Connect with us

Tekno

Menteri Perindustrian : Apple Developer Academy BSD City Terus Mendukung 4.0 di Indonesia

Published

on

Bisniscorner.com – Industri teknologi digital berkembang pesat di masa pandemi Covid-19, mengingat beragam aktivitas fisik kini beralih ke virtual dan online melalui komputer atau smartphone. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyadari hal itu, sehingga perkembangan industri tersebut harus dikawal dengan baik.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi Apple Developer Academy di BSD City pada Kamis (23/7). Dalam kunjungan tersebut, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, Taufik Bawazier, Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe, Manager Government Affair South East Asia Apple, Mirza Natadisastra, Dirjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kemenperin, Gati Wibawaningsih, dan Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap.

“Kami berharap Apple Developer Academy bisa terus mendukung kita menuju Indonesia 4.0 karena banyak sektor masih belum bersentuhan dengan teknologi digital. Kami sangat yakin inovasi berbasis teknologi dapat membuat industri menjadi lebih efisien sehingga daya saing kita menjadi lebih kuat. Kami mendukung siswa dan alumni Apple Developer Academy agar dapat memberikan kontribusi untuk ekonomi digital negara, khususnya dengan lokasi di BSD City yang merupakan hub antara digital talent dengan industri,” papar Agus Gumiwang Kartasasmita.

Beliau juga menambahkan agar SDM sektor industri dapat mengakselerasi kemampuan di bidang digital dengan turut mengikuti pembelajaran intensif di Apple Academy. “Saat ini Kemenperin gencar mendorong daya saing industri, di antaranya adalah menambah keahlian di bidang digitalisasi kepada SDM industri,” ujarnya.

Menurut Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap, perusahaan melalui Digital Hub terus memfasilitasi pendidikan, komunitas, dan bisnis digital, termasuk di Apple Developer Academy. “Ini merupakan wujud keseriusan kami dalam mengembangkan integrated smart digital creative city,” ujarnya.

Apple Developer Academy merupakan wadah pengembangan talenta digital yang dibangun oleh Apple Inc dan didukung Sinar Mas Land. Sekolah coding ini membekali para siswanya dengan tiga kemampuan utama, yakni teknikal, bisnis, dan desain. Apple Developer Academy memiliki visi untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang mampu mengembangkan aplikasi dan teknologi dalam memecahkan permasalahan sosial berbasis operating system dari Apple.

Di tengah pandemi Covid-19, proses pembelajaran kepada 200 siswa batch keempat di Apple Developer Academy BSD City tetap berlangsung secara online dan dibimbing oleh mentor pilihan Apple Inc. Apple Developer Academy BSD City juga sedang mempersiapkan pendaftaran dan seleksi siswa baru untuk angkatan selanjutnya yang akan mulai belajar di awal tahun depan.

Sinar Mas Land saat ini tengah menggarap Digital Hub, sebuah area yang ditujukan untuk komunitas digital, mulai dari startup company, institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT hingga perusahaan multinasional berbasis teknologi.  Digital Hub memiliki area seluas 25,86 hektare dan terletak di bagian selatan Green Office Park, BSD City. 

Saat ini sejumlah perusaahan yang bergerak di bidang IT telah berkantor di kawasan Green Office Park seperti Grab Indonesia, Huawei, Sales Stok, Ev Hive, Orami dan akan direlokasi ke kawasan Digital Hub ketika pembangunan proyek tersebut telah selesai.

Sejumlah institusi pendidikan di bidang coding juga telah hadir di BSD City seperti Apple Developer Academy, Binar Academy, Techpolitan, Creative Nest dan Purwadhika. Keberadaan institusi tersebut berguna untuk men-supply para tenaga developers ke sejumlah perusahaan nasional dan multinasional berbasis teknologi. (Rls)

Advertisement iklan

Tekno

OPPO Pamerkan Inovasi AI di Ajang Google Cloud Next ’24, Perkenalkan Model Google Gemini pada Smartphone AI

Published

on

Bisniscorner.com – Era Smartphone AI resmi dimulai, OPPO mempercepat langkah strategis secara global untuk menghadirkan Smartphone AI pada ajang MWC 2024. Berpartner dengan Google Cloud, OPPO menggali lebih jauh dalam mengeksplorasi pengalaman Smartphone AI yang lebih baru. OPPO menghadirkan debut berbagai inovasi AI pada konferensi Google Cloud Next ’24 bersamaan dengan pengumuman bersama OnePlus untuk memanfaatkan Google Gemini yang penuh tenaga.

Pionir dalam Memberdayakan Model Keluarga Gemini Terbaru

Sebagai langkah penting dalam memenuhi misi membawa era baru Smartphone AI, OPPO dan OnePlus akan mengintegrasikan Google Gemini. Integrasi ini akan disematkan dalam berbagai lini produk OPPO dan OnePlus untuk memberikan peningkatan dan evolusi signifikan dalam pengalaman AI, sehingga membentuk kembali bagaimana cara pengguna berinteraksi dengan smartphone mereka.

OPPO dan OnePlus secara bersama-sama mengumumkan komitmennya untuk memperkenalkan serangkaian fitur inovatif yang memanfaatkan kemampuan canggih Google Gemini sepanjang tahun 2024. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman AI mobile yang paling tangguh, merangkul basis pengguna yang lebih luas dengan daya tarik yang baru dari Smartphone AI.

Empat Keunggulan Utama Smartphone AI

Revolusi teknologi yang dibawa oleh AI Generatif telah membuka kemungkinan tak terbatas untuk industri seluler. OPPO telah berdedikasi untuk berkolaborasi dengan mitra industri global untuk mendefinisikan kembali Smartphone AI.

Pada konferensi Google Cloud Next ’24, OPPO berbagi wawasan tentang Smartphone AI dengan inovator AI global. OPPO percaya bahwa Smartphone AI harus memiliki empat kemampuan inti yaitu komputasi efisien, persepsi dunia nyata, pembelajaran mandiri, dan kreativitas. Melalui teknologi AI, smartphone akan mendapatkan kemampuan baru dalam persepsi, interaksi, dan kecerdasan, sehingga membentuk kembali pengalaman seluler.

OPPO juga membahas pertimbangan komprehensifnya mengenai transformasi menyeluruh dan restrukturisasi ekosistem Smartphone AI yang bertujuan untuk memperkuat kehadirannya dalam platform perangkat keras, sistem pintar, dan pengembangan ekosistem.

Merangkul Lebih Banyak Pengguna di Seluruh Dunia untuk Merasakan Kesempurnaan dari Smartphone AI

Selama acara, OPPO juga mengumumkan bahwa lebih dari sepuluh juta pengguna sudah dapat menikmati fitur AI Generatif pada perangkat mereka seperti OPPO Find X7 Series dan OnePlus 12.

Pada tahun 2024, OPPO dan OnePlus akan meluncurkan fitur-fitur AI secara global, termasuk OPPO AI Eraser yang diakui kemampuannya.

OPPO AI Eraser dapat dengan mudah mengidentifikasi dan menghapus objek, serta mampu mengisi latar belakang dengan hasil mulus tanpa jejak pasca-pemrosesan.

Di balik pengalaman yang luar biasa ini terdapat teknologi pengenalan gambar dan pengisian gambar AI yang kuat milik OPPO. Saat ini, OPPO AI Eraser dapat mengenali lebih dari 120 kategori objek, termasuk orang, hewan peliharaan, ponsel, bunga, pohon, dan bangunan. Untuk mencapai hasil generasi yang optimal, OPPO telah melatih teknologinya menggunakan miliaran kumpulan data berbasis model difusi terdepan di industri, hingga akhirnya mencapai performa AI Eraser terdepan di industri.

AI Eraser akan mulai diperkenalkan ke perangkat Reno11 Pro 5G, Reno11 5G, Reno11 F 5G, Find N3, dan Find N3 Flip.

OPPO dan OnePlus secara aktif berkolaborasi dengan Google untuk mengintegrasikan produk cloud AI ke lebih banyak perangkat seluler. Kemitraan yang kuat ini akan melengkapi smartphone OPPO dan OnePlus dengan kemampuan AI yang lebih canggih di masa depan dengan fitur-fitur seperti ringkasan artikel berita, organisasi konten audio real-time, dan pembuatan konten media sosial yang kreatif.

Komitmen OPPO untuk Meningkatkan dan Mempopulerkan Smartphone AI

AI tertanam kuat dalam DNA pengembangan produk OPPO dan OnePlus. Selama beberapa tahun terakhir, OPPO telah memanfaatkan kemampuan integrasinya dalam perangkat lunak, perangkat keras, chipset, dan OS untuk menciptakan performa pencitraan seluler yang terdepan di industri. Prestasinya dalam fotografi komputasi telah diakui oleh pengguna di seluruh dunia.

Sementara itu, OnePlus telah memanfaatkan kemampuan AI yang kuat untuk mencapai optimasi tinggi pada sisi performa. Dikombinasikan dengan terobosan teknologi seperti Trinity Engine, OnePlus memberikan pengalaman performa tercepat dan paling lancar kepada pengguna.

Awal tahun ini, OPPO mendirikan Pusat AI-nya untuk memadukan sumber daya dalam penelitian dan pengembangan AI yang secara sistematis meningkatkan kemampuan AI-nya untuk menciptakan Smartphone AI baru.

Dalam 3-5 tahun mendatang, OPPO dan OnePlus akan terus mengembangkan lebih dari 100 fitur baru berbasis teknologi AI generatif untuk pengguna dan tetap berkomitmen untuk berkolaborasi dengan mitra global untuk menciptakan pengalaman Smartphone AI yang benar-benar revolusioner. (Rls)

Continue Reading

Tekno

Hiburan Lebih Imersif, Televisi Layar Lebar Terbaru dari POLYTRON Beri Pengalaman Berbeda

Published

on

Bisniscorner.com – Ruang keluarga, sekarang bisa menjadi tempat yang lebih mengasyikkan dengan hadirnya TV yang bisa digunakan untuk media hiburan saat berkumpul bersama di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari yang padat. TV yang baik, sejatinya dapat memberikan Anda pengalaman menonton yang jauh lebih dalam dan memuaskan.

Gregory Linardy sebagai Product Specialist dari POLYTRON memperkenalkan televisi terbaru dari POLYTRON. Diluncurkan dengan ukuran 75 inci PLD 75UG5959 dan 65 inci PLD 65UG5959, yang menawarkan pengalaman menonton dengan resolusi ultra high definition dengan gambar yang sempurna.

“Televisi ini jelas berbeda, selain lebih imersif dengan teknologi 4K upscalling, televisi terbaru ini juga telah dilengkapi dengan teknologi Dolby Vision dan Dolby Atmos yang dapat membuat konten dan seluruh efek dari audio visual menjadi lebih nyata,” Kata Gregory.

POLYTRON meluncurkan televisi Google TV ukuran besar ini dalam dua ukuran untuk memudahkan pengguna dalam menyesuaikan dengan ukuran ruangan. Dua series ini, tidak hanya sekadar perangkat elektronik, tetapi juga jendela dunia. Teknologi canggih di dalamnya menghasilkan gambar yang hidup dan nyata. Dari detail yang tajam hingga warna yang kaya, televisi layar lebar ini pasti dapat membuat penonton merasakan momen yang benar-benar real ke dalam ruangan dengan memancarkan kebahagiaan dan kehangatan ke setiap adegan. Dengan begitu, televisi layar lebar ini dapat menghadirkan kebahagiaan dan investasi yang tak ternilai.

Menggunakan televisi layar lebar dipercaya dapat meningkatkan daya tarik visual dari berbagai sudut pandang dan dapat memudahkan Anda dalam memikmati tontonan yang menarik dari berbagai arah. Teknologi pemancar audio bluetooth yang ada di dalamnya, juga sangat memungkinkan Anda menikmati visual dengan audio nirkabel yang dapat memberikan kebebasan bergerak dan kenyamanan.

PLD 75UG5959 dan PLD 65UG5959 adalah smart TV yang telah dibenamkan sistem operasi Google TV yang memungkinkan pengguna dapat mengakses berbagai konten secara mudah melalui navigasi suara menggunakan perintah ‘Ok Google’. Platform televisi pintar ini memudahkan Anda mencari konten, mengontrol pemutaran media, dan mengakses informasi dengan mudah sesuai dengan perefensi pengguna.

Kehadiran Google Assistant yang ada didalamnya dapat memberikan kemudahan dalam berbagai pengaturan dan televisi pintar ini juga dapat memberikan rekomendasi konten yang dipersonalisasi berdasarkan riwayat pengguna.

PLD 75UG5959 dan PLD 65UG5959 menyediakan akses ke berbagai aplikasi dan layanan streaming populer seperti Netflix, YouTube, Prime Video dan lain sebagainya. Dengan kelebihan fitur-fitur yang dimilikinya, televisi ini menawarkan pengalaman menonton yang lebih interaktif. PLD 75UG5959 dan PLD 65UG5959 semakin lengkap dengan kemudahan menikmati siaran Mola secara gratis.

Untuk menambah kenyamanan dalam menikmati berbagai hiburan, televisi terbaru ini hadir dengan masa garansi komprehensif 24 bulan dengan layanan pelanggan tersedia di seluruh tanah air #QualityThatMatters karena selain kualitas dan inovasi, layanan purna jual juga menjadi kunci kepuasan pelanggan menyeluruh. (Rls)

Continue Reading

Tekno

BINUS University Hadirkan Nusameta Borobudur untuk Wisata Digital

Published

on

Bisniscorner.com – Fenomena Metaverse yang berkembang pesat menarik perhatian dunia pada abad ke-21. BINUS University, melalui kolaborasi dengan Nusameta, menghadirkan Nusa Borobudur sebagai platform Metaverse inklusif di Indonesia. Proyek ini tidak hanya menawarkan pengalaman virtual yang mendalam dan edukatif tetapi juga mencerminkan komitmen BINUS dalam memanfaatkan teknologi untuk membawa pendidikan dan pariwisata ke era inovatif.

Nusa Borobudur adalah hasil kolaborasi antara BINUS University dan Nusameta yang menawarkan pengalaman virtual yang mendalam dan edukatif. Inisiatif ini mencerminkan komitmen BINUS University dalam menghadapi era digital dan membawa pendidikan serta pariwisata ke masa depan yang inovatif dan maju secara teknologi.

Acara TECH DAY kali ini dalam Talkshow “The Future of Metaverse: How to Feel Immersive Learning and Become Creator Economy” membahas potensi Nusameta sebagai platform untuk pengalaman belajar yang imersif. Peserta mendapatkan pemahaman tentang bagaimana Nusameta dapat merevolusi cara kita belajar dan berinteraksi dengan konten pendidikan.

Diskusi akan fokus pada bagaimana Nusameta memungkinkan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan interaktif. Peserta akan mempelajari berbagai contoh penerapan Metaverse dalam pendidikan, termasuk simulasi, tur virtual, dan pengajaran berbasis permainan. Selain itu, talkshow ini akan mengeksplorasi konsep ekonomi kreator di Metaverse. Peserta akan belajar tentang bagaimana individu dapat menjadi pencipta konten digital yang sukses dan menghasilkan pendapatan melalui platform-platform yang ada di Nusameta.

“Dengan langkah kita memanfaatkan teknologi dan kreatifitas yang berbasis lokal, Nusameta dapat menciptakan pengalaman belajar yang bisa membantu imajinasi siswa masuk ke dalam budaya dan tradisi dengan gaya mereka sendiri. Ini membuka pintu untuk memperdalam pemahaman tentang warisan budaya dan nilai-nilai tradisional dengan kearifan lokalnya,” ujar Budianto, selaku Chief Product and Development Officer of Nusameta.

Selain itu, Prof Meyliana selaku Guru Besar Sistem Informasi BINUS University menekankan bahwa keberadaan metaverse yang sedang naik turun, tidak terlalu berpengaruh dalam fungsinya sebagai media pembelajaran karena pengalaman belajar yang imersif dan kaya dengan pengalaman akan jauh lebih menarik bagi para siswa dibandingkan dengan belajar secara tradisional.

BINUS University melalui School of Information Systems juga berhasil menciptakan gebrakan baru dalam dunia pendidikan dan pariwisata dengan menghadirkan sebuah pengalaman unik menggunakan teknologi metaverse yang akan ditampilkan di Kampus Anggrek, BINUS @Kemanggisan dalam Showcasing Nusa Borobudur within The Early Testing of Nusameta Appliction di acara Tech Day pada 3 April 2024. School of Information Systems BINUS University menghadirkan Nusa Borobudur yang menjadi sebuah inovasi untuk meningkatkan kepuasan wisatawan, memberikan pengalaman imersif, serta meningkatkan pemahaman tentang sejarah dan budaya lokal selama berwisata.

“Saya melihat Nusa Borobudur di Nusameta dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan dan memperkuat keberagaman budaya Indonesia kepada siswa di seluruh negeri. Ini dapat memperdalam pemahaman mereka tentang nilai-nilai budaya yang kaya dan merangsang minat dalam melestarikan dan mempromosikan keberagaman budaya Indonesia,” ujar Syaifullah, Direktur Manajemen Industri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Selain itu, Prof. Meyliana juga menyatakan bahwa, Nusa Borobudur adalah bukti nyata kontribusi BINUS University sebagai kampus pertama yang hadir di platform metaverse Nusameta. Sekali kita menyatakan memiliki komitmen dalam pengembangan metaverse maka kita terus fokus untuk mengembangkan berbagai use case metaverse yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dan selain Nusa Borobudur, akan segera dilaunching karya metaverse lainnya.

Proyek Nusa Borobudur ini merupakan hasil karya dari BINUSIAN, yaitu Ibu Siti Elda Hierera, seorang dosen di School of Information Systems yang juga sedang menempuh studi S3 di BINUS University. Kolaborasi antara akademisi dan mahasiswa ini menciptakan sebuah inovasi yang tidak hanya memiliki nilai akademis, tetapi juga dampak praktis yang signifikan dalam meningkatkan pengalaman pariwisata digital di Indonesia.

“Sebenarnya Nusa Borobudur ini adalah penelitian saya yang dilakukan dalam program disertasi mahasiswa S3 Doctor of Computer Science (DCS) BINUS University yang dipromotori oleh Promotor Prof. Dr. Ir. Meyliana, S.Kom., MM, IPU, SDMS, CBDMP, CME, Ko-Promotor 1 Dr. Arief Ramadhan dan Ko-Promotor 2 Dr. Fredy Purnomo. Judul disertasi yang dilakukan oleh saya adalah Model Destinasi Wisata Cerdas Berkelanjutan berbasis Metaverse (Metaverse-based Sustainable Smart Tourism Destinations). Penelitian ini berfokus pada bagaimana meningkatkan pengalaman berwisata dengan menggunakan teknologi Metaverse. Penelitian ini menggandeng industri langsung yaitu Nusameta,” ujar Ibu Siti Elda Hierera, selaku Dosen School of Information System BINUS University.

Dengan Nusameta Borobudur, diharapkan mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih dalam dan interaktif, serta akses pendidikan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat di Indonesia. Melalui ruang virtual dalam Metaverse, mahasiswa dapat menghadapi situasi mirip kehidupan nyata, memahami konsep kompleks, dan mempraktikkan keterampilan dalam lingkungan yang aman. Kerjasama antara dosen dan mahasiswa dalam menciptakan konten Nusameta juga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran dan pengembangan teknologi. Nusameta diharapkan membantu mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk masa depan yang penuh tantangan dan berdaya saing di dunia kerja yang semakin terdigitalisasi.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan BINUSIAN akan pembelajaran berbasis teknologi terkini, BINUS @Kemanggisan sebagai Digital Technology Campus menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam belajar. Hal ini bisa dilihat dengan tersedianya fasilitas Lab User Experience (UX), Lab Digital Industry, Lab AR/VR, Lab Building Information Modelling (BIM), Lab Game Application & Technology, Lab Macintosh, Lab Furniture, Lab Bahasa, Lab Civil Engineering, Lab Computer Engineering dan berbagai macam Laboratorium lainnya yang dilengkapi dengan peralatan digital serta pendukungnya yang ada di BINUS @Kemanggisan. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News1 hari ago

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk...

Breaking News3 hari ago

Kementerian PUPR : Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung...

Breaking News6 hari ago

Jalan Tol Bocimi Ruas Cigombong – Cibadak Siap Difungsikan Mulai Kamis, 11 April 2024

Bisniscorner.com – Pasca penanganan darurat dan pembersihan lokasi pada Jalan Tol Bocimi Ruas Cigombong – Cibadak Km 64+600, Kementerian PUPR...

Breaking News1 minggu ago

Bunga Bangkai Raksasa Mekar di Kebun Raya Cibodas

Bisniscorner.com – Libur Lebaran sudah tiba, untuk Anda yang masih bingung mau mengisi liburan kemana, Kebun Raya Cibodas bisa menjadi...

Breaking News2 minggu ago

Menteri Basuki Tinjau Tol Fungsional Kartasura – Klaten Sepanjang 22,3 Km, Solo – Yogya Lebih Lancar

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Jalan Tol Solo – Yogyakarta  di Kabupaten Klaten,...

Breaking News2 minggu ago

Puncak Ramadan Berbagi 2024, Kementerian PUPR Salurkan 1.600 Paket Sembako

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Kementerian PUPR menyelenggarakan “Puncak Ramadan...

Trending