak kalah serunya akan ada Globe of Demon menggunakan motor listrik untuk pertama kalinya. Selama 30 menit pengunjung akan dibuat terkesima dengan action terbaik berkelas international layaknya film hollywood yang menjadi sajian istimewa untuk dinikmati momen liburan bersama seluruh anggota keluarga.

Show interaktif dan ekslusif bersama koleksi Dinosaurus Trans Studio Cibubur, liburan sambil belajar yang juga tidak boleh sampai terlewatkan. “Jurassic Live Show” di Theater 4D Trans Studio Cibubur menghadirkan pertunjukan edukatif untuk mengenal lebih dekat bersama Professor ahli tentang berbagai jenis dinosaurus seperti Dilophosaurus, Triceratops, dan tyrannosaurus-rex yang dapat dinikmati setiap hari pukul 12.00 WIB.

Sebagai pertunjukan terakhir, di jam 17.00 WIB hadir “The World of Imagination Parade”, parade dibuka dengan menghadirkan keluarga kerajaan mulai dari icon raja, ratu, dan juga para pangeran dan putri cantik.

Kemudian pengunjung akan diajak untuk bertualang ke Meksiko dan bertemu para penari dan pemusik khas Meksiko yang lincah dan dinamis. Pada session berikutnya pengunjung akan dibawa ke dunia futuristic “Sci-Fi” dan terakhir pengunjung akan bertemu dengan pada dinosaurus yang bekeliling menyapa langsung pengunjung.

Selain menyaksikan berbagai show yang ada, pengunjung tetap dapat menikmati seluruh wahana istimewa di Trans Studio Cibubur. Suka balapan dan mengacu adrenalin? Harus cobain Gokart yang satu ini!

Di wahana Formula kart Trans Studio Cibubur. Electric Car dengan kecepatan mencapai 11.000 / RPM akan membawamu drifting untuk melalui track panjang dengan banyak tikungan tajam dan penuh tantangan di arena balap.

Setelah adrenalin memanas dan tegang setelah balapan, kamu bisa menyejukan hati dengan bermain salju di Snow Playground. Merasakan sensasi dingin layaknya di negara 4 musim dan mengabadikan foto dengan boneka salju dan rumah-rumah musim dingin.

Jangan lewatkan keseruan bermain di wahana kelas dunia seperti Pacific Rim dan juga Jurassic Island. Di Jurasic Island, pengunjung akan merasakan sensasi perjalanan Immersive Tunnel Flume pertama di dunia dan satu-satunya di Indonesia untuk melewati terowongan yang dikelilingi oleh Dinosaurus Hibrida. Nikmati juga bermain sambil belajar dan mencoba berbagai activity di wahana Science Center.

Seluruh keseruan ini dapat dinikmati dengan harga tiket Rp. 325 ribu/tiket (tiga ratus dua puluh lima ribu rupiah) dan bisa lebih hemat dengan “Promo Buy 1 Get 1 Free Tiket ” khusus menggunakan Mandiri Kartu Kredit mulai dari 28-30 Juni 2024, khusus untuk transaksi pertama. Untuk transaksi berikutnya akan mendapatkan diskon 10% dan tambahan diskon hingga 20% menggunakan livin‘ poin Bank Mandiri.

Seluruh tiket sudah termasuk menikmati seluruh wahana dan pertunjukan yang ada. Adapun untuk tiket masuk bisa dibeli di loket tiket Trans Studio Cibubur.

Kunjungi website di www.transentertainment.com/transstudio/cibubur. Spesial Allobank “Buy 1 Get 1” hanya Rp. 350.000/ 2 Tiket hingga 30 Juni 2024. Selama periode libur sekolah hingga 7 Juli 2024, Trans Studio Cibubur beroperasi lebih panjang mulai jam 11.00 – 18.00 WIB, setiap hari Senin – Minggu. (Rls)

Continue Reading

Hiburan

Backpakeran, SMP IT Permata Madani Kunjungi Objek Kearifan Lokal dari Banten Hingga Wonosobo

Published

on

Bisniscorner.com – SMP IT Permata Madani sukses menggelar Backpacker Tahun Ajaran 2023/2024 yang digelar mulai Selasa 11 Juni hingga Minggu 16 Juni 2024.

Backpacker tahun ini dilaksanakan di tiga objek daerah kearifan lokal di Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng) dengan destinasi yang berbeda dari setiap jenjang VII, VII dan IX. Kegiatan ini dilakukan oleh 65 peserta didik dan 12 guru pendamping.

Sasaran objek jenjang VII ke Baduy Luar, Banten. Jenjang VIII ke Kampung Adat Cireundeu, Cimahi Selatan, Bandung, Jabar (home stay 1 malam). Sedangkan Jenjang IX ke Wisata Pawon, Desa Parikesit, Dieng, Wonosobo, Jateng (home stay 1 malam).

Direktur Pendidikan Permata Madani Islamic School Agung Siswahyu mengatakan, bahwa Program Backpacker SMP IT Permata Madani merupakan pembuktian dari nilai-nilai yang selama ini disemai di Sekolah Permata Madani. Nilai berupa akhlak, kecerdasan dan motovasi selalu berprestasi.

“Syaikh Muhammad bin shalih Al-Ustaimin berkata Ajaklah ia bersafar/berpergian atau tanyalah kepada teman yang pernah bersafar denganya. Ini juga salah satu cara agar mengetahui hakikat akhlak seseorang. Dengan backpacker ini peserta didik kita akan saling mengenal akhlak antarpeserta didik demikian juga kita sebagai pendidiknya,” tambahnya.

Menurut Agung dengan backpacker ini dewan guru bisa mengukur apakah nilai akhlak yang disampaikan selama ini sudah menjadi satu dengan jiwa peserta didik atau belum. Melibatkan peserta didik pada proses backpacker merupakan langkah yg tepat karena hal ini menjadi wahana bagi peserta didik untuk memunculkan berbagai kecerdasan dan life skill yang dibutuhkan oleh peserta didik kita di kehidupan nyata. Semakin dapat mengembangkan kecerdasannya akan memunculkan lebih besar kesempatan dan kemungkinan peserta didik kita untuk berprestasi.

“Pesan saya kepada ananda sekalian, manfaatkanlah kegiatan backpacker ini untuk membangun nilai yg selama ini disemai dan dibangun oleh  yanda dan bunda guru di SMP IT Permata Madani. Untuk yanda dan bunda guru, saya mengucapkan terima kasih atas upayanya memberikan kesempatan peserta didik untuk berperan pada kegiatan backpacker. Evaluasi untuk perbaikan backpacker harus selalu kita lakukan agar program ini semakin baik dan mencapai tujuannya. semoga Allah SWT meridhoi ikhtiar kita menjadikan peserta didik yang berakhlak, cerdas dan berprestasi,” ungkap Agung, Senin, 17 Juni 2024.

Kepala SMP IT Permata Madani Awalludin menjelaskan, teknis perjalanan backpacker peserta didik menuju objek  dengan menggunakan kendaraan umum secara langsung seperti angkot, bus elf, kereta, dan berjalan kaki.

“Program backpacker di SMP IT Permata Madani ini sebagai program khas yang dimiliki lembaga dan sebagai aksi nyata Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada kurikulum merdeka bertema kearifan lokal, khususnya mengobservasi sistem pemerintahan suatu budaya daerah/adat setempat yang berlaku,” ujarnya.

Awalludin melanjutkan, Projek Backpacker ini mempunyai konsep dari siswa, oleh siswa, dan untuk siswa. Dimana susunan kepanitiaan dibentuk oleh peserta didik di setiap jenjangnya, dan dibimbing oleh satu orang guru sebagai fasilitator selama proses merancang konsep hingga pelaksanaan kegiatan. Anggaran dana yang digunakan dalam kegiatan ini dari kas kelas yang salah satu sumber dananya dari keuntungan kegiatan market day/bazar yang berhasil peserta didik himpun selama satu tahun ajaran.

“Dalam mempersiapkan kegiatan projek ini, siswa akan membuat perencanaan, membuat proposal, melakukan survey pada objek yang telah ditentukan serta berkoordinasi pada pihak-pihak terkait. Setelah itu siswa juga akan mempresentasikan hasil data yang sudah ihimun dan konsep kegiatan kepada Yayasan dan para dewan guru di SMP IT Permata Madani,” jelasnya. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Eks Direktur Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan Jadi Advisor SEVIMA

Published

on

Bisniscorner.com –  Indonesia memiliki banyak pekerjaan rumah di bidang tata kelola pendidikan. Mulai dari mutu dan kualitas yang belum optimal, rendahnya serapan lulusan ke dunia kerja, hingga fasilitas pembelajaran yang berbeda drastis antar kampus dan wilayah. Padahal, pengembangan sumber daya manusia sudah sangat mendesak di tengah persaingan global.

Dalam rangka memastikan pendidikan berkualitas dapat diakses di seluruh wilayah Indonesia, SEVIMA sebagai Education Technology Company hadir untuk mendemokratisasi akses digital bagi perguruan tinggi melalui solusi layanan SEVIMA Platform. Selama 21 tahun berdiri, layanan ini telah digunakan di lebih dari 1.200 kampus dan 3,5 juta mahasiswa dan dosen se-Indonesia.

Dengan biaya terjangkau mulai dari dua juta rupiah per bulan, kampus mitra SEVIMA dapat mengakses solusi digital yang terintegrasi dari hulu hingga hilir, mulai dari penerimaan mahasiswa baru, pembayaran kuliah, pembelajaran online, administrasi dan akreditasi kampus yang terhubung dengan berbagai aplikasi pendataan dari pemerintah, serta platform link and match yang menghubungkan perusahaan dengan lulusan baru (fresh graduate). Layanan SEVIMA juga dirancang berbasis Cloud dengan keamanan yang tersertifikasi internasional.

“Dengan demikian, SEVIMA Platform hadir sebagai solusi berbasis layanan yang berbiaya terjangkau, aman, dan siap untuk memecahkan berbagai masalah pendidikan yang ada di Indonesia. Kehadiran SEVIMA Platform juga mendukung visi Bapak Presiden saat meluncurkan digitalisasi INA Digital, yaitu pentingnya integrasi aplikasi dan data,” ungkap Sugianto Halim pada konferensi pers di Gedung SEVIMA, Jumat (14/6/2024).

Profil Eks Dirjen Vokasi – Wikan Sakarinto

Untuk melanjutkan komitmen demokratisasi akses pendidikan berkualitas di Indonesia, SEVIMA menggandeng Wikan Sakarinto, Ph.D., sebagai Advisor. Wikan sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan periode 2020-2022.

Disamping menduduki posisi strategis di Kementerian Pendidikan, Wikan juga berpengalaman memimpin sebagai Rektor maupun Dekan di tiga kampus: Universitas Gadjah Mada, Akademi Inovasi Indonesia, dan Politeknik Gistrav. Wikan kini juga memimpin PT Teaching Factory Indonesia, perusahaan yang membawa konsep perkuliahan berbasis proyek kolaborasi kampus dengan industri, dan mampu menggratiskan biaya kuliah bahkan menggaji ratusan mahasiswa setiap bulannya.

Sebagai tokoh terkemuka di bidang pendidikan, Wikan diharapkan dapat memberikan masukan dan ide segar bagi SEVIMA. “Harapan kami, ekspertis, ketokohan, sekaligus ide dan inovasi yang Pak Wikan perjuangkan untuk pendidikan seperti konsep Teaching Factory (pembelajaran berbasis produksi dan praktek langsung di dunia industri), dapat mendukung SEVIMA untuk merevolusi pendidikan sesuai tagline kami #RevolutionizeEducation,” kata Halim.

Senada, Wikan mengapresiasi kolaborasi antara dirinya dan SEVIMA dalam rangka mendemokratisasi akses pendidikan berkualitas. “Dua kampus saya juga pengguna SEVIMA sejak tahun 2022. Sebuah kehormatan bagi saya pada hari ini diperkenalkan tidak hanya sebagai pengguna dan sahabat lama SEVIMA, tapi juga sebagai Advisor yang dapat bersama SEVIMA untuk memajukan pendidikan Indonesia melalui digitalisasi,” ungkap Wikan Sakarinto.

Diperkuat Praktisi Daerah Terpencil / 3T

Dalam rangka menjangkau kampus-kampus di daerah terpencil di Indonesia seiring jumlahnya yang tidak sedikit, SEVIMA juga menggandeng Endang Kusuma, S.E., M.M., Ak.CA., yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Politeknik Negeri Ketapang periode 2018-2022, sebagai Advisor.

Politeknik Negeri Ketapang yang terletak di daerah terpencil, terluar, dan tertinggal (3T) berdasarkan Peraturan Presiden 131/2015, berhasil mengalami kemajuan pesat pada masa kepemimpinan Endang. Seperti dalam pengembangan pendidikan vokasi di desa-desa perbatasan Indonesia-Malaysia, serta peluncuran program “Dilan” (Digitalisasi Layanan) untuk berbagai lembaga pendidikan, pemerintah daerah, serta pemerintah desa di Ketapang dan Kalimantan Barat.

“Digitalisasi persuratan dan layanan ini juga pengembangan yang Politeknik Negeri Ketapang lakukan setelah menjadi mitra SEVIMA di tahun 2018, serta menjadi kebanggaan kampus kami dan warga daerah kami. Sebagai Advisor, kebanggaan dan semangat untuk digitalisasi akan terus kami tularkan ke seluruh Indonesia,” ungkap Endang.

Dengan pengalaman tersebut, Endang sebagai Advisor diharapkan dapat memperkuat komitmen SEVIMA untuk terus menghadirkan pendidikan berkualitas di daerah terpencil di Indonesia. Terlebih tak sedikit kampus mitra SEVIMA yang berada di perbatasan Indonesia, seperti: 1) Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama (STISNU) di Aceh Besar, ujung barat Indonesia, 2) Politeknik Negeri Nusa Utara yang berlokasi di Sangihe, Maluku Utara, ujung utara Indonesia, 3) Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke di Papua, ujung timur Indonesia, dan 4) Universitas Nusa Cendana, perguruan tinggi negeri di Kupang, Nusa Tenggara Timur, ujung selatan Indonesia.

“Kolaborasi ini menjadi bentuk komitmen SEVIMA untuk terus menjangkau kampus-kampus di pelosok Indonesia. Bersama Pak Endang dan para advisor, SEVIMA akan terus berusaha menghadirkan integrasi teknologi, aksesibilitas, serta memastikan semua warga negara Indonesia berhak atas pendidikan berkualitas di manapun mereka tinggal,” pungkas Halim. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 jam ago

Meniru Produk Tisu NICE, PT The Univenus Peringatkan Produsen Tisu MICE

Bisniscorner.com – PT The Univenus mengecam sikap dan tindakan yang dilakukan oleh PT Azkia Diva Nusantara selaku produsen Tisu MICE...

Breaking News2 hari ago

Kementerian PUPR Apresiasi Peran Universitas Muhammadiyah Cirebon dalam Program Penurunan Angka Stunting

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai salah satu kementerian yang terlibat dalam program penurunan angka stunting...

Breaking News3 hari ago

Tingkatkan SDM Bidang Konstruksi, Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna Bertransformasi Menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Pekerjaan Umum

Bisniscorner.com – Dalam mendukung terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang konstruksi yang kompeten, profesional, berdaya saing tinggi, dan siap...

Breaking News4 hari ago

Kementerian PUPR Pastikan Infrastruktur IKN Siap Dukung Upacara HUT ke-79 RI

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat proses kesiapan infrastruktur jelang pelaksanaan Upacara Bendera HUT ke-79...

Breaking News5 hari ago

Kementerian PUPR Terima Apresiasi Kolaborasi Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima apresiasi penyelenggaraan dukungan infrastruktur dan transportasi pada arus mudik dan...

Breaking News5 hari ago

Pembangunan Direct Toll Access KM 25 Tangerang Resmi diMulai

Bisniscorner.com – Infrastruktur menjadi salah satu fokus pemerintah untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dapat...

Trending