Connect with us

Tekno

Honda Perkenalkan Teknologi Hybrid Sebagai Transisi Menuju Elektrifikasi di Indonesia

Published

on

Bisniscorner.com – Honda mengumumkan visi elektrifikasinya pada pembukaan ajang GIIAS 2022, 11 Agustus 2022, yang meliputi rencana untuk memperkenalkan dua model e:HEV di Indonesia pada tahun 2023 mendatang. Bagi Honda, teknologi hybrid yang digunakan model e:HEV akan menjadi jembatan transisi menuju elektrifikasi sepenuhnya di masa mendatang.

Tak berhenti sampai dengan perkenalan dua model hybrid di tahun depan, Honda juga mengumumkan akan terus memperkenalkan model-model elektrik lainnya di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang, termasuk model yang akan diproduksi secara lokal di Indonesia. Rencana tersebut sejalan dengan target Honda mencapai netralitas karbon (Zero Carbon) untuk semua produk maupun aktivitas perusahaanya pada tahun 2050.

Untuk produk-produknya sendiri, Honda menargetkan mencapai elektrifikasi 100% untuk semua modelnya secara global pada tahun 2040. Mendukung langkah tersebut, Honda juga telah mengumumkan akan memperkenalkan setidaknya 30 model berbasis elektrik secara global hingga tahun 2030, dengan total produksi menjadi 2 juta unit per tahunnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Honda menjalankan inisiatif e:Technology yang merupakan rencana elektrifikasi untuk tiga pilar produk Honda, yaitu mobil, sepeda motor, dan power product. Simbol “e:” mengacu pada “energy” dan “elektrifikasi” yang memberikan semangat (energize) untuk membuat hidup manusia lebih bahagia. Honda berusaha mewujudkannya dengan menciptakan teknologi elektrifikasi, sekaligus meningkatkan efisiensi dan kebersihan dari mesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine) yang ada saat ini. Untuk produk mobilnya, teknologi Hybrid atau disebut sebagai e:HEV merupakan pendorong utama Honda yang digunakan Honda saat ini untuk mencapai visi elektrifikasinya.

Yusak Billy, Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Bagi Honda, teknologi harus selalu mengikuti kebutuhan konsumen dan lingkungannya. Kami menilai bahwa teknologi hybrid merupakan jembatan yang tepat sebagai transisi dari teknologi mesin berbahan bakar minyak menuju elektrifikasi sepenuhnya, karena memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mengenal dan membiasakan diri dengan teknologi baterai. Terlebih lagi, sistem e:HEV yang dimiliki Honda saat ini juga memiliki teknologi terdepan yang sangat efisien untuk mengurangi karbon, menghemat penggunaan energi, namun tetap menyenangkan untuk dikendarai.”

Teknologi e:HEV merupakan sistem hybrid ramah lingkungan yang memberikan performa dan kenyamanan berkendara dari kecepatan rendah, menengah hingga maksimal. Teknologi e:HEV adalah sistem dengan tingkat kebebasan dimana kedua motor dan mesin dapat beroperasi secara independen serta menghasilkan pengalaman berkendara yang efisien di berbagai situasi.

Sistem e:HEV terdiri dari empat komponen utama, yaitu Atkinson Cycle Engine, Electronic CVT (e-CVT), Intelligent Power Unit, dan Power Control Unit. Atkinson Cycle Engine merupakan mesin Direct Injection, 4-cylinders DOHC i-VTEC yang menggunakan bahan bakar bensin. Pada sistem e:HEV, mesin ini berfungsi untuk memberikan tenaga kepada motor generator sehingga dapat menghasilkan daya listrik untuk menggerakkan motor drive, memberikan tenaga langsung ke roda saat berkendara di kecepatan tinggi, dan mengisi daya baterai.

Putaran mesin kemudian diteruskan oleh motor generator yang berada di dalam e-CVT untuk menghasilkan daya listrik dengan efisiensi tinggi dan mengisi daya baterai. Sementara motor drive di dalam e-CVT berfungsi menyalurkan putaran ke roda dengan tenaga dan traksi yang tinggi, serta menghasilkan daya listrik saat deselerasi.

Kinerja motor pada E-CVT dikontrol oleh Power Control Unit yang juga sekaligus berfungsi untuk mengontrol kebutuhan listrik antara baterai dan motor. Daya listrik pada sistem e:HEV disimpan dalam Intelligent Power Unit yang menggunakan Lithium Ion Battery berkapasitas tinggi. Unit ini mempunyai kapasitas penyimpanan daya hingga 300V.

Sistem e:HEV mempunyai tiga mode berkendara, yang secara otomatis akan berganti sesuai dengan kondisi pengendaraan dan beban mesin. Dalam kondisi berkendara normal dengan beban mesin rendah, sistem akan menggunakan mode EV dimana hanya baterai yang menggerakan motor sehingga tidak ada bensin yang digunakan. Saat mobil berakselerasi dengan lebih kuat, sistem akan menggunakan model Hybrid dimana mesin dan baterai bekerja bersamaan untuk menghasilkan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar. Saat berkendara dalam kecepatan tinggi, sistem akan menggunakan mode Engine Drive, dimana mesin secara penuh akan menggerakan roda untuk menghasilkan tenaga lebih besar sekaligus mengisi daya baterai secara bersamaan.

Muhammad Zuhdi, Service Technical & Warranty Senior Manager PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Sistem e:HEV akan sangat mudah diterima oleh konsumen karena tidak terdapat banyak perbedaan baik dari cara berkendara maupun perawatan kendaraannya. Meskipun demikian, sistem hybrid sudah dapat secara signifikan memberikan kontribusi terhadap efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih ramah lingkungan.”

Untuk memperkenalkan teknologi e:HEV pada konsumen, Honda menampilkan dua model e:HEV di ajang GIIAS 2022, yaitu Honda CR-V Hybrid dan Honda Accord Hybrid. Kedua model tersebut karena saat ini telah dipasarkan dan sukses diterima oleh konsumen di berbagai negara. Konsumen juga berkesempatan untuk mencoba langsung model e:HEV Honda melalui unit test drive CR-V Hybrid yang tersedia di area test drive pada GIIAS 2022. (Rls)

Tekno

Kembali Tunjukkan Komitmen di Bidang Kesehatan, OPPO Hadirkan Perangkat IoT Baru di Tahun 2024

Published

on

Bisniscorner.com – Produsen pionir teknologi & inovasi, OPPO, kembali menunjukkan komitmennya mendukung kesehatan masyarakat Indonesia yang dihadirkan dalam inovasi terdepan perangkat IoT terkini mulai dari perangkat jam pintar, gelang pintar, hingga perangkat portable untuk memantau kesehatan keluarga. Beberapa perangkat tersebut diperkenalkan OPPO mulai tahun 2020 hingga 2023.

OPPO Watch pertama kali meluncur pada tahun 2020, memperkenalkan inovasi Flexible Dual- Curved Display pertama di industri, kemudian berlanjut dengan gelang pintar pertama OPPO Band yang diperkenalkan tahun 2021 mengunggulkan desain compact dengan fitur olahraga lengkap, selanjutnya perangkat pemantau kesehatan keluarga O-Health H1 yang resmi diperkenalkan kepada dunia melalui ajang Mobile World Congress (MWC) 2022 di Barcelona.

Melalui deretan perangkat IoT yang diperkenalkan, OPPO bertujuan agar konsumen dapat dengan mudah memantau kesehatan secara lengkap di setiap waktu dan tetap tampil secara stylish. Gaya hidup sehat turut dihadirkan OPPO dengan melengkapi fitur monitoring dan mode sport lengkap untuk digunakan saat aktivitas olahraga harian.

Untuk memberikan pengalaman dan gaya hidup sehat yang baru, OPPO saat ini sedang mempersiapkan perangkat IoT terbaru yang akan segera meluncur di Indonesia dalam di kuartal pertama tahun 2024 ini. Kehadiran perangkat ini meneruskan konsistensi dan komitmen OPPO untuk mendukung kebutuhan konsumen yang semakin modern dan kompleks. (Rls)

Continue Reading

Tekno

OPPO Reno11 F 5G Unggulkan Fitur Fantastic Layar Borderless hingga Kamera Ultra-Clear 64MP

Published

on

Bisniscorner.com –  OPPO resmi melengkapi lini Reno11 Series 5G dengan kehadiran Reno11 F 5G yang membawa tampilan dinamis, 64MP Ultra-Clear Triple Camera, dan layar AMOLED Borderless 120Hz. Reno11 F 5G adalah perpaduan sempurna desain fresh yang membawa pengalaman baru perangkat cerdas.

Desain Magnetic Particle dan Layar Borderless

Kenyamanan perangkat hadir melalui desain ramping dan ringan dengan ketebalan 7,54mm dan berat 177g. Desain Reno11 F 5G juga telah disesuaikan untuk pas ketika diletakkan di dalam saku. Warna baru Ungu Koral dan Biru Laut, memperkenalkan Desain Magnetic Particle dengan perpaduan tampilan gelombang berkilauan dan polesan kaca. Riak warna lilac pada Ungu Koral berpadu dengan kilau menawan, sedangkan Biru Laut hasil kombinasi warna biru seperti pada lautan dan putihnya buih ombak. Hijau Palem dengan lapisan warna zamrud dan hijau tua berpadu kilauan halus, hasil produksi proses OPPO Glow.

Kamera Sunshine Ring dibuat untuk memantulkan cahaya sehingga menyajikan tampilan yang menarik. Dilengkapi rating IP65 tahan percikan air dan debu, memastikan perangkat ini dapat digunakan dalam berbagai skenario cuaca. Reno11 F 5G juga telah berhasil menjalani berbagai ujian berat di laboratorium OPPO.

Layar AMOLED 120Hz Borderless hadir dengan ukuran 6,7” dilengkapi bingkai ultra tipis 1,47mm di kedua sisi layar menciptakan pengalaman layar yang penuh, dengan rasio layar ke bodi sebesar 93,4%. Layar AMOLED 10-bit mampu menampilkan lebih dari 1 miliar warna untuk gradien alami, dipadukan dengan kecerahan puncak 1.100 nits untuk visual yang nyata di luar ruangan. Refresh rate 120Hz membuat scrolling lancar pada aplikasi media sosial, sedangkan peredupan PWM 2160Hz di bawah 90 nits membawakan pengalaman visual yang lebih ramah mata.

Saat menghadapi kebisingan suara yang berlebihan di latar belakang, Reno11 F 5G dapat tetap memutar lagu favorit dengan Mode Ultra Volume 300% dari loudspeaker.

Foto dan Video Diabadikan dengan Jernih

Ultra-Clear Triple Camera 64MP dan perekaman 4K membuat Reno11 F 5G sempurna untuk pengambilan berbagai macam konten. Kamera Ultra-Clear 64MP dapat menghasilkan foto yang sangat tajam. Berpadu dengan mode Malam cerdas dan kamera wide-angle 25mm membuat kamera OPPO Reno11 F 5G dapat diandalkan dalam kondisi pencahayaan apa pun. Untuk lanskap yang luas, kamera ultra lebar 8MP Reno11 F 5G mampu abadikan gambar dengan sudut 112º.

Kamera Reno11 F 5G dilengkapi Portrait Expert Engine yang menghasilkan foto portrait yang menarik dengan menggabungkan pengenalan wajah dan deteksi subjek tingkat lanjut, perlindungan warna kulit, dan peningkatan fitur untuk menciptakan keseimbangan antara kejernihan dan fokus. Reno11 F 5G juga dapat merekam Video Ultra-Clear 4K dari kamera utama dan kamera depan 32MP.

ColorOS 14 untuk Bekerja dan Bermain dengan Mudah

Reno11 F 5G dilengkapi ColorOS 14 yang menyajikan fitur File Doc untuk menyimpan gambar, teks, atau file dengan mudah melalui akses drag-and-drop. Smart Touch dapat digunakan menangkap gambar, teks, bahkan teks di dalam sebuah gambar dari tangkapan layar. Smart Image Matting dengan mudah memotong hingga enam subjek dari sebuah foto untuk disimpan di File Dock, sehingga dapat diubah menjadi stiker atau membagikannya langsung dengan aplikasi lain.

Sistem komputasi efisiensi terbaru dari ColorOS 14 yaitu Trinity Engine, memastikan performa perangkat yang cepat dan lancar. ROM Vitalisation3 dapat menghemat ruang ekstra hingga 23GB dari total kapasitas 256GB dengan mengkompresi data yang tidak terpakai sekaligus menghapus file duplikat1. Perlindungan Kelancaran 48 Bulan juga membuat Reno11 F 5G selalu tampil optimal hingga bertahun-tahun mendatang.

Konektivitas Tingkat Lanjut, Tanpa Cemas Baterai Habis

Reno11 F 5G ditenagai MediaTek Dimensity 7050, menghadirkan komputasi 6nm yang efisien untuk multitasking, bermain game, dan pemrosesan berat seperti merekam video 4K. RAM 8GB dapat ditambah hingga 8GB dengan RAM Expansion menjadikan Reno11 F 5G dapat membuka banyak aplikasi dan game tanpa menutup aplikasi di latar belakang. Penyimpanan 256GB dapat diperluas hingga 2TB dengan kartu microSD.

Sinyal stabil saat browsing, berbicara, atau mengirim SMS diwujudkan melalui mesin pengoptimalan jaringan pengembangan OPPO, LinkBoost, yang dapat mencapai transmisi sinyal 100% lebih tinggi dan penerimaan sinyal dan 58,5% lebih kuat dibandingkan kompetitor1. LinkBoost menggabungkan pemilihan jaringan AI dan desain 360° antena surround untuk sinyal paling stabil dengan downtime minimum. OPPO mengembangkan LinkBoost dengan menyempurnakan teknologi recovery sinyal 87% lebih cepat dibandingkan kompetitor setelah meninggalkan lift, saat berada di dalam kendaraan, di konser atau stadion yang ramai, atau saat berada di lantai bawah tanah.

Baterai besar 5000mAh yang tahan lama dilengkapi dengan teknologi untuk menjaga masa pakai baterai prima bahkan setelah empat tahun penggunaan. 67W SUPERVOOCTM Flash Charging2 dapat mengisi daya hingga 30% hanya dalam 10 menit dan mencapai 100% baterai hanya dalam 48 menit1.

Harga dan Ketersediaan

OPPO Reno11 F 5G resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp4.599.000. Dapat dipesan mulai 16 hingga 23 Februari 2024. Reno11 F 5G warna Ungu Koral dan Hijau Palem dapat dipesan di seluruh OPPO Experience Store, OPPO Gallery, toko rekanan resmi OPPO Indonesia, dan e-commerce terkemuka di Indonesia. Sedangkan, Reno11 F 5G warna Biru Laut dapat dipesan melalui OPPO Official Store pada e-commerce terkemuka dan dapat dipesan juga secara terbatas di seluruh OPPO Experience Store, OPPO Gallery, toko rekanan resmi OPPO Indonesia.

Reno11 F 5G Pre-order.jpg

Konsumen yang melakukan pemesanan Reno11 F 5G selama periode 16-23 Februari 2024 akan mendapatkan penawaran eksklusif senilai total Rp2.800.000 berupa Proteksi OPPO Care termasuk perlindungan layar pecah dan perpanjangan masa garansi selama 1 tahun, promo bank cashback hingga Rp250.000 dengan cicilan 0% hingga 24 bulan dari BCA, BNI, CIMB Niaga, Digibank, Mandiri, Mega, dan Permata, serta berbagai penawaran menarik dari eksklusif partner OPPO seperti Chatime, Chatime Atealier, CupBop, Gindaco, KFC, Miniso, Revlon, Y.O.U, Dekoruma, Bobobox, Tomoro, Golden Lamian, dan 1/15 Coffee yang dapat diklaim di aplikasi My OPPO. Konsumen Reno11 F 5G juga dapat mengikuti OPPO Lucky Draw untuk memenangkan Honda PCX 160 ABS senilai total ratusan juta rupiah.

#FantasticRenoDance : Strategi Marketing Unik Untuk Gandeng Anak Muda Indonesia

Dalam memasarkan perangkat Reno11 F 5G, OPPO Indonesia memiliki cara unik untuk memperkenalkan fitur dan keunggulan utama dari fitur fantastis perangkat Reno11 F 5G melalui #FantasticRenoDance Challenge untuk menjajaki target market anak muda Indonesia. Melalui gerakan dance yang mudah diikuti, OPPO mengajak anak muda Indonesia untuk menunjukan bakatnya ke dunia.

“Reno11 F 5G dirancang untuk sebagai perangkat anak muda yang dilengkapi dengan berbagai fitur fantastic, seperti fantastic portrait, fantastic performance, fantastic signal, dan fantastic durability yang kesemuanya menjadi faktor utama anak muda ketika memilih sebuah smartphone. Sejalan dengan hal tersebut, OPPO akan secara resmi memulai kampanye #FantasticRenoDance yang bertujuan memperkenalkan keunggulan Reno11 F 5G sekaligus mengajak anak muda Indonesia dalam menunjukan kreativitas dan bakatnya ke seluruh dunia. #FantasticRenoDance akan berlangsung mulai tanggal 18 Februari hingga 31 Maret 2024 di situs dan sosial media resmi OPPO Indonesia,” tutup Patrick. (Rls)

Continue Reading

Tekno

Tren Lensa Telefoto akan Melonjak di Tahun 2024, Kamera Fantastic OPPO Reno11 Series 5G Siap Pimpin Tren Fotografi Mobile!

Published

on

Bisniscorner.com – Lebih dari 200 juta smartphone yang dilengkapi lensa telefoto terjual pada tahun 2022 dan jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat pada tahun 2024 menurut laporan terbaru Counterpoint Research. Tren ini didorong oleh meningkatnya minat konsumen terhadap kemampuan zoom dari lensa untuk menghasilkan foto portrait berkualitas tinggi yang sebelumnya merupakan keunggulan dari kamera profesional. Hal ini menunjukkan peran penting lensa dalam fotografi mobile terkini dan daya tarik pasarnya.

Tingginya kebutuhan masyarakat akan teknologi pencitraan canggih menjadikan lensa telefoto sangat diperlukan untuk mengabadikan momen berharga dengan lebih detail dan jernih. Kehadiran lensa ini tidak lagi dianggap sebagai kemewahan teknologi, melainkan kebutuhan konsumen di seluruh dunia yang ingin mengabadikan pengalaman mereka dengan foto kualitas sekelas profesional, seperti yang diungkapkan dalam laporan tersebut.

Lensa telefoto memungkinkan penggemar fotografi mobile untuk mengambil gambar yang menonjolkan ketajaman dan nilai artistik dari fotonya. Baik saat menangkap pemandangan lanskap atau portrait close-up, lensa telefoto mampu hasilkan tingkat detail dan suasana emosional yang menyaingi kamera tradisional. Laporan Counterpoint menunjukkan bahwa lensa telefoto ini semakin banyak diintegrasikan ke dalam smartphone secara global.

Kemampuan melakukan zoom tanpa mengkompromikan kualitas gambar, ditambah dengan efek visual unik yang dihasilkan lensa telefoto, menjadikan lensa ini sebagai favorit para pengguna smartphone. Melihat proporsi smartphone yang dilengkapi kamera telefoto meningkat hingga 19,3% secara global, menegaskan pentingnya lensa telefoto dalam ranah fotografi mobile saat ini.

Studi ini mengungkapkan bahwa penggunaan lensa telefoto di pasar smartphone meningkat semakin pesat, terutama di segmen smartphone dengan harga terjangkau. Peningkatan luar biasa tersebut telah menguasai sebagian besar penjualan pada Q3 tahun 2023.

Daya tarik lensa telefoto dengan harga terjangkau mencerminkan ekspektasi konsumen terhadap fitur-fitur premium pada smartphone, namun tanpa label harga premium. Menyadari permintaan ini, brand smartphone dengan cepat meresponsnya dengan melengkapi smartphone kelas menengah mereka dengan kemampuan telefoto yang memungkinkan lebih banyak pengguna menikmati pengalaman fotografi profesional yang biasanya hanya dimungkinkan dengan smartphone flagship.

OPPO Terus Berinvestasi pada Fotografi Telefoto Kualitas Tinggi

OPPO telah memainkan peran transformatif dalam pengalaman fotografi seluler berkualitas tinggi. Berbekal tradisi kuat dalam mengintegrasikan teknologi kamera yang unggul pada perangkatnya, OPPO secara konsisten memenuhi janjinya akan inovasi yang dapat dinikmati oleh siapa pun. Sebagai contoh adalah OPPO Reno Series yang terus berkembang seiring dengan kebutuhan pengguna, di mana Reno10 Series menjadi seri pertama yang dilengkapi lensa telefoto. Hasilnya, OPPO pun dikenal luas sebagai brand smartphone yang menawarkan fitur fotografi kelas atas dengan harga yang terjangkau oleh konsumen yang lebih luas.

Seri Reno terus membuat kemajuan di bidang kamera pada setiap perangkat keras dan perangkat lunaknya, seolah menghadirkan perangkat fotografi kelas profesional dalam genggaman pengguna sehari-hari. Dan kini, antusiasme tinggi konsumen dengan perangkat Reno11 Series 5G yang baru saja diluncurkan menegaskan posisi OPPO sebagai pelopor fotografi mobile berkualitas fantastic dengan harga yang terjangkau.

Lensa Telefoto: Masa Depan Fotografi Mobile

Kesimpulannya, lensa telefoto diperkirakan memiliki prospek yang menjanjikan menurut laporan Counterpoint. Hal ini menegaskan peran penting lensa jenis tersebut dalam evolusi fotografi mobile. Analisis menunjukkan bahwa OPPO dengan seri Reno-nya berada di garis depan dalam perkembangan inovasi #FantasticReno melalui Reno11 Series 5G yang memiliki pengaruh besar di industri. Hal ini akan memperkuat posisi pionir OPPO di pasar dan menjawab meningkatnya permintaan konsumen akan kemampuan fotografi canggih pada smartphone.

Reno11 Pro 5G memperkenalkan kamera fantastic dengan Ultra-Clear Portrait yang dilengkapi inovasi teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) pada kamera utama flagship 50MP dengan sensor Sony yang dilengkapi teknologi OIS, lensa telephoto 32MP serta storage besar 512GB. Sementara Reno11 5G sama-sama membawa lensa telephoto 32MP, layar 3D Curved Screen dengan refresh rate 120Hz, performa fantastic dengan baterai besar 5000mAh dan pengisian daya super cepat 67W SUPERVOOCTM.

Reno11 Series 5G sudah tersedia di Indonesia dengan harga resmi Rp8.999.000 untuk Reno11 Pro 5G dan Rp5.999.000 untuk Reno11 5G. Kedua perangkat ini sudah bisa didapatkan di OPPO Store, OPPO Gallery, seluruh toko rekanan resmi OPPO, Tokopedia dan Shopee. Konsumen Reno11 Series 5G akan mendapatkan keuntungan eksklusif senilai hingga Rp4.800.000 berupa proteksi OPPO Care yang mencakup perlindungan layar pecah dan perpanjangan masa garansi, cashback hingga Rp750.000 dan cicilan 0% hingga 24 bulan dari partner Bank, serta berbagai keuntungan tambahan dari partner OPPO yang dapat ditukarkan melalui aplikasi My OPPO. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 hari ago

Presiden Jokowi Resmikan 27 Ruas Inpres Jalan Daerah di Sulawesi Selatan Senilai Rp669 Miliar

Bisniscorner.com – Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir,...

Breaking News3 hari ago

Ketua Umum JMSI Terima Press Card Number One

Bisniscorner.com –  Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa menjadi salah seorang penerima Press card Number One (PCNO)...

Breaking News4 hari ago

Perkuat Ekonomi Lokal, Kementerian PUPR Selesaikan Renovasi Pasar Sibolga Nauli, Sumut

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan renovasi Pasar Sibolga Nauli menjadi sarana perdagangan rakyat yang...

Breaking News5 hari ago

Pesan HUT ke-34 Perum Jasa Tirta I, Menteri Basuki: Kembangkan Smart Water Management

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri Workshop Hari Ulang Tahun Ke-34 Perum Jasa Tirta...

Breaking News6 hari ago

Menteri Basuki Resmikan Gedung Auditorium dan Gedung Entrepreneurship Terpadu Universitas Brawijaya

Bisniscorner.com – Mengisi weekend di Kota Malang, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Gedung Auditorium Brawijaya...

Breaking News1 minggu ago

Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Pasar Tempe Sengkang di Wajo Sulsel

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus  berupaya melakukan pembangunan dan rehabilitasi pasar  guna menunjang pertumbuhan ekonomi...

Trending