Connect with us

CSR

Sinar Mas Land Hadirkan Green Camp 2023, Wujud Kolaborasi Generasi Muda Peduli Lingkungan

Published

on

Bisniscorner.com – Badan Perubahan Iklim Uni Eropa, Copernicus Climate Change Service (C3S) melaporkan tahun 2023 menjadi tahun paling panas sejak 1940. Laporan tersebut menyatakan bahwa suhu rata-rata global sepanjang tahun ini dilaporkan mencapai 1,40 derajat Celsius, lebih tinggi dibandingkan rata-rata suhu pra-industri antara 1850 dan 1900.

Perubahan iklim ini menjadi tantangan berat bagi para generasi muda di masa depan karena mereka harus adaptif terhadap kondisi lingkungan yang berubah. Akses air bersih makin susah, kualitas udara menurun, cuaca ekstrem meningkat, serta ancaman wabah penyakit.

Organisasi PBB, United Nations Children’s Fund atau UNICEF pada 2021 merilis sebuah laporan yang berjudul “The Climate Crisis is a Child Rights Crisis” menyebutkan generasi muda di seluruh dunia dipastikan akan terdampak akibat krisis iklim. Sekitar 600 juta anak rentan tertular berbagai jenis penyakit dan 920 juta anak lainnya harus hidup di tengah kelangkaan air bersih.

Generasi muda punya peran penting mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan guna menghadapi perubahan iklim dan lingkungan. Untuk semakin meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap kelestarian Sinar Mas Land menggelar Green Camp 2023 pada 27 – 28 Oktober 2023 di Balai Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPLHK) Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. lingkungan,

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land mengatakan, Green Camp 2023 Sinar Mas Land digelar dalam format perkemahan yang berfokus untuk memberikan pengetahuan, menumbuhkan kesadaran dan kepemimpinan yang berorientasi pada jiwa yang cinta serta peduli lingkungan. Peserta Green Camp 2023 akan mendapatkan manfaat berupa pengetahuan sekaligus pengalaman dalam mengelola lingkungan hidup secara lestari dan berkelanjutan (sustainable living). Kami harap dengan kegiatan ini, peserta dapat menyampaikan gagasan dan kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan hidup hingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui acara ini, peserta Green Camp 2023 Sinar Mas Land mendapatkan pelatihan beragam kegiatan pelestarian alam melalui kegiatan penanaman 200 bibit pohon yang ditanam di lokasi acara dan wilayah rumah serta sekolah masing-masing peserta, pengelolaan sampah hingga pemilihan Duta Green Camp 2023 sebagai influencer cinta serta peduli lingkungan.

Program ini diikuti sebanyak 136 siswa-siswi dan 46 guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), siswa-siswi sekolah yang berada di kawasan Rumpin, Bogor serta putra-putri dari petani lokal mitra binaan CSR Sinar Mas Land. Termasuk 6 orang guru Tim Penggerak Sekolah Berhati (TPSB) dan 30 anggota Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Rumpin.

Green Camp 2023 berkolaborasi dengan berbagai pihak dan stakeholder, antara lain Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Kwartir Ranting (Kwarran) Pramuka Rumpin-Bogor, Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Bogor), Kementerian Agama (Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Bogor), serta para Pegiat Lingkungan. Kolaborasi ini dijalin untuk memperkaya konten dan proses pembelajaran peserta Green Camp 2023. Dengan demikian, misi mulia program untuk membentuk karakter dan kepribadian pemuda-pemudi agar cinta lingkungan dapat terwujud secara lebih optimal. (Rls)

CSR

Lawan Kecanduan Gawai Lewat Permainan Tradisional, Sinar Mas Land Hadirkan KADO KITA, Kampung Dolanan Khatulistiwa

Published

on

Bisniscorner.com –  Penelitian State of Mobile 2024 yang dirilis oleh Data.AI menunjukkan warga Indonesia menjadi pengguna paling lama di dunia yang menghabiskan waktu dengan smartphone dan tablet pada 2023, yakni lebih dari 6 jam setiap hari.

Sementara Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022 menunjukkan, lebih dari sepertiga anak usia dini di Indonesia sudah biasa menggunakan gawai dan mengakses internet, bahkan dalam sejumlah kasus sudah pada tahap kecanduan gawai. Untuk melawan ketergantungan pada gawai sekaligus melestarikan budaya Indonesia melalui permainan tradisional, Sinar Mas Land menghadirkan program Kampung Dolanan Khatulistiwa (KADO KITA).

KADO KITA dilaksanakan bersama warga pegiat komunitas “Mpok Wati” (Kelompok Wanita Tangguh dan Berseri) yang berlokasi di Kampung Dadap, Rawa Buntu, Tangerang Selatan. KADO KITA terbuka untuk umum di mana pengunjung bisa datang setiap hari pada jam operasional pukul 08.00 –  16.00 WIB.

Tak kurang dari 20 jenis permainan tradisional tersedia, di antaranya adalah egrang, gasing, holahop, panahan, ular tangga jumbo, bakiak panjang, congklak, lompat bambu, dan beragam jenis mainan lain yang dapat memperkuat karakter positif anak.

Wakil Walikota Kota Tangerang Selatan H. Pilar Saga Ichsan, S.T bersama jajarannya yang berkunjung ke Kampung Dadap, Rawa Buntu Serpong pada 26 Mei 2024 menyatakan, saya mengapresiasi Sinar Mas Land yang telah menghadirkan KADO KITA di Kota Tangerang Selatan.

“Kita tahu bahwa permainan tradisional dapat menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyenangkan. Di tengah gempuran teknologi dan maraknya kasus anak kecanduan gawai, permainan tradisional juga dapat mendorong anak untuk bergerak, menyusun strategi, bekerja sama, dan berempati terhadap sesama. Semoga kehadiran konsep tematik Kampung Dadap dapat menginspirasi kampung lain di Tangerang Selatan untuk mengembangkan kawasannya sebagai destinasi wisata unggulan,” ujarnya.

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land menambahkan, mengusung tagline ‘Bermain Gembira, Belajar Budaya’, kehadiran Kampung Dolanan Khatulistiwa ini diharapkan membawa kegembiraan sekaligus melestarikan budaya permainan tradisional. Kehadiran KADO KITA merupakan salah satu upaya Sinar Mas Land untuk memberdayakan masyarakat di sekitar kawasan  perusahaan. Tidak hanya sarat nilai edukasi, kehadirannya melengkapi beragam program bina kampung yang dilaksanakan di Kampung Dadap, seperti pelatihan pertanian dan UMKM hingga penghijauan lingkungan

Selain KADO KITA, Sinar Mas Land melalui program Corporate Social Responsbility juga menghadirkan Taman Edukasi Kampung Dadap yang merupakan wadah dalam penghijauan lingkungan yang bertujuan untuk menata dan mewujudkan permukiman dengan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Dengan edukasi dan pendampingan secara intensif diberikan kepada warga masyarakat, warga didorong untuk menjadi pelaku sekaligus penggerak bagi pemberdayaan lingkungan di kampungnya sendiri. (Rls)

Continue Reading

CSR

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT IKPP Tangerang Tanam 10 Ribu Bibit Mangrove

Published

on

Bisniscorner.com – Unit usaha Asia Pulp and Paper (APP), PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang kembali menanam ribuan bibit mangrove di Urban Aquaculture Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang pada Rabu, (5/6/2024).

Sejak 2018, perusahaan yang memproduksi kertas ini telah menanam bibit mangrove sebanyak 175 ribu batang di sepanjang pesisir pantai utara Kabupaten Tangerang.Penanaman ratusan ribu batang bibit mangrove salah satu bukti PT IKPP Tangerang ikut dalam pelestarian lingkungan sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Untuk hari ini kita tanam bibit mangrove sebanyak 10 ribu batang di Urban Aquaculture Ketapang,” kata Head of Sustainability PT IKPP Tangerang, Kholisul Fatikhin pada Rabu, (5/6/2024).

Menurutnya, penanaman bibit mangrove ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan pada kelestarian lingkungan terus berkomitmen melakukan penanaman pohon mangrove sebagai dukungan dalam merestorasi pesisir pantai Kabupaten Tangerang.

“Ada tiga jenis mangrove yang sudah kita tanam. Yang sekarang kita tanam mangrove jenis burugeira. Sebelumnya, mangrove jenis avicenna dan rhizopora,” ujar Kholisul.

Adapun manfaat penanaman mangrove ini untuk mengantisipasi abrasi di bibir pantai.“Penanaman bibit mangrove diperlukan bagi wilayah pesisir ekosistem agar tidak tergerus abrasi air laut,” terang Kholis.

Di tempat yang sama, Head of Landscape Conservation & Environment APP Group, Jasmine Doloksaribu menyampaikan, kegiatan penanaman mangrove serta penebaran kepiting tapal kuda hari ini adalah bagian dari program restorasi mangrove di pesisir Kabupaten Tangerang, khususnya di Desa Ketapang.

Ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dan kepedulian APP Group melalui PT IKPP Tangerang dalam mendukung upaya pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang dalam menjaga ekosistem pesisir.

“Perusahaan percaya bahwa kolaborasi multi stakeholder akan memberikan manfaat jangka panjang bagi habitat mangrove dan ekonomi lokal yang berkelanjutan. Kami berharap kerja sama ini menjadi langkah awal dalam menjaga keanekaragaman hayati dan keberlanjutan lingkungan,” ujarnya.

Kepala Bidang PSLB3 pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Hari Mahardika mengaku PT IKPP Tangerang telah banyak berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. Terutama disepanjang pesisir pantai.“Bruguiera salah satu jenis mangrove langka. Tak hanya itu, kita juga melepaskan Mimi Ranti atau sejenis Kepiting Tapal Kuda,” jelasnya.

Keberadaan Mimi Ranti, sambung Hari merupakan bio indikator alami jika kawasan tersebut sudah membaik.“Ini menandakan lingkungan (Urban aquaculture Ketapang) tersebut sudah bagus,” pungkasnya. (Rls)

Continue Reading

CSR

Sinar Mas Land Melalui BSD City Raih Award4Change “Circular Township Award” pada World Environment Day 2024

Published

on

Bisniscorner.com – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, menjadi momen bagi Sinar Mas Land, melalui proyek townshipnya BSD City, menerima penghargaan bergengsi Award4Change “Circular Township Award”, atas komitmen dan pencapaiannya dalam menerapkan praktik baik pengelolaan sampah secara bertanggung jawab, pada skala kawasan.

Penghargaan Award4Change diberikan oleh Edi Rivai, Board of Director Waste4Change dan diterima langsung oleh M. Reza Abdulmajid, Chief Risk & Sustainability Officer Sinar Mas Land, di Marketing Gallery BSD City.

Award4Change merupakan ajang penghargaan tahunan yang konsisten diselenggarakan sejak tahun 2020, memberikan penghargaan kepada berbagai pemangku kepentingan multisektor, termasuk kementerian, swasta, BUMN, kedutaan negara sahabat, hingga NGO (non-governmental organization), yang dianggap memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan menjalankan pembangunan berkelanjutan.

Reza Abdulmajid, Chief Risk & Sustainability Officer Sinar Mas Land menyatakan, tidak terkelolanya sepertiga sampah di dunia menjadi isu global saat ini. Tentu bukan perkara mudah untuk menangani permasalahan pengolahan sampah. Sinar Mas Land terus berkomitmen dalam menyediakan solusi inovatif untuk pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Diperlukan kerja sama dan sinergi dengan berbagai stakeholders untuk mencapai hal baik tersebut.

“Kami menggandeng Waste4Change, sebagai perusahaan penyedia layanan pengelolaan sampah, yang dapat membantu mengelola sampah secara optimal dan bertanggung jawab guna mengurangi produksi sampah berakhir di TPA. Semoga kerjasama ini terus berjalan sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat luas,” ujarnya pada Rabu, 5 Juni 2024.

Bijaksana Junerosano, Founder & CEO Waste4Change menambahkan, kami mengapresiasi komitmen BSD City dalam mengimplementasikan praktik baik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan menjadi fenomena teladan untuk Indonesia bahwa dengan kolaborasi dan kesungguhan demi bumi lestari, ekosistem sehat dan berkelanjutan adalah sebuah keniscayaan. Penghargaan ini merupakan momen World Environment Day 2024 terbaik tahun ini, wujud nyata bahwa dengan circular township maka sampah yang sejatinya material, bukan lagi menjadi masalah, melainkan sumber daya yang turut menggerakkan perekonomian bangsa.

Sinas Mas Land melalui BSD City sejak Januari 2023 telah berkolaborasi dengan Waste4Change, guna melakukan pengelolaan sampah. Total unit rumah yang dikelola oleh Waste4Change di BSD City mencapai 3.244 dan 4 tower area komersial dengan total tonase mencapai 2.304,4 ton. Dari pengolahan sampah tersebut, sebanyak 515,3 ton sampah sisa makanan diubah menjadi protein maggot dan kompos, serta 356,4 ton sampah didaur ulang menjadi material baru bermanfaat. Pengolahan sampah tersebut setara dengan pengurangan karbon sebesar 163,1 ton CO2-eq/tahun, sehingga turut berkontribusi pada upaya mitigasi perubahan iklim melalui pengurangan emisi karbon.

Sinar Mas Land secara konsisten melaksanakan beragam program pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Bersama Chandra Asri Group, Sinar Mas Land telah memanfaatkan olahan sampah plastik sebagai bahan dasar pembuatan aspal jalan sepanjang 8,6 kilometer di kawasan BSD City. Inisiatif tersebut menjadikan kawasan BSD City sekaligus sebagai township pertama di Indonesia pengguna sampah sebagai bahan aspal. Pemanfaatan 164,2 juta lembar plastik kresek tersebut setara dengan mengalihkan 410,57 ton sampah plastik kresek dari TPA. Pada aspek Climate Change Management Sustainability, Sinar Mas Land telah konsisten melaksanakan program Plastic Exchange.

Program tersebut mengajak masyarakat di wilayah Kecamatan Pagedangan dan Cisauk (Kabupaten Tangerang), dan Serpong (Kota Tangerang Selatan) untuk mengumpulkan sampah plastik yang dapat ditukar dengan buku bacaan, ataupun kebutuhan pokok, seperti beras dan minyak goreng. Program yang bertajuk Plastic to Food dan Plastic to Book itu membuat masyarakat di sekitar kawasan lebih peduli untuk memilah sampah.

Berbagai inisiatif hijau lainnya juga sudah dilakukan Sinar Mas Land untuk mendukung pembangunan berkelanjutan antara lain penggunaan material ramah lingkungan, penerapan Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui penerapan panel surya di bangunan-bangunan komersial, sarana penerangan jalan hingga pemanfaatan layanan Renewable Energy Certificate (REC) dari PT PLN (Persero).

Proses energy management di sejumlah gedung milik Sinar Mas Land difokuskan untuk meminimalisir penggunaan energi dan rendah karbon. Melalui layanan dan kegiatan  ini, Sinar Mas Land turut mendukung inisiasi pemerintah dan mengambil bagian dalam mengurangi emisi CO2. (Red))

 

 

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News15 jam ago

The Botanica Sanctuary Mempersembahkan Itameshi 2.0: Semarak Kuliner dalam Kolaborasi dengan Chef Matteo Meacci

Bisniscorner.com – The Botanica Sanctuary dengan bangga mengumumkan acara kuliner yang sangat dinanti-nantikan, Itameshi 2.0, dalam kolaborasi dengan Chef terkemuka...

Breaking News1 hari ago

Kementerian PUPR Rampungkan Perbaikan Sistem Jaringan Air Baku Pasigala di Palu Sulawesi Tengah

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan rekonstruksi dan peningkatan Sistem Jaringan Air Baku Pasigala (Palu,...

Breaking News2 hari ago

Dukung Budidaya Perikanan Terpadu, Regal Springs Indonesia dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB Jalin Kerjasama

Bisniscorner.com –  Untuk mendukung pengembangan budidaya perikanan terpadu, Regal Springs Indonesia (PT Aqua Farm Nusantara) bersama Fakultas Perikanan dan Ilmu...

Breaking News2 hari ago

Alumni SMAN 16 Jakarta Merayakan Momen Kocak Saat Reuni Perak

Bisniscorner.com – Banyak yang bilang, waktu SMA adalah masa-masa indah tidak terlupakan. Masa linglung remaja yang bikin bingung, masa jatuh...

Breaking News2 hari ago

Pertemuan Bilateral dengan Uzbekistan, Menteri Basuki Sampaikan Peluang Kerja Sama Bidang Sumber Daya Air

Bisniscorner.com – Dalam kunjungan kerjanya ke Tajikistan dan Uzbekistan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan...

Breaking News3 hari ago

Plenary Session 3rd High-Level International Conference di Tajikistan, Menteri Basuki Ajak Kolaborasi Transformatif untuk Ketahanan Air Global

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  didampingi Duta Besar RI untuk Republik Tajikistan dan Kazakhstan...

Trending