Connect with us

Bisnis

Kementerian PUPR Mulai Gulirkan Stimulus di Sektor Perumahan per 1 April 2020

Published

on

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran bagi stimulus fiskal subsidi perumahan sebesar Rp1,5 Triliun untuk 175.000 rumah tangga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) melalui proses Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Hal tersebut sebagai salah satu antisipasi dampak ekonomi akibat Virus Covid-19 sesuai Kebijakan Stimulus Fiskal Presiden RI Joko Widodo, yang salah satunya dalam bidang perumahan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Eko D. Heripoerwanto mengatakan, bentuk stimulus fiskal tersebut berupa pengalokasian dana untuk Subsidi Selisih Bunga (SSB) dan tetap memberikan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) untuk KPR.

“SSB dan SBUM diharapkan akan operasional pada 1 April 2020 melalui Bank Pelaksana yang telah bekerja sama dengan Kementerian PUPR. Saat ini 3 (tiga) bank telah menyatakan minat sebagai bank pelaksana, yaitu Bank BTN, Bank BNI, dan Bank BRI. Kementerian PUPR masih membuka peluang bagi bank lain yang ingin bekerja sama, sehingga MBR mendapatkan kesempatan seluas-luasnya memanfaatkan jaringan bank di daerah untuk mengakses subsidi perumahan ini,” kata Heri dalam jumpa pers daring, Selasa (31/3/2020).

Ditambahkan Heri, dua skema pembiayaan tersebut kembali dihadirkan karena melihat kinerja tahun sebelumnya bahwa keduanya merupakan subsidi yang banyak diterima masyarakat diantara skema lainnya seperti FLPP [Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan] dan BP2BT [Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan].

Menurutnya, manfaat yang didapatkan MBR dari SSB yaitu pembayaran angsuran KPR dengan suku bunga sebesar 5% per tahun selama 10 tahun. Pemerintah akan membayarkan subsidi sebesar selisih angsuran antara suku bunga pasar dari perbankan dengan angsuran yang dibayar debitur/nasabah.

“Khusus untuk pembelian rumah tapak, MBR akan mendapatkan manfaat tambahan yaitu pemberian sebagian uang muka KPR melalui SBUM sebesar Rp4 juta,-, dan khusus untuk Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat mendapat SBUM sebesar Rp10 juta,” ungkap Heri.

Terkait dengan persyaratan untuk mendapat subsidi, antara lain dikatakan Heri, harus merupakan warga negara Indonesia (WNI) berpenghasilan maksimal Rp8 juta, belum punya rumah, dan belum pernah mendapat subsidi. “Melalui pemberian stimulus fiskal subsidi perumahan ini diharapkan dapat membantu MBR untuk mendapatkan rumah yang layak huni dan terjangkau, terutama pada masa sulit pandemi COVID-19,” ujarnya.

Heri menyatakan, dengan adanya stimulus fiskal subsidi perumahan melalui SSB dan SBUM pada tahun 2020 ini, secara keseluruhan target Pemerintah dalam pemberian fasilitasi bantuan pembiayaan perumahan kepada sebanyak 330.000 rumah tangga MBR diharapkan dapat tercapai.

“Jumlah tersebut terdiri dari KPR FLPP sekitar 88.000 rumah tangga MBR (diluar percepatan penyaluran pada tahun 2019), BP2BT sebanyak 67.000 rumah tangga MBR, dan KPR SSB sebanyak 175.000 rumah tangga MBR,” tutur Heri.

Diungkapkan juga oleh Heri bahwa per tanggal 30 Maret 2020, total debitur KPR FLPP sebanyak 12.375 rumah tangga MBR. “Pemerintah berupaya semaksimal mungkin membantu MBR agar dapat memenuhi salah satu kebutuhan pokok kehidupan, yaitu tempat tinggal,” ujarnya. (rls)

Bisnis

Honda HR-V dan Honda WR-V Raih Penjualan Tertinggi di Kelasnya Sepanjang Semester Pertama 2024

Published

on

Bisniscorner.com  – Dua model SUV Honda WR-V dan Honda HR-V mencatat penjualan terbanyak di kelasnya masing-masing sepanjang semester pertama tahun 2024. Seluruh model SUV Honda berkontribusi sebesar 46,4% terhadap penjualan Honda di semester pertama tahun ini yang tercatat sebanyak 23.986 unit.

Sepanjang semester pertama, Honda HR-V mencatat penjualan dengan total sebanyak 8.883 unit dan berkontribusi pada penjualan kelas Medium SUV nasional sebesar 37%. Sementara pada bulan Juni 2024, Honda HR-V mengalami kenaikan penjualan sebesar 17% dibandingkan bulan sebelumnya dengan mencatat penjualan sebanyak 1.459 unit.

Kemudian dalam periode Januari hingga Juni 2024, Honda WR-V mencatat penjualan dengan total sebanyak 7.088 unit atau berkontribusi pada penjualan kelas Small SUV nasional sebesar 42%. Sementara itu model SUV Honda lainnya yaitu Honda BR-V N7X Edition terjual dengan total sebanyak 6.113 unit serta All New Honda CR-V mencatat penjualan dengan total sebanyak 1.902 unit di semester pertama 2024.

Penjualan terbanyak Honda di periode Januari hingga Juni tahun ini ditempati oleh Honda Brio dengan total penjualan sebanyak 25.625 unit dan berkontribusi terhadap penjualan Honda sebesar 49,5%. Sementara itu, produk Honda lainnya mencatat penjualan dengan total sebanyak 2.070 unit.

Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM mengatakan, “Penjualan model SUV Honda memberikan kontribusi yang signifikan pada semester pertama bersama dengan model favorit Honda Brio, meskipun secara umum pasar otomotif belum menunjukkan pertumbuhan yang positif. Kami berharap memasuki semester kedua pertumbuhan dapat kembali positif didukung oleh motor show dan berbagai program penjualan kami hadirkan.”

Untuk kembali menyegarkan pasar, Honda menghadirkan berbagai program penjualan menarik yang memudahkan konsumen dalam memiliki mobil Honda mulai dari paket perawatan berkala, cicilan yang ringan serta tenor yang panjang. Honda juga memiliki aktivitas trade in di dealer Honda Certified Used Car yang berada di berbagai daerah.

Selain itu, Honda akan kembali hadir di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan berlangsung pada tanggal 18 – 28 Juli 2024. Honda menghadirkan berbagai penawaran penjualan menarik eksklusif di pameran ini. Selain itu, Honda juga akan memberikan pengalaman berbeda melalui aktivitas test drive, beragam aktivitas atraktif yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. (Rls)

Continue Reading

Bisnis

Dorong Inklusi Keuangan, Unit Usaha Syariah Bank DKI Siap Dukung Transaksi Perbankan Muhammadiyah DKI Jakarta

Published

on

Bisniscorner.com – Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah (UUS) siap mendukung kebutuhan transaksi perbankan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PW Muhammadiyah) DKI Jakarta sebagaimana tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU), yang ditandatangani oleh Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI, Henky Oktavianus dan Ketua PW Muhammadiyah DKI Jakarta, Akhmad H. Abubakar di Jakarta pada Sabtu (06/07).

Penandatanganan ini bertepatan dengan acara Pengajian Rutin Bulanan yang bertema “HARI BER-MUHAMMADIYAH” dan turut dihadiri oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Direktur Utama Bank DKI, Agus Haryoto Widodo, serta sejumlah tokoh penting dari PW Muhammadiyah DKI Jakarta.

Direktur Utama Bank DKI, Agus Haryoto Widodo menyampaikan harapannya dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman ini dapat meningkatkan inklusi keuangan syariah di DKI Jakarta. “Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah terus mengembangkan produk dan layanan yang inovatif serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kami yakin, kolaborasi dengan PWM DKI Jakarta ini akan memperluas jangkauan layanan keuangan syariah dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian syariah di Jakarta,” kata Agus.

“Bank DKI juga terus mendukung layanan perbankan digital yang dapat dipergunakan oleh PW Muhammadiyah dan juga Amal Usaha Muhammadiyah untuk kebutuhan pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, dan tempat ibadah,” ujar Agus.

Adapun ruang lingkup MoU ini mencakup kerja sama penyediaan produk dan layanan keuangan syariah bagi PWM DKI Jakarta, diantaranya pembukaan produk tabungan, giro dan deposito, produk pembiayaan konsumer seperti Kredit Multi Guna iB dan KPR iB baik komersil maupun Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), serta pembiayaan ritel dan korporasi. Ruang lingkup kesepahaman ini juga mencakup keagenan koperasi, layanan pendaftaran haji dan umroh, pemanfaatan produk dan layanan, serta program yang berdasarkan prinsip perbankan syariah yang difatwakan oleh Dewan Syariah Nasional.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan apresiasinya terhadap Bank DKI dan berharap dapat meningkatkan hubungan baik dengan Bank DKI. Ia juga menyampaikan harapannya agar Bank DKI dapat mendukung kebutuhan Muhammadiyah DKI Jakarta melalui transaksi yang memberikan kemudahan, keamanan serta memberikan manfaat kepada umat.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan bahwa kerja sama ini menandai langkah awal dari rangkaian program kolaboratif antara Bank DKI Unit Usaha Syariah dan PWM DKI Jakarta. Kedua belah pihak berkomitmen untuk terus menjalin komunikasi dan koordinasi yang intensif guna memastikan implementasi kerja sama berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang optimal bagi semua pihak yang terlibat.

“Dengan semangat kemitraan dan kolaborasi yang erat, Bank DKI Unit Usaha Syariah dan PWM DKI Jakarta berharap dapat bersama-sama mendorong perkembangan perbankan syariah di Indonesia, serta memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan umat dan masyarakat secara keseluruhan,” tutup Arie.

Produk dan Layanan Perbankan Syariah Bank DKI

Bank DKI telah menerapkan sistem Dual Banking Leverage Model (DBLM) yang memungkinkan nasabah untuk mengakses produk dan layanan syariah di seluruh Kantor Cabang Bank DKI. Ragam pilihan produk dan layanan syariah Bank DKI, diantaranya rekening tabungan iB, giro iB, deposito iB, hingga pembiayaan syariah seperti KUR, pembiayaan investasi, modal kerja, ritel dan mikro, serta Konsumer iB. (Rls)

Continue Reading

Bisnis

Kebutuhan Ruang Komersial Premium Tinggi, Sinar Mas Land Luncurkan West Village Business Park Tahap Kedua di BSD City

Published

on

Bisniscorner.com – Dalam satu tahun terakhir, perkembangan properti komersial dan permintaan area komersial sebagai ruang usaha, perkantoran, hingga F&B terus mengalami pertumbuhan. Terlihat dari tren peningkatan penjualan properti komersial yang selalu disambut baik oleh konsumen end user, serta investor di wilayah Jabodebek dan Serpong.

Menurut data dari Commercial BSD City, kenaikan permintaan terhadap produk komersial segmen premium terlihat dari penjualan Enchante Business Park, Iconix Studio Loft, Cascade Studio Loft, Delrey Biztown, Northridge Ultimate, dan West Village Business Park yang sudah terjual lebih dari 400 unit, mulai dari Juli 2023 hingga Februari 2024. Guna memenuhi kebutuhan pasar komersial yang tinggi, Sinar Mas Land kembali meluncurkan West Village Business Park tahap kedua di BSD City. Pengembangan ini merupakan kelanjutan dari kesuksesan penjualan West Village Business Park tahap pertama, yang telah habis terjual dalam waktu beberapa jam saja saat peluncuran produk tersebut.

West Village Business Park tahap kedua mengusung konsep “Prestigious and Modern Facade Design”, dengan menawarkan ruang fleksibel untuk bisnis berbagai ukuran. Setiap unitnya terdiri atas 3 dan 4 lantai, lengkap dengan fasilitas lift untuk tipe tertentu. West Village Business Park tahap kedua menawarkan dua tipe unit, yakni standard building (ruko) dan studio loft. Tipe standard building (ruko) memiliki luas mulai dari 4,5×9 dan 5×12, sedangkan tipe studio loft memiliki luas mulai dari 6×12 dan 9×12.

CEO Commercial BSD Sinar Mas Land – Anna Budiman menyampaikan, kami berterima kasih atas respons pasar yang luar biasa terhadap penjualan West Village Business Park di tahap pertama, yang telah habis terjual dalam waktu singkat. Pengembangan West Village Business Park tahap kedua ini merupakan solusi bagi para pebisnis yang mencari lokasi strategis dan modern untuk mengembangkan usaha mereka di era baru. Di tahap kedua, West Village Business Park kami pasarkan sebanyak 36 unit (penjualan fase 1) mulai dari harga Rp2,7 miliaran hingga Rp9 miliaran. Untuk memudahkan konsumen memiliki properti, Sinar Mas Land pun juga menyediakan berbagai pilihan pembayaran yang fleksibel, seperti KPR, cash bertahap, dan tunai.

West Village Business Park memiliki beragam fasilitas di antaranya multiple access entrance, backyard, lebar jalan sampai dengan ROW 42, jalur pedestrian yang mudah diakses, lahan parkir yang luas, hingga sistem keamanan 24 jam. Dengan kelengkapan fasilitas tersebut, klaster komersial ini pun sangat cocok bagi pebisnis yang ingin membuka berbagai jenis usaha, seperti office, kafe, restaurant, salon, beauty clinic, boutique, non-formal education, dan bisnis ritel/komersial lainnya.

Sebagai ruang usaha, West Village Business Park memiliki captive market yang besar karena dikelilingi area residensial seperti kawasan The Eminent, The Mozia, Greenwich Park, De Park, Foresta, Jadeite, The Zora, dan NavaPark. Berlokasi strategis di BSD City bagian barat, West Village Business Park dilengkapi dengan fasilitas bisnis dan lifestyle center, seperti AEON Mall, The Breeze, QBig, GrandLucky Superstore, dan RANS Nusantara Hebat.

Selain itu, ada pula pengembangan EASTVARA Mall yang diproyeksikan menjadi lifestyle commercial center yang akan beroperasi pada tahun ini. Tak hanya itu, West Village Business Park juga dekat dengan kawasan perkantoran di antaranya BSD Green Office Park, Foresta Business Loft 1-5, Astra Biz Center, dan Wisma BCA.

Dari sisi akses, BSD City memiliki jalur langsung menuju gerbang Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A, Tol Jakarta-Merak (Tol Kebon Jeruk), dan Tol Jakarta-Serpong yang terintegrasi dengan Tol JORR 2, Tol Kunciran-Serpong, Tol Bandara Soekarno-Hatta, serta Tol Serpong-Cinere. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News1 jam ago

Meniru Produk Tisu NICE, PT The Univenus Peringatkan Produsen Tisu MICE

Bisniscorner.com – PT The Univenus mengecam sikap dan tindakan yang dilakukan oleh PT Azkia Diva Nusantara selaku produsen Tisu MICE...

Breaking News2 hari ago

Kementerian PUPR Apresiasi Peran Universitas Muhammadiyah Cirebon dalam Program Penurunan Angka Stunting

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai salah satu kementerian yang terlibat dalam program penurunan angka stunting...

Breaking News2 hari ago

Tingkatkan SDM Bidang Konstruksi, Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna Bertransformasi Menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Pekerjaan Umum

Bisniscorner.com – Dalam mendukung terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang konstruksi yang kompeten, profesional, berdaya saing tinggi, dan siap...

Breaking News3 hari ago

Kementerian PUPR Pastikan Infrastruktur IKN Siap Dukung Upacara HUT ke-79 RI

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat proses kesiapan infrastruktur jelang pelaksanaan Upacara Bendera HUT ke-79...

Breaking News5 hari ago

Kementerian PUPR Terima Apresiasi Kolaborasi Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima apresiasi penyelenggaraan dukungan infrastruktur dan transportasi pada arus mudik dan...

Breaking News5 hari ago

Pembangunan Direct Toll Access KM 25 Tangerang Resmi diMulai

Bisniscorner.com – Infrastruktur menjadi salah satu fokus pemerintah untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dapat...

Trending