Connect with us

Advertorial

Infrastruktur untuk Kemajuan Kota Tangerang

Published

on

Bisniscorner.com – Demi kemajuan Kota Tangerang Pemerintah berupaya tetap maksimal menjalankan program pembangunan serta perbaikan infrastruktur meski pandemi Covid-19 melanda. Sejumlah perawatan rutin jalan, perbaikan jalan, bangunan serta jembatan dilakukan dengan optimal.

“Perubahan infrastruktur di segala bidang telah banyak mengalami perubahan, mulai dari terbangunnya drainase sebanyak 1.930 unit, pembangunan pusat pengendali banjir sebanyak 90 unit, 4.107 Unit jamban sehat dan 5.683 rumah yang telah dibedah melalui program bedah rumah hingga tahun 2020,” ungkap Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, Selasa (1/12).

Pada dalam rapat paripurna Persetujuan Bersama Tentang Raperda APBD T.A 2021 yang berlangsung di ruang rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang, Senin (30/11). Pemerintah Kota Tangerang mengusung empat program prioritas pembangunan dalam penyusunan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang tahun anggaran 2021.

“Diantaranya peningkatan kualitas SDM, infrastruktur, kesehatan dan juga pendidikan,” jabar Wali Kota.

Wali Kota menjelaskan Pemkot Tangerang akan mengedepankan program “City Recovery” di tahun 2021 sebagai langkah penanggulangan.

“Utamanya adalah warga yang terdampak corona yang harus benar-benar dibantu dan difasilitasi, dengan kita siapkan pembangunan dari sisi sosial, ekonomi, dan fisik baik yang sifatnya makro maupun mikro,” jelasnya.

Sebagai informasi, dalam rancangan APBD T.A 2021 Pemkot Tangerang menganggarkan pendapatan daerah sebesar Rp. 3,99 Triliun dan belanja daerah sebesar Rp. 4,34 Triliun.”Defisit sebesar Rp. 349 Miliar akan ditutup dari pembiayaan netto,” tukas Wali Kota.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Decky Priambodo menambahkan jajarannya ditengah pandemi ini tetap mengoptimalkan pelayanan dengan melakukan perbaikan jalan rusak dan perawatan rutin. Dari 257 jalan di Kota Tangerang ada 33 ruas jalan rusak dan dilakukan perbaikan.

Perbaikan jalan se-Kota Tangerang ini secara berkala, ada beberapa titik yang sudah diperbaiki dan yang segera diperbaiki

“Yang dibeton rencananya ada 7 titik seperti di RAMP Cikokol, Kebon besar, Jl. Iskandar Muda, Pasar Anyar, Jl. KS. Tubun, Jl. Atang Sanjaya, Imam Bonjol Cikokol,” ujarnya.

“Yang sudah dikerjakan RAMP Cikokol, Jl. Atang Sanjaya, Pasar anyar, Kb besar, jl imam bonjol dan jl ks tubun sisa dalam proses pengerjaan,” katanya.

Selain itu PUPR memasuki musim penghujan juga terus berupaya mengantisipasi jika banjir terjadi di Kota Tangerang. Sebanyak 709 personel tim siaga banjir dikerahkan untuk melakukan langkah antisipasi dan penanganan banjir.

 Decky Priambodo, mengatakan, melalui Bidang Operasi dan Pemeliharaan, ia membentuk tim siaga banjir di tiga wilayah yakni wilayah timur, tengah dan barat untuk mengantisipasi musim hujan yang diprediksi mulai Desember.

 “Puncak hujannya, sebenarnya ada di Januari dan Februari. Namun dibulan Desember karena ada fenomena La Nina, Curah hujan akan meningkat. Bulan oktober ini juga sudah mulai sering hujan karena MGO atau pergerakan udara basah. Makanya, ini sedang kami antisipasi,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, tim siaga banjir terdiri dari Seksi Operasi dan Pemeliharaan Drainase (OP Drainase), Operasi dan Pemeliharaan Jalan (OP Jalan) serta Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (OP SDA), dengan menurunkan 709 personel yang telah disiapkan dan turut dibantu oleh UPT Jalan dan Tata Air Wilayah Timur, Barat dan Tengah

“Seksie OP Drainase akan menangani genangan- genangan di perumahan dan permukiman, OP SDA melakukan siaga dengan pompa-pompa banjir di perumahan dan penanggulangan turap atau tanggul sungai yang rusak,” ungkapnya.

Diketahui, saat ini berdasarkan catatan Dinas PUPR Kota Tangerang, pada 2020 ada 321 titik rawan banjir da genangan di Kota Tangerang yang terus dioptimalkan penanggulangannya.

Adapun sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan tersebut antara lain pompa banjir sejumlah 273 unit (104 pompa listrik, 8 unit pompa berjalan, 4 unit mobil pompa, 63 pompa diesel, dan 94 rumah pompa) yang disiagakan untuk skala perumahan dan skala kawasan. Selain itu kita menyiapkan juga material banjir yakni sand bag, bronjong dan batu kali. (ADV)

Advertorial

Jurus Jitu PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Hadapi Covid-19

Published

on

Bisniscorner.com – Dua aturan baru diterapkan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Benteng Kota Tangerang untuk memutus cluster penyebaran Covid-19. Kedua aturan tersebut diklaim telah sesuai dengan protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Direktur Utama PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Sumarya mengatakan, kedua aturan tersebut diantaranya menerapkan work from home (WFH) untuk menghindari kerumunan para pegawai serta  menerapkan protokol kesehatan bagi para tamu dan pengunjung PDAM Tirta Benteng yang hendak bertamu atau sekedar untuk membayar rekening air. Untuk shift pertama dimulai dari pukul 08.00-12.00 wib, kemudian untuk shift dua dari 12.00-16.00 WIB. Kebijakan tersebut, untuk mengurangi kerumunan pegawai di dalam kantor, sementara untuk pegawai setingkat manager tetap kerja seperti biasa.

 “Siapapun yang masuk lingkungan PDAM Tirta Benteng harus memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, diperiksa dengan alat pengukur suhu dan menjaga jarak diruang tunggu pembayaran rekening air,” ucapnya.

Sumarya menjelaskan, untuk memberikan sosialisasi kepada para pegawai dan pengunjung PDAM TB pihaknya juga memasang beberapa spanduk di sekitar kantor terkait ajakan dan pemberitahuan tentang lingkungan wajib untuk menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M).

“Bahkan pada awal-awal pandemi Covid-19, kami juga menerapkan program lapor meter dengan hanya mengirimkan nomor whatsapp yang sebelumnya telah disosialisasikan, hal ini bertujuan untuk mengurangi tatap muka antara pegawai dengan pelanggan,” ucapnya.

Sumarya mengatakan, setelah penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai dilonggarkan para pegawai pencatat meter kembali melakukan pembacaan meter langsung ke rumah pelanggan dan bekerja seperti biasa.

 “Alhamdulillah hingga saat ini para pegawai kami tidak ada yang terkena dari virus Covid-19 ini, sehingga pelayanan kepada para pelanggan tetap berjalan dengan lancar. Kami selalu menekankan kepada para petugas lapangan agar selalu menerapkan protokol kesehatan setiap menjalankan tugasnya dan kembali ke kantor,” tuturnya.

Sekadar diketahui, dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 ini juga pihak direksi mewajibkan kepada seluruh pegawai PDAM Tirta Benteng untuk melaksanakan kerja bakti di seluruh ruangan masing-masing setiap Hari Jumat.

Selain itu, kegiatan olahraga yang rutin dilakukan setiap Jumat juga ditiadakan, mewajibkan pegawai untuk menjalankan protokol kesehatan dengan menjalankan program 3M dan harus membuka jendela ruangan setiap pukul 08.00 WIBdan pukul 12.00 WIB selama 30 menit dan merapihkan berkas-berkas yang menumpuk disetiap ruangan.

 “Mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini segera berakhir di tanah air Indonesia khususnya di Kota Tangerang, angka positif Covid-19 bisa segera sembuh dan situasi kembali normal,” pungkasnya. (Adv).

Continue Reading

Advertorial

Sah! Tiga Raperda Kota Tangerang Disetujui jadi Perda

Published

on

Bisniscorner.com – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dan Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin, hadir dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang dengan agenda Pengambilan Keputusan Mengenai Penetapan 3 (Tiga) Raperda Kota Tangerang dan Penyampaian Penjelasan DPRD Mengenai 2 (Dua) Raperda Inisiatif DPRD Kota Tangerang.

Adapun tiga Raperda yang dihasilkan dari kesepakatan bersama, yaitu Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019, Raperda tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, dan Raperda tentang Ketahanan Pangan dan Gizi.

Walikota menjelaskan, terkait penyusunan dan penyampaian pelaksanaan APBD TA. 2019 telah dilaksanakan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan dan Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Dalam Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA. 2019, memperlihatkan kemampuan yang cukup baik dalam pembiayaan aktivitas operasional dalam rangka peningkatan pelayanan Pemkot kepada masyarakat,” ucap Walikota di Ruang Rapat DPRD Kota Tangerang, Senin (27/7/2020).

“Dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada DPRD Kota Tangerang yang telah mendukung dan mengawal jalannya APBD TA. 2019, sehingga Pemkot Tangerang mendapatkan Anugerah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ke-13 kalinya dari BPK RI,” sambungnya.

Disamping itu, terkait Raperda tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, Arief menjelaskan terdapat lima jenis retribusi yang dilakukan perubahan.

Diantaranya retribusi pelayanan kesehatan, retribusi pelayanan pemakaman dan pengabuan mayat, retribusi pengujian kendaraan bermotor, retribusi pemeriksaan alat pemadam kebakaran, dan retribusi tera ulang.

“Dengan perubahan ini diharapkan lebih meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), jadi menciptakan pendapatan yang bersumber dari daerah sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk Raperda tentang Ketahanan Pangan dan Gizi, Pemkot terus berupaya dalam penyediaan pangan yang cukup, mulai dari jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata dan terjangkau serta melakukan perbaikan gizi masyarakat dengan pola konsumsi makanan yang seimbang dan bernutrisi. (Adv)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News1 jam ago

Meniru Produk Tisu NICE, PT The Univenus Peringatkan Produsen Tisu MICE

Bisniscorner.com – PT The Univenus mengecam sikap dan tindakan yang dilakukan oleh PT Azkia Diva Nusantara selaku produsen Tisu MICE...

Breaking News2 hari ago

Kementerian PUPR Apresiasi Peran Universitas Muhammadiyah Cirebon dalam Program Penurunan Angka Stunting

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai salah satu kementerian yang terlibat dalam program penurunan angka stunting...

Breaking News2 hari ago

Tingkatkan SDM Bidang Konstruksi, Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna Bertransformasi Menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Pekerjaan Umum

Bisniscorner.com – Dalam mendukung terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang konstruksi yang kompeten, profesional, berdaya saing tinggi, dan siap...

Breaking News3 hari ago

Kementerian PUPR Pastikan Infrastruktur IKN Siap Dukung Upacara HUT ke-79 RI

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat proses kesiapan infrastruktur jelang pelaksanaan Upacara Bendera HUT ke-79...

Breaking News4 hari ago

Kementerian PUPR Terima Apresiasi Kolaborasi Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima apresiasi penyelenggaraan dukungan infrastruktur dan transportasi pada arus mudik dan...

Breaking News5 hari ago

Pembangunan Direct Toll Access KM 25 Tangerang Resmi diMulai

Bisniscorner.com – Infrastruktur menjadi salah satu fokus pemerintah untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dapat...

Trending