Connect with us

Bisnis

Kembangkan Ekonomi Kreatif Demi Kemajuan Pariwisata di Tengah Pandemi

Published

on

Bisniscorner.com – Sektor pariwisata Indonesia, sudah setahun lebih ini mengalami banyak perubahan dan adaptasi dengan adanya kebijakan new normal di tengah pandemic Covid-19 yang menyerang di berbagai negara. Mulai dari pembatasan pengunjung, kebijakan baru bagi pengelola tempat wisata, sampai aturan baru bagi para pengunjung.

Namun banyaknya perubahan di tengah pandemi Covid-19 ini pun tidak menyurutkan perayaan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) yang diperingati setiap tanggal 27 September, dan kali ini Hari Pariwisata Dunia diperingati dengan acara Talk Show secara berkala setiap tanggal 27 yang dilakukan secara daring. Kegiatan talkshow ini merupakan rangkaian serial yang telah dilaksanakan sebelumnya dengan berbagai perguruan tinggi.

Swiss German University yang kali ini menjadi tuan rumah dari World Tourism Day Talk Show bekerja sama dengan PATA Indonenesia Chapter dan Yayasan Hari Pariwisata Sedunia-Indonesia serta didukung antara lain oleh Kemenparekraf, EL JOHN Tourism dan Podomoro University, Universitas Pancasila, STP Trisakti, UPH, IPBI, President Univeristy, BINUS, Universitas Gunadarma, UBSI dan STIAMI untuk mewujudkan World Tourism Day Talk Show seri ke 7 ini.

Dengan tema yang bertajuk “Empowering SMES and Creative Economy for National Tourism Sustainability” diharapkan dapat memberdayakan UKM dan Ekonomi Kreatif untuk Keberlanjutan Pariwisata di Indonesia, dalam upaya pemulihan kembali perekonomian pariwisata Indonesia yang sempat terhambat akibat adanya pandemi Covid-19.

Ini adalah momentum yang tepat untuk mendorong kemajuan dibidang pariwisata dengan memaksimalkan potensi UMKM di sektor ekonomi kreatif. Sebagaimana kreatifitas merupakan modal utama dalam menghadapi tantangan global. Bentuk-bentuk ekonomi kreatif diharapkan bisa tampil dengan nilai tambah yang khas, menciptakan “pasar”nya sendiri, dan berhasil menyerap tenaga kerja serta pemasukan ekonomis baik bagi bidang pariwisata maupun bidang ekonomi lainya.

Hal ini juga diungkapkan oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Muhammad Neil El Himam saat menjadi keynote speaker. Ia menyampaikan ekonomi kreatif secara tidak langsung mengarahkan dan mencoba menciptakan seorang wirausahawan (entrepreneur) yang handal dalam berbagai bidang.

“Fondasi dari sebuah usaha adalah SDM dan Sumber Daya Alam yang merupakan faktor internal serta ditambah inovasi dan kreativitas yang menambah nilai pada produk yang dihasilkan sehingga mampu bersaing,” ungkap Neil.

Ekonomi kreatif harus segera dibangkitkan kembali di masa pandemi secara komprehensif sehingga mampu melahirkan lingkungan yang mengintegrasikan berbagai pihak baik pemerintah, pelaku usaha, masyarakat, akademisi, media, sampai institusi keuangan agar dapat kembali mengoptimalkan bidang pariwisata.

Hal serupa juga dituturkan oleh Wakil Rektor bidang Akademik SGU Irvan S. Kartawiria: “Pemberdayaan usaha kecil dan menengah atau SMI ini merupakan satu modal juga bagi keberlanjutan pariwisata khususnya di daerah tujuan wisata atau destinasi wisata dan kegiatan ini juga menggerakkan sektor ekonomi warga tidak hanya di daerah wisatanya tetapi di sekitar daerah tujuan wisata tersebut. Berbagai produk wisata yang ditawarkan memiliki keragaman dan keunikan masing-masing sehingga diharapkan memberikan dampak bagi peningkatan nilai ekonomi masyarakat,” ungkap Irvan.

Untuk membangkitkan kembali Ekonomi Kreatif, Sumber Daya Manusia juga penting untuk diperhatikan. SDM miliki peran penting kembangkan ekonomi kreatif untuk keberlanjutan pariwisata, SDM yang berkualitas dalam sebuah pengembangan yang berawal dari gagasan, ide dan pemikiran.

Maka dari itu, Kemenparekraf juga mendukung pengembangan Ekonomi kreatif melalui berbagai program salah satunya “Bedah Desain Kemasan Kuliner Nusantara (BEDAKAN). Melalui program ini, Kemenparekraf berupaya untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha pelaku kreatif kuliner nusantara melalui pemahaman fungsi penting kemasan produk.

Acara kali ini juga menghadirkan Ketua Umum BPD HIPMI Jaya, Sona Maesana, dan Ketua BUMDES dan Desa Wisata Gianyar, Bali, Dr. Mangku Nyoman Kandia. Sejumlah Alumni SGU pelaku Ekonomi Kreatif juga turut  diundang sebagai narasumber dalam kegiatan itu. Fidjria Lubana Salsabela, alumni SGU 2019, yang merupakan pelaku ekonomi kreatif bidang kuliner dan juga Calvin Valentino, alumni SGU tahun 2011, yang saat ini memiliki usaha di bidang teknologi dan digital, turut membagikan manfaat pengalaman pribadi mereka yang diperlukan dalam membangun sebuah bisnis. (Rls)

Bisnis

Selalu Menjadi Pilihan Pelanggan dan Terdepan dalam Inovasi, Acer Kembali Raih Top Brand Award dan ICSAA 2024

Published

on

Bisniscorner.com – Acer Indonesia berhasil meraih dua penghargaan bergengsi dan prestisius untuk penilaian kekuatan merek dan kepuasan konsumen, yakni Top Brand Award 2024 dan Indonesia Customer Satisfaction Achievement Award (ICSAA) 2024. Prestasi ini mencerminkan tingginya tingkat kepercayaan dan kepuasan konsumen terhadap produk serta layanan berkualitas yang ditawarkan oleh Acer secara konsisten kepada para pelanggan setianya di Indonesia.  

Menyambut 25 tahun kiprahnya di Indonesia, Acer terus berkomitmen untuk bisa menjadi mitra teknologi yang menawarkan solusi dan layanan bagi semua pelanggan. Diawali dengan beragam perangkat komputasi seperti laptop, desktop, proyektor, monitor, hingga perangkat lain untuk pelanggan institusi dan korporasi seperti server dan interactive flat panel. Rekam jejak perjalanan Acer berlanjut dengan hadirnya rangkaian solusi teknologi seperti platform pembelajaran digital, keamanan siber hingga inovasi lini perangkat gaya hidup Acerpure yang akan segera diluncurkan.

Leny Ng, Chief Operating Officer, Acer Indonesia mengatakan, “Kepuasan pelanggan adalah prioritas utama bagi Acer dan kami sangat bersyukur atas dua penghargaan yang kami terima. Dua pengakuan ini menjadi bukti bahwa inovasi kami selama 25 tahun di Indonesia dalam menjawab kebutuhan dan harapan pelanggan terus berbuah hasil yang baik. Terima kasih atas penghargaan ini dan kepercayaan pelanggan kepada kami. Komitmen kami adalah untuk dapat terus menguatkan posisi Acer sebagai mitra teknologi terpercaya.”

Acer meraih penghargaan Top Brand Award 2024 untuk kategori Notebook/Laptop/Netbook. Penghargaan Top Brand diterima Acer untuk ke-17 kali secara berturut-turut sejak 2008. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Majalah MARKETING berdasarkan riset berskala nasional yang telah dilakukan oleh lembaga riset independen ternama Frontier.

Acer juga kembali meraih Best Customer Satisfaction Award 2024 di kategori laptop/notebook dalam penghargaan Indonesia Customer Satisfaction Achievement Award (ICSAA) 2024 dari SWA-Business Digest Brand Awarding (SBBA) dengan nilai terbaik dari tiap kategori penilaian berdasarkan survei di 4 dimensi penilaian seperti  product, price, place, dan promotion.  Nilai  indeks yang dicapai adalah 7,99 dan predikat “Very Good”.

Salah satu strategi Acer dalam mempertahankan kepuasan pelanggan dan kekuatan merek adalah dengan layanan purna jual luas yang dapat ditemui di 108 lokasi di 89 kota pada 36 provinsi di Indonesia. Acer juga berkomitmen dalam menyediakan produk berkualitas, harga terbaik, jangkauan pemasaran yang luas serta layanan dan berbagai macam bentuk promosi yang dapat diterima oleh pelanggan Indonesia.

Sebagai bagian dari upaya untuk lebih dekat dan ungkapan terimakasih kepada pelanggan, menyambut perjalanan 25 tahun di Indonesia, Acer mengadakan promo “Kejutan 25 Tahun” yang berlangsung hingga 31 Juli 2024. Program ini memberikan kesempatan kepada pelanggan Acer untuk memenangkan ratusan hadiah istimewa dengan nilai spektakuler. Informasi mengenai rangkaian program jelang 25 tahun Acer di Indonesia dapat dilihat di acerid.com/25tahun. (Rls)

Continue Reading

Bisnis

Insentif PPN DTP 100 % Berlanjut, Purinusa Group Permudah Konsumen Punya Hunian di Dua Cluster Terbaru di Aryana Karawaci Tangerang

Published

on

Bisniscorner.com – Industri properti diproyeksi akan terus bertumbuh pada tahun 2024. Sejumlah strategi hingga insentif juga disiapkan pemerintah untuk menjaga pertumbuhan industri properti, salah satunya adalah penetapan kebijakan insentif berupa Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk pembelian rumah baru, baik rumah tapak ataupun apartemen siap huni.

Pemerintah resmi menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.7/2024 yang mengatur pemberian insentif pajak pertambahan nilai (PPN) atas penyerahan rumah ditanggung pemerintah (DTP) untuk hunian siap huni.

Insentif PPN DTP 100 % ditujukan untuk harga rumah Rp 2 milar hingga Rp 5 miliar, yang serah terima unitnya sejak 1 Januari 2024 hingga 30 juni 2024. Sementara untuk proses serah terima (BAST) yang dilakukan per tanggal 1 Juli 2024 hingga 31 Desember 2024, pemerintah hanya akan menanggung PPN sebesar 50%.

Pemberian insentif PPN DTP ini, disambut baik para developer properti, salah satunya PT Purinusa Jayakusuma. Pengembang properti yang telah berpengalaman selama 30 tahun ini terus menunjukkan eksistensinya sebagai pengembang terpercaya.

Sianna Sutinah, Direktur Utama PT Purinusa Jayakusuma mengungkapkan, sangat mendukung kebijakan PPN DTP 100 % tersebut. Pasalnya, dengan berlanjutnya insentif pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP) memberikan kepastian industri properti ditanah air, khususnya Purinusa Group.

Dengan telah terbitnya PMK No. 7/2024, Purinusa Group optimis dapat meningkatan penjualan di 2024. “Pengalaman kami pada tahun lalu, banyak mendapat tambahan penjualan karena adanya PPN DTP 2023,” paparnya.

Optimis Purinusa Group dijawab dengan kembali meluncurkan dua cluster baru di kawasan perumahan Aryana Karawaci yang telah dikembangkan sejak tahun 2016 .

“Kedua cluster tersebut yakni Cluster Safira dan Cluster Kristal ditambah ruko komersil,’’ ungkapnya disela-sela pelaksanaan Ground breaking kedua cluster tersebut, Jumat (23/02/2024).

Lebih jauh dijelaskan Sianna, Cluster Safira dibangun diatas lahan seluas 5 ha dengan total 446 unit, sementara Cluster Kristal dikembangkan diatas lahan seluas 2,4 ha yang merangkum 205 unit rumah. Selain hunian, kami juga mengembangkan area komersial yakni Ruko Kristal dengan total 52 Unit dan ikut program Free PPN 100% karena tersedia rumah ready stock dan siap BAST.

Sianna sangat bersyukur, pasalnya setiap produk hunian yang dikembangkan Purinusa group selalu diminati konsumen. Hal ini bisa dibuktikan pada penjualan dua Cluster sebelumnya yakni Cluster Prima Aryana dan Cluster Megah Aryana, kedua cluster tersebut penjualannya sangat positif. (Red)

Keunggulan kawasan perumahan Aryana Karawaci tidak lepas dari lokasi yang strategis. Posisi Kawasan perumahan yang merupakan akses penghubung dari beberapa developer besar seperti Lippo Karawaci, Summarecon dan Paramount Serpong, termasuk Citra Raya.

Menyinggung desain serta arsitektur, pengembang melakukan inovasi pada unit di dua Cluster tersebut dengan memaksimalkan akses cahaya dan sirkulasi udara. Selain itu, juga memanfaatkan sudut ruang, termasuk adanya kanopi multifungsi pada area carport.

Untuk mengoptimalkan keamanan penghuni, setiap pintu utama rumah menggunakan sistem digital smartlock. Nilai tambah lainnya, kedua Cluster ini  adanya beragam fasilitas eksternal seperti, Aryana Aquaplay, Aladin Aquaplay, Area Food Court, SPBU dan Area Komersil.

Christine Santoso Direktur Marketing PT Purinusa Jayakusuma mengatakan bahwa pihaknya tetap yakin mampu menjual produk-produk propertinya, terutama produk properti terbarunya Cluster Safira dan Cluster Kristal.

Lewat konsep Green & Smart Living Cluster Safira dan Cluster Kristal hadir dengan menawarkan tipe hunian rumah satu lantai  dan dua lantai.

“Untuk harga, kami tawarkan dengan harga perdana mulai dari Rp 600 Jutaan dan DP Super Ringan. Kepada calon pembeli dengan Rp. 5 juta sudah bisa punya rumah di cluster Safira dan Cluster Kristal, mulai tanggal 23 februari hingga 25 Februari 2024 diberikan promo diskon booking Fee 50% untuk semua unit ready di Aryana Karawaci” terang Christine.

Christine juga menyebutkan, perumahan yang menargetkan pasangan muda memberikan kemudahan cara bayar, baik secara cash serta dapat juga dengan skema KPR. “Untuk KPR ini, pihak pengembang telah bekerjasama dengan beberapa bank, baik swasta nasional maupun bank plat merah,” pungkasnya. (Rls)

Continue Reading

Bisnis

Sinar Mas Land Hadirkan West Village Business Park, Klaster Komersial Premium Terbaru di BSD City

Published

on

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) selalu berkomitmen untuk terus adaptif, strategis, dan taktis dalam memenuhi kebutuhan pasar properti. Berdasarkan laporan BSDE, segmen komersial membukukan pencapaian yang positif sebesar Rp2,62 triliun di akhir 2023.

Angka tersebut merupakan prapenjualan terbesar di tahun lalu atau berkontribusi sebesar 28% terhadap total prapenjualan. Hal tersebut menunjukkan minat konsumen akan ruang usaha terus meningkat. Data penjualan tersebut membuat Sinar Mas Land optimistis untuk kembali meluncurkan produk komersial terbaru yakni West Village Business Park di BSD City.

West Village Business Park mengusung konsep “Modern Comfortable Facade Design”, dengan menawarkan ruang fleksibel untuk bisnis berbagai ukuran yang setiap unitnya terdiri atas 3 dan 4 lantai. West Village Business Park memiliki beberapa tipe unit yakni standard building, double facade, dan studio loft.

West Village Business Park memiliki beragam fasilitas di antaranya multiple access entrance, jalur pedestrian yang aksesibel, sistem keamanan 24 jam, hingga lahan parkir yang luas. Keunggulan lainnya, produk komersial ini juga memiliki tipe double facade building yang dapat diakses dari dua sisi, sehingga memudahkan pelaku usaha untuk memaksimalkan bisnisnya. Klaster komersial tersebut sangat cocok untuk berbagai jenis usaha, seperti office, kafe, restaurant, salon, beauty clinic, boutique, bakery, non-formal education, dan bisnis ritel/komersial lainnya.

CEO Commercial BSD Sinar Mas Land – Anna Budiman mengatakan, Sinar Mas Land dengan bangga meluncurkan West Village Business Park, yang merupakan sebuah inovasi terbaru di sunrise area property yang lokasinya menjadi penghubung antara BSD City dan Gading Serpong. Produk komersial tersebut menawarkan peluang bisnis dengan konsep yang unik, modern, dan tentu saja nyaman bagi calon pembelinya. Klaster komersial ini menjadi tempat strategis di mana para pengusaha dapat menjalin koneksi serta merasakan atmosfer yang mendukung pertumbuhan bisnis mereka. Kami sangat optimistis penjualan West Village Business Park dapat diserap pasar dengan baik, dengan harga yang kami tawarkan mulai dari Rp2,7 miliaran.

Berlokasi strategis di BSD City bagian barat, West Village Business Park dilengkapi dengan fasilitas bisnis dan lifestyle center, seperti AEON Mall, The Breeze, QBig, dan GrandLucky Superstore. Selain itu, ada pula pengembangan RANS Nusantara Hebat (Pusat Kuliner UMKM terbesar di BSD City) dan EASTVARA Mall (Lifestyle Commercial Center) yang diproyeksikan segera beroperasi di tahun 2024 ini. West Village juga dekat dengan kawasan perkantoran di antaranya BSD Green Office Park, Foresta Business Loft 1-5, Astra Biz Center,  serta Wisma BCA. Menariknya, pada tahun 2025 mendatang, BSD City Park sebuah farm leisure theme park yang dikembangkan Sinar Mas Land bersama Jatim Park, Cimory Dairyland, dan Taman Rekreasi HeHa juga akan hadir.

Dari sisi akses, BSD City memiliki jalur langsung menuju gerbang Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A, Tol Jakarta-Merak (Tol Kebon Jeruk), dan Tol Jakarta-Serpong yang terintegrasi dengan Tol Kunciran-Serpong, JORR 2, Tol Bandara Soekarno-Hatta, dan Tol Jagorawi. Mobilitas dari/ke West Village Business Park pun juga didukung dengan beragam pilihan transportasi umum mulai dari free shuttle bus BSD Link, feeder bus BSD City, dan kereta commuter line melalui Stasiun Cisauk di kawasan Intermoda BSD City. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News1 hari ago

Kementerian PUPR Bangun Bendungan Budong- Budong, Bendungan Pertama di Sulawesi Barat

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengerjakan pembangunan Bendungan Budong-Budong di Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi...

Breaking News4 hari ago

Presiden Jokowi Resmikan 27 Ruas Inpres Jalan Daerah di Sulawesi Selatan Senilai Rp669 Miliar

Bisniscorner.com – Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir,...

Breaking News5 hari ago

Ketua Umum JMSI Terima Press Card Number One

Bisniscorner.com –  Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa menjadi salah seorang penerima Press card Number One (PCNO)...

Breaking News5 hari ago

Perkuat Ekonomi Lokal, Kementerian PUPR Selesaikan Renovasi Pasar Sibolga Nauli, Sumut

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan renovasi Pasar Sibolga Nauli menjadi sarana perdagangan rakyat yang...

Breaking News6 hari ago

Pesan HUT ke-34 Perum Jasa Tirta I, Menteri Basuki: Kembangkan Smart Water Management

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri Workshop Hari Ulang Tahun Ke-34 Perum Jasa Tirta...

Breaking News1 minggu ago

Menteri Basuki Resmikan Gedung Auditorium dan Gedung Entrepreneurship Terpadu Universitas Brawijaya

Bisniscorner.com – Mengisi weekend di Kota Malang, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Gedung Auditorium Brawijaya...

Trending