Connect with us

Profil

Guru SMA: Listyo Sigit Kecil Anak Pendiam dan Tak Banyak Tingkah

Published

on

Bisniscorner.com – Setelah diajukan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kapolri, nama Listyo Sigit Prabowo langsung menjadi buah bibir di masyarakat yang penasaran dengan sosok Alumni Akpol 1991 yang juga alumnus SMA 8 Yogyakarta tahun 1988, Sabtu (16/1/2021).

Guru Seni Rupa Listyo Sigit, Drs. Suhardi menuturkan saat SMA dulu Listyo Sigit kecil adalah anak yang pendiam dan tak banyak tingkah.“Mas Listyo Sigit dulu di kelas pendiam, anaknya tidak macam-macam,” buka Suhardi,”katanya saat di termui awak media di rumahnya di Galur, Kulon Progo,” ujarnya.

Menurut Pak Hardi, demikian panggilan guru yang dua tahun lagi ini memasuki masa pensiun, ada satu kejadian yang masih diingatnya sampai hari ini.“Saat itu ada jam kosong, satu kelasnya mau mbolos rame-rame, tapi Mas Listyo ini dan dua orang temannya bersikukuh tetap di kelas,” jelasnya sambil tertawa.

Listyo Sigit kecil, lanjutnya adalah anak yang pintar secara akademik dan aktif dibidang olahraga beladiri.“Dulu masuk ranking juga di kelas, lima besar kalau tidak salah, beladiri ya juga sempat sampai tingkat provinsi,” terangnya.

Pada awak media, Pak Hardi menyampaikan mengikuti perkembangan karir muridnya tersebut mulai saat menjabat sebagai Kapolresta Surakarta dan Kapolda Banten. “Bahkan saat ada acara aksi sosial Pakci, di awal 2020 Mas Listyo ini juga berkontribusi dan datang memberi motivasi dan sharing pada juniornya di SMAN 8,” lanjutnya.

Tentang pencalonan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri, pihaknya Komjen Pol Listyo menyatakan tak ragu dengan kemampuan muridnya tersebut.“Ya kalau dilihat dari karakternya saat SMA dulu, saya tidak ragu, Mas Listyo mampu mengemban tanggung jawab lebih besar dari posisinya saat ini,” jelas Pak Hardi.

Pak Hardi berharap muridnya tersebut tetap teguh pendirian dan selalu amanah.(Rls)

Profil

Elis Nurhayati, Kepala SMAN 2 Cibinong Raih Apresiasi Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Jawa Barat

Published

on

Bisniscornern.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) se-Provinsi Jawa Barat pada Kamis ,2 Mei 2024, di Lapangan Sempur Kota Bogor, yang dihadiri langsung oleh Pj.Gubernur Jawa Barat, Bapak Bey Triadi Machmudin, SE, MT., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Wahyu Mijaya,SH, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Para Kepala Cadisdik,  Pemangku Kebijakan  di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat,  Dinas Pendidikan Provinsi Jawa,  dan Pemerintah  Daerah Kabupaten/ Kota Bogor.

Upacara Peringatan Hardiknas 2024 Provinsi Jawa Barat  ini juga dihadiri oleh ASN dan Masyarakat secara daring melalui live streaming Youtube DISDIK JABAR pada Link https://www.youtube.com/watch?v=1V9NawVfRq0

Pada peringatan Hardiknas tahun 2024 kali ini, PJ Gubernur Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan kepada 1 Kepala sekolah, 3 Guru dan 9 Peserta Didik berprestasi di Tingkat Nasional/ Internasional. Dan apresiasi Hardiknas Tahun 2024 untuk Kepala Sekolah Berprestasi di Jawa Barat, diberikan Pj.Gubernur  Provinsi Jawa Barat kepada Kepala  SMAN 2 Cibinong Kabupaten Bogor, Hj.Elis Nurhayati,  M.Pd., atas prestasi Internasional dan nasional pada 2 tahun terakhir ini.

Penghargaan untuk Elis Nurhayati sebagai kepala sekolah berprestasi Tingkat Jawa Barat tahun 2024 dari PJ Gubernur Jawa Barat bagi Kepala SMAN 2 Cibinong yang dikenal dengan SMAVO ini, mengulang prestasinya pada puncak peringatan  Hardiknas  dan Merdeka Belajar Kemendikbudristek tahun 2023 lalu, yaitu mendapat penghargaan “Anugerah Sosok Inspiratif Nasional Tahun 2023” dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan,  Riset dan Teknologi,  Nadiem  Anwar Makarim, B.A,M.B.A di  Prambanan, Yogyakarta.

Humas SMAN 2 Cibinong, Teguh Satya Pratama, menyampaikan, Alhamdulillah,  Bu Hj.Elis Nurhayati,  M.Pd. mendapatkan penghargaan Kepala Sekolah Berprestasi dari Bapak Pj.Gubernur atas kontribusinya turut mengharumkan Jawa Barat dan Indonesia di Asia Pasifik: Beliau 2 tahun terakhir ini terpilih menjadi Delagasi Indonesia, sekaligus delegasi Jawa Barat pada berbagai kegiatan  internasional yang diselenggarakan oleh Institute of APEC Collaborative Education  ( IACE ) Korea Selatan, diantaranya pada kegiatan “2023 Global Gifted Problem Solving Camp, South Korea” dan  kegiatan “APEC School Leadership Program,  South Korea” pada tahun 2022 dan 2023, berkolaborasi dengan Kemendikbudristek.

Apresiasi Pj.Gubernur ini tidak lepas dari banyaknya prestasi-prestasi Elis Nurhayati di level nasional  lainnya, diantaranya sumbangsihnya sebagai narasumber/fasilitator nasional pada kegiatan berbagi praktik baik 4 Intervensi Program Sekolah Penggerak (PSP) dan  Implementasi Kurikulum Merdeka di Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat SMA, Dikdasmen Kemendikbudristek, maupun di tingkat Provinsi/ Kabupaten/ Kota.

Selain prestasi tersebut, Elis Nurhayati yang merupakan Kepala Sekolah Penggerak Angkatan I, memiliki segudang prestasi. Diantaranya Selain meraih prestasi nilai kinerja terbaik 6 tahun berturut-turut se- Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I. Beliau  juga menorehkan prestasi Juara 1 Kepala Sekolah Inovatif pada Gelar Inovasi Daerah (GID) Pemda Bogor. Di luar tugas utamanya, Elis Nurhayati juga aktif sebagai Wakabinawasa Kwarran Cibinong Kabupaten Bogor. Ketua Majlis Taklim di lingkungan masyarakat, dan relewan organisasi sosial Yayasan Indonesia Mendengar.

Selain itu pengembangan-pengembangan dan inovasi layanan Sekolah Ramah Anak yang aman, nyaman, dan menyenangkan, terus dilakukan di SMAN 2 Cibinong dibawah kepemimpinan Hj. Elis Nurhayati, M.Pd dengan visi :Berakhlak Mulia, Tangguh dan Unggul. Mendorong Civitas Akademik SMAN 2 Cibinong terus meningkatkan kompetensi dan prestasinya, baik ditingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional maupun Internasional. dan layanan Pendidikan juga terus ditingkatkan diawali dengan Digitalisasi Sekolah yang merupakan salah satu amanat dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

Hj. Elis Nurhayati, M.Pd. mengungkapkan, bahwa raihan prestasi-prestasi di SMAVO selama ini, tentunya berkat doa, dukungan, kerjasama atau kolaborasi yang baik antara kepala sekolah, guru, tendik, komite sekolah, orang tua/ wali, dan peserta didik. Selain itu, kepala sekolah dan para guru harus adaftif dan memiliki komitmen untuk melakukan transformasi pada satuan pendidikan dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

“Melaksanakan pengelolaan satuan pendidikan dengan mengimplementasikan kompetensi kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah adalah suatu keniscayaan. Dan Alhamdulillah,  guru-guru dan tenaga administrasi sekolah  memiliki kompetensi yang luar biasa mumpuni, sehingga program-program inovasi pembelajaran dan layanan sarana prasarana berbasis digital, dapat dengan mudah terlaksana.Budaya refleksi dan memberikan feed cack pada Komunitas Belajar di SMAVO  juga, menjadi salah satu trigger untuk terus mengembangkan potensi diri warga Sekolah,” ungkap Elis.

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem pendidikan yang sangat besar dan bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran.Pada awal perjalanan, untuk membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” ujar PJ Gubernur Jawa Barat, saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, Nadiem Makarim.

“Alhamdulillah wasyukurilllah, atas izin Allah SWT,  saya masih dapat turut mengharumkan Kabupaten Bogor, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, dan Provinsi Jawa Barat. Semoga menjadi wasilah kebaikan untuk pendidikan di Jawa Barat dan dapat menginspirasi sekolah lainnya.Aamiin YRA. Semangat  untuk Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar,” pungkas Elis. (Rls)

Continue Reading

Profil

Chef Eko : Berpengalaman Lebih dari 30 Tahun di Industri Perhotelan

Published

on

Bisniscorner.com – Hotel Golden Tulip yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Tangerang memiliki juru masak (Chef) yang handal dalam memasak menu barat (western).

Chef Eko sapaan akrab Chef yang sudah malang melintang terjun sebagai juru masak.

Pria kelahiran Jepara, 53 tahun silam ini telah terjun ke dunia juru masak sejak tahun 1990 hingga saat ini. Terinspirasi dari keluarga yang menekuni bidang juru masak membuat Chef Eko mulai meniti karirnya di industri perhotelan diawali dari international chain hotel.

“Saya terinspirasi oleh orang tua saya yang menekuni bidang juru masak di di industri perhotelan,” terangnya saat ditemui belum lama ini.

Chef Eko yang saat ini telah bergabung di Hotel Golden Tulip Essential Tangerang setelah sebelumnya sempat bekerja dari hotel satu ke hotel lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.
Keahlian memasak menu barat (western) ini ia dapatkan dari berbagai pengalamannya selama hampir 30 tahun di dunia perhotelan.

Menu favorit saya adalah menu pasta, baik itu Fusili, Ravioli, dan juga spaghetti, tutur pria yang memiliki 2 putra ini.

“Dalam membuat pasta saya meracik semua bahan bahannya sendiri mulai dari nol, sehingga dapat memiliki rasa yang autentik dan selaras dengan selera lidah orang indonesia,” tukasnya.

Dia menyebutkan, pada 2011, Chef Eko juga pernah tergabung dalam tim support untuk membuat masakan di Istana Brunei Darussalam.

“Pengalaman yang saya dapat selama 30 tahun di dunia perhotelan membuat saya percaya diri untuk makin mengembangkan keahlian saya di dunia kulinari, harapan saya dapat memberi inspirasi dan berbagi ilmu untuk rekan rekan juru masak muda yang sedang meniti karir di dunia perhotelan,” imbuhnya. (Rls)

Continue Reading

Profil

Airin Rachmi Diany Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Hukum dengan Predikat Cumlaude

Published

on

Bisniscorner.com – Airin Rachmi Diany berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Sistem Hukum Pertanahan Indonesia Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik Dikaitkan dengan Kepastian Hukum,” dengan predikat Cumlaude.

Sidang Promosi Doktor Ilmu Hukum berlangsung pada hari Jumat, 27 Januari 2023 di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung.

Sidang berjalan dengan baik, dalam pelaksanaannya, oponen ahli, Prof. Yasonna H Laolly memberikan pertanyaan kepada Airin tentang paradigma penelitiannya.

“Coba buka di halaman 11 anda menyampaikan membangun kerangka teoritik terkait dengan memerlukan pemanfaatan teknologi informasi dan mempertahankan pelayanan kepada masyarakat. Saya ingin menyampaikan model sistem Hukum pertanahan menggunakan teknologi informasi ini mempengaruhi kepuasan masyarakat. Apakah aspek keluasan kerangka pemikiran ini saling menguatkan atau tidak,” katanya.

Airin dengan lugas menjawab pertanyaan itu, dan sangat meyakinkan.

“Kita bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk sistem Pertanahan di Indonesia. Meskipun seringkali terjadi teknologi lebih dulu maju daripada aturan hukum. Alat bukti yang otentik dan digital membantu membuat pelayanan lebih cepat dan mewujudkan efisiensi, kemudahan akses dan kesederhanaan. Pada intinya kita berharap bagaimana sebuah regulasi bisa membuat pelayanan lebih cepat.” ungkapnya.

Dalam kesimpulan penelitiannya Airin menyampaikan, terlalu banyaknya aturan membuat fenomena obesitas regulasi yang menyebabkan hambatan pelayanan publik.

“Setelah melakukan analisa terhadap peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam sistem hukum pertanahan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat beberapa aspek yang masih belum menunjukkan adanya kepastian hukum, masih adanya peraturan perundang-undangan yang saling bertentangan, belum harmoni dan sinkronnya peraturan perundang-undangan yang mengakibatkan adanya fenomena obesitas regulasi,” terangnya.

Lanjut Airin, untuk persoalan tersebut dibutuhkan sinkronisasi Undang- undang terkait dengan teknologi informasi.

“Perlu adanya sinkronisasi terhadap ketentuan-ketentuan yang diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam sistem hukum Pertanahan Indonesia. Sinkronisasi tersebut terkait dengan kesesuaian pengaturan terhadap keharusan atau pilihan digunakannya sistem elektronik dalam pelayanan di bidang pertanahan,” jelasnya.

Menurut Prof I Gede Astawa Penelitian yang dilaksanakan Airin dinilai memiliki kebaruan dan memberikan manfaat untuk sistem Pertanahan di Indonesia.

“Novelty kebaruan dari penelitian ini adalah soal legal policy digitalisasi administrasi Pertanahan. Pada esensinya bicara tentang digitalisasi Pertanahan. Yaitu bagaimana sistem pertanahan konvensional ke transformasi digital. Dimaksudkan untuk pelayanan publik secara cepat,” jelasnya.

Turut hadir sebagai promotor Prof. Dr. Ahmad Ramli, Prof. Dr. Djuhaendah Hasan, dan Prof. Huala Adolf. (Red)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 jam ago

Meniru Produk Tisu NICE, PT The Univenus Peringatkan Produsen Tisu MICE

Bisniscorner.com – PT The Univenus mengecam sikap dan tindakan yang dilakukan oleh PT Azkia Diva Nusantara selaku produsen Tisu MICE...

Breaking News2 hari ago

Kementerian PUPR Apresiasi Peran Universitas Muhammadiyah Cirebon dalam Program Penurunan Angka Stunting

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai salah satu kementerian yang terlibat dalam program penurunan angka stunting...

Breaking News3 hari ago

Tingkatkan SDM Bidang Konstruksi, Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna Bertransformasi Menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Pekerjaan Umum

Bisniscorner.com – Dalam mendukung terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang konstruksi yang kompeten, profesional, berdaya saing tinggi, dan siap...

Breaking News4 hari ago

Kementerian PUPR Pastikan Infrastruktur IKN Siap Dukung Upacara HUT ke-79 RI

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat proses kesiapan infrastruktur jelang pelaksanaan Upacara Bendera HUT ke-79...

Breaking News5 hari ago

Kementerian PUPR Terima Apresiasi Kolaborasi Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima apresiasi penyelenggaraan dukungan infrastruktur dan transportasi pada arus mudik dan...

Breaking News5 hari ago

Pembangunan Direct Toll Access KM 25 Tangerang Resmi diMulai

Bisniscorner.com – Infrastruktur menjadi salah satu fokus pemerintah untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dapat...

Trending