Connect with us

Bisnis

IOH Catatkan Momentum Pertumbuhan Yang Solid Di Seluruh Lini Bisnis, Pendapatan dan EBITDA Tumbuh Dua Digit di Tahun 2023

Published

on

Bisniscorner.com – Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) (“Indosat”, “IOH”, atau “Perusahaan”) melaporkan kinerja cemerlang dalam periode dua belas bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023, termasuk pertumbuhan yang pesat dalam total pendapatan, EBITDA, margin EBITDA, trafik data, dan jumlah BTS (Base Transceiver Station) 4G. Total pendapatan dan EBITDA tumbuh konsisten di setiap kuartal tahun 2023.

Indosat membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di sepanjang 2023, meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY). Pertumbuhan total pendapatan tersebut didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan. Pendapatan Selular tumbuh 8,7% YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi. Sementara itu pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0% YoY ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan Internet Tetap. Selanjutnya, pendapatan Telekomunikasi Tetap juga melesat 28,4% YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan Jaringan tetap.

Peningkatan pendapatan ini juga diikuti oleh optimalisasi biaya yang berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0% YoY menjadi Rp23,9 triliun. Indosat juga berhasil mencatat EBITDA margin yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8%, meningkat 4,5 poin persentase YoY. Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun dan tetap positif selama 3 tahun berturut-turut.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari kontribusi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, dan tentunya seluruh karyawan kami. Kinerja keuangan dan operasional yang kuat ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia. Peka terhadap dinamika pasar, inovasi layanan yang berpusat pada teknologi, serta integritas pada keunggulan operasional tidak hanya menjadi kunci dalam menavigasi pertumbuhan bisnis namun turut memperbesar penciptaan nilai bagi para pemangku kepentingan kami.

Sepanjang tahun 2023, Indosat juga terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus juta pelanggannya di kedua merek konsumennya, IM3 dan Tri, yang menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3% menjadi Rp35,6 ribu. Bertambahnya basis pelanggan yang berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0. Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang diberikan Perusahaan kepada pelanggan.

Sementara itu, hadirnya layanan Indosat juga semakin memudahkan masyarakat terhadap kebutuhan akses layanan digital serta memberikan pengalaman yang mengesankan di wilayah Jabodetabek & Banten. Sepanjang dua belas bulan tahun 2023 (FY2023), jumlah pelanggan Indosat di Region Jabodetabek & Banten (JABO) tercatat mencapai lebih dari 25,8 juta pelanggan, dimana sekitar 81 persen diantaranya aktif menggunakan layanan internet yang menyumbangkan pertumbuhan trafik data sebesar 16 persen. Pada 2023, Indosat region JABO memiliki sekitar 44 ribu sites (BTS 4G) yang melayani pelanggan di wilayah tersebut, atau bertambah 11 persen dari periode yang sama tahun 2022.

Mengakselerasi Perjalanan Transformatif dari Telco menjadi TechCo

Strategi transformasi Indosat dari Telco ke TechCo mencapai tonggak penting pada tahun 2023. Untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperluas konektivitas di wilayah perdesaan, Indosat meningkatkan jumlah BTS 4G sebesar 30,7% YoY, menjadi 179.000 sites di seluruh Indonesia. Indosat juga menyelesaikan proses integrasi jaringan di lebih dari 46.000 sites hanya dalam waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN). Dengan penerapan teknologi ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan pengalaman digital pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming. Peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik data yang kuat sebesar 14,8% YoY menjadi 14.417 Petabyte (PB).

Belanja modal Indosat tercatat sebesar Rp12,7 triliun yang sebagian besar digunakan untuk pengembangan bisnis selular serta perluasan jangkauan jaringan hingga ke daerah perdesaan dan terpencil. Tidak hanya itu, Perusahaan terus melakukan berbagai kerja sama strategis dengan berbagai mitra berskala global, mulai dari peluncuran pusat pameran inovasi, Indosat Marvelous Xperience (MX) Center, hingga kerja sama strategis dalam pengelolaan pusat data berteknologi tinggi.

Dalam perjalanan menuju perusahaan teknologi, Indosat juga terus mengembangkan layanan internet fixed broadband, termasuk melalui akuisisi sejumlah pelanggan aset milik MNC Play dalam rangka mempertegas langkahnya di bisnis Home Broadband (HBB). Perusahaan mencatat kenaikan jumlah pelanggan HBB menjadi 336,9 ribu di akhir 2023. Sedangkan pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) aplikasi milik Indosat, myIM3 dan bima+ turut meningkat pesat sebanyak 8,6 juta YoY menjadi 37,7 juta pengguna, mencerminkan potensi bisnis digital yang menjanjikan.

Lebih lanjut, Vikram menegaskan peran strategis Indosat dalam menginisiasi pertumbuhan infrastruktur pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Bersama mitra strategisnya, Indosat memiliki tekad untuk memajukan Indonesia dalam pengembangan AI Cloud tingkat dunia.

“Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi bersama berbagai pihak yang didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami dalam mewujudkan tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan mengakselerasi transformasi digital bangsa,” tutup Vikram. (Rls)

Bisnis

Astra Financial Hadirkan Festival Layanan Keuangan Digital, TUMBUH by Astra Financial pada 9-24 Maret 2024

Published

on

Serpongupdate.com – Dalam upaya untuk menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, Astra Financial akan menghadirkan festival layanan keuangan digital bertajuk TUMBUH by Astra Financial. Kegiatan ini adalah pameran virtual pertama yang diselenggarakan oleh Astra Financial.

TUMBUH by Astra Financial merupakan inovasi teknologi layanan keuangan digital Astra Financial untuk mendorong masyarakat agar berkembang dan sejahtera secara berkelanjutan. Pameran virtual ini dapat mulai dinikmati konsumen pada 9 – 24 Maret 2024.

Project Director TUMBUH by Astra Financial, Tan Chian Hok menyampaikan, melalui TUMBUH by Astra Financial, kami ingin memastikan bahwa masyarakat memiliki akses mudah, nyaman serta aman terhadap produk dan layanan keuangan Astra Financial, sehingga dapat mendukung kebutuhan finansial mereka, di mana pun berada.

Tema "TUMBUH" memiliki arti sebagai simbol pertumbuhan dan kemakmuran. Layaknya tanaman, keberadaan kita harus terus tumbuh dan berkembang sehingga dapat mendatangkan manfaat bagi yang lainnya.

Acara ini akan diramaikan oleh 10 unit bisnis Astra Financial. Yakni, AstraPay, Maucash, Moxa dan SEVA dari unit bisnis digital. Dari unit bisnis pembiayaan yang turut mendukung mulai dari FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, Astra Life dan Bank Jasa Jakarta melalui produk digitalnya, Bank Saqu.

TUMBUH by Astra Financial bertujuan menjadi festival keuangan yang inklusif dan dapat diakses oleh masyarakat di mana pun dan kapan pun selama periode kegiatan pameran virtual itu berlangsung. Hal ini sekaligus merupakan bentuk dukungan atas upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam peningkatan inklusi keuangan dengan terus mendorong pengembangan ekosistem digital akses produk dan layanan jasa keuangan, sehingga mempermudah dan meningkatkan daya jangkauannya ke masyarakat di seluruh Indonesia.

Program dan Promo di TUMBUH by Astra Financial

TUMBUH by Astra Financial akan menghadirkan berbagai program dan aktivitas menarik, baik secara online maupun offline. Acara ini juga akan turut diramaikan lewat berbagai permainan berhadiah.

Untuk meningkatkan antusiasme masyarakat, TUMBUH by Astra Financial akan hadir secara offline di 7 kota, yaitu: Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung, Makassar, Bali dan Balikpapan dengan Pop-Up Booth di titik strategis serta kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) sehubungan dengan momen Ramadhan.

Kegiatan sosial menjadi bentuk kepedulian Astra Financial dan unit-unit bisnisnya sesuai Astra Sustainability Aspiration. Tidak hanya itu, dalam rangkaian TUMBUH by Astra Financial juga akan digelar program literasi keuangan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai keuangan. Program ini diharap dapat berkontribusi terhadap target tingkat inklusi dan literasi keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cara Mengakses TUMBUH by Astra Financial

1. Kunjungi www.astrafinancialevent.com

2. Registrasi untuk membuat akun pada website.

3. Akan dihadirkan petunjuk penggunaan bagi konsumen.

4. Konsumen tiba di 360 Main Hall dan dapat mengunjungi berbagai layanan yang

terlampir pada Map serta info mengenai Info Event.

5. Konsumen juga dapat menyaksikan FLASH PROGRAM yang akan dilaksanakan setiap

hari pada 9-24 Maret di pukul 17.00 WIB dan 19.30 WIB untuk mendapatkan

berbagi penawaran fantastis. Jika terlewat, konsumen dapat menonton siaran ulang.

6. Pada 360 Kriteria Hall, konsumen dapat memilih berbagai pilihan layanan pada tab

Automotive, Digital Bank & Investment, Lifestyle, dan Insurance untuk menikmati

promo dan program di TUMBUH by Astra Financial. (Rls)

Continue Reading

Bisnis

BCA Luncurkan Aplikasi Merchant BCA, Bikin Pelaku Usaha Jadi Serba Bisa

Published

on

Bisniscorner.com  — Selaras dengan komitmen inovasi berkelanjutan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, serta konsisten mendukung ekosistem bisnis lokal, BCA meluncurkan aplikasi Merchant BCA. Aplikasi ini didesain sebagai solusi terdepan yang dirancang untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Peluncuran aplikasi Merchant BCA dilaksanakan bertepatan dengan penyelenggaraan BCA Expoversary 2024 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, dan dihadiri oleh Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono, Direktur BCA Santoso, EVP Pengembangan Solusi Kerjasama dan Transaksi Perbankan BCA Hendra Tanumihardja, dan EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn.

Aplikasi Merchant BCA merupakan sarana komprehensif bagi mitra merchant untuk menyederhanakan transaksi keuangan, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendukung pertumbuhan bisnis. Fitur-fitur yang menjadi unggulan dari aplikasi Merchant BCA antara lain:

1. Merchant Care

Aplikasi Merchant BCA menawarkan fitur Merchant Care yang memberikan informasi dan solusi terkait EDC atau QRIS selama 24 jam dalam 7 hari penuh. Selain itu, Merchant Care juga memudahkan merchant untuk mengajukan pelaporan kendala melalui aplikasi, untuk kemudian ditindaklanjuti oleh BCA. Hal ini diharapkan dapat memberikan dukungan yang optimal kepada pengguna, dan memastikan kebutuhan dan pertanyaan mitra merchant dapat ditanggapi.

2. Manajemen User

Di dalam aplikasi merchant BCA juga dapat dengan leluasa mengatur hak akses untuk kebutuhan berbagai fungsi user, mulai dari super admin (owner), admin, finance, hingga hak akses untuk user kasir.

3. Real-time Notifikasi Transaksi

Aplikasi Merchant BCA memberikan platform yang ramah pengguna untuk mengelola transaksi keuangan dengan lancar. Mulai dari cek transaksi EDC BCA & QRIS secara real-time hingga pemantauan pendapatan secara real-time. Mitra merchant kini dapat melihat gambaran menyeluruh tentang transaksi keuangan mereka, sehingga memberdayakan mereka untuk membuat keputusan yang terinformasi. Jika dibutuhkan, laporan transaksi dapat diunduh dan dikirimkan ke email untuk kemudahan pelaporan.

4. Pengajuan EDC atau QRIS Statis

Aplikasi Merchant BCA juga menghadirkan fitur pengajuan EDC atau QRIS Statis, sehingga meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi mitra merchant untuk memperoleh perangkat transaksi.

“Di BCA, kami percaya pada kekuatan inovasi untuk mendorong kemajuan bisnis dan pertumbuhan perekonomian nasional. Aplikasi Merchant BCA adalah bukti komitmen kami untuk menyediakan solusi terdepan yang memenuhi kebutuhan pengusaha atau mitra merchant yang terus berkembang. Dengan kehadiran aplikasi merchant BCA, kami berharap dapat berkontribusi bagi pengembangan dan pemberdayaan mitra merchant, termasuk UMKM di Indonesia,” jelas Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono.

Sebagai informasi, mitra merchant yang tertarik untuk memanfaatkan keuntungan dari aplikasi Merchant BCA dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui Google PlayStore ataupun Appstore. Untuk menemukan

informasi lebih lanjut sekaligus mekanisme pendaftarannya, dapat mengunjungi bca.id/merchantbca.

“BCA senantiasa berupaya menyediakan pelayanan terbaik bagi segenap nasabah tercinta, termasuk nasabah bisnis. Oleh karena itu, kami senantiasa berinovasi tidak hanya dari sisi business to consumer (B2C), namun juga pada segmen business to business (B2B). Selain aplikasi merchant BCA ini, kami juga menyediakan beragam solusi perbankan dan kredit yang memungkinkan UMKM dan pengusaha lokal untuk tumbuh dan berkembang bersama BCA, misalnya EDC dengan fitur touch screen hingga program BCA Bangga Lokal,” ucap Direktur BCA Santoso.

BCA juga memiliki program cashback MDR 100% yang dapat dinikmati oleh merchant individu dalam kategori usaha mikro (UMI). Program ini berlaku untuk merchant baru maupun merchant eksisting yang aktif menggunakan aplikasi Merchant BCA. Informasi lebih lanjut mengenai program cashback MDR 100% dapat dilihat pada bca.id/cashbackmdr. (Rls)

*

Continue Reading

Bisnis

Dorong Kebangkitan Digital Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Huawei untuk Kembangkan Inovasi Berbasis AI dan Pemberdayaan Talenta

Published

on

Bisniscorner.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Huawei menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang pengembangan digital dengan tujuan untuk mendukung pengembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), aplikasi industri, pembangunan ekosistem, dan pengembangan kompetensi talenta.

Penandatanganan MoU ini dilakukan pada Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona oleh Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, dan Jacqueline Shi, President of Global Marketing and Sales Service Dept of Huawei Cloud Computing.

Penandatanganan juga dihadiri oleh Halim Alamsyah, Komisaris Utama Indosat Ooredoo Hutchison; Rudiantara, Komisaris Independen Indosat Ooredoo Hutchison; Mark Chen, Vice President, Global Marketing and Sales Service Dept, Huawei Cloud; dan Daniel Wu, Huawei Indonesia Indosat Account Director.

Kedua belah pihak sepakat bahwa AI telah menjadi pendorong kemajuan teknologi global saat ini dan gelombang transformasi industri. AI juga memiliki pengaruh besar pada transformasi industri serta kehidupan manusia.

AI akan membawa perkembangan pesat penggunaan Internet dan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Ekonomi digital akan menjadi pilar penting, di mana konstruksi cloud dan AI akan memegang peran kunci dalam pengembangan digital menuju visi Indonesia Emas 2045.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer, Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk memdemokratisasi digitalisasi di Indonesia. Hal ini merupakan bagian dari tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital Indonesia. Kemitraan ini memungkinkan kami untuk memaksimalkan tawaran layanan dengan memanfaatkan ekosistem AI dan cloud. Kami optimis inisiatif ini akan membawa Indosat di garda depan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Lewat kolaborasi bersama Indosat, Huawei berkomitmen terus membuat terobosan dalam public cloud dan aplikasi AI serta menyediakan layanan yang lebih beragam untuk pengguna dan bisnis lokal.  Layanan ini didukung oleh pengalaman teknis dan komersial Huawei di bidang public cloud dan AI. Antusiasme Indosat dan Huawei bekerja sama mengembangkan cloud, mitra ekosistem AI, dan talenta AI bertujuan untuk memberdayakan berbagai industri dan mempromosikan pengembangan ekonomi digital di Tanah Air.

Jacqueline Shi, President of Global Marketing and Sales Service Dept of Huawei Cloud Computing, mengatakan, kami merasa bangga atas kolaborasi bersama Indosat Ooredoo Hutchison. Menyadari bahwa Indonesia menuju masa depan transformatif digital. Di Huawei, kami melihat kolaborasi ini sebagai komitmen untuk senantiasa menggagas inovasi dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan.

“Upaya bersama kami menandakan visi bersama untuk memanfaatkan kekuatan AI dan cloud computing, mendorong pertumbuhan dan peluang di berbagai industri. Kemitraan ini menegaskan komitmen teguh untuk memberdayakan industri dan mendorong ekonomi digital ke depan. Bersama-sama, kami memulai perjalanan transformasional, yang diberdayakan oleh kolaborasi, inovasi, dan visi bersama untuk masa depan yang lebih baik,” pungkasnya dalam keterangan pers pada Kamis, 29 Februari 2024. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 jam ago

Pengendalian Banjir di Kabupaten Karawang dan Bekasi, Kementerian PUPR Bangun Bendungan Cibeet dan Cijurey

Bisniscorner.com – Guna mengurangi risiko banjir di hilir Sungai Citarum, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 2 Bendungan,...

Breaking News10 jam ago

BCA Tawarkan Bunga Spesial KPR 2,67%, Cocok untuk Keluarga Baru yang Sedang Mencari Rumah

Bisniscorner.com  – Penyaluran Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sepanjang 2023 lalu ada dalam tren...

Breaking News2 hari ago

Pasok Kebutuhan Air Minum IKN, Menteri Basuki: IPA Sepaku Operasional Juni 2024

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku di Penajam...

Breaking News2 hari ago

Menteri PUPR dan Pj Gubernur Jawa Barat Bahas 5 Agenda Pembangunan Infrastruktur di Jawa Barat

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kedatangan dan melakukan pertemuan dengan Penjabat (Pj) Gubernur...

Breaking News4 hari ago

Tingkatkan Ketangguhan Fisik dan Mental SDM, Kementerian PUPR Gelar Pelatihan Bela Negara bagi Kasatker, PPK, dan Pokja PBJ Angkatan III Tahun 2024

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara resmi membuka penyelenggaraan Pelatihan Bela Negara bagi Kepala Satuan Kerja...

Breaking News4 hari ago

Kementerian PUPR dan PT Gudang Garam (Tbk) Segera Bangun Jalan Tol Kediri – Tulungagung Sepanjang 44,17 km di Jawa Timur

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan PT Gudang Garam (Tbk), Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan...

Trending