Connect with us

Breaking News

Job Fair Kota Tangerang Akan Diperluas ke Tingkat Kelurahan

Published

on

Bisniscorner.com – Memaksimalkan program job fair di Kota Tangerang. Disnaker akan memperluas job fair ke tingkat kelurahan, yang rencananya akan berlangsung pada Jumat (26/11). Ditujukan untuk menyediakan info lowongan kerja di wilayah sekitarnya, terlebih mengatasi pengangguran sebagai dampak pandemi covid-19.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnaker, Mualim mengungkapkan job fair tingkat kelurahan akan berlangsung secara bertahap, rencananya dilaksanakan di 104 kelurahan. Secara pelaksanaannya, akan ada yang berlangsung secara offline dan juga online melalui aplikasi Tangerang LIVE.

“Lewat program ini, Disnaker berharap dapat lebih banyak membuka lowongan pekerjaan. Terlebih, menghadirkan lowongan pekerjaan yang lebih dekat dengan tempat tinggal pencari kerja. Angka pengangguran bisa ditekan, roda perekonomian perlahan meningkat,” ungkap Mualim.

Ia pun menjelaskan, pada Rabu (24/11) Disnaker akan membuka job fair virtual bulanan dengan menyediakan 1.073 lowongan kerja dengan 68 jabatan dari 15 perusahaan. Dari 1.073 lowongan yang dibuka 102 diataranya untuk tingkat S1, 161 lowongan untuk D3 dan 810 jabatan untuk SMA/SMK.

“Para pencari kerja dapat menyaksikan pemaparan perusahaan lewat live streaming youtube Kota Tangerang dan live Instagram @TangerangTV mulai pukul 09.00 wib hingga selesai,” jelas Mualim.

Ia pun mengimbau, para pencari kerja untuk dapat lebih mempersiapkan diri, cari tahu perusahaan yang ikut jobfair dan tentukan perusahaan mana yang diinginkan. Pastikan pencari kerja sudah mendownload aplikasi Tangerang LIVE melalui google plasy store. Siapkan CV atau portofolio terbaru atau terupdate.

“Siapkan dokumen-dokumen pendukung, mulai dari softcopy KTP, ijazah dan dokumen lainnya yang dibutuhkan, siapkan dalam bentuk pdf atau jpeg. Pastikan sudah memiliki kartu kuning, yang dapat dibuat lewat online melalui aplikasi Tangerang LIVE tanpa harus ke kantor Disnaker,” katanya. (Rls)

Breaking News

Deklarasi Menteri Resmi Diadopsi 133 Negara dan Organisasi Internasional, Menjadi Outcome Utama World Water Forum ke-10 di Bali

Published

on

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Lingkungan Hidup (LHK) Siti Nurbaya memimpin sesi Pertemuan Tingkat Menteri Hari Kedua World Water Forum ke-10, Selasa (21/5). Pertemuan Tingkat Menteri ini merupakan salah satu sesi di World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024 di Bali.

Pertemuan Tingkat Menteri ini menyepakati empat prioritas yang dideklarasikan di akhir sesi. Deklarasi Menteri ini disepakati oleh 106 negara dan 27 organisasi internasional.

Prioritas pertama Deklarasi Menteri yakni Indonesia mendorong ditetapkannya Hari Danau Dunia. “Membangun bendungan tidak gampang apalagi sekarang untuk pengadaan lahan, danau sebagai bendungan alami sifatnya itu pengkayaan air. Danau bisa mati, untuk itu harus kita jaga dengan memperpanjang umur danau, inilah guna peringat Hari Danau Dunia,” kata Menteri Basuki.

Prioritas kedua adalah pembentukan Center of Excellence untuk ketahanan air dan iklim. Dikatakan Menteri Basuki pembentukan Center of Excellence ini tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga negara-negara di Asia Pasifik.  Prioritas ketiga yakni mengarusutamakan isu pengelolaan sumber daya air secara terpadu pada pulau-pulau kecil. Selain, Pemerintah RI menerima usulan Republik Kongo terkait blue economy untuk dibahas pada forum berikutnya.

“Blue economy menawarkan kemungkinan reinvestasi pembangunan manusia dari sumber daya akuatik. Saya mengucapkan terima kasih pada Republik Kongo atas masukannya yang konstruktif,” ujar Menteri Basuki.

Di samping Deklarasi Menteri, capaian dari World Water Forum ke-10 lainnya adalah keberhasilan Indonesia menyusun 113 daftar proyek terkait air dari berbagai negara senilai 9,4 miliar dolar Amerika. Di antaranya adalah proyek percepatan penyediaan air minum bagi 3 juta rumah tangga dan proyek pengelolaan air limbah domestik bagi 300 ribu rumah tangga yang bermanfaat bagi masyarakat di berbagai negara.

“Saya mengapresiasi partisipasi, kontribusi dan umpan balik yang telah memperkaya Deklarasi Menteri. Atas nama Pemerintah Indonesia saya ucapkan terima kasih kepada negara anggota untuk capaian kesepakatan bersama dengan topik-topik air minum, sanitasi, memperkuat sumber daya air dan kebijakan pengelolaan air,” tutup Menteri Basuki.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki Direktur Jenderal Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia, Staf Ahli Menteri Bidang Keterpaduan Pembangunan Maulidya Indah Junica, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi Dadang Rukmana dan Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Amtawidjaja. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Tampilkan 17 Paviliun Negara dan 108 Organisasi, Pameran World Water Forum ke-10 Resmi Dibuka

Published

on

Serpongupdate.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno, Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon, dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga K.M. Arsyad membuka pelaksanaan Fair and Expo World Water Forum ke-10 Tahun 2024. Pembukaan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Senin (20/05/2024).

“Alhamdulillah saya bersama dengan Menparekraf, dan Presiden WWC membuka pameran / Fair and Expo World Water Forum ke-10. Nantinya dari pameran ini kita bisa melihat bagaimana kemajuan Indonesia dalam pengelolaan air,” kata Ketua DPR Puan.

Fair and Expo World Water Forum ke-10 di BNDCC terdiri atas Country Pavilion yang diikuti oleh 18 peserta dari 17 negara, serta Organization Pavilion yang diikuti 108 perusahaan dan organisasi nasional maupun internasional dari 11 negara.

Pemerintah Indonesia juga menyiapkan Paviliun Indonesia yang menampilkan capaian dan inovasi Indonesia dalam pengelolaan sumber daya air, pembangunan infrastruktur termasuk IKN,  dan pariwisata. Tersedia pula Function Room dengan 40 sesi talkshow.

“Paviliun Indonesia memperlihatkan seperti apa kemajuan Indonesia dalam merawat, memanfaatkan, dan melakukan hal inovatif untuk bisa menggunakan air bagi masyarakat,” ujar Ketua DPR Puan.

Diselenggarakan juga Fair/Water Vaganza di Bali Collection Nusa Dua sebanyak 51 booth dan Tsunami Shelter Kuta sebanyak 74 booth. Terdapat beberapa aktivitas menarik yang ditampilkan seperti Small Medium Enterprises Exhibitions, Bai Creative Workshop, Water Talks, Cultural Festivals, dan Water Concert.

Ketua DPR Puan kemudian mengapresiasi pelaksanaan World Water Forum ke-10 yang dinilai dapat membuka kesempatan baik untuk membawa inovasi dan inisiasi pengelolaan air dari negara-negara di seluruh dunia.

“World Water Forum ke-10 menunjukkan komitmen Indonesia bersama dunia untuk bergotong royong membuat air di Indonesia lebih bermanfaat,” jelas Ketua DPR Puan.

Menteri Parekraf Sandiaga juga menambahkan, World Water Forum ke-10 merupakan salah satu konferensi dengan jumlah peserta terbesar yang pernah diselenggarakan di Indonesia.

“Terima kasih telah mempercayakan Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10. Acara ini berdampak luar biasa, terutama bagi UMKM dan juga membuka peluang besar bagi Indonesia,” tandas Menteri Sandiaga. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Hadiri K-Water Academy Innovative Night, Menteri Basuki: Jangan Pernah Berhenti Pelajari Teknologi Keairan

Published

on

 

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri acara K-Water Academy Innovation Night di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024). Kegiatan ini merupakan salah satu side event dari World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024 di Bali.

Kegiatan ini dihadiri para ekspert di bidang air untuk berdiskusi menghasilkan inovasi pengelolaan air bersih di antaranya CEO K-Water Yun Seog-dae, Managing Director General Asia Development Bank Woo Jong Um, Global Director for The Water Global Practice World Bank Group Saroj Kumar Jha dan para alumni K-Water Academy.

Pada kesempatan ini Menteri Basuki berpesan kepada seluruh alumni K-Water Academy dan hadirin untuk jangan pernah berhenti belajar dan meningkatkan kapasitas diri (building capacity). “Building capacity merupakan proses yang tidak pernah berakhir, saya juga masih perlu training. Untuk itu saya punya aturan untuk insan PUPR agar mendapatkan pelatihan dari K-Water Academy. Jangan pernah berhenti belajar terutama terkait teknologi keairan untuk masa depan,” kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki mengatakan K-Water sudah memiliki teknologi terbaru untuk operasional dan maintenance bendungan. “Misalnya operasional untuk digital twin dam dan artificial intelligent (AI) bisa digunakan untuk mengembangkan smart water network management,” ucap Menteri Basuki.

Menteri Basuki menambahkan selain sebagai perusahaan bidang keairan yang bereputasi baik, K-Water juga telah membantu berbagai negara dalam menyelesaikan masalah keairan. Di samping itu, K-Water memiliki K-Water Academy untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) sektor keairan. Sejak 1997 K-Water Academy telah aktif melakukan pelatihan dan pendidikan mengenai Smart Water Management, termasuk program manajemen pengoperasian bendungan bagi para ahli di Indonesia.

“Terima kasih untuk kehadiran para alumni K-Water Academy malam ini. K-Water terus berkomitmen untuk mengembangkan manajemen air dengan teknologi yang akan berkontribusi pada solusi air global,” ucap CEO K-Water Yun Seog-dae.

Hadir mendampingi Menteri Basuki Direktur Jenderal Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Rachman Arief Dienaputra, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi Dadang Rukmana, dan Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News5 jam ago

Deklarasi Menteri Resmi Diadopsi 133 Negara dan Organisasi Internasional, Menjadi Outcome Utama World Water Forum ke-10 di Bali

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Lingkungan Hidup (LHK) Siti Nurbaya memimpin sesi...

Breaking News11 jam ago

Tampilkan 17 Paviliun Negara dan 108 Organisasi, Pameran World Water Forum ke-10 Resmi Dibuka

Serpongupdate.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno, Presiden...

Breaking News13 jam ago

Hadiri K-Water Academy Innovative Night, Menteri Basuki: Jangan Pernah Berhenti Pelajari Teknologi Keairan

  Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri acara K-Water Academy Innovation Night di Nusa...

Breaking News13 jam ago

World Water Forum ke-10 Resmi Dibuka, Presiden Jokowi Ungkap Pentingnya Kolaborasi

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama sejumlah menteri lainnya di Kabinet Indonesia Maju mendampingi...

Breaking News2 hari ago

Tingkatkan Ketahanan Iklim, Kementerian PUPR Dukung Kerja Sama Meteorologi WMO dan BMKG

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)...

Breaking News3 hari ago

Menteri Basuki Tinjau Taman Bhagawan di Tanjung Benoa, Venue Cultural Night World Water Forum ke-10

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau venue Cultural Night World Water Forum ke-10 di...

Trending