Connect with us

Tekno

SITERU, Aplikasi Satu Klik Tujuh Layanan

Published

on

Bisniscorner.com – Tantangan pelayanan publik yang dihadapi saat ini semakin berat dan kompleks serta ditambah dengan adanya pandemi Covid-19. Perlu adanya kebijakan-kebijakan terobosan dan inovatif dalam rangka mengatasi permasalahan dengan tetap berorientasi kepada pelayanan publik terbaik yang diberikan kepada masyarakat.

Terlebih kemajuan teknologi dan pemahaman masyarakat akan pelayanan publik semakin meningkat. Saat ini, masyarakat semakin menuntut lebih atas pelayanan yang diberikan dan senantiasa mengawasi, meluruskan dan mendorong laju pemerintah sehingga dituntut tanggap atas harapan masyarakat dan tantangan global yang dipicu oleh perubahan dan kemajuan terutama di bidang teknologi.

Menjawab tantangan tersebut, Bidang Perumahan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangerang Selatan meluncurkan aplikasi Sistem pelayanan arahan teknis penyelenggaraan perumahan (SITERU) guna optimalisasi pelayanan penyelenggaraan perumahan. Sebagai bentuk memberikan layanan berbasis teknologi informasi dengan perbaikan proses bisnisnya sehingga layanan akan lebih cepat, mudah dan murah dengan tetap memperhatikan transparansi dan akuntabilitas.

Kepala Bidang Perumahan Yulia Rahmawati, ST, MT. MSc menjelaskan modifikasi proses bisnis sebagai respon atas perubahan perilaku dan kebutuhan masyarakat di era digital. Tantangan ke depan terkait pelayanan publik semakin menarik karena kehidupan masyakarat telah sangat berubah dimana mereka menuntut layanan yang semakin cepat, mudah, murah, dan transparan. Selama ini, penerbitan rekomendasi teknis dilaksanakan secara manual sehingga tidak ada kontrol atas waktu pelayanan yang dibilang berbulan-bulan. Padahal, dalam proses tersebut terjadi perbaikan persyaratan dokumen yang harus dilengkapi oleh pemohon, setelah lengkap barulah diterbitkan rekomendasi. Untuk itu, pradigma pelayanan berbulan-bulan, harus dihilangkan. Dengan layanan yang diberikan kepada masyarakat diupayakan real time/instan dan diinformasikan kepada masyarakat baik kejelasan dan kepastian layanan.

 ”Kondisi pandemi ini, masyarakat menginginkan informasi yang real time atas perkembangan penanganannya,” ucapnya saat melakukan sosialisasi dan soft launching melalui aplikasi konferensi video yang dihadiri pengembang, pelaku pembangunan perumahan, baik perumahan landed maupun apartemen serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR), Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) di Gedung 3 Lantai 7 Disperkimta Kawasan Puspemkot Tangsel, Kecamatan Ciputat, Jumat (28/5).  

”Selama inikan, proses pengajuannya secara manual dan tak terukur waktu penyelesaiannya. Untuk lebih mengoptimalkan pelayanan, proses pemohonan diubah melalui online dengan mengakses siteru.tangerangselatankota.go.id dan persyaratannya baku. Jika tidak lengkap dokumen pemohonannya, maka pemohon tidak akan bisa melakukan submit sampai peryaratannya dipenuhi semuanya. Hadirnya pelayanan online sekaligus  meminimalisir pelayanan tatap muka selama pandemi Covid-19,” tambahnya

SITERU hadir untuk menertibkan administrasi, lanjutnya, sekaligus mengoptimalkan pelayanan Bidang Perumahan baik secara kualitas dan kepastian waktu dan administrasinya. Soalnya, setelah pemohon mensubmit dokumen persyaratan akan muncul lama waktu penerbitan rekomendasi teknis. ”Dokumen persyaratan terpenuhi semua, kemudian muncul submit, lalu ditekan sebagai tanda selesai melengkapi dokumen persyaratan.

Setelah itu, lama waktu penyelesaian akan terlihat sehingga pemohon mengetahui berapa lama rekomendasi teknisnya terbit. Untuk lama proses pemeriksaan mulai dari tiga hari, tujuh hari hingga tiga bulan (khusus pertelaan). Setelah dinyatakan lengkap, rekomendasi teknis akan terbit dan dikirim ke email pemohon,” imbuhnya saat memaparkan SITERU yang juga merupakan Rencana Aksi Perubahan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I.

SITERU memiliki tujuh layanan, sambungnya, seperti arahan teknis penyediaan makam,rencana tapak, masterplan, arahan teknis Prasarana, Sarana dan Utilitas umum (PSU) perumahan,serah terima psu,pertelaan, dan akte pemisahan. Dalam proses pengajuan tersebut, akan terdata alur penanganan dan perbaikan permohonan rekomendasi teknis karena ada jejak digitalnya.”Kita melakukan proses penerbitan rekomendasi teknis terhitung dari tanggal submit pengajuannya,” jelasnya 

Untuk jangka menengah, SITERU akan diintegrasikan dengan Simphonie milik DPMTSP. Sedangkan, jangka panjangnya akan mengikuti situasi kebijakan pemerintah pusat percepatan pelayanan perijinan sesuai amanat Undang-Undang Cipta Kerja. (Red)

Advertisement iklan

Tekno

Tidak Hanya Lebih Stylish, New Honda BR-V N7X Edition Juga Telah Teruji dan Mendapat Tingkat Keselamatan Tertinggi

Published

on

Bisniscorner.com – Dikembangkan dari Honda BR-V generasi kedua yang tidak hanya stylish, New Honda BR-V N7X Editon juga menawarkan standar keselamatan tertinggi untuk melindungi penumpang dan pengguna jalan lainnya. Seperti varian BR-V lainnya, Honda BR-V N7X Edition juga telah teruji dan mendapatkan peringkat keselamatan lima bintang dari ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) pada tahun 2022.

All New Honda BR-V berhasil meraih skor terbaik pada uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa, penumpang anak-anak, Safety Assist Technologies hingga keselamatan pengguna jalan lain termasuk pengendara motor dan pejalan kaki. Dalam pengujian ini, Honda BR-V berhasil melewati serangkaian tes uji tabrak dari bagian depan dan juga bagian samping serta pengujian fitur-fitur keselamatannya. Nilai tambah dalam uji ini meliputi fitur keselamatan lengkap mulai dari teknologi keselamatan pasif melalui rangka G-CON + ACE™, 6 Airbags hingga teknologi keselamatan aktif Honda SENSING.

New Honda BR-V N7X Edition diperkenalkan di pameran Indonesia International Motor Show pada tanggal 15 Februari 2024. Model ini hadir sebagai mobil keluarga yang stylish yang mempertahankan berbagai keunggulan dari Honda BR-V mulai dari performa mesin yang bertenaga sekaligus efisien hingga kabin yang luas dan nyaman.

Selain New Honda BR-V N7X Edition, lini produk Honda lainnya juga meraih predikat 5 bintang tertinggi dalam pengujian yang dilakukan ASEAN NCAP, diantaranya Honda WR-V, Honda City, Honda City Hatchback RS, Honda Civic RS, Honda HR-V, dan All New Honda CR-V.

Tidak hanya itu saja, produk terbaru Honda, seperti All New Honda Accord RS e:HEV, All New Honda CR-V, serta Honda Civic juga memperoleh nilai tertinggi, 5 bintang, sebagai Top Safety Pick+ dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) pada tahun 2023 di Amerika Serikat.

Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM mengatakan bahwa, “Seluruh produk Honda selalu mengutamakan standar keselamatan tertinggi untuk melindungi pengendara, penumpang dan pengguna jalan lainnya. Fokus kami terhadap keselamatan terutama diterapkan pada model Honda BR-V yang dikembangkan sebagai mobil keluarga, untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk seluruh anggota keluarga.”

New Honda BR-V N7X Edition serta berbagai lini produk Honda telah melewati pengujian teknologi dan fitur keselamatan melalui prosedur dan standar dari lembaga penguji yang sangat ketat. Seluruh model-model tersebut juga tampil dan dapat dilihat di booth Honda, pada IIMS 2024 bertempat di Hall D2 JIEXPO Kemayoran, Jakarta, yang masih berlangsung hingga 25 Februari 2024.

ASEAN NCAP dan IIHS merupakan lembaga independen yang memberikan penilaian keselamatan bagi kendaraan dengan menguji dan menilai keselamatan mobil baru yang dijual kepada konsumen. ASEAN NCAP melakukan pengujian mobil baru untuk wilayah Asia Tenggara, sementara IIHS melakukan pengujian mobil baru di Amerika Serikat.

Fitur Keselamatan Honda

Honda terus mengembangkan dan menerapkan berbagai teknologi canggih dalam keselamatan, seperti sistem pengereman otomatis, sistem pencegahan tabrakan, serta fitur-fitur bantuan pengemudi lainnya. Teknologi keselamatan tersebut meliputi teknologi keselamatan pasif mulai dari rangka kendaraan     G-CON + ACETM , Airbags, termasuk Pedestrian Protection untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Sementara itu teknologi keselamatan aktif mulai dari teknologi pengereman; ABS + EBD + BA, Brake Override System, Emergency Stop Signal (ESS), Electric Parking Brake (EPB) + Auto Break Hold (ABH), Lane WatchTM, Hill Start Assist (HSA) serta Hill Decent Control (HDC).

Kemudian Honda SENSING juga telah disematkan mulai dari Road Departure Mitigation (RDM) yang berfungsi untuk mendeteksi mobil keluar dari marka jalan sehingga fitur ini mengatur arah setir agar mobil kembali ke jalur semula. Fitur Auto High-Beam Headlights (AHB) yang mengatur cahaya lampu mobil secara intuitif tergantung pada situasi jalan. Fitur Adaptive Driving Beam (ADB)* bekerja secara otomatis mengatur distribusi pencahayaan lampu depan saat mobil berpapasan dengan kendaraan lain atau objek di depannya.

Kemudian fitur Lane Keeping Assist System (LKAS) yang membantu kemudi untuk menjaga mobil tetap berada di jalur, mengurangi beban dari pengemudi. Sementara itu, fitur Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF)** juga hadir untuk mengatur kecepatan secara otomatis tanpa harus menginjak pedal gas untuk mempertahankan jarak aman.

Fitur selanjutnya Collision Mitigation Brake SystemTM (CMBSTM) yang bekerja dengan memperingatkan pengendara secara bertahap ketika mobil mendeteksi adanya potensi benturan dengan kendaraan lain di depannya. Fitur Lead Car Departure Notification System (LCDN), sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh. (Rls)

Continue Reading

Tekno

Kembali Tunjukkan Komitmen di Bidang Kesehatan, OPPO Hadirkan Perangkat IoT Baru di Tahun 2024

Published

on

Bisniscorner.com – Produsen pionir teknologi & inovasi, OPPO, kembali menunjukkan komitmennya mendukung kesehatan masyarakat Indonesia yang dihadirkan dalam inovasi terdepan perangkat IoT terkini mulai dari perangkat jam pintar, gelang pintar, hingga perangkat portable untuk memantau kesehatan keluarga. Beberapa perangkat tersebut diperkenalkan OPPO mulai tahun 2020 hingga 2023.

OPPO Watch pertama kali meluncur pada tahun 2020, memperkenalkan inovasi Flexible Dual- Curved Display pertama di industri, kemudian berlanjut dengan gelang pintar pertama OPPO Band yang diperkenalkan tahun 2021 mengunggulkan desain compact dengan fitur olahraga lengkap, selanjutnya perangkat pemantau kesehatan keluarga O-Health H1 yang resmi diperkenalkan kepada dunia melalui ajang Mobile World Congress (MWC) 2022 di Barcelona.

Melalui deretan perangkat IoT yang diperkenalkan, OPPO bertujuan agar konsumen dapat dengan mudah memantau kesehatan secara lengkap di setiap waktu dan tetap tampil secara stylish. Gaya hidup sehat turut dihadirkan OPPO dengan melengkapi fitur monitoring dan mode sport lengkap untuk digunakan saat aktivitas olahraga harian.

Untuk memberikan pengalaman dan gaya hidup sehat yang baru, OPPO saat ini sedang mempersiapkan perangkat IoT terbaru yang akan segera meluncur di Indonesia dalam di kuartal pertama tahun 2024 ini. Kehadiran perangkat ini meneruskan konsistensi dan komitmen OPPO untuk mendukung kebutuhan konsumen yang semakin modern dan kompleks. (Rls)

Continue Reading

Tekno

OPPO Reno11 F 5G Unggulkan Fitur Fantastic Layar Borderless hingga Kamera Ultra-Clear 64MP

Published

on

Bisniscorner.com –  OPPO resmi melengkapi lini Reno11 Series 5G dengan kehadiran Reno11 F 5G yang membawa tampilan dinamis, 64MP Ultra-Clear Triple Camera, dan layar AMOLED Borderless 120Hz. Reno11 F 5G adalah perpaduan sempurna desain fresh yang membawa pengalaman baru perangkat cerdas.

Desain Magnetic Particle dan Layar Borderless

Kenyamanan perangkat hadir melalui desain ramping dan ringan dengan ketebalan 7,54mm dan berat 177g. Desain Reno11 F 5G juga telah disesuaikan untuk pas ketika diletakkan di dalam saku. Warna baru Ungu Koral dan Biru Laut, memperkenalkan Desain Magnetic Particle dengan perpaduan tampilan gelombang berkilauan dan polesan kaca. Riak warna lilac pada Ungu Koral berpadu dengan kilau menawan, sedangkan Biru Laut hasil kombinasi warna biru seperti pada lautan dan putihnya buih ombak. Hijau Palem dengan lapisan warna zamrud dan hijau tua berpadu kilauan halus, hasil produksi proses OPPO Glow.

Kamera Sunshine Ring dibuat untuk memantulkan cahaya sehingga menyajikan tampilan yang menarik. Dilengkapi rating IP65 tahan percikan air dan debu, memastikan perangkat ini dapat digunakan dalam berbagai skenario cuaca. Reno11 F 5G juga telah berhasil menjalani berbagai ujian berat di laboratorium OPPO.

Layar AMOLED 120Hz Borderless hadir dengan ukuran 6,7” dilengkapi bingkai ultra tipis 1,47mm di kedua sisi layar menciptakan pengalaman layar yang penuh, dengan rasio layar ke bodi sebesar 93,4%. Layar AMOLED 10-bit mampu menampilkan lebih dari 1 miliar warna untuk gradien alami, dipadukan dengan kecerahan puncak 1.100 nits untuk visual yang nyata di luar ruangan. Refresh rate 120Hz membuat scrolling lancar pada aplikasi media sosial, sedangkan peredupan PWM 2160Hz di bawah 90 nits membawakan pengalaman visual yang lebih ramah mata.

Saat menghadapi kebisingan suara yang berlebihan di latar belakang, Reno11 F 5G dapat tetap memutar lagu favorit dengan Mode Ultra Volume 300% dari loudspeaker.

Foto dan Video Diabadikan dengan Jernih

Ultra-Clear Triple Camera 64MP dan perekaman 4K membuat Reno11 F 5G sempurna untuk pengambilan berbagai macam konten. Kamera Ultra-Clear 64MP dapat menghasilkan foto yang sangat tajam. Berpadu dengan mode Malam cerdas dan kamera wide-angle 25mm membuat kamera OPPO Reno11 F 5G dapat diandalkan dalam kondisi pencahayaan apa pun. Untuk lanskap yang luas, kamera ultra lebar 8MP Reno11 F 5G mampu abadikan gambar dengan sudut 112º.

Kamera Reno11 F 5G dilengkapi Portrait Expert Engine yang menghasilkan foto portrait yang menarik dengan menggabungkan pengenalan wajah dan deteksi subjek tingkat lanjut, perlindungan warna kulit, dan peningkatan fitur untuk menciptakan keseimbangan antara kejernihan dan fokus. Reno11 F 5G juga dapat merekam Video Ultra-Clear 4K dari kamera utama dan kamera depan 32MP.

ColorOS 14 untuk Bekerja dan Bermain dengan Mudah

Reno11 F 5G dilengkapi ColorOS 14 yang menyajikan fitur File Doc untuk menyimpan gambar, teks, atau file dengan mudah melalui akses drag-and-drop. Smart Touch dapat digunakan menangkap gambar, teks, bahkan teks di dalam sebuah gambar dari tangkapan layar. Smart Image Matting dengan mudah memotong hingga enam subjek dari sebuah foto untuk disimpan di File Dock, sehingga dapat diubah menjadi stiker atau membagikannya langsung dengan aplikasi lain.

Sistem komputasi efisiensi terbaru dari ColorOS 14 yaitu Trinity Engine, memastikan performa perangkat yang cepat dan lancar. ROM Vitalisation3 dapat menghemat ruang ekstra hingga 23GB dari total kapasitas 256GB dengan mengkompresi data yang tidak terpakai sekaligus menghapus file duplikat1. Perlindungan Kelancaran 48 Bulan juga membuat Reno11 F 5G selalu tampil optimal hingga bertahun-tahun mendatang.

Konektivitas Tingkat Lanjut, Tanpa Cemas Baterai Habis

Reno11 F 5G ditenagai MediaTek Dimensity 7050, menghadirkan komputasi 6nm yang efisien untuk multitasking, bermain game, dan pemrosesan berat seperti merekam video 4K. RAM 8GB dapat ditambah hingga 8GB dengan RAM Expansion menjadikan Reno11 F 5G dapat membuka banyak aplikasi dan game tanpa menutup aplikasi di latar belakang. Penyimpanan 256GB dapat diperluas hingga 2TB dengan kartu microSD.

Sinyal stabil saat browsing, berbicara, atau mengirim SMS diwujudkan melalui mesin pengoptimalan jaringan pengembangan OPPO, LinkBoost, yang dapat mencapai transmisi sinyal 100% lebih tinggi dan penerimaan sinyal dan 58,5% lebih kuat dibandingkan kompetitor1. LinkBoost menggabungkan pemilihan jaringan AI dan desain 360° antena surround untuk sinyal paling stabil dengan downtime minimum. OPPO mengembangkan LinkBoost dengan menyempurnakan teknologi recovery sinyal 87% lebih cepat dibandingkan kompetitor setelah meninggalkan lift, saat berada di dalam kendaraan, di konser atau stadion yang ramai, atau saat berada di lantai bawah tanah.

Baterai besar 5000mAh yang tahan lama dilengkapi dengan teknologi untuk menjaga masa pakai baterai prima bahkan setelah empat tahun penggunaan. 67W SUPERVOOCTM Flash Charging2 dapat mengisi daya hingga 30% hanya dalam 10 menit dan mencapai 100% baterai hanya dalam 48 menit1.

Harga dan Ketersediaan

OPPO Reno11 F 5G resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp4.599.000. Dapat dipesan mulai 16 hingga 23 Februari 2024. Reno11 F 5G warna Ungu Koral dan Hijau Palem dapat dipesan di seluruh OPPO Experience Store, OPPO Gallery, toko rekanan resmi OPPO Indonesia, dan e-commerce terkemuka di Indonesia. Sedangkan, Reno11 F 5G warna Biru Laut dapat dipesan melalui OPPO Official Store pada e-commerce terkemuka dan dapat dipesan juga secara terbatas di seluruh OPPO Experience Store, OPPO Gallery, toko rekanan resmi OPPO Indonesia.

Reno11 F 5G Pre-order.jpg

Konsumen yang melakukan pemesanan Reno11 F 5G selama periode 16-23 Februari 2024 akan mendapatkan penawaran eksklusif senilai total Rp2.800.000 berupa Proteksi OPPO Care termasuk perlindungan layar pecah dan perpanjangan masa garansi selama 1 tahun, promo bank cashback hingga Rp250.000 dengan cicilan 0% hingga 24 bulan dari BCA, BNI, CIMB Niaga, Digibank, Mandiri, Mega, dan Permata, serta berbagai penawaran menarik dari eksklusif partner OPPO seperti Chatime, Chatime Atealier, CupBop, Gindaco, KFC, Miniso, Revlon, Y.O.U, Dekoruma, Bobobox, Tomoro, Golden Lamian, dan 1/15 Coffee yang dapat diklaim di aplikasi My OPPO. Konsumen Reno11 F 5G juga dapat mengikuti OPPO Lucky Draw untuk memenangkan Honda PCX 160 ABS senilai total ratusan juta rupiah.

#FantasticRenoDance : Strategi Marketing Unik Untuk Gandeng Anak Muda Indonesia

Dalam memasarkan perangkat Reno11 F 5G, OPPO Indonesia memiliki cara unik untuk memperkenalkan fitur dan keunggulan utama dari fitur fantastis perangkat Reno11 F 5G melalui #FantasticRenoDance Challenge untuk menjajaki target market anak muda Indonesia. Melalui gerakan dance yang mudah diikuti, OPPO mengajak anak muda Indonesia untuk menunjukan bakatnya ke dunia.

“Reno11 F 5G dirancang untuk sebagai perangkat anak muda yang dilengkapi dengan berbagai fitur fantastic, seperti fantastic portrait, fantastic performance, fantastic signal, dan fantastic durability yang kesemuanya menjadi faktor utama anak muda ketika memilih sebuah smartphone. Sejalan dengan hal tersebut, OPPO akan secara resmi memulai kampanye #FantasticRenoDance yang bertujuan memperkenalkan keunggulan Reno11 F 5G sekaligus mengajak anak muda Indonesia dalam menunjukan kreativitas dan bakatnya ke seluruh dunia. #FantasticRenoDance akan berlangsung mulai tanggal 18 Februari hingga 31 Maret 2024 di situs dan sosial media resmi OPPO Indonesia,” tutup Patrick. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 jam ago

Pengendalian Banjir di Kabupaten Karawang dan Bekasi, Kementerian PUPR Bangun Bendungan Cibeet dan Cijurey

Bisniscorner.com – Guna mengurangi risiko banjir di hilir Sungai Citarum, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 2 Bendungan,...

Breaking News11 jam ago

BCA Tawarkan Bunga Spesial KPR 2,67%, Cocok untuk Keluarga Baru yang Sedang Mencari Rumah

Bisniscorner.com  – Penyaluran Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sepanjang 2023 lalu ada dalam tren...

Breaking News2 hari ago

Pasok Kebutuhan Air Minum IKN, Menteri Basuki: IPA Sepaku Operasional Juni 2024

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku di Penajam...

Breaking News3 hari ago

Menteri PUPR dan Pj Gubernur Jawa Barat Bahas 5 Agenda Pembangunan Infrastruktur di Jawa Barat

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kedatangan dan melakukan pertemuan dengan Penjabat (Pj) Gubernur...

Breaking News4 hari ago

Tingkatkan Ketangguhan Fisik dan Mental SDM, Kementerian PUPR Gelar Pelatihan Bela Negara bagi Kasatker, PPK, dan Pokja PBJ Angkatan III Tahun 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara resmi membuka penyelenggaraan Pelatihan Bela Negara bagi Kepala Satuan Kerja...

Breaking News4 hari ago

Kementerian PUPR dan PT Gudang Garam (Tbk) Segera Bangun Jalan Tol Kediri – Tulungagung Sepanjang 44,17 km di Jawa Timur

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan PT Gudang Garam (Tbk), Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan...

Trending