Connect with us

Gaya Hidup

6 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menjaga dan Merawat Masalah Kulit Selama Isoman

Published

on

Bisniscorner.com – Jumlah penderita Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) kini kian bertambah setiap hari seiring dengan pertambahan kasus covid-19 di Indonesia. Beberapa penderita isoman dilaporkan memiliki kelainan pada kulit baik yang berhubungan langsung dengan infeksi Covid-19 atau tidak langsung.

Lalu apa saja yang dapat dilakukan untuk merawat kondisi kulit dari rumah? Dermatologis ZAP Clinic dr. Novi Junita, M.Biomed, Sp.KK akan membagikan beberapa hal mengenai permasalahan kulit yang mungkin terjadi saat isoman serta bagaimana perawatan kulit yang dapat dilakukan oleh penderita Covid-19 untuk menjaga kesehatan kulit selama isoman. 

1. Ruam kulit bisa menjadi pertanda Covid-19

Ruam pada kulit adalah salah satu gejala infeksi Covid-19 yang kerap muncul bersamaan dengan sejumlah gejala lainnya. Angka kejadian infeksi Covid-19 yang bermanifestasi pada kulit dilaporkan sebesar 0,2%-20% di seluruh dunia. Menurut Galvan, et al., salah satu ruam yang paling sering dialami oleh penderita Covid-19 di spanyol adalah tipe makulopapular (47% dari 375 kasus), yaitu berupa ruam kemerahan atau bentol pada kulit yang banyak ditemukan di area badan dan ekstremitas. Biasanya bisa disertai perdarahan pada kulit berupa ptechiae atau purpura, gatal, rasa terbakar, demam, nyeri otot dan lemas. Varian lain manifestasi kulit akibat Covid-19 yang dilaporkan antara lain tipe urtikaria, vesikular, pseudochilblain/covid toes, dan vaskular. 

Belum diketahui secara pasti melalui jalur mana virus Covid-19 ini bisa menginfeksi kulit. Dokter Novi menjelaskan, “Salah satunya, virus ditengarai masuk melalui saluran nafas dan mukosa, kemudian menyebar ke peredaran darah sistemik atau seluruh tubuh, yang disebut dengan viremia. Normalnya, sepertiga dari peredaran darah sistemik ini akan disuplai ke dalam kulit, sehingga virus juga bisa ikut masuk ke dalam kulit atau disebut penyebaran secara hematogen. Atau kemungkinan lain virus bisa masuk ke kulit melalui kontak langsung, di mana seseorang yang memiliki mikrolesi pada kulit bersentuhan langsung dengan droplet penderita Covid-19 seperti saat bersalaman.”

2. Jari kaki bengkak kemerahan, ciri covid toes

Selain makulopapular, covid toes merupakan salah satu permasalahan kulit akibat infeksi Covid-19 yang sering ditemukan. Gejalanya jari-jari kaki terasa nyeri, gatal, bengkak, dan berwarna kemerahan hingga keunguan. Hal ini disebabkan oleh terjadinya thrombosis vasculopathy, yang menyebabkan peredaran darah di ujung jari terganggu sehingga suplai oksigen berkurang dan memicu inflamasi.

Walaupun covid toes dapat sembuh tanpa pengobatan dalam periode 1-3 minggu, penderita Covid-19 dapat mengurangi rasa tidak nyaman dengan kompres air hangat, menjaga suhu ruangan tetap hangat, mengganjal kaki dengan bantal waktu tidur, dan hindari merokok. Pengobatan yang dapat diberikan antara lain salep yang mengandung steroid secara topikal, pemberian nifedipine atau pentoxifyline pada kasus yang berat sesuai dengan anjuran dokter.

3. Stres dapat sebabkan jerawat

Rasa khawatir dan cemas yang tak terhindarkan oleh penderita Covid-19 mampu memicu timbulnya perasaan stres yang akan direspon tubuh dengan produksi hormon kortisol dan androgen berlebih. Perpaduan kedua hormon yang bekerja lebih aktif ini mampu meningkatkan aktivitas kelenjar minyak serta inflamasi pada kulit wajah, sehingga muncullah komedo dan jerawat. Selain itu, stres juga dapat memberikan efek negatif lain pada kulit, seperti gangguan regenerasi kulit menyebabkan kulit kusam, gangguan permeabilitas kulit sehingga kulit menjadi kering, gangguan imunitas kulit yang mengakibatkan kulit mudah mengalami peradangan serta memperlambat kesembuhan dan kambuhnya penyakit kronis kulit pada seseorang yang menjalani isoman seperti dermatitis seboroik, dermatitis atopik, psoriasis, neurodermatitis, dll. Stres juga mampu mempercepat proses penuaan kulit. 

4. Berjemur meningkatkan imun, jangan lupa pakai sunblock di wajah!

Sinar UVB mampu memicu kulit membentuk vitamin D yang berfungsi sebagai imunomodulator sehingga meningkatkan sistem imunitas kulit dan tubuh, mengurangi inflamasi serta mempercepat proses penyembuhan. Berjemur di bawah sinar matahari sebaiknya dilakukan maksimal jam 10 pagi. Pastikan untuk mengekspos area kulit seluas mungkin agar sinar matahari dapat terserap maksimal.

“Lamanya durasi berjemur bergantung pada usia dan tipe kulit individu masing-masing. Untuk mereka yang berkulit terang dan berusia muda cukup dilakukan selama 10-15 menit. Tapi mereka yang berkulit gelap dan berusia lanjut membutuhkan durasi berjemur yang lebih lama, yaitu minimal 30 menit untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam kulit,” terang dokter Novi.

Penggunaan sunblock pada wajah saat berjemur sempat diperdebatkan di media sosial. Merespon hal ini, dokter Novi mengungkapkan jika memang benar penggunaan sunblock dengan SPF 30 atau lebih akan menghalangi penyerapan sinar matahari 95-98%, namun luas area kepala hanya sebesar 9% dari luas seluruh permukaan tubuh sehingga penggunaan sunblock di area wajah saja tidak akan memberikan perbedaan signifikan dalam pembentukan vitamin D pada kulit. Sebagai alternatifnya, topi dan kacamata juga dapat digunakan untuk melindungi area kepala, wajah dan mata dari radiasi sinar UV.

5. Telemedicine terbukti akurat untuk diagnosis masalah kulit

Studi yang dilakukan Hersh, et. al. menyatakan dermatologi merupakan salah satu bidang kedokteran yang memiliki akurasi tinggi dalam melakukan diagnosis dan memberikan pengobatan secara online. Hal ini juga didukung oleh penelitian Oliveira, et. al. yang menemukan akurasi diagnosis teledermatologis (telemedicine dengan dermatologis) memiliki sensitivitas 73%-97% dan spesifisitas 73%-83%. Dengan kata lain, teledermatologi dapat menjadi alternatif bagi penderita Covid-19 yang tengah isoman agar tetap mendapatkan pengobatan. 

“Sejak 2020, ZAP sudah melayani teledermatologi melalui video call sebagai upaya untuk mengurangi mobilitas serta menurunkan risiko penularan Covid-19. Untuk kasus yang dicurigai Covid-19, diagnosis yang paling banyak adalah makulopapular dan urticaria,” terang Dokter Novi.

6. Mandi, konsumsi makanan bergizi hingga terapkan basic skincare untuk perawatan minimal

Ada kalanya isoman terasa overwhelming, bagi penderita Covid-19 dengan gejala ringan dan OTG, hal minimal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit adalah tetap mandi dua kali sehari, minum 2-3 liter air putih, olahraga ringan hingga sedang, tidur minimal 8 jam di malam hari serta menggunakan pelembab minimal tiga kali sehari, utamanya di area tangan yang sering kering akibat mencuci tangan atau memakai hand sanitizer. Menjaga nutrisi tubuh juga penting untuk dilakukan, jadi upayakan untuk makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah serta lengkapi dengan konsumsi vitamin C, B, D, E dan zinc. 

Perawatan kulit wajah selama isoman yang dapat dilakukan di rumah dengan basic skin care antara lain membersihkan wajah, melembabkan area wajah, tetap menggunakan sunblock meskipun di dalam ruangan dan mengeksfoliasi wajah untuk regenerasi kulit. Produk yang digunakan harus sesuai dengan tipe kulit masing-masing. Untuk kulit berminyak dan kombinasi baiknya melakukan double cleansing, foaming soap, oil free moisturizer, sunblock non comedogenic dan eksfoliasi fisik atau kimiawi menggunakan produk yang mengandung AHA, BHA.

Sedangkan untuk kulit kering dan sensitif dapat memilih produk balm cleanser, non-SLS, hipoalergenik, oil-based atau cream based moisturizer, mineral sunblock tanpa parfum dan bahan pengawet, serta eksfoliasi dengan AHA dosis rendah. (Rls)

Gaya Hidup

Eka Hospital Luncurkan ALIVE, Klinik Layanan Alergi, Imunologi, Autoimun dan Vaksin

Published

on

Bisniscorner.com  – Eka Hospital Group dengan bangga meluncurkan layanan terbaru yaitu Allergy Immunology Autoimmune & Vaccine Clinic (ALIVE) yang merupakan fasilitas kesehatan terkemuka yang mengkhususkan diri dalam diagnosis, pengobatan, dan manajemen kondisi alergi, imunologi, autoimun serta vaksin center.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh drg. Rina Setiawati selaku Chief Operating Officer (COO) Eka Hospital Group dan Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI sebagai Chairman of ALIVE. Acara Launching ceremony digelar di Auditorium Green Office Park 9, BSD City pada Rabu, (31/1).

Acara ini juga dihadiri oleh Feby Marcelia, seorang public figure, Ganis Trisnanisasi Founder Komunitas ODAI (Orang Dengan Autoimmune Indonesia) Yayasan Tulus, Cut Aida seorang psikolog sekaligus penulis buku “Bersinar Meski Berbeda-Lupus dan Kesehatan Mental”, Christine Cecylia sebagai Influencer, serta Devi Eliezar, seorang Influencer Travel.

Seperti diketahui dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan kasus alergi, penyakit autoimun, dan kebutuhan akan vaksinasi di masyarakat. Fenomena ini menyoroti perlunya penyediaan layanan kesehatan yang khusus menangani berbagai gangguan kesehatan secara komprehensif.

“Allergy Immunology Autoimmune & Vaccine Clinic (ALIVE) hadir sebagai respons terhadap tuntutan upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. ALIVE memiliki visi menjadi pusat unggulan dalam penanganan alergi, immunologi, dan penyakit autoimun, serta memberikan pelayanan vaksinasi yang optimal. Dengan semakin kompleksnya tantangan kesehatan yang dihadapi masyarakat, keberadaan klinik ini menjadi sangat relevan. Eka Hospital Group berkomitmen untuk menyediakan layanan diagnosis dan pengobatan yang akurat dan inovatif, memastikan setiap pasien mendapatkan perawatan terbaik sesuai kebutuhan personalisasi pasien itu sendiri,” ungkap drg. Rina Setiawati, Chief Operating Officer (COO) Eka Hospital Group.

Digawangi oleh Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI sebagai Chairman of ALIVE, klinik ini juga didukung oleh tim ahli yang berdedikasi di masing-masing bidang dan terdiri dari berbagai unit Eka Hospital antara lain dr. Yovita Mulyakusuma, M.Sc, Sp.PD-KAI, FINASIM (Eka Hospital Cibubur), dr. Anshari Saifuddin Hasibuan, Sp.PD, KAI (Eka Hospital Bekasi), dr. Ekawaty Yasinta Yohana Larope, Sp.A-KAI (Eka Hospital BSD).

Layanan yang tersedia di Allergy Immunology Autoimmune & Vaccine Clinic (ALIVE) meliputi:

1. Diagnosis dan Penanganan Alergi: menyediakan pemeriksaan dan penanganan terkini untuk berbagai jenis alergi, termasuk alergi makanan, alergi debu, dan alergi lainnya.

2. Pelayanan Imunologi: menyediakan tim dokter ahli dalam diagnosis dan pengelolaan gangguan imunologi, termasuk penyakit autoimun dan defisiensi imun.

3. Manajemen Autoimun: menawarkan perawatan terkini untuk kondisi autoimun seperti lupus, rheumatoid arthritis, dan penyakit autoimun lainnya.

4. Vaksinasi: menyediakan layanan vaksinasi lengkap, membantu melindungi individu dari berbagai penyakit menular dan memberikan imunitas yang diperlukan.

Allergy Immunology Autoimmune & Vaccine Clinic (ALIVE) dilengkapi berbagai fasilitas dan alat medis, termasuk untuk pemeriksaan penunjang laboratorium dengan panel pemeriksaan autoimun untuk tes ANA IF, ANA Profile, Anti-dsDNA, C3, C4, Autoimmune Liver Disease (ALD), Autoimun Diabetes, Vasculitis, Thyroid Autoimmune serta sejumlah pemeriksaan alergi lainnya.

Kehadiran Allergy Immunology Autoimmune & Vaccine Clinic (ALIVE) bertujuan untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien dengan memadukan pendekatan holistic dan penanganan medis yang terpersonalisasi.

“Kami yakin bahwa dengan pendekatan holistik dan tim medis yang berkualitas, Klinik ini akan menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi masyarakat untuk mendapatkan perawatan yang diperlukan guna menjaga kesehatan dan kesejahteraan para pasien,” jelas Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI selaku Chairman of ALIVE.

Allergy Immunology Autoimmune & Vaccine Clinic (ALIVE) juga menyediakan layanan vaksinasi lengkap, dengan tim medis yang terlatih dan peralatan modern. Mengingat dalam situasi global seperti sekarang, kesadaran akan pentingnya vaksinasi juga semakin meningkat.

Melalui pembentukan Allergy Immunology Autoimmune & Vaccine Clinic (ALIVE), Eka Hospital Group berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan masyarakat, meningkatkan pemahaman akan pentingnya imunisasi, serta menjadi mitra terpercaya dalam mengelola berbagai masalah kesehatan terkait alergi dan autoimun. (Red)

Continue Reading

Gaya Hidup

Kurma Segar dan Gaya Hidup Sehat

Published

on

Bisniscorner.com – Masyarakat saat ini tengah memasuki fase kehidupan baru penuh tantangan. Baik mereka yang hidup di kota maupun desa telah merasakan digitalisasi. Semua aspek kehidupan telah masuk ke dunia digital. Bukan hanya berbelanja pakaian dan skincare, tapi hingga penyediaan makanan pun juga telah digital. Sayangnya bersamaan dengan hal tersebut perilaku hidup sehat juga harus mengalami transformasi.

Karena kenyamanan dari pesan makanan online telah banyak mereduksi penggunaan tenaga. Dampaknya, energi yang masuk ke tubuh jauh lebih besar daripada yang terpakai. Inilah yang menyebabkan banyak penyakit degeneratif terjadi. Solusinya masyarakat harus kembali menyesuaikan pola hidup sehat secara modern. Kurma segar dan gaya hidup sehat akan menjadi pokok pembahasan kita kali ini.

Alasan Kurma Segar dan Gaya Hidup Sehat Penting

Owner Kabiro Food dan Ruthob Rayyan Yuli Prassetiowati mengatakan, kurma kita sebut juga superfood. Karena banyak sekali kandungan nutrisi yang ia miliki. Nutrien tersebut sangat tubuh kita butuhkan untuk melakukan metabolisme secara optimal.

“Pola hidup sehat bisa kita mulai dengan mengurangi makan cepat saji. Buah kurma bisa menjadi bahan makanan substitusinya. Buahnya juga sangat enak sehingga selain mengobati rasa lapar, kita juga bisa menikmati berbagai manfaat buahnya,” kata Yuli.

Saat ini masyarakat tengah hidup di jaman yang rich calorie. Makanan mudah kita dapatkan. Pengolahannya pun lebih bervariasi. Sayangnya kadangkala cara pengolahan makanan ini meningkatkan jumlah kalori dari makan tersebut. Misalnya saja daging ayam yang kaya protein. Saat kita merebusnya dengan air 100 gram dada ayam bernilai sekitar 80-100 kalori. Tapi jika sudah kita olah dengan menggunakan minyak goreng, ada tambahan tepung kriuk hingga sambelnya bisa mencapai 250 kalori.

Tantangan lainnya adalah selera dari tiap orang yang berbeda. Sehingga menghindari makanan ini secara totalitas mungkin membutuhkan waktu yang lama. Untuk mengimbangi hal tersebut kita bisa mengupayakan agar rasa kenyangnya bertahan lebih lama. Bukan dengan makan ayam goreng dengan jumlah banyak, tapi kita makan makan yang rendah kalori seperti sayur dan buah.

“Di sinilah peran dari kurma segar dan gaya hidup sehat. Kurama yang kaya dengan serat bisa membantu penyerapan protein ayam. Seratnya membantu mendorong sisa metabolisme ayam untuk tubuh buang keluar dalam bentuk feses,” terang pengusaha yang bangun bisnis kurma dari nol ini.

Kurma Sebagai Diet Harian

Kurma bisa menjadi makanan pertama saat kita bangun di pagi hari atau saat berbuka puasa. Kandungan serat yang tinggi membantu pencernaan kita mencerna makanan dengan baik. Selain itu saat kita bangun tentu kadar gula darah rendah karena ada jedah tubuh istirahat karena tidur. Saat kita tidur tentu kita tidak akan makan, sehingga selama makan tubuh kita sepenuh hanya akan mengolah apa yang ada di tubuh. Makanya saat bangun pagi sebelum ada isi perut, sebaiknya kita makan kurma 1-3 biji.

Menurut, Yuli, tidak perlu terlalu banyak agar tidak mengantuk karena kelebihan gula di pagi hari. Justru dengan mengkonsumsi sedikit tubuh lebih bertenaga. Karena kadar gula yang masuk cukup untuk tubuh kita gunakan beroperasi. Tidak ada kelebihan gula yang harus tubuh simpan lagi jadi lemak.

Menjadikan smoothies kurma atau susu kurma sebagai pengganti cemilan yang lebih sehat. Ada waktu tertentu dimana tubuh membutuhkan gula lebih, misalnya saat stres karena pekerjaan. Biasanya kita akan membeli jajanan seperti roti atau kripik atau kopi manis. Nah cara menjadikan kurma segar dan gaya hidup sehat jadi satu bagian bisa kita mulai dengan mengganti cemilan tersebut dengan susu kurma.

Susu kurma ini bisa kita buang dengan merendamnya terlebih dahulu hingga dagingnya lebih lunak. Setelah itu kita tambahkan susu almond sebagai campurannya. Kedua bahan tersebut kita blender hingga daging kurma halus dan menyatu dengan susu almond. Jika ingin bentuknya encer maka susu almond kita tambahkan lebih banyak. Tapi jika kita mau berbentuk smoothies, kurma dan pisang bisa kita bekukan dulu. Selanjutnya susu almond cukup sedikit saja kita tambahan lalu blender.

Pentingnya Memilih Kurma yang Berkualitas

Kurma dengan sejuta manfaat bisa kita beli dimanapun saat ini. Tapi ada satu syarat yang tidak bisa kita abaikan. Untuk bisa menjadikan kurma segar dan gaya hidup sehat sebagai bagian dari keseharian, maka kita harus tau memilih buah bermutu. Sebaliknya buah yang memiliki kualitas kurang justru berpotensi mengakibatkan masalah kesehatan. Misalnya saja buah kurma yang busuk telah mengandung patogen yang mengakibatkan sakit perut hingga diare. Jika hal ini terjadi tentu kita akan trauma mengkonsumsi buah kurma.

Tidak sulit saat ini untuk membeli kurma segar. Salah satu supplier kurma segar yang ada di Indonesia saat ini adalah PT. Rayan Barokah Utama yang menyediakan kurma segar dengan merek Ruthob Rayan. Untuk mendapatkannya bisa melalui official webstore resmi ruthobrayan.com dan kabirafood.com dan tentunya di official store di Shopee, Tokopedia dan Tiktokshop. (Rls/Foto Istimewa)

Continue Reading

Gaya Hidup

Mengawali Tahun Baru, Sequis Ajak Masyarakat Realisasikan Resolusi Sehat        

Published

on

Bisniscorner.com – Tahun 2023 kita akhiri dengan membuat resolusi. Setelah kita memasuki tahun 2024 maka saatnya kita realisasikan resolusi tersebut. Apa resolusi kesehatan Anda? Ada yang ingin menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot, menurunkan gula darah dan kolesterol. Head of Department Underwriting Sequis dokter Fridolin Seto Pandu mengajak masyarakat tidak menunda menjalankan resolusi sehat karena datangnya sakit tidak dapat ditebak. Saat tubuh masih bugar dan sehat harus dikelola dengan baik.

“Selagi masih awal tahun, tekadkan diri Anda menjalankan gaya hidup sehat sejak bangun pagi. Banyaklah bergerak meski Anda adalah karyawan kantor yang sibuk. Jangan lupa perhatikan asupan agar terhindar dari berbagai penyakit degeneratif, yakni penyakit kronis yang  dapat terjadi karena menurunnya fungsi organ atau jaringan,” sebut dr Fridolin.

Berikut tips kesehatan sederhana dari  Head of Department Underwriting Sequis dokter Fridolin Seto Pandu untuk membantu masyarakat memulai perjalanan kesehatan pada tahun ini:

◢ Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Makanan enak sangat mudah dicari, banyak referensi yang dapat ditemukan di media sosial. Sekadar melihat gambar atau videonya saja suda membuat kita tergiur. Ada  juga yang menjadikan makan sebagai hobi. Nah, jika sehat adalah resolusi Anda tahun ini, perlu bertekad mengatur pola makan dan memilih jenis asupan.

Dr. Fridolin mengajak masyarakat memiliki pengetahuan mengenai makanan sehat dari sumber yang tepat. Jika gaya hidup sehat menjadi kebiasaan banyak keluarga Indonesia, niscaya dapat mendukung upaya  pemerintah mendeteksi dan menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit degeneratif.

“Makanan dapat membantu kita mendapatkan energi agar dapat beraktivitas, membantu menjaga imunitas, dan sumber pertumbuhan otak dan tinggi badan anak. Tetapi, makanan juga dapat menjadi sumber penyakit jika tidak higienis, dikonsumsi berlebihan, dan tidak mengandung nilai gizi esensial bagi tubuh, serta berlebihan mengonsumsi makanan olahan,” sebut dr. Fridolin.

◢ Tingkatkan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik hingga berolahraga rutin haruslah menjadi kebiasaan. Seringkali sibuk dan pekerjaan dijadikan alasan menunda olahraga. Mulai saja dengan sering bergerak, berjalan kaki, dan naik turun tangga. Saat libur tiba, sebaiknya jadikan olahraga sebagai kegiatan rutin.

“Mulailah beraktivitas dan berolahraga ringan dengan intensitas rendah sekitar 30 menit per hari (150 menit per minggu), lalu tingkatkan menjadi intensitas sedang. Bagi yang sudah terbiasa olahraga dan kondisi badan dalam keadaan bugar tidak menjadi masalah jika ingin meningkatkan olahraga dengan intensitas berat,” sebut dr.Fridolin.

Dr. Fridolin juga mengingatkan mengenai pentingnya memperhatikan kesehatan otot. Dapat dilakukan dengan latihan kekuatan otot. Latihan ini banyak manfaatnya, seperti menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes, meningkatkan kepadatan tulang, dan menurunkan lemak tubuh.

◢ Manajemen Stres

Stres perlu dikelola karena dapat berdampak negatif pada kesehatan jiwa dan fisik. Salah satu gaya hidup sehat adalah melakukan manajemen stres, yakni menjalankan serangkaian program dengan teknik khusus, seperti meditasi, yoga, atau olahraga relaksasi. Kegiatan ini cukup efektif mengatasi stres.

“Stres dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh menurun akan mudah terserang penyakit. Kita perlu mengetahui tubuh kita sendiri agar dapat menghindari hingga mengelola stres. Libatkan anggota keluarga sebagai sistem pendukung agar saat ada tekanan dari luar, tidak sampai mengganggu emosi dan mental serta terhindar dari depresi, “ sebut dr Fridolin.

◢ Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan 

Pemeriksaan kesehatan rutin sangat dianjurkan untuk mendeteksi gangguan kesehatan sejak  dini  dan memungkinkan penanganan medis lebih cepat.

Kesehatan kita dapat dipengaruhi oleh banyak hal, seperti genetik, usia, riwayat penyakit, dan gaya hidup. Itu sebabnya, pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan setidaknya setahun sekali atau sesuai saran dokter untuk mendeteksi tanda awal masalah kesehatan.

Dalam rangka menjaga kesehatan, Dr. Fridolin menyarankan agar keluarga Indonesia melengkapi setiap anggota keluarganya dengan asuransi kesehatan agar jika hasil pemeriksaan kesehatan ditemukan tanda atau gejala tidak normal yang mengharuskan dilakukannya pemeriksaan yang lebih intensif hingga harus mendapatkan rawat inap maka dapat mengandalkan asuransi kesehatan

Masyarakat yang sudah memiliki asuransi kesehatan tidak perlu lagi merasa khawatir soal biaya medis karena dapat mengandalkan polis asuransi kesehatannya karena perusahaan asuransi sebagaimana Sequis sebagai salah satu perusahaan asuransi di Indonesia yang berizin dan diawasi oleh OJK akan membayar biaya pengobatan Tertanggung sesuai ketentuan polis. Dengan demikian, finansial dari pemegang polis asuransi dapat terjaga dari kemungkinan biaya besar yang harus dikeluarkan untuk biaya medis.

Jika finansial terjaga maka lebih besar kesempatan menjalankan resolusi dan meraih hari esok yang lebih baik. Untuk itu, tidak hanya diri kita saja, mari kita dorong anggota keluarga yang lain agar melengkapi diri dengan asuransi kesehatan untuk meminimalisir dan mengantisipasi dampak finansial dari berbagai risiko biaya kesehatan. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 hari ago

Presiden Jokowi Resmikan 27 Ruas Inpres Jalan Daerah di Sulawesi Selatan Senilai Rp669 Miliar

Bisniscorner.com – Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir,...

Breaking News3 hari ago

Ketua Umum JMSI Terima Press Card Number One

Bisniscorner.com –  Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa menjadi salah seorang penerima Press card Number One (PCNO)...

Breaking News3 hari ago

Perkuat Ekonomi Lokal, Kementerian PUPR Selesaikan Renovasi Pasar Sibolga Nauli, Sumut

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan renovasi Pasar Sibolga Nauli menjadi sarana perdagangan rakyat yang...

Breaking News5 hari ago

Pesan HUT ke-34 Perum Jasa Tirta I, Menteri Basuki: Kembangkan Smart Water Management

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri Workshop Hari Ulang Tahun Ke-34 Perum Jasa Tirta...

Breaking News6 hari ago

Menteri Basuki Resmikan Gedung Auditorium dan Gedung Entrepreneurship Terpadu Universitas Brawijaya

Bisniscorner.com – Mengisi weekend di Kota Malang, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Gedung Auditorium Brawijaya...

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Pasar Tempe Sengkang di Wajo Sulsel

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus  berupaya melakukan pembangunan dan rehabilitasi pasar  guna menunjang pertumbuhan ekonomi...

Trending