Connect with us

Event

Jelang FIBA World Cup 2023, Progres Pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) GBK Senayan Capai 74%

Published

on

Bisniscorner.com – Dalam rangka menyambut pelaksanaan FIBA World Cup yang rencananya akan digelar pada Agustus 2023 mendatang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya segera menyelesaikan konstruksi Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Progres fisik pembangunannya kini telah mencapai 74% dan ditargetkan tuntas seluruhnya pada bulan Juni 2023 yang akan datang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur  olahraga bola basket tersebut merupakan bagian dari dukungan pembinaan atlet nasional supaya lebih berprestasi di tingkat internasional.  “Pada SEA Games lalu, basket sudah juara, setelah memiliki stadion ini,  prestasi harus lebih ditingkatkan. Jadi KPI-nya (indikator kinerja) harus prestasi,” ujar Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga berpesan agar stadion yang sudah dibangun dengan biaya APBN tersebut dapat dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pembinaan prestasi atlet Nasional.

“Kenapa konsepnya multifungsi, karena bisa untuk konser dan olahraga.  Teknologinya teleskopik tribun. Lokasinya di tengah kota dengan penghijauan yang lebat dan parkir luas. Sehingga sudah tepat konsepnya multifungsi, dan selanjutnya harap diperhatikan aspek pemeliharaannya,” pesan Menteri Basuki.

IMS berlokasi di Blok 10 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan di Jakarta dengan lahan seluas 30.270 m2 milik Kementerian Sekretariat Negara dibawah pengelolaan PPK-GBK.  Bangunannya sendiri seluas  50.398 m2 dan mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 16.523 orang.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, IMS tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mendukung olahraga bola basket saja, tetapi juga untuk cabang olahraga lain, serta aktivitas non-olahraga.

“Secara desain, IMS memiliki 5 lantai dan 1 lantai atap dengan fungsi utama sebagai stadion bola basket dengan 1 lapangan utama dan 2 lapangan latihan. Selain itu, stadion ini juga dapat difungsikan bagi cabang olahraga lain seperti Voli, Badminton, Tenis, MMA, Atletik, dan lain-lain. IMS juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan non olahraga seperti konser musik, seminar, pertunjukan khusus dan lain-lain,” terang Diana.

Diana juga menambahkan, pembangunan IMS dilaksanakan dengan teknologi konstruksi Building Information Modeling (BIM), dengan anggaran yang bersumber dari APBN melalui skema Kontrak Tahun Jamak atau Multi Years Contract (MYC) 2021 – 2023 senilai Rp639,1 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Adhi Karya – PT Nindya Karya – PT Penta (KSO). “Saat ini, progress fisik pembangunan IMS telah mencapai 74% dan ditargetkan rampung pada Juni 2023 mendatang,” tambah Diana.

Adapun lingkup pekerjaan yang dilaksanakan meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, mekanikal, dan elektrikal, pembangunan lapangan dan peralatan pertandingan, lapangan latihan, changing room, tribun, royal box, sistem pencahayaan, akustik, sound sistem, visual sistem, tiketing, sistem proteksi kebakaran, sistem transportasi dalam gedung, serta pemenuhan kriteria bangunan gedung hijau.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan pemasangan struktur terakhir pada atap tertinggi pada bangunan IMS di lantai 5. “Acara topping-off rencananya akan dihadiri langsung oleh Bapak Presiden Jokowi. Jadwal pastinya masih kita tunggu. Acara ini merupakan penanda berakhirnya kegiatan konstruksi dan akan dilanjutkan dengan kegiatan finishing hingga tuntas seluruhnya pada bulan Juni 2023 yang akan datang,” tutup Jubir Endra. (Rls)

Event

HUT ke – 17 Paramount Enterprise, Ribuan Peserta ‘Paramount Color Walk’ 2023 Dihibur oleh Band GIGI dan DJ Yasmin

Published

on

Bisniscorner.com – Merayakan hari jadi yang ke-17, PT Paramount Enterprise International (Paramount Enterprise) bersama unit bisnisnya, Paramount Land, Parador Hotels & Resorts, dan Bethsaida Hospital menghadirkan beragam program promo terbaik hingga rangkaian acara meriah.

Sebagai puncak acara, Paramount Color Walk 2023 hadir mewarnai Kota Gading Serpong pada hari Sabtu, 9 Desember 2023. Acara jalan sehat ini berhasil mengumpulkan peserta sebanyak lebih dari 7.000 orang yang terdiri dari warga Gading Serpong dan sekitarnya, masyarakat umum, hingga keluarga besar Paramount Enterprise.

Paramount Color Walk (PCW) 2023 merupakan kegiatan olahraga jalan sehat sebagai ajang silaturahmi dan kebersamaan bagi Paramount Enterprise bersama warga dan masyarakat. Peserta PCW 2023 berkumpul di Lapangan Pasar Modern Paramount (PMP) dan menyusuri rute 7 kilometer mengelilingi sebagian besar Kota Gading Serpong (Lapangan PMP – Bethsaida Hospital – Fame Hotel – ILLago – Menteng Village – Menaggio Village – Omaha Village – bundaran Matera Ballerina – Matera Residences – bundaran Alicante – Hampton Avenue – Bez Plaza – SOHO – Lapangan PMP).

Selanjutnya, peserta dapat menikmati rangkaian acara yang dimeriahkan oleh band GIGI, DJ Yasmin, marching band, beragam bazaar makanan, serta berkesempatan membawa pulang doorprize dengan total ratusan juta rupiah.

M. Nawawi, Presiden Direktur Paramount Enterprise, mengungkapkan, tepat pada tanggal 18 Desember 2023, PT Paramount Enterprise International (Paramount Enterprise) merayakan ulang tahun ke-17, usia istimewa menuju kedewasaan, di mana kami berkomitmen untuk terus menebarkan semangat dan bergerak maju menyongsong masa depan yang lebih baik bersama Indonesia.

“Pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, mitra, keluarga besar Paramount Enterprise dan warga Gading Serpong dan sekitarnya yang sangat antusias berpartisipasi meramaikan acara tahunan ‘Paramount Color Walk‘ 2023. Kegiatan jalan sehat (PCW) 2023 ini diadakan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat memulai kebiasaan hidup sehat. Sesuai dengan motto Paramount Enterprise yaitu ‘Enriching Lives’, kami akan terus bertumbuh menjadi perusahaan yang unggul tidak hanya berorientasi kepada keuntungan semata, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup konsumen dan masyarakat, serta memberi nilai tambah bagi pemangku kepentingan,” terangnya.

Norman Daulay, Direktur Paramount Land, menambahkan, sebagai bagian dari rangkaian acara ulang tahun, Paramount Enterprise juga mengadakan perayaan ulang tahun internal pada hari Kamis, 7 Desember 2023 di Paramount Petals, dengan rangkaian acara berupa upacara pemotongan 17 buah tumpeng oleh jajaran direksi Paramount Enterprise. Kami juga melakukan program CSR khusus berupa pembagian lebih dari 3.000 paket sembako kepada pekerja lapangan dan sekuriti di lokasi proyek Paramount Land, serta warga yang berada di sekitar Paramount Gading Serpong, Paramount Petals, dan Paramount Village Semarang. Prosesi simbolis pemberian sembako menjadi bagian dalam rangkaian acara PCW 2023.

“Paramount Enterprise mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra sponsor Paramount Color Walk 2023 yang telah mendukung dan meramaikan acara ini. Kepada seluruh peserta Paramount Color Walk 2023, kami mengucapkan selamat berolahraga dan menikmati hiburan serta suasana Kota Gading Serpong yang vibrant dan penuh warna,” pungkasnya. (Rls)

Continue Reading

Event

Sinar Mas Land Raih 7 Penghargaan di Ajang PropertyGuru Asia Property Awards 2023 ke-18 di Bangkok, Thailand

Published

on

Bisniscorner.com  – Sinar Mas Land kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional dalam ajang PropertyGuru Asia Property Awards 2023 yang diselenggarakan pada Jumat (8/12) lalu di The Athenee Hotel, Bangkok, Thailand. Kali ini, perusahaan berhasil meraih 7 penghargaan prestisius di tingkat Regional Winners Asia dan Country Winners.

Di Regional Winners Asia, Sinar Mas Land berhasil meraih penghargaan sebagai Best Mega Township Development untuk township BSD City, Best Smart Building Development untuk Knowledge Hub at Digital Hub BSD City, Best Wellness Residential Development untuk The Zora di BSD City, dan Best Breakthrough Developer untuk PT Sinar Mitbana Mas. Sedangkan untuk Country Winners, perusahaan berhasil dinobatkan sebagai Best Developer untuk Sinar Mas Land, Best Housing Development untuk Layton at NavaPark, dan Best Lifestyle Developer untuk BSD Diamond Development.

PropertyGuru Asia Property Awards 2023 merupakan puncak dari kompetisi dan perayaan atas ide-ide brilian dari pengembang terkemuka se-Asia. Bagi para pengembang, seri PropertyGuru Asia Property Awards ini sudah menjadi standar tertinggi dari industri real estate di Asia sejak pertama kali diadakan. Hampir semua perusahaan pengembang di Asia menjadikan penghargaan dari PropertyGuru ini sebagai kebanggaan terbesar karena prestisius yang didapatkan.

Deputy Group CEO Strategic Development & Assets Sinar Mas Land – Herry Hendarta mengatakan, kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh PropertyGuru kepada Sinar Mas Land dalam ajang Asia Property Awards 2023. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas dedikasi serta komitmen kami untuk terus berinovasi dalam menciptakan produk properti yang tidak hanya estetis dan unggul, namun juga memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Penghargaan luar biasa ini tentunya juga merupakan suatu kebanggaan bagi Sinar Mas Land karena dapat kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional dan dapat diakui sebagai salah satu pengembang properti terbaik di Asia.

Daftar kandidat finalis peraih penghargaan ini dinilai secara transparan dan kredibel oleh panel pakar industri independen serta pengawas terpercaya di bidang industri properti sebagai tim juri yang berasal dari berbagai negara Asia dengan melihat aspek inovasi, estetika, dan manfaat yang diberikan oleh pengembang. Beragam penghargaan yang diraih Sinar Mas Land dinilai berdasarkan penilaian kinerja perusahaan karena mampu menunjukkan performa terbaik dan progresif di tahun ini.

Pada malam penganugerahan tersebut, kawasan BSD City melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk terpilih sebagai Best Mega Township Development (Asia) dinilai berdasarkan aspek pembangunan township di atas 6.000 hektare yang dilengkapi dengan beragam fasilitas perumahan, komersial, ritel, bisnis, pendidikan, hingga kesehatan yang ditunjang dengan fasilitas publik dan moda transportasi yang lengkap.

Di samping itu, proyek Knowledge Hub at Digital Hub BSD City yang saat ini telah re-branding menjadi Biomedical Campus pun dengan bangga sukses meraih Best Smart Building Development (Asia) berdasarkan aspek pengembangan gedung perkantoran yang inovatif dalam pemanfaatan teknologi terkini. Gedung Knowledge Hub atau yang dikenal sebagai Biomedical Campus ini merupakan salah satu proyek yang menjadi agenda dalam transformasi BSD City sebagai smart integrated digital city.

Masih di kawasan township BSD City, proyek The Zora di BSD City sukses menorehkan prestasi di kancah internasional dalam kategori Best Wellness Residential Development (Asia) dinilai berdasarkan aspek kelengkapan fasilitas yang dapat melayani kesehatan dan kesejahteraan para penghuninya. Prestasi lainnya juga dibuktikan dengan pencapaian PT Sinar Mitbana Mas yang merupakan proyek joint venture Sinar Mas Land dengan Mitsubishi Corporation dan Surbana Jurong dalam kategori Best Breakthrough Developer (Asia) karena telah meluncurkan proyek pertama pada 2022, yakni kawasan Hiera dan sukses memasarkan klaster perdananya bernama Welton. Saat ini, perusahaan konsorsium tersebut juga memiliki satu proyek baru yang direncanakan untuk diluncurkan pada 2024 mendatang.

Selanjutnya, pada kategori Developer Awards, Sinar Mas Land dengan bangga meraih penghargaan tertinggi sebagai Best Developer di Indonesia karena dinilai unggul dalam menyelesaikan beragam proyek pengembangan residensial, komersial, retail, bisnis, dan perkantoran di Indonesia. Sebelumnya, Sinar Mas Land pernah meraih penghargaan pada kategori Best Developer di tingkat Asia dalam ajang yang sama pada 2021 lalu.

Tak hanya itu, pada kategori Best Housing Development pun berhasil diraih klaster high-end di BSD City yakni Layton at NavaPark setelah mengalahkan berbagai proyek residensial dari seluruh negara di Asia. NavaPark merupakan proyek joint venture antara Sinar Mas Land dan Hongkong Land yang dikenal sebagai kawasan hunian paling premium dan elite di BSD City dan sekitarnya. Melengkapi kesuksesan Sinar Mas Land di ajang penghargaan ini, perusahaan berhasil meraih penghargaan

Melengkapi kesuksesan Sinar Mas Land di ajang PropertyGuru Asia Property Awards 2023, BSD Diamond Development yang merupakan joint venture antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation juga berhasil meraih penghargaan pada kategori Best Lifestyle Developer melalui proyek The Zora di BSD City. Penghargaan tersebut berhasil diraih perusahaan karena menyelesaikan beragam pengembangan proyek properti yang mengakomodasi beragam kebutuhan gaya hidup konsumen, baik untuk tempat tinggal maupun fasilitas pendukungnya. (Rls)

Continue Reading

Event

Kementerian PUPR Gelar Pameran Water Art Installation di GBK, Tekankan Pentingnya Manajemen Air

Published

on

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan pada Pameran Water Art Installation yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR di Indonesia Arena, Kompleks GBK-Senayan, Jakarta, Minggu (3/12/2023).

Pameran yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Bakti PU ke-78 ini dibuka untuk umum pada 1-4 Desember 2023. Menggunakan teknologi immersive, pameran ini menampilkan isu-isu air, local wisdom, perkembangan teknologi, inovasi pengelolaan sumber daya air, serta promosi World Water Forum ke-10. Selain itu, juga terdapat 7 sesi mini talkshow dengan topik-topik menarik dan relevan seputar isu air.

“Pameran ini mengangkat isu tentang air. Seperti pemeliharaan sungai, kemudian ada juga tentang manajemen air. Seperti yang tertera di Al-Qur’an, sudah dijanjikan Allah bahwa air diturunkan dalam jumlah yang cukup dan bersih. Jadi, kalau ada yang kekurangan air dan masalah kekeringan, atau pencemaran, pasti penyebabnya perilaku manusia terhadap air. Sehingga kita ingin menekankan pentingnya manajemen air,” kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga menyampaikan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PUPR telah melakukan berbagai upaya untuk pengelolaan air dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Salah satunya dengan pembangunan bendungan yang dirancang sebagai multipurpose dams. Selain itu, Kementerian PUPR juga melakukan pengaturan pengoperasian bendungan.

“Misalnya, kalau musim hujan datang, kita sudah harus mempunyai rencana untuk curah hujan tinggi. Kita juga harus mengantisipasi ketersediaan air saat musim kemarau sehingga tidak terjadi kekeringan. Oleh karena itu, Kementerian PUPR mengelola sekitar 300 bendungan yang kita atur pengoperasiannya. Setiap mendekati musim hujan kita operasikan dan siapkan ruang untuk menampung volume banjir,” kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki berharap melalui pameran ini, masyarakat dapat aware terkait pentingnya pengelolaan sumber daya air dan pentingnya menjaga lingkungan.

“Saya surprise karena ternyata banyak pengunjung yang hadir dalam pameran ini, baik itu dari kalangan umum atau mahasiswa. Terima kasih, mudah-mudahan pameran ini ada manfaatnya untuk rekan-rekan sekalian, dalam menambah ilmu dan informasi,” tandas Menteri Basuki.

Turut hadir dalam pameran ini Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 hari ago

Menteri Basuki Dorong Pengembang Rumah Bersubsidi Terus Tingkatkan Kualitas Rumah dan Kawasannya

Bisniscorner.com  – Hadir mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta para pengembang perumahan...

Breaking News3 hari ago

Kementerian PUPR Pastikan Kesiapan Infrastruktur Jalan untuk Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional untuk mendukung kelancaran arus...

Breaking News4 hari ago

Tingkatkan Layanan Air Minum Kota Kupang, SPAM Kali Dendeng Diresmikan

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan Sistem Penyediaan Air...

Breaking News5 hari ago

Menteri Basuki : Progres Bendungan Mbay, Nagekeo NTT Capai 27%

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan Bendungan Mbay...

Breaking News6 hari ago

Ucapkan Selamat Hari Bakti PUPR ke-78, Presiden Apresiasi Kinerja dan Kerja Cepat Kementerian PUPR

Bisniscorner.com – Presiden Jokowi mengapresiasi kerja keras dan kecepatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas pembangunan berbagai infrastruktur....

Breaking News1 minggu ago

Menteri Basuki Saksikan Pemasangan Girder Flyover Madukoro, Pintu Gerbang ke Kota Semarang

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan Flyover di Jalan Arteri Yos Sudarso Kota Semarang...

Trending