Connect with us

Breaking News

Pokja WHTR Santuni Anak Yatim-piatu Sekitar Lingkungan

Published

on

Bisniscorner.com – Jelang bulan suci Ramadan 1442 Hijriah, Kelompok Kerja Wartawan Harian Tangerang Raya (Pokja WHTR) kembali berbagi dengan anak yatim-piatu, Jumat (2/4/2021) sore.

Sedikitnya 20 anak yatim-piatu di lingkungan Seketariat Pokja WHTR di Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang nampak sumringah menerima santunan tersebut.

Kepedulian komunitas wartawan pertama di Tangerang ini merupakan yang kesekian kalinya. Tak hanya itu, para jurnalis dari media cetak, online dan TV ini juga rutin membagikan daging kurban ke warga sekitar setiap tahunnya. 

“Belum lama ini kami juga membagikan masker ke masyarakat dalam membantu pemerintah setempat guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang,” kata Ketua Pokja WHTR Imam Fauzi, Jumat (2/4/2021).

Imam menjelaskan, kegiatan berbagi dengan anak yatim-piatu bertepatan dengan penutupan pengajian rutin digelar bersama anggotanya setiap pekan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh instansi yang telah mensukseskan kegiatan ini, di antaranya Pemkot Tangerang, Kejari Kota Tangerang, Samsat Cikokol, TNG, Polrestro Tangerang, Polres Bandara Soetta dan Polres Jakbar,” ujarnya.

Selanjutnya, dia juga menyampaikan permohonan maaf lahir batin kepada seluruh anggota Pokja WHTR dan pihak-pihak terkait, sebelum memasuki bulan puasa.

“Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita pada Ramadhan nanti dapat diterima Allah SWT. Aamiin,” tambah Imam. 

Sementara itu, KH Chaeruddin, Pembina Pengajian Pokja WHTR, pada kesempatan ini mengajak seluruh pihak untuk menyambut Ramadhan dengan meningkatkan ketakwaan.

“Sesuai hadits Nabi Muhammad SAW, Ramadhan tidak hanya puasa saja, namun shalat tarawih sebaiknya jangan ditinggalkan. Supaya menebus dosa-dosa kita yang telah lalu sehingga menjadi seperti bayi baru lahir,” pesan Chaeruddin yang juga Ketua DKM Al-adzom. (Han)

Breaking News

Program Kemitraan Pertanian Lokal Sinar Mas Land Raih Penghargaan CSR dan Pembangunan Desa Berkelanjutan Award 2024

Published

on

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land kembali menorehkan prestasi tingkat nasional dalam ajang Penghargaan CSR dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Award 2024. Melalui program  Kemitraan Pertanian Lokal, Sinar Mas Land memperoleh CSR & PDB Award 2024 kategori Silver. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), kepada Adhityo Galih Priyambodo selaku Vice President Corporate Social Responsibility and Green Initiative Sinar Mas Land pada Selasa, 7 Mei 2024 di Hotel The Westin, Jakarta.

CSR & PDB Award 2024 yang dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kemendes PDTT bekerja sama dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) kepada perusahaan, Non Government Organization (NGO), serta perorangan atas jasa dalam membantu percepatan pembangunan desa melalui kegiatan CSR maupun pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa.

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land menyatakan, kami mengapresiasi Penghargaan CSR & PDB Award yang telah diberikan oleh Kemendes PDTT kepada Sinar Mas Land. Kami telah menginisiasi program Kemitraan Pertanian Lokal sejak tahun 2022 dengan memberikan pelatihan, pembinaan serta bantuan sarana produksi pertanian kepada para petani di wilayah Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penghargaan ini menguatkan komitmen kami untuk terus menghadirkan program CSR yang dapat memberikan manfaat bagi petani lokal, baik untuk mengoptimalkan pengembangan sektor pertanian maupun meningkatkan ketahanan pangan di wilayah binaan.

Program Kemitraan Pertanian Lokal meliputi kerja sama pengelolaan lahan perusahaan seluas 166 hektare oleh mitra petani penggarap melalui pola pinjam pakai secara periodik, pembangunan Balai Pertanian Terpadu, Green House untuk Rumah Pembibitan (nursery), dan Rumah Pupuk Organik.

Melalui program Kemitraan Pertanian Lokal para petani mitra dapat menanam berbagai jenis komoditas seperti tanaman hortikultura dan berbagai sayuran organik, umbi-umbian, kacang-kacangan, rempah dan buah-buahan. Ada pula sebagian petani yang mengembangkan peternakan kambing dan ayam di lahan kemitraan yang dipinjam.

Tidak hanya berdampak secara ekonomi, program ini juga sekaligus sebagai upaya pelestarian lingkungan karena berpijak pada prinsip pertanian ramah lingkungan (sustainable farming) dan ketahanan pangan yang berorientasi pada keberlanjutan (sustainability) dengan menggunakan pupuk organik dan pestisida alami.

Pelatihan pertanian pada kelompok petani binaan merupakan salah satu upaya Sinar Mas Land terus berupaya memberikan sumbangsih dan kontribusi sosial kepada berbagai pihak yang berada dalam ekosistem kawasan dan wilayah sekitar kota mandiri BSD City. Melalui berbagai program CSR, perusahaan telah memberdayakan sejumlah komunitas di berbagai bidang mulai dari ekonomi, pertanian, lingkungan hingga pendidikan.

Komunitas tersebut diberdayakan melalui beberapa program di antaranya Bina Sekolah, Bina Literasi, Bina Kampung, Bina Usaha, Pasar Rakyat Go Digital termasuk program Kemitraan Pertanian Lokal. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Menteri Basuki Resmikan Stasiun Lapangan Geologi Prof R. Soeroso Notohadiprawiro UGM Yogyakarta

Published

on

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Dwikorlita Karnawati meresmikan Stasiun Lapangan Geologi Prof R. Soeroso Notohadiprawiro Universitas Gadjah Mada di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (11/5/2024). Dukungan sarana dan prasarana pendidikan ilmu teknik geologi ini bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) unggul yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Menteri Basuki mengatakan pembangunan prasarana pendidikan ini merupakan salah satu tugas Kementerian PUPR dalam mendorong kemajuan pendidikan di tanah air.

Pembangunan Stasiun Lapangan Geologi UGM dilakukan oleh Kementerian PUPR secara multiyears melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah pada tahun 2023 hingga 2024 ini.

“Saya harap dengan dibangunnya prasarana belajar mengajar yang semakin baik ini dapat meningkatkan mutu pendidikan dan lingkungan belajar, sehingga dapat tercipta SDM unggul untuk membangun Indonesia yang juga mampu bersaing di kancah internasional,” kata Menteri Basuki.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah  Jawa Tengah Kuswara mengatakan pekerjaan pembangunan Stasiun Lapangan Geologi UGM mencakup pekerjaan struktur, arsitektur, mekanikal dan plumbing, elektrikal hingga lansekap bersumber dari dana APBN senilai Rp13,8 miliar.

“Kegiatan pembangunan Stasiun Lapangan Geologi UGM di Bayar Klaten bersamaan dengan pembangunan Kampus Lapangan Geologi UGM di Karangsambung dengan Kontraktor Pelaksana PT Nindya Karya dan PT Ciria Expertindo Consultant-PT Gapssary Mitra Kreasi-CV Polaris (KSO) selaku Manajemen Konstruksi,” kata Kuswara.

Kuswara menambahkan Stasiun Lapangan Geologi UGM dibangun di atas lahan seluas 4.100 m2 dengan luas bangunan 1.895 m2. Pada gedung baru tersebut dibangun 3 lantai dengan masing-masing lantai memiliki fungsi berbeda, yakni lantai 1 seluas 537 m2 (ruang terbuka), lantai 2 seluas 423 m2 (perpustakaan dan laboratorium), lantai 3 seluas 423 m2, (ruang belajar), dan dilengkapi bangunan penunjang seluas 512 m2.

“Selain sarana dan prasarana untuk mendukung pendidikan ilmu teknik geologi, Stasiun Lapangan Geologi UGM juga dilengkapi dengan fasilitas mushola, toilet, aksesibilitas, lansekap, termasuk meubelair untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Bangunan gedung juga dilengkapi pembangkit listrik tenaga surya dengan memanfaatkan 20 solar panel on grid system cukup untuk penggunaan listrik di siang hari,” kata Kuswara.

Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan Wening Udasmono menyampaikan ucapan Terima kasih atas terbangunannya Stasiun Lapangan Geologi UGM yang dilengkapi berbagai fasilitas lengkap.

Pembangunan Stasiun Lapangan Geologi UGM ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mahasiswa yang turut mendedikasikan ilmu geologi. Di wilayah sini juga masih banyak situs dan batuan-batuan tua yang luar biasa,” kata Wening Udasmono.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Prasarana Straregis Ditjen Cipta Karya Essy Asiah dan Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air Dwi Purwantoro. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Tinjau Jaringan Jalan Tol Akses IKN Nusantara, Menteri Basuki: Siap Fungsional Agustus 2024

Published

on

Bisniscorner.com – Dalam kunjungan kerja di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan akses jalan tol menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara. Progres pembangunan tol telah mencapai 81% dan diharapkan dapat digunakan secara fungsional sebelum pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara.

Jalan Tol IKN akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di KM 8 – Kariangau, sehingga tidak perlu melewati Tol Balsam hingga KM 33, kemudian menuju Sepaku dan masuk ke IKN Nusantara yang membutuhkan waktu kira-kira 1 jam 30 menit.

“Tol IKN sepanjang 27 KM dari Kariangau sampai ke Jembatan Pulau Balang. Ini  yang akan kita manfaatkan pada 17 Agustus 2024 sebanyak 3 lajur,” kata Menteri Basuki.

Saat ini pelaksanaan konstruksi jalan tol terus berjalan, termasuk pekerjaan overpass, beautifikasi, dan kelengkapan jalan tol. Menteri Basuki menyampaikan secara keseluruhan tidak ada hambatan dalam pembangunan Tol Akses IKN, hanya perlu sedikit perhatian pada pembangunan jembatan Sungai Wain karena struktur tanahnya.

“Secara fisik tidak ada hambatan untuk pembangunan Tol IKN, tetapi ada sedikit di lokasi sini (Jembatan Sungai Wain), tetapi kita upayakan akan selesai semua Agustus 2024,” kata Menteri Basuki.

Pembangunan Jalan Tol IKN yang saat ini sudah berjalan terdapat tiga seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 77%, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan proges 80%, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 82%.

Selain jalan tol, Menteri Basuki juga meninjau pembangunan duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek dan pengecatan (beautifikasi) Jembatan Pulau Balang. Duplikasi jembatan  Pulau Balang bentang pendek ini penting untuk melengkapi Jembatan Pulau Balang bentang pendek yang lama sekaligus menghubungkan Jembatan Pulau Balang bentang panjang yang sudah selesai pembangunannya.

Jembatan duplikasi bentang pendek Pulau Balang berada sekitar 500 meter dari jembatan bentang panjang Pulau Balang yang telah selesai pada 2021 lalu. Jembatan ini dibangun sejak Januari 2024 berdampingan dengan jembatan lama sepanjang 512 meter.

Jembatan duplikasi bentang pendek Pulau Balang memiliki 4 pilar di zona laut dan 4 pilar di zona darat. Konstruksi jembatan oleh kontraktor pelaksana PT Adhi Karya-Duta-Jakon (KSO) dengan biaya APBN senilai Rp471 miliar. Saat ini progres fisik pekerjaan sudah mencapai 74% dengan masa waktu pelaksanaan 570 hari kalender.

Hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Dirjen Perumahan Iwan Suprijanto, dan Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News3 jam ago

Program Kemitraan Pertanian Lokal Sinar Mas Land Raih Penghargaan CSR dan Pembangunan Desa Berkelanjutan Award 2024

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land kembali menorehkan prestasi tingkat nasional dalam ajang Penghargaan CSR dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Award...

Breaking News3 jam ago

Menteri Basuki Resmikan Stasiun Lapangan Geologi Prof R. Soeroso Notohadiprawiro UGM Yogyakarta

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Dwikorlita Karnawati meresmikan...

Breaking News1 hari ago

Tinjau Jaringan Jalan Tol Akses IKN Nusantara, Menteri Basuki: Siap Fungsional Agustus 2024

Bisniscorner.com – Dalam kunjungan kerja di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat...

Breaking News6 hari ago

KH Saidih Terpilih Kembali Sebagai Ketum MUI Kota Tangsel Masa Khidmat 2024-2029

Bisniscorner.com  – Ketua Umum MUI Kota Tangsel KH Saidih terpilih kembali pada Musyawarah Daerah (MUSDA) IV Kota Tangerang Selatan yang...

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Terus Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus berupaya mempercepat pembangunan sejumlah...

Breaking News1 minggu ago

Tingkatkan Suplai Air Baku dan Air Irigasi di Sumbawa Barat, Bendungan Tiu Suntuk Diresmikan Presiden Jokowi

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri...

Trending