Connect with us

Tekno

DFSK GELORA, Kendaraan Listrik Komersial Pertama di Indonesia

Published

on

Bisniscorner.com – Era elektrifikasi kendaraan di Indonesia perlahan sudah mulai dipersiapkan oleh pemerintah agar bisa menghadirkan kendaraan-kendaraan berbasis energi terbarukan dan ramah lingkungan. DFSK sebagai salah satu produsen otomotif terkemuka dan modern tidak ingin ketinggalan dengan menghadirkan DFSK Gelora yang akan menjadi sejarah sebagai kendaraan komersial pertama berbasis tenaga listrik di Tanah Air.

Pengenalan DFSK Gelora untuk pertama kali berlangsung saat pembukaan Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 pada Kamis (5/3/2020) di Jakarta Convention Center Jakarta yang didukung penuh oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). DFSK sengaja menghadirkan DFSK Gelora dengan basis teknologi Battery Electric Vehicle (BEV/Full Listrik) yang merupakan edukasi berkesinambungan akan kendaraan listrik yang sebelumnya sudah dimulai dengan pengenalan DFSK Glory E3 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

“Tekad Pemerintah untuk mempromosikan elektrifikasi kendaraan telah disampaikan secara tegas. Kami yakin ada prospek yang kuat akan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia,” ujar CEO PT Sokonindo Automobile (DFSK), Alexander Barus, di sela-sela peluncuran DFSK Gelora di GIICOMVEC 2020.

Kendaraan Listrik Sebagai Tren Global dan Implementasi di Indonesia

Kehadiran kendaraan listrik tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga atau komersial sehari-hari, mengurangi biaya-biaya, tetapi juga memainkan peran penting dalam penghematan energi, pengurangan emisi karbon gas buang, serta menjaga kelestarian lingkungan. Konsep-konsep yang ditawarkan oleh kendaraan listrik ini sudah dipahami dan kemudian sudah bisa diterima oleh masyarakat global, dan berakhir menjadi sebuah tren global otomotif.

Indonesia ikut serta dalam tren otomotif kali ini dengan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia No. 55 tahun 2019 yang sesuai dengan nilai-nilai tren kendaraan listrik di global, dan mendorong pengembangan kendaraan listrik dari berbagai aspek seperti manufaktur, konsumsi, infrastruktur, dan investasi.

Selain Perpres No 55 Tahun 2019, ada sejumlah kebijakan lainnya yang turut mendukung perkembangan kendaraan listrik di Tanah Air mulai dari pembebasan PPnBM untuk kendaraan listrik, ruang gerak kendaraan listrik di Jakarta tidak dibatasi aturan plat ganjil-genap, pembebasan pajak plat, dan dapat menikmati ruang parkir secara gratis, dan berbagai kebijakan menarik lainnya.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) bahkan telah memulai pembangunan stasiun pengisian listrik umum (SPLU), dan sekarang telah menyelesaikan pembangunan stasiun pengisian daya cepat di hampir 20 titik. Kedepannya, akan ada lebih banyak lagi rencana konstruksi yang sedang direncanakan dan akan dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik.

DFSK Menjadi Salah Satu Pelopor yang Mendukung Regulasi Kendaraan Listrik di Indonesia

DFSK yang memiliki teknologi unggul serta teruji akan kendaraan listrik mencoba untuk memperkenalkan model-model kendaraan listriknya, dan menjadi salah satu pelopor yang mendukung regulasi kendaraan listrik dari pemerintah. Sejumlah aksi dihadirkan oleh DFSK demi mensukseskan rencana pemerintah untuk mendorong industri otomotif menghadirkan kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan dengan energi terbarukan.

Di mulai dari Juli 2019, tepatnya di GIIAS, DFSK melakukan debut pertama mobil listrik DFSK Glory E3 dan langsung mendapatkan sambutan yang positif dari Menteri Perindustrian Republik Indonesia kala itu, Airlangga Hartarto, yang datang berkunjung ke booth DFSK. berlanjut pada Oktober di tahun yang sama, DFSK dan PLN mencapai kerjasama strategis untuk membangun ekosistem kendaraan listrik dan bersama-sama membangun iklim kendaraan listrik Indonesia. Kini, telah diperkenalkan DFSK Gelora untuk pertama kalinya kepada masyarakat Indonesia dan menjadi kendaraan komersial listrik yang sudah siap untuk diproduksi massal.

“Pada tahun 2003, DFSK memulai penelitian kendaraan energi terbarukan dan secara bertahap membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) berskala global di Silicon Valley Amerika Serikat, dan kini telah menguasai teknologi baterai, motor listrik, kontrol elektronik canggih serta teknologi utama lainnya, bahkan telah mendapatkan lebih dari 1.000 lisensi hak paten akan kendaraan listrik. Gelora lahir sebagai sebuah model yang sudah ‘matang’ yang disiapkan DFSK untuk produksi massal, dengan penjualan kumulatif lebih dari 30.000 unit kendaraan dan telah memainkan peran penting dalam banyak bidang seperti logistik perkotaan, transportasi umum, penyelamatan medis, berbagai kebutuhan lainnya,” sambung Alexander Barus.

Keunggulan dari Teknologi DFSK Gelora E

DFSK Gelora sebagai kendaraan yang syarat akan teknologi unggul dan modern siap melayani berbagai kebutuhan konsumen di Tanah Air, khususnya di ceruk model minibus dan blind van. Ada sejumlah keuntungan dan nilai lebih yang ditawarkan oleh DFSK Gelora yang siap mengakomodir berbagai kebutuhan konsumen.

Di mulai dari DFSK Gelora E yang dipastikan menawarkan hemat biaya energi hingga 48%*, bebas emisi, energi listrik bebas polusi, tidak membahayakan lingkungan, dan sangat cocok untuk tempat perlindungan lingkungan dan tempat wisata. Bahkan melalui sebuah hitungan, DFSK Gelora hanya mengkonsumsi 0,145 kWh per kilometer yang setara dengan Rp239 per kilometer. Catatan ini jauh lebih irit dibandingkan dengan model serupa berteknologi mesin pembakaran (internal combustion engine/ICE) yang mengkonsumsi energinya Rp463 per kilometer (untuk sebuah mobil dengan rata-rata konsumsi bahan bakar 16,5 Kilometer/liter).

Penggunaan DFSK Gelora E sebagai kendaraan komersial dapat diterapkan di berbagai bidang, terutama di bidang transportasi umum, logistik perkotaan, dan kendaraan khusus yang memiliki kelebihan dan kemampuan beradaptasi lebih unik. Di bidang transportasi umum dan logistik perkotaan, DFSK Gelora E didukung dengan pengisian fast charging sebanyak 20-80% hanya membutuhkan waktu 80 menit, dengan jarak tempuh berkendara hingga 300 kilometer. Sedangkan untuk pengisian reguler, DFSK Gelora E memiliki pengisian normal yang cocok untuk lingkungan listrik rumah tangga dengan rata-rata 220V 16A.

Sebagai kendaraan komersial, jelas DFSK Gelora E didukung dengan tenaga yang kuat dan bisa diandalkan di berbagai situasi dengan torsi maksimum mencapai 200 Nm. Selain itu, versi DFSK Gelora ditenagai mesin bensin 1.5L DVVT yang teknologinya berstandar emisi Euro IV dan memiliki output kuat 80Kw (107 HP) dan torsi maksimum 148 Nm.

Tidak ketinggalan soal keamanan, DFSK Gelora E sudah mengadopsi langkah-langkah perlindungan seperti perlindungan isolasi, perlindungan tegangan tinggi, tahan debu dan air (hingga standar IP67), dan sistem perlindungan baterai yang ketat untuk memastikan keamanan baterai dalam kondisi ekstrim. Selain itu, desain bodi tahan benturan yang kokoh, ditambah dengan sistem ABS dan EBD untuk memastikan keselamatan berkendara pengemudi dan penumpang sehingga dapat menikmati perjalanan tanpa rasa khawatir.

DFSK Gelora memiliki dimensi 4.500mm x 1.680mm x 2.000mm (PxLxT) yang memberikan kabin ekstra luas dan lapang, serta dipadukan dengan kemampuan berkendara yang mantap. Sebagai model minibus, DFSK Gelora memiliki kapasitas maksimal 11 jok untuk penumpang, dengan konfigurasi yang fleksibel mulai dari 2/7/9/11 sesuai dengan kebutuhan. Beralih untuk model blind van, panjang kabin mencapai 2,63m (luas 4,8 meter cubic) sangat cocok untuk meningkatkan kapasitas kargo dan cocok untuk kebutuhan logistik, katering, aplikasi khusus perkotaan, dan aspek lainnya.

Harga DFSK Gelora

DFSK Gelora diperkirakan akan dibanderol dengan harga Rp185 -189 juta untuk tipe MB dan Rp175 – 179 juta untuk tipe BV. Sedangkan DFSK Gelora E diperkirakan akan siap dijual dengan harga Rp489 – 499 juta untuk tipe MB dan Rp469 – 479 juta untuk tipe BV. Estimasi harga Gelora versi listrik tersebut sudah termasuk bea cukai dan tidak termasuk pajak barang mewah.

“Eco-friendly Starts From Me”

Pada perhelatan GIICOMVEC 2020 ini DFSK mengusung tema “Eco-friendly Starts From Me”. Franz Wang selaku Managing Director Sales Centre DFSK, menjelaskan tema konferensi pers ini kepada para wartawan mengatakan, DFSK secara aktif memahami tren penghematan energi dan perlindungan lingkungan dan membangun ekosistem kendaraan listrik, DFSK bersedia menjadi penjelajah dan pelopor di era kendaraan listrik Indonesia, dan bekerja sama dengan pemerintah, perusahaan terkait, dan setiap konsumen untuk mempromosikan pengembangan kendaraan listrik Indonesia.(rls)

Tekno

Hiburan Lebih Imersif, Televisi Layar Lebar Terbaru dari POLYTRON Beri Pengalaman Berbeda

Published

on

Bisniscorner.com – Ruang keluarga, sekarang bisa menjadi tempat yang lebih mengasyikkan dengan hadirnya TV yang bisa digunakan untuk media hiburan saat berkumpul bersama di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari yang padat. TV yang baik, sejatinya dapat memberikan Anda pengalaman menonton yang jauh lebih dalam dan memuaskan.

Gregory Linardy sebagai Product Specialist dari POLYTRON memperkenalkan televisi terbaru dari POLYTRON. Diluncurkan dengan ukuran 75 inci PLD 75UG5959 dan 65 inci PLD 65UG5959, yang menawarkan pengalaman menonton dengan resolusi ultra high definition dengan gambar yang sempurna.

“Televisi ini jelas berbeda, selain lebih imersif dengan teknologi 4K upscalling, televisi terbaru ini juga telah dilengkapi dengan teknologi Dolby Vision dan Dolby Atmos yang dapat membuat konten dan seluruh efek dari audio visual menjadi lebih nyata,” Kata Gregory.

POLYTRON meluncurkan televisi Google TV ukuran besar ini dalam dua ukuran untuk memudahkan pengguna dalam menyesuaikan dengan ukuran ruangan. Dua series ini, tidak hanya sekadar perangkat elektronik, tetapi juga jendela dunia. Teknologi canggih di dalamnya menghasilkan gambar yang hidup dan nyata. Dari detail yang tajam hingga warna yang kaya, televisi layar lebar ini pasti dapat membuat penonton merasakan momen yang benar-benar real ke dalam ruangan dengan memancarkan kebahagiaan dan kehangatan ke setiap adegan. Dengan begitu, televisi layar lebar ini dapat menghadirkan kebahagiaan dan investasi yang tak ternilai.

Menggunakan televisi layar lebar dipercaya dapat meningkatkan daya tarik visual dari berbagai sudut pandang dan dapat memudahkan Anda dalam memikmati tontonan yang menarik dari berbagai arah. Teknologi pemancar audio bluetooth yang ada di dalamnya, juga sangat memungkinkan Anda menikmati visual dengan audio nirkabel yang dapat memberikan kebebasan bergerak dan kenyamanan.

PLD 75UG5959 dan PLD 65UG5959 adalah smart TV yang telah dibenamkan sistem operasi Google TV yang memungkinkan pengguna dapat mengakses berbagai konten secara mudah melalui navigasi suara menggunakan perintah ‘Ok Google’. Platform televisi pintar ini memudahkan Anda mencari konten, mengontrol pemutaran media, dan mengakses informasi dengan mudah sesuai dengan perefensi pengguna.

Kehadiran Google Assistant yang ada didalamnya dapat memberikan kemudahan dalam berbagai pengaturan dan televisi pintar ini juga dapat memberikan rekomendasi konten yang dipersonalisasi berdasarkan riwayat pengguna.

PLD 75UG5959 dan PLD 65UG5959 menyediakan akses ke berbagai aplikasi dan layanan streaming populer seperti Netflix, YouTube, Prime Video dan lain sebagainya. Dengan kelebihan fitur-fitur yang dimilikinya, televisi ini menawarkan pengalaman menonton yang lebih interaktif. PLD 75UG5959 dan PLD 65UG5959 semakin lengkap dengan kemudahan menikmati siaran Mola secara gratis.

Untuk menambah kenyamanan dalam menikmati berbagai hiburan, televisi terbaru ini hadir dengan masa garansi komprehensif 24 bulan dengan layanan pelanggan tersedia di seluruh tanah air #QualityThatMatters karena selain kualitas dan inovasi, layanan purna jual juga menjadi kunci kepuasan pelanggan menyeluruh. (Rls)

Continue Reading

Tekno

BINUS University Hadirkan Nusameta Borobudur untuk Wisata Digital

Published

on

Bisniscorner.com – Fenomena Metaverse yang berkembang pesat menarik perhatian dunia pada abad ke-21. BINUS University, melalui kolaborasi dengan Nusameta, menghadirkan Nusa Borobudur sebagai platform Metaverse inklusif di Indonesia. Proyek ini tidak hanya menawarkan pengalaman virtual yang mendalam dan edukatif tetapi juga mencerminkan komitmen BINUS dalam memanfaatkan teknologi untuk membawa pendidikan dan pariwisata ke era inovatif.

Nusa Borobudur adalah hasil kolaborasi antara BINUS University dan Nusameta yang menawarkan pengalaman virtual yang mendalam dan edukatif. Inisiatif ini mencerminkan komitmen BINUS University dalam menghadapi era digital dan membawa pendidikan serta pariwisata ke masa depan yang inovatif dan maju secara teknologi.

Acara TECH DAY kali ini dalam Talkshow “The Future of Metaverse: How to Feel Immersive Learning and Become Creator Economy” membahas potensi Nusameta sebagai platform untuk pengalaman belajar yang imersif. Peserta mendapatkan pemahaman tentang bagaimana Nusameta dapat merevolusi cara kita belajar dan berinteraksi dengan konten pendidikan.

Diskusi akan fokus pada bagaimana Nusameta memungkinkan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan interaktif. Peserta akan mempelajari berbagai contoh penerapan Metaverse dalam pendidikan, termasuk simulasi, tur virtual, dan pengajaran berbasis permainan. Selain itu, talkshow ini akan mengeksplorasi konsep ekonomi kreator di Metaverse. Peserta akan belajar tentang bagaimana individu dapat menjadi pencipta konten digital yang sukses dan menghasilkan pendapatan melalui platform-platform yang ada di Nusameta.

“Dengan langkah kita memanfaatkan teknologi dan kreatifitas yang berbasis lokal, Nusameta dapat menciptakan pengalaman belajar yang bisa membantu imajinasi siswa masuk ke dalam budaya dan tradisi dengan gaya mereka sendiri. Ini membuka pintu untuk memperdalam pemahaman tentang warisan budaya dan nilai-nilai tradisional dengan kearifan lokalnya,” ujar Budianto, selaku Chief Product and Development Officer of Nusameta.

Selain itu, Prof Meyliana selaku Guru Besar Sistem Informasi BINUS University menekankan bahwa keberadaan metaverse yang sedang naik turun, tidak terlalu berpengaruh dalam fungsinya sebagai media pembelajaran karena pengalaman belajar yang imersif dan kaya dengan pengalaman akan jauh lebih menarik bagi para siswa dibandingkan dengan belajar secara tradisional.

BINUS University melalui School of Information Systems juga berhasil menciptakan gebrakan baru dalam dunia pendidikan dan pariwisata dengan menghadirkan sebuah pengalaman unik menggunakan teknologi metaverse yang akan ditampilkan di Kampus Anggrek, BINUS @Kemanggisan dalam Showcasing Nusa Borobudur within The Early Testing of Nusameta Appliction di acara Tech Day pada 3 April 2024. School of Information Systems BINUS University menghadirkan Nusa Borobudur yang menjadi sebuah inovasi untuk meningkatkan kepuasan wisatawan, memberikan pengalaman imersif, serta meningkatkan pemahaman tentang sejarah dan budaya lokal selama berwisata.

“Saya melihat Nusa Borobudur di Nusameta dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan dan memperkuat keberagaman budaya Indonesia kepada siswa di seluruh negeri. Ini dapat memperdalam pemahaman mereka tentang nilai-nilai budaya yang kaya dan merangsang minat dalam melestarikan dan mempromosikan keberagaman budaya Indonesia,” ujar Syaifullah, Direktur Manajemen Industri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Selain itu, Prof. Meyliana juga menyatakan bahwa, Nusa Borobudur adalah bukti nyata kontribusi BINUS University sebagai kampus pertama yang hadir di platform metaverse Nusameta. Sekali kita menyatakan memiliki komitmen dalam pengembangan metaverse maka kita terus fokus untuk mengembangkan berbagai use case metaverse yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dan selain Nusa Borobudur, akan segera dilaunching karya metaverse lainnya.

Proyek Nusa Borobudur ini merupakan hasil karya dari BINUSIAN, yaitu Ibu Siti Elda Hierera, seorang dosen di School of Information Systems yang juga sedang menempuh studi S3 di BINUS University. Kolaborasi antara akademisi dan mahasiswa ini menciptakan sebuah inovasi yang tidak hanya memiliki nilai akademis, tetapi juga dampak praktis yang signifikan dalam meningkatkan pengalaman pariwisata digital di Indonesia.

“Sebenarnya Nusa Borobudur ini adalah penelitian saya yang dilakukan dalam program disertasi mahasiswa S3 Doctor of Computer Science (DCS) BINUS University yang dipromotori oleh Promotor Prof. Dr. Ir. Meyliana, S.Kom., MM, IPU, SDMS, CBDMP, CME, Ko-Promotor 1 Dr. Arief Ramadhan dan Ko-Promotor 2 Dr. Fredy Purnomo. Judul disertasi yang dilakukan oleh saya adalah Model Destinasi Wisata Cerdas Berkelanjutan berbasis Metaverse (Metaverse-based Sustainable Smart Tourism Destinations). Penelitian ini berfokus pada bagaimana meningkatkan pengalaman berwisata dengan menggunakan teknologi Metaverse. Penelitian ini menggandeng industri langsung yaitu Nusameta,” ujar Ibu Siti Elda Hierera, selaku Dosen School of Information System BINUS University.

Dengan Nusameta Borobudur, diharapkan mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih dalam dan interaktif, serta akses pendidikan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat di Indonesia. Melalui ruang virtual dalam Metaverse, mahasiswa dapat menghadapi situasi mirip kehidupan nyata, memahami konsep kompleks, dan mempraktikkan keterampilan dalam lingkungan yang aman. Kerjasama antara dosen dan mahasiswa dalam menciptakan konten Nusameta juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran dan pengembangan teknologi. Nusameta diharapkan membantu mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk masa depan yang penuh tantangan dan berdaya saing di dunia kerja yang semakin terdigitalisasi.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan BINUSIAN akan pembelajaran berbasis teknologi terkini, BINUS @Kemanggisan sebagai Digital Technology Campus menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam belajar. Hal ini bisa dilihat dengan tersedianya fasilitas Lab User Experience (UX), Lab Digital Industry, Lab AR/VR, Lab Building Information Modelling (BIM), Lab Game Application & Technology, Lab Macintosh, Lab Furniture, Lab Bahasa, Lab Civil Engineering, Lab Computer Engineering dan berbagai macam Laboratorium lainnya yang dilengkapi dengan peralatan digital serta pendukungnya yang ada di BINUS @Kemanggisan. (Rls)

Continue Reading

Tekno

Samsung Tingkatkan Kompetensi Guru dan Dosen Melalui Samsung Innovation Campus

Published

on

Bisniscorner.com – Meski sempat mengalami tekanan, pertumbuhan ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan kembali ke jalur dan diprediksi mencapai US$110 miliar pada 2025. Salah satu faktor penting untuk mewujudkan potensi ekonomi digital tersebut adalah keberadaan talenta digital yang memadai, baik dari segi kuantitas, maupun kompetensi.

Diperkirakan Indonesia setidaknya membutuhkan 9 juta talenta digital hingga 2030 untuk mencapai potensi ekonomi digital tersebut. Kendatipun, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat keberadaan talenta digital Indonesia baru tercapai sekitar 1,4 juta atau 15-16 persen, sehingga masih dibutuhkan kerja keras dan kerja sama dari berbagai pihak.

Oleh karenanya, guru dan dosen berperan penting dalam penyediaan talenta digital yang mumpuni. Di tengah era digital, peran guru dan dosen tidak hanya dituntut untuk memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar, namun juga diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan industri secara langsung. 

Untuk itulah, Samsung Electronics Indonesia menggelar program Teachers Training berupa inisiatif pelatihan khusus bagi guru dan dosen dalam program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 5 2023/2024. Melalui inisiatif ini, para peserta Teachers Training akan dibekali keterampilan digital kekinian berupa coding & programming.

“Melalui kegiatan pelatihan keterampilan yang dibutuhkan industri saat ini kepada guru dan dosen akan memberikan fondasi yang kuat karena akan berimplikasi pada keseluruhan kegiatan belajar-mengajar, termasuk dalam konteks aplikasi secara praktis. Selain itu, pelatihan ini juga dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi karier mereka,” ucap Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia,

Melalui program Teachers Training, para peserta akan mendapatkan materi berupa:

System Thinking: melihat hubungan antara berbagai elemen dalam lingkungan belajar dan interaksinya, merancang pengalaman belajar yang lebih terintegrasi dan efisien.

Octalysis Tools: memadukan prinsip desain gamification dengan psikologi yang membantu guru menciptakan pembelajaran yang memikat, memotivasi, dan berkesan bagi siswa.

Value Pyramid: mengidentifikasi, mengartikulasikan, dan mengkomunikasikan nilai-nilai inti pendidikan dengan lebih jelas dan persuasif, serta memperkuat hubungan dengan siswa.

Eksplorasi situasi dengan Fishbone Diagram dan Tree Diagram: mengidentifikasi berbagai faktor penting dalam menghadapi tantangan dan peluang di dunia pendidikan.

Selanjutnya, para guru dan dosen juga diberikan kesempatan bertemu dengan para profesional dan pendidik lain yang memiliki minat yang sama, sehingga akan menjadi kesempatan untuk berkolaborasi, berbagi ide, dan memperluas jaringan dalam komunitas pendidikan dan teknologi.

SIC adalah bentuk tanggung jawab sosial Samsung memberikan kebutuhan yang diperlukan anak muda menjadi talenta digital. Program ini hadir untuk membantu anak muda dari SMA, SMK, Madrasah Aliyah, dan Universitas (D3/S1), dalam mengembangkan pengetahuan digital di bidang coding & programming, IoT dan AI melalui program pelatihan formal, termasuk Innovation Hackathon dan AI Bootcamps.

Lebih lanjut mengenai mengenai Corporate Social Responsibility Samsung, bisa dilihat di http://csr.samsung.com atau dapat mengunjungi news.samsung.com/id. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News11 jam ago

Kementerian PUPR : Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung...

Breaking News3 hari ago

Jalan Tol Bocimi Ruas Cigombong – Cibadak Siap Difungsikan Mulai Kamis, 11 April 2024

Bisniscorner.com – Pasca penanganan darurat dan pembersihan lokasi pada Jalan Tol Bocimi Ruas Cigombong – Cibadak Km 64+600, Kementerian PUPR...

Breaking News1 minggu ago

Bunga Bangkai Raksasa Mekar di Kebun Raya Cibodas

Bisniscorner.com – Libur Lebaran sudah tiba, untuk Anda yang masih bingung mau mengisi liburan kemana, Kebun Raya Cibodas bisa menjadi...

Breaking News1 minggu ago

Menteri Basuki Tinjau Tol Fungsional Kartasura – Klaten Sepanjang 22,3 Km, Solo – Yogya Lebih Lancar

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Jalan Tol Solo – Yogyakarta  di Kabupaten Klaten,...

Breaking News1 minggu ago

Puncak Ramadan Berbagi 2024, Kementerian PUPR Salurkan 1.600 Paket Sembako

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Kementerian PUPR menyelenggarakan “Puncak Ramadan...

Breaking News1 minggu ago

Penanganan Darurat Pasca Longsor Dimulai, Ruas Cigombong – Cibadak Diupayakan Tetap Dapat Fungsional Pada Mudik Lebaran 2024

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meninjau penanganan...

Trending