Connect with us

Breaking News

Ribuan Warga Kota Tangerang, Akses Layanan Digital Kependudukan

Published

on

Serpongupdate.com – Dalam upaya mempermudah pelayanan ke masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang diantaranya mendorong percepatan akses digital. Salah satu nya ialah pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang, Kamis (25/3).

Layanan digital tersebut popular dengan nama sobat Dukcapil mobile yang bisa diunduh melalui playstore, sebelumnya hadir dengan versi website demikian dijelaskan Arief R. Wismansyah Wali Kota Tangerang.

Tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengoptimalkan pelayanan di Kota yang di huni 1.834.962 jiwa dengan 924.433 laki-laki dan 910.529 perempuan. Selain menambah jam pelayanan pada hari Sabtu, menghadirkan pelayanan di pusat keramaian, hingga memberikan pelayanan langsung ke rumah warga bagi warga yang lanjut usia serta pasien rumah sakit.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Rina Hernaningsih menuturkan, jajaranya mengalami peningkatan pelayanan daring di masa pandemi yang banyak di akses masyarakat melalui aplikasi Sobat Dukcapil mobile.

“Dalam satu bulan tercatat ribuan warga yang mengakses pelayanan kependudukan secara daring, seperti pelayanan KK data baru, pelayanan datang, pelayanan perbaikan KTP-el dan lainnya,” kata Rina.

Rina menambahkan, kini juga hadir layanan Cak3P yang bertujuan semakin mendekatkan pelayanan ke masyarakat, dimana warga bisa mendapatkan layanan kependudukan di tingkat Kelurahan.

Sebagai informasi, warga yang memanfaatkan layanan kependudukan secara daring melalui sobat dukcapil di bulan Januari 2021 sebanyak 3.415 jiwa, Februari 3.766 jiwa dan Maret 3.493 jiwa. (Fjn)

Breaking News

Altea BLVD by Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Resmi Bermitra dengan PDAM Tirta Patriot Bekasi

Published

on

Bisniscorner.com  – Astra Land Indonesia (ALI) dan Sinar Mas Land mengumumkan perkembangan terbaru dari proyek Altea BLVD yang berlokasi di Cibubur yang kini menjalin kemitraan strategis dengan PDAM Tirta Patriot Bekasi. Kerja sama ini, diresmikan pada Kamis (11/7), tidak hanya berfokus pada penyediaan dan instalasi sistem air bersih, tetapi juga menegaskan komitmen Altea BLVD dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan bagi penghuni. Dengan mengusung konsep Riverside Green, proyek ini juga mempertimbangkan pentingnya akses air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di Altea BLVD.

Akses terhadap air bersih adalah kebutuhan mendasar dalam kehidupan sehari-hari. Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai target Pembangunan Berkelanjutan dengan memastikan akses air minum dan sanitasi yang aman bagi semua, dengan target mencapai 90% akses sanitasi layak.

Sejalan dengan komitmen ini, Altea BLVD menjalin kemitraan dengan PDAM Tirta Patriot Bekasi yang bertanggung jawab penuh atas penyediaan dan instalasi sistem air bersih serta memastikan setiap penghuni Altea BLVD mendapatkan akses air bersih yang memadai.

Wibowo Muljono selaku Presiden Direktur dari PT Ruby Karya Sejahtera menyampaikan, kemitraan dengan PDAM Tirta Patriot Bekasi merupakan salah satu langkah kami dalam menunjukkan komitmen untuk menyediakan lingkungan hunian yang aman dan nyaman bagi penghuninya. Penyediaan air bersih yang optimal ini juga menjadi bagian dari upaya kami untuk mencapai standar hunian yang tinggi dan mendukung keberlanjutan lingkungan agar dapat meraih sertifikasi Greenship Platinum untuk Altea BLVD.

Melalui kerjasama ini juga dipastikan pasokan air bersih dapat mencukupi kebutuhan Altea BLVD. Dengan ini harapannya dapat memberikan kontribusi positif dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi komunitas dan lingkungan sekitar.

Dalam kerja sama ini, tugas utama PDAM Tirta Patriot Bekasi mencakup pengelolaan kualitas air melalui Water Treatment Plant (WTP) terdekat. Dengan pendekatan ini, Altea BLVD dapat mengandalkan PDAM Tirta Patriot Bekasi untuk memonitor dan menjaga kebersihan serta keselamatan air yang diperlukan oleh penghuninya, sekaligus memastikan bahwa setiap tetes air yang digunakan memenuhi standar kesehatan dan lingkungan yang tinggi.

Altea BLVD Hadirkan Konsep Hunian Berpusat pada Kehidupan Komunitas di Kawasan Strategis Cibubur.

Altea BLVD terletak di jalan utama Alternatif Cibubur, dengan lokasi dan akses yang sangat strategis untuk memudahkan mobilitas penghuninya, hanya berjarak sekitar 1 menit dari Pintu Keluar Tol Jatikarya, serta berjarak sekitar 2 km dari lokasi, tersedia stasiun LRT Harjamukti yang memudahkan penghuni untuk menjangkau ke berbagai tempat menggunakan transportasi umum.

Altea BLVD menggabungkan hunian dengan lingkungan alam, menampilkan lembah hijau dan aliran Sungai Cakung sebagai jalur sirkulasi utama. Nantinya akan ada dua area komersial utama, South Lake Commercial dan Central Lake Commercial, yang menawarkan suasana alami dan rekreasi di dekat lingkungan rumah. Dua area komersial utama mencakup kawasan mixed-use, marketing gallery, clubhouse dan zona komersial yang membentang di sepanjang danau yang terhubung dengan sungai.

Melalui perkembangan terbaru, seperti kemitraan dengan PDAM Tirta Patriot Bekasi untuk penyediaan air bersih, serta pembangunan Show Houses dan Marketing Gallery, Altea BLVD mencatat milestone positif dalam mewujudkan visi dan tujuannya untuk menjadi hunian yang berpusat pada alam dan komunitas. Dengan desain yang terencana, termasuk taman-taman terbuka dan area pertemuan, Altea BLVD bertujuan menjadi pusat kegiatan yang memperkaya interaksi sosial, menjadikannya tidak hanya tempat tinggal tetapi juga komunitas yang aktif dan berdaya, serta menginspirasi hubungan yang erat dan berkelanjutan di antara penghuninya. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Dapat Bantuan Buku, Gerakan Literasi Putra Bangsa Makin Giat Membina Anak Desa

Published

on

Bisniscorner.com – Di tengah kendala kurangnya buku bacaan koleksi Taman Baca Putra Bangsa yang rutin melaksanakan kegiatan literasi, “Membaca dan Ceria Bersama” di Kampung Pancasan, Kelurahan Rancamaya Bogor Selatan serta di Kampung Pasirangin dan Cibeureum, Desa Cipicung, Kec. Cijeruk Kab. Bogor setiap hari Minggu mulai pukul 08.00 – 10.00 WIB, pada akhir Juni dan awal Juli 2024, Taman Baca Putra Bangsa mendapatkan bantuan buku bacaan dari Vidya Sanggraha sekira 100 judul buku, dari Ibu Anonim (tidak berkenan disebut nama) sekira 25 judul buku dan dari Jendela Puspita 5 judul buku berbagai genre dari cerita anak, novel remaja dan umum.

Bertambahnya koleksi buku di Taman Baca Putra Bangsa menggairahkan aktifitas baca bersama yang dipandu para relawan Putra Bangsa. Menurut Siti Fitriani, koordinator taman baca, “Bertambahnya buku-buku baru menambah koleksi yang kami miliki sehingga menambah motivasi dan gairah membaca pada anak-anak binaan kami, semoga hal ini memberi dampak positif bagi terciptanya budaya membaca sejak usia dini,  dan mengurangi efek negatif dari maraknya penggunaan Gadget yang kian meresahkan bagi perkembangan anak, ” ungkapnya, Selasa (23/7/2024).

Menambahkan harapan tersebut, Nur Syamsi Ismi Khoiro, pegiat Gerakan Literasi Membina Anak Negeri yang menyampaikan bahwa, Gerakan Literasi serta Taman Baca yang merupakan kerjasama antara Daya Putra Bangsa dan MaPa Foundation saat ini beroperasi dalam berbagai kegiatan seperti Kursus bahasa Inggris, Kursus Komputer, membaca dan ceria bersama, diskusi serta bedah buku saat ini membina kegiatan literasi anak usia dini, remaja dan pemuda di 3 desa.

“Dengan bertambahnya koleksi buku tentu akan lebih menggairahkan aktifitas kami, menambah wawasan dan membangun karakter cinta buku pada anak-anak yang kami bina,” ujarnya.

Direktur Pendidikan Daya Putra Bangsa, Adi Sutiadi juga berterima kasih pada Jendela Puspita, Vidya Sanggraha dan donatur lainnya yang telah berkontribusi dalam Gerakan Literasi.

“Kami berharap ada lebih banyak donatur yang tergerak untuk turut pula menambah koleksi buku, alat permainan anak, peraga pembelajaran bagi sekolah Anak Usia dini TK Plus Putra Bangsa serta mebeulair berupa rak atau lemari buku untuk menata dan merawat buku-buku yang telah ada dan kami juga membuka donasi beasiswa bagi anak kurang mampu serta bantuan biaya pendidikan bagi relawan dan guru-guru kami yang telah berjuang menjalankan program literasi kami, mereka adalah para relawan muda yang lahir dari lingkungan di sekitar wilayah pergerakan kami,” papar Adi.

Gerakan Literasi Membina Anak Negeri yang diinisiasi Yayasan Daya Putra Bangsa saat ini tengah berupaya membangun Kompleks Edukasi Sekolah Kehidupan Putra Bangsa di atas lahan 450 meter persegi di tengah Kampung Pasirangin, Desa Cipicung Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Pembangunan Panggung Sebagai Upaya Memfasilitasi Berbagai Kegiatan Warga

Published

on

Bisniscorner.com – Setelah diselesaikan selama 6 bulan, dosen dan mahasiswa Arsitektur Universitas Mercu Buana melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Perumahan Puri Kartika Ciledug Kota Tangerang berupa Pembangunan Panggung beserta Fasilitasnya.

Panggung selain untuk aktivitas senam, panggung  juga memfasilitasi berbagai kegiatan warga seperti pagelaran seni dan budaya, pertemuan warga dan penyelenggaraan peringatan hari-hari besar keagamaan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menekankan pentingnya aktivitas fisik khususnya senam aerobik dalam menjaga kebugaran tubuh. Hal ini sejalan dengan pengakuan global terhadap manfaat aktivitas fisik secara teratur dalam mencegah berbagai masalah kesehatan. Selain itu, mendorong aktivitas fisik, termasuk olahraga aerobik, dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan individu dan komunitas secara keseluruhan, sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Belum Memiliki Panggung Sendiri

Selama ini di Perumahan Puri Kartika RT 04 RW 09 Ciledug Tangerang tidak memiliki panggung, sehingga selalu pinjam panggung di RT lain. Dari studi kawasan RT 04, terdapat lahan berlevel lebih tinggi di kawasan lapangan olahraga yang tidak terpakai dan tidak terurus dengan baik. Lahan ini sangat berpotensi jika dimanfaatkan untuk pembangunan panggung sederhana dikarenakan level ketinggian yang lebih tinggi dan lahannya menghadap ke lapangan olahraga perumahan.

Jika lahan ini dimanfaatkan dengan baik akan berdampak positif bagi masyarakat perumahan yaitu,  selain berbagai kegiatan RT seperti Pertemuan Warga dan penyelenggaraan Peringatan hari-hari besar keagamaan juga dapat digunakan dengan mengajak masyarakat untuk melakukan aktivitas senam bersama yang dapat menyehatkan kesehatan tubuh dan juga mempererat tali silaturahmi antar sesama.

Sehingga perlu mewujudkan pembangunan Panggung untuk Kegiatan Masyarakat di Perumahan Puri Kartika  RT 04 RW  09 Ciledug Kota Tangerang dengan fasilitas lainnya berupa taman dan kursi yang merupakan bagian pendukung dari panggung tersebut.  Metode yang dipakai adalah melakukan Kerjasama antara Pihak UMB sebagai Perencana dan Pihak RT 04 RW  09 Perumahan Puri Kartika  Ciledug Kota Tangerang sebagai Pelaksana  dalam  Pekerjaan daerah Pentas Utama, Taman dan kursi.

Ketua Tim, Ibu Ir. Andjar Widajanti, MT., menyampaikan harapannya dari pembuatan panggung dan taman tersebut selain menambah atau melengkapi fasilitas dalam perumahan, yang sangat penting adalah dapat mempererat tali silaturahmi dan menyehatkan tubuh masyarakat  karena berbagai aktivitas yang dapat diwadahi dengan adanya panggung tersebut.

Beliau juga menambahkan harapannya bagi pelaksana PKM. “Pelaksana PKM diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Perumahan Puri Kartika melalui program-program yang mereka laksanakan dan dapat mendorong lahirnya inovasi dan solusi kreatif untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat Perumahan Puri Kartika khususnya RT 04 RW 09,” tambahnya (19/7/24).

Dr. Ir. Muji Indarwanto, MM. MT. & Dian Ekaputri, ST. M.Ars., dua dosen yang mengikuti kegiatan tersebut, juga memberikan pandangannya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan berbagai kegiatan bersama dalam lingkungan perumahan dengan melengkapi fasilitas panggung yang banyak manfaatnya guna sosialisasi dan menjaga kebugaran tubuh. Pembuatan taman panggung sederhana ini selain menambah atau melengkapi fasilitas dalam perumahan dapat mempererat tali silaturahmi dan menyehatkan tubuh masyarakat sekitar karena banyak aktivitas yang dapat diwadahi dengan adanya fasilitas panggung ini,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Ketua RW 09, Iwan Setiyono, menyampaikan rasa syukurnya, kami sangat bersyukur kepada Allah SWT karena rekan-rekan dosen Arsitektur dan mahasiswa dari Universitas Mercu Buana telah banyak membantu RW kami dari berbagai aspek, baik fisik maupun sosial. Mereka telah menginspirasi warga untuk lebih mandiri serta saling bergotong royong.

“Kerja sama kami dengan Universitas Mercu Buana menjadi motivasi bagi kami untuk terus maju kedepannya. Atas kepeduliannya kepada kami serta masyarakat di Perumahan Puri Kartika, kami ucapkan banyak terima kasih,” ujarnya.

Ketua RT 04, M. Hawari, juga memberikan tanggapan positif, kami berterima kasih atas kerjasama dan dukungan Universitas Mercu Buana. Segala pencapaian yang diraih tidak terlepas dari peran besar dan berharga para dosen dan mahasiswa. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa Universitas Mercu Buana yang telah membantu dalam kegiatan ini. Terima kasih atas dedikasi, kerjasama, serta dukungan semuanya.

Kegiatan pengabdian ini tidak berhenti sampai di sini. Universitas Mercu Buana berkomitmen untuk terus mendampingi dan menjadikan Perumahan Puri Kartika sebagai mitra. Kedua lembaga tersebut diharapkan dapat berfungsi sebagai penggerak kegiatan sosial di masyarakat perumahan Puri Kartika.

Selain itu, Ibu Andjar Widajanti juga berharap agar program pengabdian masyarakat di Puri Kartika dapat meningkatkan program ini dapat mempererat tali silaturahmi dan menyehatkan tubuh masyarakat sekitar karena banyak aktivitas yang dapat diwadahi dengan adanya fasilitas panggung ini. (Rls)

 

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News1 menit ago

Altea BLVD by Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Resmi Bermitra dengan PDAM Tirta Patriot Bekasi

Bisniscorner.com  – Astra Land Indonesia (ALI) dan Sinar Mas Land mengumumkan perkembangan terbaru dari proyek Altea BLVD yang berlokasi di...

Breaking News11 jam ago

Dapat Bantuan Buku, Gerakan Literasi Putra Bangsa Makin Giat Membina Anak Desa

Bisniscorner.com – Di tengah kendala kurangnya buku bacaan koleksi Taman Baca Putra Bangsa yang rutin melaksanakan kegiatan literasi, “Membaca dan...

Breaking News2 hari ago

Pembangunan Panggung Sebagai Upaya Memfasilitasi Berbagai Kegiatan Warga

Bisniscorner.com – Setelah diselesaikan selama 6 bulan, dosen dan mahasiswa Arsitektur Universitas Mercu Buana melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di...

Breaking News3 hari ago

Sinergi Bank DKI dan Transjakarta Resmikan Penamaan Halte Transjakarta Senayan Bank DKI

Bisniscorner.com  – Bank DKI kembali menjalin kemitraan bersama Transjakarta, melalui penamaan halte dari Halte Gelora Bung Karno menjadi Halte Senayan...

Breaking News4 hari ago

Kunjungan Menteri Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan Timor-Leste ke Universitas Multimedia Nusantara

Bisniscorner.com  – UMN mendapat kunjungan dari Kementerian Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan Timor-Leste (19/07). Kunjungan ini diharapkan menghasilkan MoU kerja-sama dan...

Breaking News5 hari ago

Maknai Tanggung Jawab Sosial Seni, Diskusi Publik Pitulasan #5 Sukses Digelar di Taman Malelang

Bisniscorner.com – Sebuah diskusi yang mengangkat seni dan budaya bertajuk Pitulasan  kembali digelar oleh Komunitas yang tergabung Trotoar Kreatif Kelompok...

Trending