Connect with us

CSR

Sinar Mas Land Berikan Beasiswa Pelatihan Coding Kepada Para Pemuda di Tangerang

Published

on

Bisniscorner.com  – Berdasarkan survei dari Bank Dunia dan McKinsey menyebutkan bahwa Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital pada periode 2015-2030 atau selama 15 tahun. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, Indonesia perlu mencetak 6.000 orang di bidang teknologi digital setiap tahunnya.

Sinar Mas Land pun secara konsisten mendukung pemerintah dalam memenuhi kebutuhan talenta digital nasional melalui program beasiswa pendidikan dan pelatihan coding. Tahun ini, perusahaan meluluskan 10 peserta beasiswa coding dari salah satu institusi pendidikan di bidang teknologi yakni Techpolitan BSD City pada Selasa (19/12) lalu. Para peserta adalah pemuda dan pemudi yang berasal dari sekitar wilayah BSD City di Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Para peserta penerima beasiswa di batch ketujuh ini telah menyelesaikan program pelatihan selama 2 bulan yang mereka ikuti secara langsung. Berbagai pelatihan di bidang digital telah didapatkan oleh peserta terpilih meliputi, pelatihan bahasa pemrograman baik front-end dan back-end, serta pengembangan soft skill untuk memperkuat kemampuan interpersonal.

Dalam program ini, Sinar Mas Land menggandeng Techpolitan sebagai institusi nonformal di bidang teknologi informasi (TI) untuk menyelenggarakan program beasiswa pendidikan dan pelatihan coding tersebut kepada lulusan SMA, SMK, hingga universitas/perguruan tinggi sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

Managing Director President Office Sinar Mas Land – Dony Martadisata mengatakan, pelatihan dan Peningkatan Skill Komunitas melalui beasiswa coding ini merupakan salah satu program Community Resident Support (CRS) Sinar Mas Land yang ditujukan bagi masyarakat di sekitar proyek pembangunan untuk mendapatkan keterampilan dan keahlian guna mendukung kemajuan ekonomi digital nasional. Dengan adanya program ini, kami harap dapat mencetak lebih banyak SDM lokal yang memiliki kompetensi digital berstandar global. Karena, sejatinya salah satu kunci sukses dalam transformasi digital adalah menciptakan digital talent pool yang handal guna memenuhi kebutuhan industri teknologi digital yang kian berkembang secara pesat.

Pelaksanaan program beasiswa dan pelatihan coding dimulai dengan tahap tes kemampuan dasar serta wawancara pada periode Agustus – September 2023 lalu. Lebih dari 50 peserta mendaftar untuk batch ketujuh ini, namun hanya 10 peserta terpilih yang memenuhi syarat untuk mengikuti pelatihan. Kali ini, kolaborasi dalam penyelenggaraan program tersebut juga melibatkan komunitas Industri Kreatif (Ikraf) Kabupaten Tangerang serta Ruang Generasi Digital Kabupaten Tangerang. Selain itu, tahun ini program pelatihan coding menghadirkan tiga guru SMK dari jurusan Information Technology (IT) di Kabupaten Tangerang sebagai pengamat program.

Program Pelatihan dan Peningkatan Skill Komunitas ini telah dilaksanakan sejak 2017 yang dibagi dalam tujuh batch (kelompok) dan hingga saat ini sudah meluluskan 81 peserta. Tidak hanya memberikan beasiswa, Sinar Mas Land juga membantu menyalurkan para awardee yang lulus program pelatihan tersebut ke sejumlah perusahaan teknologi hingga startup.

Saat ini, sebagian peserta diserap oleh sejumlah perusahaan teknologi seperti PT Walden Global Services (WGS), WGS Hub, Emveep Tech, AppChef, hingga perusahaan rintisan dari program Startup Studio Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (Rls)

CSR

Super Indo Kenalkan Konsep Supermarket Ramah Sampah dan Luncurkan Fasilitas Smart Waste Hub di Kota Bandung

Published

on

Bisniscorner.com – Super Indo memperkenalkan konsep Supermarket Ramah Sampah yang dijalankan di Kota Bandung, sekaligus meluncurkan poin pengumpulan sampah kemasan plastik Smart Waste Hub yang berbasis digital, berkolaborasi dengan Waste Hubs Indonesia dan perusahaan FMCG multinasional Procter & Gamble (P&G) Indonesia. Dengan konsep Ramah Sampah, supermarket yang sudah hadir melayani warga Bandung sejak 1997 ini mampu menangani seluruh sampah operasionalnya dengan pendekatan reduce, reuse, recycle secara optimal. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen Super Indo untuk menjalankan bisnis retail yang berkelanjutan dengan fokus pada pengelolaan dan penanganan sampah (Zero Waste) dengan pendekatan sirkular ekonomi, serta edukasi masyarakat untuk merubah kebiasaan membuang sampah yang berdampak buruk pada lingkungan.

Berdasarkan Data BPS Kota Bandung 2023, jumlah produksi sampah di Kota bandung mencapai 1.594,18 ton per hari pada 2022. Urutan pertama yaitu produksi sampah makanan di Kota Bandung yaitu per hari mencapai 709,73 ton per hari atau sebesar 44,52 persen dari total harian sampah yang diproduksi. Urutan kedua adalah yaitu sampah plastik mencapai 266,23 ton per hari atau sebesar 16,70 persen. Kemudian, di urutan ketiga ada sampah kertas. Sampah jenis kertas ini mencapai 209,16 ton per hari atau sebesar 13,98 persen dari total harian produksi sampah di Bandung.

Boudewijn van Nieuwenhuijzen, President Director Super Indo mengungkapkan, sebagaimana kita ketahui bersama, Hari Peduli Sampah Nasional diperingati untuk mengingatkan kita bahwa setiap orang memiliki peran dalam menjaga lingkungan dengan mengelola sampah melalui langkah-langkah sederhana yaitu Reduce, Reuse, Recycle (3R). Sebagai implementasi payung besar program Sustainability Super Indo yaitu “ZeroToLandfill”, saat ini kami dengan bangga memperkenalkan program Supermarket Ramah Sampah dimana Kota Bandung menjadi pilot project sebelum diimplementasikan secara nasional. Dengan berinvestasi dalam program ini, kami ingin membangun fondasi yang kuat untuk transisi ke masa depan yang lebih ramah lingkungan dan membuktikan bahwa kami sebagai pelaku usaha memiliki komitmen tinggi mendukung program untuk mewujudkan pengelolaan sampah yang berkelanjutan melalui pelaksanaan ekonomi sirkular.

Vinda Damayanti Ansjar, Direktur Pengurangan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengatakan, setiap tanggal 21 Februari kita memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang dilatarbelakangi peristiwa longsor di TPA Leuwigajah. Saat ini, isu sampah plastik sudah menjadi permasalahan global. Jadi, bukan hanya Indonesia saja yang menghadapi permasalahan polusi plastik, tetapi juga hampir semua negara. Pemerintah melalui KLHK mengajak dan mendorong pelaku usaha, khususnya para produsen, untuk dapat mengimplementasikan konsep ekonomi sirkular,baik di tahap produksi, maupun post-consumer activity.

“Jadi kami mengapresiasi Super Indo karena telah melakukan upaya  pemanfaatan  hampir  seluruh  sampahnya  sehingga  sangat  sedikit  sekali  sampah yang dikirim ke TPA. Kami juga berterima kasih kepada Waste Hubs Indonesia, dan P&G Indonesia karena telah membantu menyediakan poin pengumpulan sampah kemasan plastik WAHU. Kami harapkan ekosistem kerjasama yang diterapkan pada hari ini dapat membantu produsen maupun retail lainnya untuk mencontoh apa yang telah dilakukan Super Indo dan bisa diterapkan ke seluruh gerai Super Indo lainnya sebagai sarana edukasi,” terangnya, pada 29 Februari 2024.

Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, mengungkapkan bahwa, dalam kurun waktu ini, kami di Kota Bandung dibayangi oleh permasalahan sampah akibat peristiwa di TPA Sarimukti pada tahun 2023 berimbas kepada penumpukan sampah hingga 41.000 ton sehingga penumpukan sampah yang tidak terbuang di sudut kota Bandung sangat mengganggu masyarakat. Untuk dapat mengatasi permasalahan sampah, Pemerintah Kota Bandung telah membuat berbagai macam program penanganan sampah yang cukup sejalan dengan yang dilakukan oleh Super Indo yaitu Gerakan Kang PisMan yang merupakan kependekan dari kata Kurangi, Pisahkan, dan Manfaatkan Sampah. Atas nama Pemerintah Kota Bandung, kami memberikan apresiasi kepada Super Indo yang telah menginisiasi dan menjadikan Kota Bandung menjadi Pilot City dalam program Supermarket Ramah Sampah.

Merlijn Lammesen, Co-founder Waste Hubs Indonesia (WAHU) mengatakan, kami bangga berkolaborasi dengan Super Indo dan P&G Indonesia dalam menghadirkan Poin Pengumpulan Sampah Plastik WAHU di Kota Bandung. Setelah kami meluncurkan dua fasilitas di Tangerang dan Bekasi, kami berharap fasilitas baru di Kota Bandung ini dapat memenuhi permintaan pelanggan untuk lebih banyak titik pengumpulan dan lebih jauh lagi mengejar ambisi kami untuk menciptakan jaringan pusat pengumpulan sampah plastik terkemuka, paling transparan, dan profesional di Indonesia dengan menggunakan teknologi fintech yaitu aplikasi WAHU. Saat ini kami sedang bersiap melakukan ekspansi di beberapa titik bersama Super Indo.

Jonn Terence Dy, Marketing Head and Sustainability Leader, P&G Indonesia mengungkapkan,  bagi kami di P&G, keberlanjutan lingkungan merupakan bagian integral dalam menjalankan bisnis. Kami senantiasa fokus mengembangkan berbagai inovasi program dan produk yang tidak hanya memiliki kualitas superior, namun juga berkelanjutan bagi lingkungan. Untuk mencapai misi tersebut, kami juga menjalin kolaborasi dengan banyak pihak untuk mengatasi berbagai isu lingkungan yang kompleks, termasuk dengan salah satu mitra ritel kami Super Indo, dan WAHU. Lewat kolaborasi kami bersama Super Indo sejak dua tahun lalu serta dukungan terhadap program ini, kami berharap dapat memperkuat upaya bersama dalam menjaga lingkungan, sehingga semakin banyak konsumen terlibat dalam program pemilahan dan pengelolaan sampah, guna menghasilkan dampak positif yang lebih besar bagi lingkungan. Ini adalah cara konkret kami dalam mewujudkan misi P&G sebagai Force for Growth and Force for Good.

Sementara itu, Yuvlinda Susanta, General Manager of Corporate Affairs & Sustainability, Super Indo mengungkapkan, Supermarket Ramah Sampah merupakan inisiasi keberlanjutan dengan dua aspek penting yaitu melakukan manajemen sampah dengan pendekatan 3R pada 100% sampah yang dihasilkan dari kegiatan operasional sehingga menjadi zero to landfill, dan menjalankan edukasi publik untuk merubah kebiasaan buang sampah yang berdampak buruk bagi lingkungan. Dalam upaya edukasi publik tersebut, Super Indo memperkenalkan Poin Pengumpulan Sampah Kemasan Plastik yang bekerja sama dengan Waste Hubs Indonesia, dan didukung oleh P&G Indonesia.

Aksi kolaborasi Super Indo bersama P&G Indonesia telah berjalan sejak dua tahun lalu. Diawali dengan program Conscious Living di wilayah Bandung dan Jakarta untuk pelanggan dan konsumen Super Indo serta P&G Indonesia. Pada program bersama Waste Hubs Indonesia tahun ini, adapun jenis sampah yang dapat dikumpulkan mencakup beberapa jenis kemasan plastik produk Super Indo 365 dan produk P&G Indonesia (Shampoo Pantene, Head & Shoulders, Rejoice, Herbal Essences, dan Pewangi Pakaian Downy). Masyarakat yang sudah mengikuti program ini dan telah memenuhi syarat, dapat poin yang terkumpul di aplikasi WAHU menjadi saldo e-wallet dan voucher belanja Super Indo.

“Kami percaya bahwa sampah tidak boleh dilihat sebagai sumber pencemaran lingkungan yang harus dibuang begitu saja ke tempat pembuangan sampah. Hal ini merupakan satu inovasi dan solusi terbaru dalam menangani sampah dengan melibatkan masyarakat, serta yang tidak kalah pentingnya, melibatkan perubahan perilaku dan kesadaran masyarakatm,” tutup Yuvlinda. (Rls)

Continue Reading

CSR

Indosat Ooredoo Hutchison Tanggap Darurat Bencana, Berikan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Banjir Bandang di Demak

Published

on

Bisniscorner.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) telah menyalurkan bantuan tanggap darurat bencana kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Bantuan ini meliputi paket kebutuhan dasar dan layanan komunikasi gratis yang didistribusikan langsung kepada masyarakat yang terdampak di Desa Sambung, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Inisiatif ini merupakan wujud kepedulian Indosat sekaligus bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) di pilar Filantropi.

Setelah penetapan status tanggap darurat, Indosat segera berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah setempat guna menyampaikan bantuan kepada warga yang terdampak bencana. Jenis bantuan yang disiapkan meliputi makanan siap saji, air mineral, serta paket kartu perdana dari IM3 dan Tri yang bertujuan agar masyarakat dapat tetap terhubung dengan keluarga maupun kerabat saat kondisi tanggap darurat. Bantuan diserahkan langsung oleh perwakilan Indosat area Jawa Tengah kepada masyarakat yang terdampak melalui dua titik distribusi, yakni di MA Al Isryad Gajah dan Balai Desa Sambung Gajah, Kecamatan Gajah, pada Senin (12/2) lalu.

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang mengatakan, “Indosat Ooredoo Hutchison berempati terhadap masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang Demak. Indosat berkomitmen tanpa henti untuk selalu hadir dan mendukung kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia. Penyaluran bantuan primer kepada masyarakat yang terdampak banjir bandang adalah salah satu wujud kehadiran Indosat secara langsung, khususnya dalam situasi-situasi yang krusial seperti saat terjadi tanggap darurat bencana. Kami berharap kondisi akan segera membaik, dan bantuan yang diberikan dapat bermanfaat serta meringankan beban masyarakat yang terdampak.”

Siti Komariyah (28) pengungsi asal Kecamatan Gajah yang merupakan salah satu penerima manfaat mengatakan bahwa sudah lima hari rumahnya tergenang banjir. “Saya sangat terbantu dengan adanya kartu perdana yang diberikan oleh Indosat. Dengan bantuan ini, Saya dapat berkomunikasi dengan keluarga tanpa ada kendala.”

Senada dengan Komariyah, Kepala Desa di Desa Sambung, Kecamatan Gajah, Kholil (55) menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Indosat. “Terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Indosat. Kini warga di desa Sambung dapat berkomunikasi tanpa hambatan karena sinyal juga sudah baik dan lancar. Semoga seluruh pihak dapat terus bersinergi agar dampak banjir dapat segera teratasi,”ujarnya,

Indosat juga berkomitmen untuk tetap menjaga kestabilan jaringan selama kondisi tanggap darurat bencana berlangsung. Secara umum kondisi jaringan Indosat di wilayah Demak tidak terdampak secara signifikan dan tetap beroperasi dengan normal. “Kami terus melayani pelanggan yang tersebar di Jawa Tengah dengan didukung oleh lebih dari 20 ribu BTS 4G. Tim teknis kami di sekitar area bencana juga terus berjaga memantau kondisi jaringan agar masyarakat tetap nyaman menggunakan layanan Indosat dalam berkomunikasi dengan keluarga maupun kerabat tercinta. Hal ini sejalan dengan misi Indosat dalam memberikan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Steve. (Rls)

Continue Reading

CSR

Sinar Mas Land Beri Bantuan Sarana Prasarana dan Edukasi Peduli Lingkungan di Tangerang Selatan

Published

on

Bisniscorner.com – Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk kembali menyalurkan bantuan berupa sarana, prasarana dan edukasi peduli lingkungan kepada 44 sekolah, termasuk madrasah di sekitar wilayah Kota Tangerang Selatan, yang dilaksanakan secara bertahap mulai November 2023 hingga Januari 2024.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen dan kepedulian Sinar Mas Land dalam pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (Corporate Social Responsibility) yang memberikan dampak positif terhadap masyarakat.

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land mengatakan, Sinar Mas Land terus konsisten menjalankan program Bantuan Sekolah untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi sekolah-sekolah yang telah bergabung pada Sekolah Berhati. Sekolah Berhati merupakan bagian dari program Bina Sekolah yang diinisiasi oleh Divisi Corporate Social Responsibility (CSR) dan Green Initiative Sinar Mas Land khususnya CSR bidang pendidikan berkolaborasi dengan penggerak pendidikan Tangerang Raya dalam mengusung nilai-nilai berkarakter hijau, sehat, dan inovatif yang berjalan sejak Maret 2021. Kami harap semoga bantuan ini dapat memberikan dampak serta manfaat pada sekolah-sekolah di sekitar lokasi pengembangan perusahaan.

Program Bantuan Sekolah Sinar Mas Land kali ini dalam bentuk pendirian fasilitas saung baca untuk menunjang peningkatan literasi. Selain itu ada pula, pengadaan rak sampah organik dan non-organik, hingga pembuatan lahan resapan air dan komposter sebagai pengelolaan sampah organik menjadi pupuk kompos. Sinar Mas Land juga bekerja sama dengan praktisi ahli di bidang Pertanian dan Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan untuk workshop budidaya tanaman anggur sebagai upaya penghijauan sekolah dan workshop budidaya maggot serta media biopond sebagai biokonversi sampah organik di sekolah.

Pihak penerima yang mendapat bantuan telah menjalani peninjauan seleksi sebagai sekolah yang relevan dengan kurikulum Sekolah Berhati dan menunjang kegiatan pembelajaran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) untuk memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar.

Rostinah S.Pd, Kepala Sekolah SDN Bambu Apus 02 Kecamatan Pamulang menyatakan, “Saung baca yang  didirikan oleh Sinar Mas Land memberikan manfaat untuk proses pembelajaran. Siswa juga merasa senang karena dapat pengalaman belajar di luar ruang kelas. Sejalan dengan hal tersebut, kami harap  semoga saung baca dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh warga sekolah, dan kerja sama dengan Sinar Mas Land ini dapat terus berlanjut di masa depan.”

Sejalan dengan itu, Sinar Mas Land juga tengah menggulirkan program Plastics to Books, yakni penukaran sampah plastik dengan buku bacaan. Beberapa sekolah yang mendapatkan bantuan saung baca juga merupakan sekolah yang aktif dalam pengelolaan sampah plastik di lingkungan sekolah.

Tak hanya di Kota Tangerang Selatan, sejauh ini Sinar Mas Land juga telah berkontribusi dalam mengembangkan pendidikan kepada ratusan sekolah termasuk madrasah, yang ada di Kabupaten Tangerang, melalui program Bina Sekolah.

Program ini telah melakukan serangkaian kegiatan dalam bentuk peningkatan kapasitas tenaga pendidik, bantuan pendidikan, bantuan sekolah, advokasi kebijakan pengembangan pendidikan, serta pendampingan program pendidikan secara berkala. Program Sekolah Berhati berhasil meraih penghargaan Gold Winner melalui program CSR di bidang pendidikan dalam ajang Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2022. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 jam ago

Pengendalian Banjir di Kabupaten Karawang dan Bekasi, Kementerian PUPR Bangun Bendungan Cibeet dan Cijurey

Bisniscorner.com – Guna mengurangi risiko banjir di hilir Sungai Citarum, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 2 Bendungan,...

Breaking News10 jam ago

BCA Tawarkan Bunga Spesial KPR 2,67%, Cocok untuk Keluarga Baru yang Sedang Mencari Rumah

Bisniscorner.com  – Penyaluran Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sepanjang 2023 lalu ada dalam tren...

Breaking News2 hari ago

Pasok Kebutuhan Air Minum IKN, Menteri Basuki: IPA Sepaku Operasional Juni 2024

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku di Penajam...

Breaking News2 hari ago

Menteri PUPR dan Pj Gubernur Jawa Barat Bahas 5 Agenda Pembangunan Infrastruktur di Jawa Barat

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kedatangan dan melakukan pertemuan dengan Penjabat (Pj) Gubernur...

Breaking News4 hari ago

Tingkatkan Ketangguhan Fisik dan Mental SDM, Kementerian PUPR Gelar Pelatihan Bela Negara bagi Kasatker, PPK, dan Pokja PBJ Angkatan III Tahun 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara resmi membuka penyelenggaraan Pelatihan Bela Negara bagi Kepala Satuan Kerja...

Breaking News4 hari ago

Kementerian PUPR dan PT Gudang Garam (Tbk) Segera Bangun Jalan Tol Kediri – Tulungagung Sepanjang 44,17 km di Jawa Timur

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan PT Gudang Garam (Tbk), Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan...

Trending