Connect with us

Event

Jelang PON XX Papua, Kementerian PUPR : Venue Siap Digunakan untuk Pertandingan Bertaraf Internasional

Published

on

Bisniscorner.com  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bahwa pembangunan infrastruktur pendukung dan arena olahraga (venues) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua siap digunakan sesuai jadwal PON XX pada Oktober 2021. Tidak hanya memastikan pekerjaan selesai tepat waktu sesuai target, Kementerian PUPR juga menjaga kualitas dari segi kekuatan, kerapihan, kenyamanan dan keselamatannya untuk memenuhi standar internasional.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, lima venue yang sudah selesai 100% dan telah diserahterimakan ke Pemerintah Daerah telah memperoleh sertifikasi kualitas pembangunan sehingga dapat digunakan untuk pertandingan berskala internasional.

Lima venue tersebut yakni Arena Aquatic, Istora Papua Bangkit, Arena Cricket, Venue Hockey Indoor dan Outdoor yang merupakan amanat dari Inpres No. 10/2017 tentang Dukungan Penyelenggaraan PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua.

“Field of Play (FOP) Arena Aquatic sudah memperoleh Sertifikat dari Federasi Renang Internasional (FINA) dan telah memenuhi standar Olimpiade pada Juli 2020  lalu. Kolam dilengkapi dengan peralatan dan sistem teknologi canggih, seperti dinding kolam menggunakan panel baja modular yang dilapisi membran PVC liner agar terhindar dari risiko kebocoran untuk jangka waktu yang panjang. Kolam kompetisi juga dilengkapi dengan Automatic Moveable Bulkhead sehingga dapat dimanfaatkan untuk nomor pertandingan jarak pendek 25 M,”,jelas Diana dalam acara Diskusi Virtual FMB9, Sabtu (24/7/2021).

Diana menambahkan, pembangunan Arena Aquatic juga menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM) yang mencakup struktur, arsitektur, mekanikal, elektrikal sampai dengan landscape. Penggunaan BIM dioptimalkan untuk memenuhi standar internasional yang ditetapkan oleh FINA.  “Pemanfaatan teknologi seperti photovoltaic yang dipasang pada atap sebagai back-up sumber energi juga bertujuan untuk menekan biaya operasional dan pemeliharaan (OP)”, ujarnya.

Berbicara tentang teknologi, Diana menyatakan venue lainnya seperti Istora Papua Bangkit juga dibangun dengan teknologi konstruksi terkini yang menjamin kualitas dan safety sebagai prioritas utama. “Istora Papua Bangkit meraih penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) untuk 3 kategori sekaligus, yakni struktur atap baja lengkung dengan bentang terpanjang,  atap dome terluas tanpa baut, dan instalasi textile duct dengan ring internal terpanjang”, tuturnya.

Selanjutnya Diana menyatakan, untuk Venue Hockey Outdoor, pada tanggal 23 Juli 2020 telah dilakukan proses Sertifikasi FOP di lapangan Hockey Outdoor yang dilakukan oleh Fasilitator Sertifikasi Lapangan Federasi Hockey Internasional (FIH). “Demikian halnya dengan Arena Cricket di Papua merupakan Arena Cricket pertama di Indonesia yang memenuhi standar internasional” pungkasnya.

Selain kelima venue tersebut, Kementerian PUPR juga mendapatkan tugas membangun 3 venue tambahan yakni Arena Sepatu Roda, Dayung, dan Panahan dengan biaya Rp. 128,2 miliar yang saat ini progresnya sudah mencapai 97,77% dan ditargetkan selesai seluruhnya pada tanggal 31 Juli 2021. “Untuk selanjutnya setelah seluruhnya rampung, kegiatan OP akan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi. Kementerian PUPR telah menyiapkan SOP-nya agar pengoperasian dan pemeliharaan dapat dilakukan secara optimal,” ujarnya.

Diana menambahkan, selain membangun venue, Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan pembangunan prasarana dan infrastruktur pendukung yakni pembangunan 6 (enam) rumah susun untuk wisma atlet di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Merauke, pembangunan jalan Telaga Ria – Khalkote – Dapur Papua di Kab. Jayapura sepanjang 5,16 km pada tahun 2020 yang telah rampung dengan biaya Rp. 64,5 miliar.

Selanjutnya juga telah diselesaikan peningkatan Jalan Merauke – Kuprik – Tanah Miring sepanjang 7,36 km mendukung kegiatan olahraga balap motor di Kabupaten Merauke senilai Rp 30,2 miliar, serta Sistem Drainase dan Sanitasi yang telah dilaksanakan pada April – Oktober 2020 dengan biaya Rp10,9 miliar. (Rls)

Event

Honda Bersama Red Bull Racing Siap Mempertahankan Gelar Juara Hadapi Musim Balap F1 2024

Published

on

Bisniscorner.com – Honda bersama tim Red Bull Racing siap untuk mempertahankan gelar juara di balap Formula 1 musim 2024. Peringati 60 Tahun keikutsertaan Honda di ajang balap Formula 1, tim Red Bull Racing Honda memperkenalkan mobil balap RB20 yang ditenagai oleh mesin Honda RBPTH002 berkapasitas 1.6 liter V6 Turbo Hybrid.

Tahun 2024 merupakan tahun yang spesial untuk Honda dan juga Red Bull Racing, selain memperingati 60 tahun keikutsertaannya dalam ajang balap Formula 1. Ditambah lagi, tahun 2024 juga tepat 20 tahun berdirinya tim Red Bull Racing. Kerjasama antara tim Red Bull Racing dan Honda berhasil meraih tiga kali juara dunia secara berturut-turut dari tahun 2021-2023 dan juga dua kali juara dunia konstruktor berturut-turut di tahun 2022 dan 2023.

Tim Red Bull Racing Honda akan kembali diperkuat pada balap F1 musim 2024 oleh susunan pembalap Max Verstappen dan Sergio Perez. Tim akan memulai rangkaian uji coba mobil baru nya pada tanggal 21-23 Februari 2024 bertempat di Sirkuit Internasional Bahrain di Sakhir, Bahrain sebelum memulai rangkaian seri balap perdana Formula 1 musim 2024 pada tanggal 29 Februari – 2 Maret 2024 yang juga akan dimulai di Bahrain.

Koji Watanabe, President HRC mengatakan “Sebagai partner dan juga pemasok mesin untuk tim Red Bull, Honda dengan bangga menyambut musim balap tahun 2024 yang merupakan tahun yang sangat spesial bagi Honda dan juga Red Bull Racing. Pada tahun ini, Honda merayakan 60 tahun keikutsertaannya di ajang balap Formula 1, sementara itu pada tahun ini tim Red Bull juga merayakan 20 tahun eksistensinya di ajang F1. Honda akan terus memberikan dukungan penuh kepada segenap tim dan kami bertekad untuk mempertahankan gelar juara pada musim ini.”

Christian Horner, Team Principal Red Bull Racing mengatakan, kami menatap musim balap tahun 2024 ini dengan exciting dimana tahun ini kami merayakan 20 tahun kami berkiprah di F1. Selain itu pada tahun ini kami juga bangga bisa menjadi bagian dari perayaan 60 tahun partisipasi Honda di F1. Kesuksesan yang telah kami capai bersama Honda menjadi motivasi kami untuk terus memberikan yang terbaik. (Rls)

Continue Reading

Event

Peringati 60 Tahun Keikutsertaan di Formula 1, Honda Perkenalkan Tim Balap Visa Cash App Racing Bulls untuk Hadapi Musim Balap F1 2024

Published

on

Bisniscorner.com – Peringati 60 Tahun keikutsertaannya di ajang balap Formula 1, Honda perkenalkan tim balap Visa Cash App Racing Bulls untuk menghadapi musim balap F1 tahun 2024. Tim balap asal Faenza, Italia ini akan kembali mengandalkan mesin balap dari Honda yang sudah digunakan sejak tahun 2018.

Tim balap Visa Cash App Racing Bulls memperkenalkan mobil balap yang diberi nama VCARB 01 yang ditenagai oleh mesin Honda RBPTH002 berkapasitas 1.6 liter V6 Turbo Hybrid, desain mobil / sasis baru, livery baru berwarna dominan biru dipadu dengan warna putih dan merah.

Tim balap Visa Cash App Racing Bulls akan diperkuat pada musim balap F1 tahun 2024 oleh susunan pembalapnya yaitu Yuki Tsunoda dan Daniel Ricciardo. Tim akan memulai rangkaian uji coba mobil baru nya pada tanggal 21-23 Februari 2024 bertempat di Sirkuit Internasional Bahrain di Sakhir, Bahrain sebelum memulai rangkaian seri balap perdana Formula 1 musim 2024 yang akan dimulai pada tanggal 29 Februari hingga 2 Maret 2024 yang juga akan dimulai di Bahrain.

Tahun 2024 merupakan tahun yang spesial untuk Honda dimana Honda merayakan 60 tahun keikutsertaannya di ajang balap Formula 1. Honda memulai kiprahnya di ajang balap Formula 1 pada Grand Prix Jerman 1964 dengan mobil balap legendarisnya yaitu Honda RA271. Honda hanya membutuhkan waktu satu musim untuk dapat meraih kemenangan perdananya di Grand Prix Meksiko 1965. Honda kemudian berhasil meraih gelar juara dunia konstruktor pertamanya bersama tim Williams di tahun 1986.

Sepanjang keikutsertaan Honda di ajang balap Formula 1, Honda berhasil mengumpulkan 89 kemenangan, 223 podium, 3.409 point, 90 kali pole position, 76 kali putaran tercepat, 6 gelar juara dunia konstruktor yaitu di tahun 1986, 1987, 1988, 1989, 1990 dan 1991. Selain itu juga Honda berhasil meraih 6 juara dunia untuk kategori pembalap sebanyak enam kali juga di tahun 1987, 1988, 1989, 1990, 1991 dan 2021.

Koji Watanabe, President HRC mengatakan “kami sangat antusias dan juga bangga merayakan 60 tahun keikutsertaan kami di ajang balap Formula 1. Kami sangat berharap dapat mengukir prestasi lagi di tahun yang spesial ini bersama kedua tim balap kami yaitu Oracle Red Bull Racing dan juga Visa Cash App Racing Bulls. Kami sudah melalui enam tahun kebersamaan kami dengan tim yang sudah dimulai sejak tahun 2018 dimana kerjasama kami ini berhasil membuahkan kemenangan pada Grand Prix Italia tahun 2020 lalu. Honda akan kembali memberikan dukungan teknis yaitu mesin balap Honda untuk kedua tim di tahun 2024 ini”.

Peter Bayer, CEO Visa Cash App Racing Bulls mengatakan “Honda mempunyai sejarah panjang di Formula 1 dan kami sangat bangga menjadi bagian dari sejarah panjang Honda tersebut. Kemitraan yang sudah dibangun bersama Honda sejak tahun 2018 silam akan kami teruskan di tahun 2024 ini terlebih tahun ini merupakan tahun yang sangat spesial bagi mitra teknis yang juga bagi kami sangat spesial”.

Tim Visa Cash App Racing Bulls sebelumnya dikenal dengan nama tim Scuderia AlphaTauri pada tahun 2020 hingga tahun 2023 sebagai kelanjutan dari tim Scuderia Toro Rosso. Hingga tahun 2023 lalu, tim Scuderia AlphaTauri sudah berhasil meraih satu kemenangan, dua kali podium, dua kali lap tercepat. (Rls)

Continue Reading

Event

PT Indah Kiat Didapuk sebagai Badan Usaha Paling Komunikatif dan Aspiratif dengan Media Diajang Tangerang Raya Award 2024

Published

on

Bisniscorner.com – PT Indah Kiat Pulp And Paper kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih “Badan Usaha Paling Komunikatif dan Aspiratif Dengan Media” dalam acara bergengsi Tangerang Raya Award 2024 yang diselenggarakan oleh Koran Harian Tangerang Raya.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas dedikasi dan kinerja luar biasa PT Indah Kiat dalam bersinergi dengan para kalangan media.

Acara puncak penghargaan berlangsung di Ruang Al Amanah Pusat Pemerintah Kota Tangerang, dan penghargaan diserahkan langsung oleh CEO Harian Tangerang Raya, Helmi Halim, kepada Kholisul Fatikhin, Sustainability Head PT Indah Kiat Pulp dan Paper, pada Selasa (6/2/2024).

Kholisul Fatikhin, Sustainability Head PT Indah Kiat Pulp dan Paper kepada wartawan mengatakan, penghargaan ini sebagai bukti bahwa PT Indah Kiat sangat bersinergi dengan para jurnalis di Tangerang.

“Kami berterima kasih kepada Koran Harian Tangerang Raya yang telah memberikan kepercayaan kepada kami dengan memberikan penghargaan Badan Usaha Paling Komunikatif dan Aspiratif dengan Media,” ujar Kholisul di sela sela menerima penghargaan.

Kholisul menambahkan, pihaknya akan terus bersinergi dengan para jurnalis khususnya di Tangerang karena media ada mitra kami dalam kemajuan perusahaan.”Semoga dengan diraihnya penghargaan ini kami bisa meningkatkan kerjasama dalam bidang publikasi demi kemajuan PT Indah Kiat,” ucapnya.

Sementara itu, CEO Harian Tangerang Raya, Helmi Halim, menyampaikan bahwa penghargaan ini diberikan karena PT Indah Kiat Tangerang telah berhasil bersinergi dengan terbaik kepada para jurnalis di Tangerang.

Ia menegaskan bahwa prestasi ini tercermin dari sejumlah prestasi yang telah diraih oleh PT Indah Kiat Tangerang dalam memberikan kontribusi positif bagi kemajuan para jurnalis dan perusahaan media. “Prestasi gemilang PT Indah Kiat Tangerang ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan di Tangerang dalam bersinergi dengan para kaum jurnalis,” tukasnya. (irn/joe)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 hari ago

Presiden Jokowi Resmikan 27 Ruas Inpres Jalan Daerah di Sulawesi Selatan Senilai Rp669 Miliar

Bisniscorner.com – Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir,...

Breaking News3 hari ago

Ketua Umum JMSI Terima Press Card Number One

Bisniscorner.com –  Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa menjadi salah seorang penerima Press card Number One (PCNO)...

Breaking News3 hari ago

Perkuat Ekonomi Lokal, Kementerian PUPR Selesaikan Renovasi Pasar Sibolga Nauli, Sumut

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan renovasi Pasar Sibolga Nauli menjadi sarana perdagangan rakyat yang...

Breaking News5 hari ago

Pesan HUT ke-34 Perum Jasa Tirta I, Menteri Basuki: Kembangkan Smart Water Management

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri Workshop Hari Ulang Tahun Ke-34 Perum Jasa Tirta...

Breaking News6 hari ago

Menteri Basuki Resmikan Gedung Auditorium dan Gedung Entrepreneurship Terpadu Universitas Brawijaya

Bisniscorner.com – Mengisi weekend di Kota Malang, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Gedung Auditorium Brawijaya...

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Pasar Tempe Sengkang di Wajo Sulsel

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus  berupaya melakukan pembangunan dan rehabilitasi pasar  guna menunjang pertumbuhan ekonomi...

Trending