Connect with us

UMKM

Ratusan UMKM Ikuti Webinar “Adaptasi Bisnis Kuliner di Era New Normal”

Published

on

Bisniscorner.com –  Danone Indonesia bersama Kampus Bisnis Umar Usman kembali mengumpulkan para pelaku UMKM dari berbagai daerah di Indonesia. Webinar bertemakan Adaptasi Bisnis Kuliner di Era New Normal merupakan agenda pembuka dari program Damping dan Inkubator Bisnis periode ke-2 di tahun 2021. Sebanyak 600 peserta pelaku UMKM dari seluruh Indonesia hadir dalam webinar tersebut.

Menurut beberapa analisa para pengamat ekonomi dan bisnis di Indonesia, nampaknya hingga saat ini bisnis kuliner yang tak pernah surut peminat. Tak terkecuali saat pandemi melanda dunia, termasuk Indonesia, bisnis kuliner tetap menjadi primadona dan memiliki peluang paling besar. Bukan tanpa alasan, selain memang makanan menjadi kebutuhan pokok setiap orang, namun meningkatnya peluang bisnis kuliner ini juga dipengaruhi oleh kondisi dan gaya hidup baru di era new normal.

Selama masa pandemi masyarakat menghadapi berbagai keterbatasan yang mempengaruhi hampir semua sektor. Kebijakan untuk mengurangi aktifitas di luar rumah selama lebih dari 1 tahun terakhir, membuat orang memiliki kebiasaan baru yaitu belanja secara online. Enggan berlama-lama berada di tempat umum, termasuk restoran, hal ini tentu membuat para pelaku bisnis kuliner juga perlu beradaptasi.

Penelitian Big Data 2020 dari Badan Pusat Statistik (BPS), menunjukkan hasil penjualan online di Indonesia pada periode Februari hingga Juli 2020 meningkat tajam. Dari total transaksi penjualan online, kategori yang menjadi favorit masyarakat adalah produk makanan sebanyak 51%, disusul produk kesehatan mencapai 20%.

Hadir menyapa para peserta dalam webinar ini pada, Kamis (10/06/2021) yaitu Ida Rustini (Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia). 

Dalam sambutanya beliau mengatakan, fenomena meningkatnya bisnis kuliner pun menjadi peluang yang dimanfaatkan banyak pejuang keluarga agar tetap terus memperjuangkan bisnis agar tetap berjalan. Terus melakukan inovasi dalam membangun bisnis kuliner, baik secara online atau offline menjadi keharusan saat ini.

“Dengan adanya webinar ini, semoga para pelaku usaha kuliner yang bergabung program Damping, bisa mengambil ilmu dari para narasumber, sehingga bisa semakin banyak lagi pelaku bisnis kuliner nusantara yang memiliki daya saing, memiliki produk-produk yang tidak kalah dengan produk makanan dari luar negeri. Marilah kita tetap optimis bisa melewati masa pandemic dan mendukung para UMKM pangan/kuliner di Indonesia,” lanjut Ida Rustini.

Menemani Ida, hadir juga sebagai keynote speech webinar hari ini, yaitu Christina Agustin (Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI). Beliau menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi Danone Indonesia dan Kampus Bisnis Umar Usman dalam mendukung kemajuan UMKM di Indonesia.  

“Berdasarkan data BPS, diperkirakan pada tahun 2024 rasio peningkatan gen z ataupun usia produktif mencapai angka 174,79 juta orang. Melihat hal ini, tentu Wirausaha menjadi sangat penting untuk kedepannya. Maka, perlu dipersiapkan secara komprehensif para entrepreneur-entrepreneur yang professional sejak dini. Mencetak para entrepreneur yang dapat beradaptasi dan memanfaatkan teknologi, sehingga nantinya akan semakin banyak peluang peluang lapangan pekerjaan baru,” terang Christina.

Christina menambahkan, Digitalisasi menjadi salah satu syarat penting para pelaku usaha, khususnya usaha kuliner yang mungkin satu tahun belakangan sedang menghadapi situasi yang cukup menantang. Dengan memanfaatkan platform digital, tidak hanya meluaskan pemasaran, namun pastinya meningkatkan omset penjualan.

Webinar  “Adaptasi Bisnis Kuliner di Era New Normal” ini dihadiri oleh narasumber utama yaitu Karyanto Wibowo (Sustainbility Director Danone Indonesia), Saptuari Sugiharto (Owner Tengkleng Hohah), dan Kamaludin Enuh (CEO Ayam Bakar Abah Tea)

Webinar dilengkapi dengan diskusi yang berlangsung seru antara narasumber dan peserta. Setelah webinar hari ini, peserta berkesempatan untuk mengikuti program lanjutan pendampingan bisnis bersama Damping Danone Indonesia dan Kampus Bisnis Umar Usman. Akan ada berbagai pelatihan bisnis yang secara khusus dibuat untuk mendukung perkembangan UMKM peserta, langsung dimentori oleh para coach professional di bidangnya. (Rls)

UMKM

Pacu Kreativitas dan Optimisme UMKM, Sinar Mas Land Gelar Festival UMKM 2023 di The Breeze BSD City

Published

on

Bisniscorner.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah menjadi roda penggerak perekonomian Indonesia karena memberikan dampak signifikan khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menyebutkan per Agustus 2023, UMKM berkontribusi sebesar 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia sekaligus mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Tanah Air.

Dalam rangka mendukung kreatifitas pelaku UMKM agar lebih berani dan optimis dalam mengembangkan usahanya, tahun ini Sinar Mas Land melalui pemberdayaan CSR (Corporate Social Responsibility) di bidang ekonomi dan pemberdayaan UMKM (MSME empowerment) kembali menggelar acara tahunan yakni Festival UMKM 2023.

Tahun ini, acara tersebut mengusung tema “UMKM Kreatif, Berani dan Optimis Melaju Untuk Indonesia Maju”. Festival UMKM 2023 melibatkan ratusan UMKM, baik UMKM binaan CSR Sinar Mas Land, Pilar Sinar Mas maupun komunitas mitra yang dilaksanakan di The Breeze, BSD City pada 29 November 2023. Acara tersebut dibuka oleh Andi Ony Prihartono (Penjabat Bupati Tangerang), Ferry Salman (Managing Director Sinar Mas) dan Dony Martadisata (Managing Director President Office Sinar Mas Land).

Andi Ony Prihartono, Penjabat (Pj) Bupati Tangerang menyatakan, saya sangat mengapresiasi langkah Sinar Mas Land yang secara rutin setiap tahunnya mengadakan Festival UMKM sebagai bentuk dukungan kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Kegiatan ini menjadi momentum untuk membangun semangat kolaborasi yang berkelanjutan dan meningkatkan daya saing UMKM di Kabupaten Tangerang. Untuk itu kami mengajak seluruh stakeholder baik pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk terus mendukung pengembangan UMKM. Semoga kegiatan pendampingan pelaku UMKM yang telah dilakukan Sinar Mas Land dapat memberikan dampak ekonomi yang positif, tak hanya untuk Kabupaten Tangerang tapi juga juga bagi perekonomian nasional.

Ferry Salman, Managing Director Sinar Mas mengatakan, Sinar Mas yang bermula dari usaha mikro, tentu tak terpisahkan dari UMKM. Kami percaya melalui pendampingan melekat oleh pemerintah dan sektor usaha, UMKM dapat naik kelas, menjadi energi penggerak perekonomian bangsa yang menyejahterakan banyak orang. Berpegang pada empowering people, empowering the economy, pilar usaha kami menggandeng UMKM lewat skema inclusive closed loop yang sebagian hasilnya bisa kita saksikan dalam acara Festival UMKM 2023 ini.

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land menambahkan, setelah sukses dengan Festival UMKM pada tahun 2022 lalu, kami kembali menghadirkan Festival UMKM 2023. Sinar Mas Land melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) juga telah melakukan serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku UMKM berupa pengadaan beragam program pelatihan dan pembekalan keterampilan.

Melalui Festival UMKM 2023 kami berharap dapat mendorong pelaku UMKM untuk terus kreatif serta mampu bersaing dan menghadirkan produk-produk berkualitas yang tidak hanya bisa dijangkau secara langsung, namun juga secara digital. Semoga acara ini dapat mewujudkan kemandirian UMKM yang berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan UMKM yang inklusif.

Festival UMKM 2023 juga dimeriahkan oleh serangkaian kegiatan seperti bazar UMKM dengan total jumlah 30 booth, Fashion Show Disabilitas yang berkolaborasi dengan ESMOD Jakarta, pertunjukan bakat tarian dan musik serta beragam jenis pelatihan menarik yang bisa meningkatkan kemampuan, kreativitas dan terbukanya peluang usaha baru bagi pelaku UMKM. Acara ini juga menjadi momen wisuda bagi UMKM binaan Sinar Mas Land batch 3 dan menghadirkan talk show yang bertajuk “Keunggulan UMKM Melalui Pendampingan Terpadu” dengan pembicara dari Kementerian Koperasi dan UMKM, DANA Indonesia dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Festival UMKM 2023 merupakan kolaborasi Sinar Mas Land dengan seluruh pilar usaha Sinar Mas, seperti Bank Sinar Mas, Asia Pulp and Paper (APP), Asuransi Sinar Mas, Sinar Mas Communication & Technology, Sinar Mas Energy dan Infrastructure, Tzu Chi Sinar Mas, Eka Hospital dan juga Eka Tjipta Foundation. Selain itu juga hadir komunitas mitra SML UMKM CENTRE yang ada di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. (Rls)

Continue Reading

UMKM

Percepat Akselerasi Digital bagi UMKM, Sinar Mas Land Gelar Festival Pasar Rakyat Go Digital

Published

on

Bisniscorner.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan besar bagi roda perekonomian di Indonesia. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menyebutkan per kuartal ke-IV 2022, UMKM berkontribusi sebesar 61 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia sekaligus mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Tanah Air. Guna dapat terus bertahan dan berkembang, UMKM dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Dengan teknologi digital, proses bisnis UMKM menjadi lebih efisien, memperluas pasar, dan akses pendanaan secara daring. Data Kementerian Koperasi dan UMKM hingga Juni 2023, sebanyak 22,8 juta UMKM di Indonesia telah onboarding ke ekosistem digital. Saat ini angka tersebut juga akan semakin bertambah pada 2024. Sejalan dengan upaya pemerintah untuk mempercepat transformasi digital UMKM, Sinar Mas Land telah menginisiasi program UMKM Pasar Rakyat Go Digital sejak 2022.

Kali ini, Sinar Mas Land mengadakan Festival Pasar Rakyat Go Digital di Pasar Modern BSD City pada Rabu (11/10), serta dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki yang diwakili kehadirannya oleh Dr. Koko Haryono, S.Pd., M.M selaku Sekretaris Deputi Kementerian Koperasi, perwakilan pemerintah daerah, jajaran Direksi Sinar Mas Land, mitra perbankan (financial technology), mitra E-Commerce, mitra civitas akademika, para pedagang dan pengunjung pasar.

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UMKM dalam keynote speechnya mengatakan, saya menyampaikan apresiasi kepada Sinar Mas Land sebagai pengembang kota mandiri BSD City yang telah menyelenggarakan program Festival UMKM Pasar Rakyat Go Digital sebagai bagian dari giat CSR. Tema yang diusung juga sangat relevan yaitu ‘Accelerating Micro, Small and Medium Enterprice Enter the Digital Ecosystem’ mengakselerasi hadirnya UMKM dalam ekosistem digital. Saya mengapresiasi para pelaku UMKM pedagang Pasar Modern BSD City yang selama ini sudah sangat fasih dalam menggunakan transaksi digital. Tercatat di Tahun 2022 penggunaan transaksi uang elektronik  yang cukup besar mencapai Rp399,6 triliun. Besar harapan saya Sinar Mas Land juga Sinar Mas Group lainnya  terus memberikan peluang kolaborasi lebih luas bagi UMKM binaan dan mitranya.

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land mengatakan, sejak 2022 Sinar Mas Land telah melakukan serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi pedagang pasar dan pelaku UMKM di Pasar Modern BSD City dan Pasar Modern Intermoda. Pendampingan tersebut berfokus kegiatan edukasi literasi digital, edukasi financial technology dan E-Commerce untuk UMKM. Festival Pasar Rakyat Go Digital digelar untuk menggaungkan pentingnya Pasar Rakyat di berbagai daerah di Indonesia agar kian gencar mendorong dan mengakselerasi para pedagang UMKM untuk merambah dan mengoptimalisasi peluang dalam ekosistem ekonomi digital. Semoga acara ini dapat mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan UMKM yang inklusif.

Benyamin Davnie, Walikota Tangerang Selatan dalam sambutannya menyatakan, saya ingin mnegucapkan terima kasih kepada Sinar Mas Land yang selalu bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan sehingga melahirkan berbagai inovasi untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat khususnya UMKM di Kota Tangerang Selatan. Pelaku UMKM perlu mengenal ekosistem digital. Langkah digitalisasi diperlukan agar dapat melakukan pelayanan moden secara online, sudah saatnya pelaku UMKM digital telah melakukan transormasi dari cara konvesional ke digital. Festival Pasar Rakyat Go Digital menjadi momentum pertumbuhan Pasar Modern BSD City sekaligus sebagai percontohan pasar rakyat go digital di Indonesia.

Festival Pasar Rakyat Go Digital juga dimeriahkan oleh serangkaian lomba seperti Video dan Photo Competition Pasar Rakyat Go Digital, pilah sampah dari lapak UMKM dan menghias lapak go digital serta penyerahan apresiasi untuk UMKM dengan transaksi pembayaran digital terbanyak serta mitra program UMKM Pasar Rakyat Go Digital. Selanjutnya, acara ini juga diisi dengan Talk Show yang bertajuk Talkshow ‘Akselerasi UMKM untuk Meraup Potensi Besar Ekonomi Digital’. Gelar wicara tersebut dihadiri oleh Ignesjz Kemalawarta (Advisor President Office Sinar Mas Land) dan M. Fatihi (Ketua Bidang Teknologi Usaha Kementerian Koperasi dan UMKM). Dalam acara ini juga diadakan penyerahan simbolis kepesertaan BPJS untuk UMKM Pasar Modern BSD City sebagai bentuk perlindungan bagi pekerja UMKM.

Program UMKM Pasar Rakyat Go Digital telah berhasil menaikkan tingkat partisipasi digital kepada 800 UMKM atau pedagang pasar yang bernaung di Pasar Modern BSD City. Dengan adanya dorongan dari program ini, partisipasi UMKM pasar terhadap financial technology seperti penggunaan Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) sebagai alat pembayaran mengalami peningkatan signifikan dari sebelumnya  sebesar 34% pada awal 2022 menjadi 93% pada pertengahan 2023. Di rentang waktu yang sama, partisipasi UMKM Pasar Modern BSD City terhadap E-Commerce juga meningkat dari sebelumnya sebesar 27% pada awal 2022 menjadi 54% pada pertengahan 2023. (Rls)

Continue Reading

UMKM

Merayakan Kreativitas UMKM Lokal di Local Creative Weeks

Published

on

Bisniscorner.com – Beragam event dan aktivitas seru telah hadir di Summarecon Mall Serpong (SMS) tahun ini, mulai dari musik, kuliner, hingga olahraga. Di bulan Oktober ini, SMS terus melanjutkan rangkaian event dengan menghadirkan Local Creative Weeks, yang terdiri dari tiga rangkaian acara yakni CreARTive Culture Home (C2H), Pesona Batik Nusantara, dan Kopi Craft Indonesia. Local Creative Weeks digelar mulai 28 September sampai 8 Oktober 2023, di Atrium Forum, Atrium Oval, Atrium Circle, dan Corridor SMS 2.

C2H merupakan pameran yang diinisiasi untuk mendukung para pelaku UMKM di industri kreatif memperkenalkan produk-produk mereka. Dalam rangkaian acaranya, C2H akan diisi dengan kegiatan menarik dan inspiratif, mulai dari workshop, talk & share, hingga fashion show. Beragam produk-produk dari pelaku ekonomi kreatif dapat ditemui di sini, seperti Calla the Label, Carl & Claire, LAKON, Nonaetal, Popsiklus, Sidespace Art Studio, Sneakon, dan masih banyak lagi.

Selain itu, bertepatan dengan momen perayaan Hari Batik Nasional, SMS menggelar pameran batik bertajuk Pesona Batik Nusantara. Motif batik dari berbagai daerah bisa ditemui di Pesona Batik Nusantara, karena akan ada pameran batik yang diikuti oleh lebih dari 15 gerai pengerajin batik di antaranya Batik Tigaputeri, Batik Marunda, Batik Naira, Galeri Batik Jawa, Rumah Batik Komar. Tak hanya pameran, Pesona Batik Nusantara juga akan diisi dengan talk & share dan fashion show.

Kegiatan di Local Creative Weeks akan semakin lengkap dengan Kopi Craft Indonesia, yang bertujuan untuk memberikan sorotan khusus pada industri kopi Indonesia yang berkembang pesat. Kopi Craft Indonesia akan memberikan platform bagi coffee shop dan roastery lokal, serta produsen peralatan kopi seperti Anomali Coffee, Breville, Dripp, Fudgybro, Klasik Beans, Strada Coffee, dan masih banyak lagi, untuk memamerkan produk berkualitas dari mereka. Selain itu, akan ada sesi talk & share, cup taster competition, dan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kopi Indonesia dan cara menikmatinya dengan lebih baik.

“Indonesia memiliki beragam UMKM lokal dari bidang seni, kopi, dan batik yang memiliki potensi luar biasa. Oleh karena itu, kami menggelar Local Creative Weeks agar potensi tersebut bisa dikenal oleh lebih banyak orang,” ungkap Tommy, Center Director SMS. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News41 menit ago

Pengendalian Banjir di Kabupaten Karawang dan Bekasi, Kementerian PUPR Bangun Bendungan Cibeet dan Cijurey

Bisniscorner.com – Guna mengurangi risiko banjir di hilir Sungai Citarum, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 2 Bendungan,...

Breaking News9 jam ago

BCA Tawarkan Bunga Spesial KPR 2,67%, Cocok untuk Keluarga Baru yang Sedang Mencari Rumah

Bisniscorner.com  – Penyaluran Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sepanjang 2023 lalu ada dalam tren...

Breaking News2 hari ago

Pasok Kebutuhan Air Minum IKN, Menteri Basuki: IPA Sepaku Operasional Juni 2024

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku di Penajam...

Breaking News2 hari ago

Menteri PUPR dan Pj Gubernur Jawa Barat Bahas 5 Agenda Pembangunan Infrastruktur di Jawa Barat

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kedatangan dan melakukan pertemuan dengan Penjabat (Pj) Gubernur...

Breaking News4 hari ago

Tingkatkan Ketangguhan Fisik dan Mental SDM, Kementerian PUPR Gelar Pelatihan Bela Negara bagi Kasatker, PPK, dan Pokja PBJ Angkatan III Tahun 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara resmi membuka penyelenggaraan Pelatihan Bela Negara bagi Kepala Satuan Kerja...

Breaking News4 hari ago

Kementerian PUPR dan PT Gudang Garam (Tbk) Segera Bangun Jalan Tol Kediri – Tulungagung Sepanjang 44,17 km di Jawa Timur

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan PT Gudang Garam (Tbk), Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan...

Trending