Connect with us

Breaking News

Bupati Tangerang Keluarkan Edaran Kerja di Rumah

Published

on

Bisniscorner.com – Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengeluarkan surat edaran perihal penyesuaian sistem kerja ASN dalam upaya pencegahan penyebaran Corona Virus (Covid19) di lingkungan pemerintah Kabupaten Tangerang, Jumat, (20/3/20).

Dalam rangka meningkatkan lanjuti surat edaran Menteri pendayagunaan aparatur negara dan Reformasi birokrasi nomor 19 tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN dalam upaya pencegahan penyebaran corona virus di lingkungan instansi pemerintah maka dengan ini Pemerintah Kabupaten Tangerang menyampaikan sebagai berikut

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan Surat edaran tersebut bernomor 443.2/1075-Bag.Um tentang Tindak Lanjut Surat Edaran Menteri Pan RB penyesuaian sistem kerja ASN dalam upaya pencegahan coronavirus di Kabupaten Tangerang.

A. Prinsip utama penyesuaian sistem kerja aparatur sipil negara dalam upaya pencegahan penyebaran corona virus di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang adalah

1 memastikan pelayanan publik tetap berjalan seperti biasa

2 dilaksanakan sesuai dengan standar pencegahan penularan coronavirus yaitu perangkat daerah yang memberikan pelayanan bersifat administratif sebelum dilakukan penyerahan berkas kepada petugas, pengunjung diwajibkan pengukuran suhu tubuh dengan alat pengukur suhu tubuh serta cuci tangan dengan air mengalir dengan sabun antiseptik yang disediakan atau hand sanitizer, petugas menerima berkas wajib menggunakan masker kesehatan

B.  penyelenggaraan penyesuaian sistem kerja dilaksanakan dengan mekanisme sebagai berikut

1 pegawai yang dapat menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah tempat tinggal atau work from home adalah :

a. Pegawai yang mempunyai riwayat perjalanan ke luar negeri dalam 14 Hari kalender

b. pegawai yang kondisi kesehatan keluarganya dalam status pemantauan atau diduga terjangkit coronavirus

c. pegawai yang dalam kondisi sakit

d. pegawai yang lingkungannya terdampak coronavirus

e. Pegawai wanita yang sedang hamil dan menyusui

f. Bagi wanita yang mempunyai anak balita dan usia sekolah dasar

g. Pegawai dengan domisili di luar wilayah kabupaten Tangerang

2. pegawai yang wajib masuk itu pejabat pimpinan tinggi Pratama administrator Camat Lurah dan pegawai pada dinas kesehatan dpmptsp RSUD Puskesmas BPBD Satpol PP Dishub disdukcapil petugas kebersihan dan lapangan.

3. pengaturan pegawai dalam jabatan pengawas dan pelaksana yang dapat bekerja di rumah diserahkan kepada kepala OPD masing-masing tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat dan operasional organisasi yang ditetapkan dengan surat perintah.

4. atasan langsung wajib memantau kinerja pegawai yang bekerja di rumah melalui si pendekar

5. kewajiban pegawai yang bekerja di rumah

a.Melaksanakan tugas dan fungsi jabatannya dengan melaporkan hasil pekerjaan melalui si pendekar

b. Mengaktifkan alat komunikasi dan fungsi layanan lokasi

c. tetap berada dalam tempat tinggalnya masing-masing kecuali dalam keadaan mendesak izin pimpinan

d. pegawai yang melaksanakan tugas di rumah tetapi tidak berada di rumah dan tidak melapor kepada pimpinan maka dikenakan sanksi pelanggaran disiplin sesuai peraturan yang berlaku

e. Apabila sewaktu-waktu diperlukan oleh pimpinan maka Wajib hadir

6. pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan dirumah tetap mendapatkan TPBK sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku

7 dalam hal menyelenggarakan rapat atau kegiatan lain agar memperhatikan jarak aman antar peserta rapat atau Social distensi

8 menunda atau membatalkan perjalanan dinas atau kunjungan kerja dalam dan luar negeri serta tidak menerima kunjungan kerja

9 menunda atau membatalkan penyelenggaraan berbagai kegiatan yang menimbulkan terjadinya perumusan banyak orang sehingga tidak memungkinkan dilakukannya tindak kewaspadaan dan pencegahan penularan korona

10 seluruh ASN agar menghindari kontak fisik dan menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan Membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat

Surat edaran ini mulai berlaku tanggal 18 Maret sampai dengan 30 Maret 2020

Menurut Zaki pegawai yang dapat melaksanakan kerja dirumah diantaranya wanita hamil dan menyusui, pegawai wanita yang memiliki balita dan anak sekolah , pegawai yang mempunyai riwayat perjalanan keluar negeri dalam 14 hari, pegawai yang keluarganya dinyatakan orang dalam pengawasan ( ODP), pegawai dalam kondisi sakit.

“Pengaturan pegawai jabatan pengawas dan pelaksana untuk bekerja di rumah diserahkan kepada OPD masing-masing dengan pertimbangan tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat,” Kata Zaki.

Sementara itu Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian, Pelatihan Sumber Daya Manusia) Hendar Herawan mengungkapkan pegawai yang wajib masuk kerja itu pejabat pimpinan tinggi Pratama, administrator, Camat, Lurah, dan pegawai pada dinas kesehatan, DPMPTSP, RSUD, Puskesmas, BPBD, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Disdukcapil, petugas kebersihan serta petugas lapangan pekerjaan umum.

“pegawai yang melaksanakan kerja dirumah harus mendapatkan pengawasan dari atasannya langsung melalui sistem Pendekar, dan mengaktifkan alat komunikasi, dan apabila diminta hadir maka wajib masuk,” tutup Hendar. (rls)

Breaking News

Tingkatkan Ketahanan Iklim, Kementerian PUPR Dukung Kerja Sama Meteorologi WMO dan BMKG

Published

on

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati melakukan Pertemuan Bilateral dengan Sekretaris Jenderal World Meteorological Organization (WMO) PBB Celeste Saulo. Pertemuan dilakukan di Sofitel Nusa Dua, Bali, Minggu (19/05/2024).

Menteri Basuki berterima kasih kepada WMO dan BMKG atas dukungannya dalam bidang meteorologi. Terlebih, kondisi cuaca juga berdampak pada bidang konstruksi dan pengoperasian infrastruktur Sumber Daya Air (SDA) di Indonesia.

“Terima kasih kepada WMO dan BMKG yang telah menjadi partner strategis kami dalam bekerja. Di bidang SDA, kami bergantung pada hasil kerja mitra meteorologi. Terutama pada pengoperasian reservoir, penjadwalan sistem saluran irigasi serta aktivitas lain dalam pengelolaan air,” kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga berterima kasih kepada BMKG atas implementasi teknologi modifikasi cuaca. Menurutnya, teknologi tersebut memberikan dampak yang signifikan pengelolaan air. Teknologi tersebut juga memberikan manfaat pada kegiatan kenegaraan, seperti G20 dan juga World Water Forum ke-10.

“Saat ini BMKG memimpin seluruh aktivitas meteorologi dan iklim di Indonesia. BMKG sangat ahli dalam pengaturan curah hujan yang berdampak pada peningkatan panen, hingga pengendalian banjir. Sehingga, melalui kerja sama dalam peningkatan early warning systems, Kementerian PUPR berharap WMO dan BMKG akan memperkuat kinerja meteorologi Indonesia,” kata Menteri Basuki.

Kepala BMKG Dwikorita juga berterimakasih kepada Kementerian PUPR atas dukungan dan kerja sama selama ini. Serta telah menjadi partner yang concern di bidang ketahanan iklim.

“Menteri Basuki telah memberikan mandat, bahwa salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam World Water Forum ke-10, yaitu pembentukan Center of Excellence on Water and Climate Resilience. Terima kasih atas dukungannya selama ini, baik dalam peningkatan peralatan kami hingga pengembangan sistem kinerja,” ujar Kepala BMKG Dwikorita

Sekretaris Jenderal WMO Celeste juga mengatakan, WMO siap mendukung penuh kerja sama untuk memperkuat sistem meteorologi Indonesia. Dan berterimakasih atas dukungan Kementerian PUPR.

“WMO sangat mendukung penuh adanya kerja sama ini. Kami berharap, kolaborasi ini dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain,” ujar Sekretaris Jenderal Celeste.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Sekretaris Jenderal Mohammad Zainal Fatah, Direktur Jenderal Sumber Daya air Bob Arthur Lombogia, dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Menteri Basuki Tinjau Taman Bhagawan di Tanjung Benoa, Venue Cultural Night World Water Forum ke-10

Published

on

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau venue Cultural Night World Water Forum ke-10 di Taman Bhagawan di Tanjung Benoa, Badung, Bali pada Sabtu (18/5/2024).

“Acara yang akan diselenggarakan pada Jumat, 24 Mei 2024 ini akan berfokus pada pagelaran budaya, seni dan kuliner khas Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Termasuk pertunjukan seni dari 13 provinsi,” kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki menginstruksikan panitia penyelenggara untuk memastikan seluruh tahapan persiapan dilakukan dengan matang.”Siapkan semuanya dengan matang agar acara nanti dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Pada acara Cultural Night ini para delegasi World Water Forum ke-10 nantinya dapat menikmati berbagai hidangan khas Indonesia yang disajikan dengan konsep warung-warung makanan, pass-around dan live cooking. Peserta juga akan dapat membeli suvenir khas Indonesia di toko suvenir untuk dibawa pulang ke negara asal.

Selain itu, Cultural Night juga akan menampilkan berbagai pertunjukan seni pada mini stage di Taman Bhagawan. Acara akan diakhiri dengan program hiburan di panggung utama yang menampilkan talenta-talenta muda Indonesia serta pertunjukan kembang api.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Sekretaris Jenderal Mohammad Zainal Fatah, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia, dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Menteri Basuki: Indonesia Siap Selenggarakan World Water Forum ke-10 Tahun 2024 di Bali

Published

on

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Ketua Harian World Water Forum ke-10 mengatakan, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan rangkaian agenda sebagai kesiapan penyelenggaraan forum internasional dalam pengelolaan Sumber Daya Air.

“Mulai tanggal 18 Mei 2024 ada kegiatan Balinese Water Purification Ceremony di Kura-Kura Bali (KKB) pada Sabtu sore, untuk memperkenalkan pada dunia tradisi Bali yang menjadikan air sebagai suatu yang suci. Sekitar 2.000 orang akan mengikuti acara ini, kemudian dilanjutkan Gala Dinner di Garuda Wisnu Kencana pada Minggu 19 Mei 2024,” kata Menteri Basuki pada Rapat Koordinasi Penyelenggaraan World Water Forum ke-10, Kamis (16/5/2024).

Untuk seremoni pembukaan (opening ceremony) Menteri Basuki mengatakan, akan dilaksanakan pada Senin pagi, 20 Mei 2024 di Bali International Convention Center (BICC). “Acara pembukaan dibagi menjadi dua, satu di Mangupura Hall BIC untuk yang hadir secara langsung, dan ada tempat lain lewat sistem mirroring. Total ada sekitar 6.000 orang dalam pembukaan,” ujarnya.

Selanjutnya pada hari yang sama Menteri Basuki mengatakan akan dilanjutkan dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. “Kemudian pada Senin sorenya akan ada Bali Art Karnival di Nusa Dua untuk memamerkan pesta kesenian Bali,” kata Menteri Basuki.

Kegiatan World Water Forum ke-10 juga akan diisi dengan Pameran (Fair and Expo) yang dimulai pada Senin 20 Mei 2024 tersebar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali Collection, dan Pantai Kuta. “Di BNDCC ada 21 Paviliun Negara yang ikut dan 126 organisasi. Kemudian di Tsunami Shelter Kuta ada 70 paviliun, kemudian di Bali Collection UMKM ada 51 paviliun,” ungkapnya.

Dikatakan Menteri Basuki, Forum ini akan diisi dengan pertemuan yang dibagi menjadi Sesi Proses Politik, Tematik, dan Regional pada 20-24 Mei 2024. “Total ada 283 sesi untuk mendiskusikan strategi pengelolaan air,” kata Menteri Basuki.

Selanjutnya pada Kamis, 23 Mei 2024 Menteri Basuki mengatakan akan diselenggarakan Melasti Water Carnival di Pantai Melasti, Closing Ceremony pada Jumat, 24 Mei 2024 di Mangupura Hall, Cultural Night (Farewell) pada Jumat, 24 Mei 2024 di Taman Bhagawan dan Field Trip pada Sabtu, 25 Mei 2024 antara lain ke lokasi Water Museum Subak di Tabanan, Jatiluwih UNESCO World Heritage Site, Danau Batur Kintamani, Cultural Village Ubud, dan Kebun Raya Bedugul.

Hingga hari ini, Menteri Basuki menyebutkan peserta yang telah mendaftar sebanyak 14.000 orang dari nasional serta internasional dan terus bertambah hingga pembukaan. “Forum ini akan dihadiri 8 Kepala Negara, 3 Deputy Prime Minister, 3 utusan khusus, 19 Menteri/Setingkat Menteri yang mewakili Kepala Negara dan ada 20 pejabat lainnya serta organisasi internasional,” ujarnya.

Khusus untuk pertemuan tingkat Menteri (Ministrial Meeting), Menteri Basuki mengatakan akan hadir Menteri/pejabat senior dari 132 Negara dan 27 organisasi internasional. “Namun jumlah ini masih terus bergerak karena masih ada beberapa negara yang belum memberikan konfirmasi,” kata Menteri Basuki.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga hadir dalam rapar tersebut berpesan kepada Panitia Penyelenggara untuk terus memastikan kesiapan World Water Forum ke-10. “Penyelenggaraan sudah semakin dekat, panitia agar memeriksa kesiapan bidang masing-masing,” kata Menteri Luhut. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News1 hari ago

Tingkatkan Ketahanan Iklim, Kementerian PUPR Dukung Kerja Sama Meteorologi WMO dan BMKG

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)...

Breaking News2 hari ago

Menteri Basuki Tinjau Taman Bhagawan di Tanjung Benoa, Venue Cultural Night World Water Forum ke-10

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau venue Cultural Night World Water Forum ke-10 di...

Breaking News3 hari ago

Menteri Basuki: Indonesia Siap Selenggarakan World Water Forum ke-10 Tahun 2024 di Bali

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Ketua Harian World Water Forum ke-10 mengatakan, Pemerintah...

Breaking News4 hari ago

Keikutsertaan Febryan Wishnu dalam Program “Praktisi Mengajar” di Jurusan DKV Universitas Mercu Buana

Bisniscorner.com – Febryan Wishnu, seorang pengusaha muda dari Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang berkiprah dalam industri ekonomi kreatif, dengan bangga...

Breaking News4 hari ago

Accor Buka ibis Styles Serpong BSD City

Bisniscorner.com – ibis Styles, brand ekonomi berbasis desain dari Accor, dengan senang hati mengumumkan pembukaan ibis Styles Serpong BSD City...

Breaking News4 hari ago

Menteri Basuki: BPKP Guru Penguatan Sistem Pengendalian Intern Kementerian PUPR

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjadi pembicara pada acara Forum Nasional Pembentukan Karakter Inti...

Trending