Connect with us

Gaya Hidup

Peringatan HHD-HKD 2023, Kementerian PUPR Proyeksikan Peningkatan Kualitas Permukiman dan Perkotaan Pada 2045

Published

on

Bisniscorner.com – Dalam rangka memperingati Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia (HHD-HKD) Tahun 2023 yang bertemakan “Ekonomi Perkotaan yang Tangguh menuju Permukiman Berkelanjutan untuk Semua”, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya menyelenggarakan serangkaian kegiatan pendukung puncak peringatan HHD-HKD 2023.

Salah satunya yaitu pameran bertajuk “Suatu Hari yang Baik 2045” yang diselenggarakan di Indonesia Arena, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada 2-19 Oktober 2023. Pameran ini tidak dipungut biaya (gratis) dan terbuka bagi masyarakat umum.

“Pameran ini memuat tentang pembelajaran perkembangan permukiman dan perkotaan di Indonesia 100 tahun setelah Indonesia merdeka. Dengan kualitas yang lebih baik, dan sesuai cita-cita yang dilahirkan dari Konferensi Habitat sebagaimana tercantum dalam New Urban Agenda (NUA) yang selaras dengan Sustainable Development Goals dan juga amanat Presiden,” ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti pada Konferensi Pers Peringatan HHD-HKD Tahun 2023, Senin (2/10/2023) lalu.

Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Dian Irawati juga membenarkan hal tersebut. Menurutnya, selain sebagai proyeksi kondisi permukiman dan perkotaan di Indonesia dari masa ke masa, pameran ini juga sebagai media pembelajaran bagi generasi muda. Agar dapat melihat dan mempelajari praktik terbaik pembangunan permukiman dan perkotaan di Indonesia.

“Pameran ini juga menjadi database awal dari Kementerian PUPR terkait perkembangan pembangunan permukiman dan perkotaan di Indonesia. Target dari pembangunan perkotaan 2045 adalah permukiman layak huni dan berkelanjutan,” tambah Dian Irawati.

Selain penyelenggaraan pameran, diselenggarakan pula berbagai talkshow dan webinar yang mengangkat isu permukiman dan perkotaan. Salah satunya, Talkshow “Implementasi Agenda Baru Perkotaan (NUA)” yang juga diselenggarakan di kawasan pameran, pada Selasa (10/10/2023). Talkshow ini menghadirkan narasumber dari berbagai pakar di bidang permukiman dan perkotaan serta Kemitraan Habitat yaitu, Lana Winayanti, Hadi Sucahyono, Nirwono Joga, Sarwo Handayani, dan Rina Farida, dengan moderator Yayat Supriyatna.

“Mengacu pada NUA yang didasari oleh Sustainable Development Goals (SDG’s), pembangunan permukiman dan perkotaan dalam satu konteks kewilayahan dapat menggunakan pendekatan berbasis manusia, responsif gender dan usia. Selain itu, setiap stakeholder juga punya kepentingan dalam pengimplementasian NUA. Sehingga perlu adanya kolaborasi, dan tidak hanya pemerintah saja yang melaksanakannya tetapi bersama-sama,” jelas Lana Winayanti.

Dari 17 target SDG’s yang harus dicapai, terdapat 7 tujuan utama yang harus dipriotaskan dan disesuaikan terlebih dahulu dalam kondisi Indonesia. Hal tersebut terangkum dalam 8 buku Panduan Praktis Implementasi NUA, dimana Kementerian PUPR juga terlibat di dalamnya. Adapun tujuan tersebut  meliputi, Perumahan dan Akses Pelayanan Dasar, Kebencanaan dan Lingkungan Perkotaan, Tata Kelola Perkotaan, Transportasi dan Mobilitas Perkotaan, Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah Perkotaan, Pembangunan Ekonomi Lokal, serta Sosial-Budaya dan Kesehatan Masyarakat.

“Untuk penerapan NUA di lingkup Kementerian PUPR hingga saat ini sudah mencakup pemenuhan berbagai kebutuhan dasar seperti air bersih, sanitasi, dan hunian yang layak. Dan pada 2045 mendatang, targetnya seluruh tujuan SDG’s dapat dicapai dengan adanya peningkatan kualitas hidup masyarakat dari segala aspek. Mulai dari terpenuhinya kebutuhan dasar, infrastruktur yang berkualitas dan memadai, penghematan energi, hingga interkonektivitas yang baik. Dan yang terpenting adalah perubahan mindset dan gaya hidup masyarakat yang lebih peduli dengan lingkungan, kondisi ini perlu diedukasi dan ditanamkan mulai saat ini,” tandas Dian Irawati. (Rls)

Gaya Hidup

Sentra Medika Hospital Cibinong Resmikan Unit Thalassemia dan Hemofilia Bagi Masyarakat

Published

on

Bisniscorner.com – RS Sentra Medika Cibinong, Kab Bogor, Jawa Barat, berkomitmen meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dengan meresmikan Unit Thalassemia dan Hemofilia.

Thalassemia dan Hemofilia merupakan penyakit yang ditandai dengan gangguan dan ketidakmampuan memproduksi eritrosit dan hemoglobin.

Karena itu secara berkala, pasien Thalassemia dan Hemofilia mendatangi rumah sakit serta harus melakukan transfusi darah.

Guna memenuhi kebutuhan akses pelayanan transfusi bagi pasien Thalasemia dan Hemofilia, Kepala Dinas Kesehatan Kab Bogor, drg. Mike Kaltarina, MARS menghadiri serta meresmikan Unit Thalassemia dan Hemofilia di RS Sentra Medika, Cibinong, Kab Bogor Jawa Barat, Sabtu (25/11/2023).

Direktur Utama RS Sentra Medika Cibinong, dr. P. Lanjar Sugiyanto, MARS menjelaskan para dokter ahli agar tidak hanya menangani dan melayani penderita Thalassemia dan Hemofilia, serta memberikan edukasi sehingga mereka mengerti tentang Thalassemia dan Hemofilia.

“Thalassemia merupakan penyakit kelainan sel darah merah yang diturunkan. Karena itu, sangat dianjurkan untuk memeriksa darah sebelum menikah karena anak-anak mungkin mempunyai Thalassemia pembawa sifat, bila orangtuanya menderita Thalassemia,” ungkapnya kepada awak media di RS Sentra Medika, Cibinong, Kab Bogor.

Ia berharap, pembukaan Unit Thalassemia dan Hemofilia di RS Sentra Medika Cibinong dapat meringankan beban penderita Thalassemia dan Hemofilia. Serta telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan demi meringankan beban pasien.

“Kami telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor melalui BPJS Kesehatan, sehingga penderita bebas biaya. Semoga kehadiran unit baru ini bisa mengurangi beban pasien Thalassemia dan Hemofilia, sedikitnya ada enam tempat tidur tersedia,” kata Lanjar Sugiyanto.

Bagi penderita Thalassemia dan Hemofilia, rumah sakit bagaikan rumah kedua karena mereka setiap bulan harus datang ke RS dan dilakukan seumur hidup.

“Jadi harus disiapkan tempat yang nyaman dan steril agar mereka tidak malas ke rumah sakit. Mereka juga harus mengonsumsi obat setiap hari seumur hidup. Thalassemia dan Hemofilia bukanlah penyakit menular, tetapi keturunan. Semoga Pemkab Bogor dan RS Sentra Medika Cibinong bisa mensosialisasikan tentang Thalassemia dan Hemofilia kepada masyarakat,” jelasnya.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, penderita Thalassemia di Kabupaten Bogor hingga 2023 berjumlah 368 orang, mayoritas pasien anak-anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kab Bogor, Mike Kaltarina mengklaim ruang yang dimiliki RS Sentra Medika Cibonong, adalah rumah sakit pertama kali tersedia di Kabupaten Bogor untuk memberikan fasilitas terbaik bagi penderita Thalassemia dan Hemofilia.

“Semoga rumah sakit lain di Kabupaten Bogor bisa membuka unit seperti ini. Kami juga akan terus mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk donor darah. Karena pengobatan yang paling optimal adalah transfusi darah seumur hidup,” pungkasnya. (Rls)

Continue Reading

Gaya Hidup

KlikDokter dan Danamon Jalin Kolaborasi Strategis untuk Tingkatkan Kesehatan Pelanggan

Published

on

Bisniscorner.com – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) dan KlikDokter sebagai penyedia layanan healthtech di bawah naungan Kalbe Group dengan bangga mengumumkan rencana kerja sama strategis jangka panjang untuk mempromosikan layanan kesehatan dan mempermudah transaksi pembayaran

Rencana kerja sama ini juga mencakup pengembangan fitur layanan kesehatan KlikDokter yang nantinya dapat diakses nasabah Danamon di aplikasi D-Bank PRO. Kemudian ada pula pembukaan rekening dan pengajuan kartu kredit di aplikasi KlikDokter, serta alternatif pembayaran seperti Virtual Account, QRIS dan Direct Debit yang praktis, cepat, terverifikasi dan otomatis. 

Fitur pembayaran ini dapat digunakan nasabah untuk telekonsultasi dengan dokter, pembuatan janji medis, dan pembelian produk kesehatan melalui platform  e-commerce KALStore yang merupakan bagian dari KlikDokter.

Danamon menargetkan seluruh pengguna aktif KlikDokter yang disebut sebagai “Sobat KlikDokter” untuk memperoleh akses terhadap produk-produk Danamon, dan begitu pula bagi lebih dari 2.000.000 nasabah Danamon akan memperoleh kemudahan akses layanan KlikDokter seperti konsultasi online dengan dokter spesialis, penerbitan resep obat, pembuatan janji medis. Selain itu, nasabah Danamon juga akan mendapatkan kesempatan pertama untuk mendapatkan promo eksklusif produk-produk premium dari KlikDokter dan Kalbe Group.

Hendra Tjong selaku CEO KlikDokter, menyebut kerja sama ini sebagai langkah strategis dalam menargetkan layanan kepada segmen yang tepat.

“Kolaborasi ini adalah langkah yang tepat dalam mempromosikan layanan kesehatan yang mudah diakses dan terjangkau melalui platform perbankan. Hal ini memungkinkan kami untuk lebih tepat sasaran dalam menyediakan pengalaman kesehatan yang unggul kepada pengguna baru,” paparnya.

Kerja sama ini disambut baik oleh Andreas Kurniawan selaku Chief Digital Officer yang melihat inisiatif ini sebagai wujud komitmen Danamon mendukung akses bagi layanan kesehatan lebih mudah diakses, terjangkau, dan nyaman bagi semua.

“Kami yakin bahwa kerja sama Danamon dengan KlikDokter akan memperluas ekosistem Danamon dalam segi pemberian layanan kesehatan, serta memperkuat posisi Danamon sebagai bank yang berorientasi pada nasabah dan selalu mencari cara inovatif untuk melayani nasabah dengan lebih baik. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen Danamon untuk menjadi one-stop financial solutions provider bagi nasabah,” pungkasnya. (Rls)

Continue Reading

Gaya Hidup

Wujudkan Kota Hijau Berkelanjutan, Sinar Mas Land dan Beam Mobility Hadirkan Armada Ramah Lingkungan Berbasis Aplikasi di BSD City

Published

on

Bisniscorner.com – Polusi udara menjadi masalah yang mendapat perhatian masyarakat Indonesia. Laporan Indeks Kualitas Udara Kehidupan (AQLI) per Agutus 2023 menyebutkan Indonesia sebagai satu dari enam negara yang paling berkontribusi terhadap polusi udara global. Sementara itu data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Agustus hingga September 2023 menunjukkan tingkat pencemaran udara di sejumlah kota besar di Indonesia melampaui ambang batas aman. Transportasi menjadi salah satu faktor penyebab tingginya tingkat polusi di Indonesia hingga mencapai 44%.

Terkait dengan hal tersebut, Sinar Mas Land mengambil langkah konkret dalam meminimalisir polusi udara melalui penyediaan sepeda listrik di kawasan perkantoran BSD Green Office Park dan sejumlah kawasan residensial di BSD City. Penyediaan sepeda listrik tersebut bekerja sama dengan Beam Mobility perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik, meluncurkan layanan ridesharing sepeda elektrik pada Selasa (17/10) di Green Office Park, BSD City. Kehadiran Beam Mobility di BSD City tentunya sejalan dengan visi Sinar Mas Land yang mengimplementasikan konsep pembangunan berkelanjutan sekaligus mewujudkan kota hijau ramah lingkungan sesuai dengan prinsip ESG (Environmental, Social, Governance).

Irawan Harahap, CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land mengungkapkan, kerja sama dengan Beam Mobility merupakan salah satu upaya perusahaan mewujudkan kawasan hunian yang ramah lingkungan dan memberikan layanan optimal bagi masyarakat di BSD City. Selain itu, penggunaan sepeda listrik ini sebagai solusi micro mobility di BSD City sekaligus menjadi bentuk dukungan Sinar Mas Land kepada pemerintah guna mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060. Armada Beam Mobility akan membantu mobilisasi antara penghuni maupun pengunjung khususnya di BSD City hingga BSD Green Office Park. Kami berharap armada Beam Mobility mampu menunjang perjalanan singkat penghuni dalam beraktifitas sehari-hari dengan transportasi ramah lingkungan.

Country Manager Beam Mobility Indonesia, Devraj Sathivelu menyebutkan, kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan salah satu kawasan perkotaan paling maju dan padat di Tangerang. Beam Mobility bukan sekadar sebuah layanan ridesharing e-bike untuk mendukung mobilitas Masyarakat. Namun lebih dari itu Beam Mobility adalah sebuah program inisiasi yang menstimulasi peran serta Masyarakat untuk menjalani gaya hidup baru yang lebih berkelanjutan.

Di Indonesia, Beam Mobility telah hadir di beberapa kota dan wilayah termasuk Bogor dan Bali. Lebih jauh, layanan Beam juga telah tersedia di beberapa kawasan hunian, serta kawasan pendidikan seperti Universitas Indonesia, IPB dan Universitas Brawijaya. Beam Mobility telah mengoperasikan layanan berbagi skuter dan sepeda elektrik di lebih dari 8 negara di Australia, Selandia Baru, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Malaysia dan Turki.

“Kami menyediakan 1 jenis armada di kawasan BSD City, yaitu Beam Rover, sebanyak 300 unit dengan 30 spot parker di Digital Hub, Green Office Park, termasuk klaster The Icon, Vanya Park dan Greenwich.  Seluruh unit sepeda listrik Beam juga sudah dilengkapi dengan teknologi tercanggih yang berbasis aplikasi dan terintegrasi dengan sistem IoT, dengan ini kami menghadirkan satu alternatif transportasi berkelanjutan yang nyaman, aman, menyenangkan dan zero pollution, selain itu armada Beam juga menjadi feeder bagi para commuter untuk melakukan perjalanan dari rumah – transportasi umum – kantor dan sebaliknya,” tambah Devraj Sathivelu, Country Manager Beam Mobility Indonesia.

Seluruh armada Beam Mobility memiliki batas kecepatan maksimal 25km/jam yang dilengkapi dengan fitur teknologi IoT, sehingga kondisi kendaraan dapat dimonitor secara real-time, melalui aktivasi geofencing, dan secara otomatis dapat mendeteksi jika terdapat permasalahan, seperti ketika diperlukan penggantian baterai. Setiap armada juga dilengkapi dengan baterai cadangan. Beam Mobility memastikan armadanya dapat diakses oleh publik, dimana setiap armada dilengkapi dengan petunjuk penggunaan dan keselamatan dalam berkendara.

“Berdasarkan analisis data Traffic Accident Analysis System (TAAS) KoROAD, selama 6 tahun terakhir dari 2017 hingga 2022, armada PM (Personal Mobility Vehicle), atau armada yang kecepatannya dibatasi dan biasanya di lokasi pejalan kaki memiliki tingkat kecelakaan terendah di antara semua alat transportasi. Tentunya Beam berupaya untuk menciptakan keamanan bagi dengan memberikan edukasi kepada pengguna maupun inovasi-inovasi pada sistem yang digunakan,” ungkap Devraj Sathivelu, Country Manager Beam Mobility Indonesia. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 jam ago

Menteri Basuki Dorong Pengembang Rumah Bersubsidi Terus Tingkatkan Kualitas Rumah dan Kawasannya

Bisniscorner.com  – Hadir mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta para pengembang perumahan...

Breaking News1 hari ago

Kementerian PUPR Pastikan Kesiapan Infrastruktur Jalan untuk Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional untuk mendukung kelancaran arus...

Breaking News2 hari ago

Tingkatkan Layanan Air Minum Kota Kupang, SPAM Kali Dendeng Diresmikan

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan Sistem Penyediaan Air...

Breaking News3 hari ago

Menteri Basuki : Progres Bendungan Mbay, Nagekeo NTT Capai 27%

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan Bendungan Mbay...

Breaking News4 hari ago

Ucapkan Selamat Hari Bakti PUPR ke-78, Presiden Apresiasi Kinerja dan Kerja Cepat Kementerian PUPR

Bisniscorner.com – Presiden Jokowi mengapresiasi kerja keras dan kecepatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas pembangunan berbagai infrastruktur....

Breaking News6 hari ago

Menteri Basuki Saksikan Pemasangan Girder Flyover Madukoro, Pintu Gerbang ke Kota Semarang

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan Flyover di Jalan Arteri Yos Sudarso Kota Semarang...

Trending