Connect with us

CSR

Hansaplast Indonesia Mengadakan Sunat Massal, Sebagai Wujud Kepedulian Sosial Mengenai Pentingnya Edukasi Perawatan Luka

Published

on

Bisniscorner.com  – Dalam rangka melanjutkan upaya edukasi perawatan luka Hansaplast Hansaplast sebagai merek perawatan luka yang telah mendampingi keluarga selama lebih dari 100 tahun, aktif menggelar kampanye edukasi pertolongan pertama dan perawatan luka melalui program Anak Siaga Hansaplast (yang telah rutin dilakukan sejak 2015). Di Tahun 2024, Hansaplast melakukan terobosan baru, yaitu “Sunat Massal” untuk 100 anak Indonesia berkolaborasi dengan Rumah Sunat dr Mahdian & Alfamart yang diadakan pada 3 Juli 2024 & 5 Juli 2024 di Rumah Sunat dr Mahdian,

Yosephine Carolline, Senior Brand Manager Health Care PT. Beiersdorf Indonesia menjelaskan, jutaan cedera ringan terjadi setiap tahunnya, dan pertolongan pertama yang tepat adalah cara terbaik untuk melindungi terhadap kemungkinan infeksi pada luka. Itulah sebabnya, Hansaplast memiliki misi sosial global untuk mengedukasi 200.000 anak di seluruh dunia tentang pertolongan pertama dan perawatan luka sampai dengan akhir tahun 2025. Di Indonesia, komitmen ini diwujudkan melalui Anak Siaga Hansaplast (ASH) yang telah diadakan sejak tahun 2015. ASH ini merupakan program edukasi mengenai pertolongan pertama pada luka (P3K pada luka) kepada anak-anak usia sekolah di Indonesia. Tidak hanya edukasi, Hansaplast melebarkan jangkauan nya dengan memberikan program sunat massal secara gratis untuk 100 anak dalam misi memberikan perawatan terbaik pasca sirkumsisi atau sunat.

Sunat merupakan salah satu prosedur medis penting yang memiliki manfaat kesehatan jangka panjang bagi anak-anak laki-laki. Sirkumsisi atau sunat adalah suatu proses memotong ujung kulup atau kulit yang menutupi penis.Selain menjaga kebersihan dan kesehatan, sunat juga dapat mencegah berbagai penyakit menular.

Pada kegiatan ini, Hansaplast berkolaborasi dengan Rumah Sunat dr Mahdian & Alfamart yang untuk memastikan pelaksanaan sunat massal berjalan lancar dan aman. Tim medis profesional yang berpengalaman akan melaksanakan prosedur sunat dengan menggunakan peralatan medis yang steril dan sesuai standar kesehatan.

“Kami berharap kegiatan sunat massal ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama bagi anak-anak yang membutuhkan layanan kesehatan ini. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terlaksananya kegiatan ini,” ujar Yosephine Carolline, Senior Brand Manager Health Care PT. Beiersdorf Indonesia

Selain layanan sunat gratis, acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan edukatif dan hiburan untuk anak-anak serta penyuluhan kesehatan bagi para orang tua. Kami mengundang seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dan memanfaatkan kesempatan ini.

Dokter sekaligus edukator, dr. Randy Anindito, menekankan pentingnya untuk mengedukasi publik, masih banyak mitos yang beredar seputar perawatan luka pasca sunat, dr. Randy Anindito membagikan tips, Perawatan luka sebenarnya sederhana yang bisa dilakukan dalam 3 langkah yaitu Bersihkan, Lindungi, dan Sembuhkan. Hal ini berarti, bila terjadi luka, selalu ingat untuk Bersihkan luka dengan cairan antiseptik supaya tidak terjadi infeksi dan Untuk memudahkan perawatan, kita bisa menggunakan antiseptik spray yang mengandung PHMB yang terbukti bisa membunuh bakteri dan mencegah infeksi. Kemudian Lindungi luka dengan Plester Luka dan terakhir bila diperlukan penyembuhan yang lebih cepat, bisa menggunakan Salep Luka.

 Peluncuran Kolaborasi Hansaplast dengan Rumah Sunat dr Mahdian

 Membersihkan luka adalah langkah penting untuk proses penyembuhan luka secara optimal. Ketika kulit terluka, lapisan kulit pelindung menjadi rusak dan mengakibatkan kotoran dan bakteri dapat masuk ke dalam tubuh. Setiap luka dapat terinfeksi apabila tidak dibersihkan dengan benar. Oleh karena itu, membersihkan luka sangat disarankan untuk segala jenis luka.

Untuk melengkapi komitmen Hansaplast menghadirkan solusi perawatan luka yang terbaik dan terlengkap, telah hadir Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka Spray untuk membersihkan luka dari kotoran dan bakteri dan mencegah luka dari infeksi tanpa rasa sakit. yang mudah digunakan dalam bentuk semprotan untuk segala jenis luka termasuk:

Luka akut, dan luka menyebabkan trauma, seperti luka sayat, luka abrasi, dan luka lepuh

Luka setelah operasi

Luka bakar tingkat satu dan dua minor

Luka kronis seperti luka terbuka

Pembalut luka dapat dibasahi dengan Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka agar mudah dilepas dan tidak sakit.

Ketika merawat luka, hal yang paling tidak diinginkan adalah perawatan luka yang sakit. Berbeda dengan obat lain seperti Iodine atau obat merah, Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka mencegah luka infeksi tanpa rasa sakit dan membersihkan luka dari kotoran dan bakteri secara lembut dan efektif sehingga membantah mitos yang dipercaya secara umum – membersihkan luka secara efektif tidak harus sakit.

Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka tidak mengandung alkohol dan iodine, dan tidak akan memberikan sensasi terbakar, perih dan tidak membuat kulit kering. Inilah alasan Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka cocok untuk anak-anak dan kulit sensitif. Mereka akan terkejut dengan sensasi antiseptik yang tidak sakit.

Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka mengandung PHMB (Polyhexamethylene Biguanide, yang biasa disebut Polyhexanide). Zat ini digunakan oleh dokter di rumah sakit di seluruh dunia. Keunggulan PHMB dibandingkan dengan antiseptik lain adalah: Efektif melawan kuman dan bakteri, termasuk MRSA, Sangat ramah di kulit, ditoleransi baik oleh kulit dan Mendukung penyembuhkan luka

Para expert menyatakan “PHMB lebih baik dibandingkan povidone-iodine untuk perawatan luka akut dan luka kronis.” PHMB juga dinyatakan sebagai “pilihan antiseptik untuk luka kronis dan luka bakar” (Consensus on Wound Antiseptics: Update 2018 in Skin Pharmacology and Physiology).

Tampilan Hansaplast Antiseptik Pembersih Lukak jernih, tidak berwarna,dan tidak berbau. Sementara, produk tradisional lainnya yang mengandung iodine berwarna coklat atau merah. Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka tidak berwarna atau transparan. Tidak akan meninggalkan noda pada kulit atau pakaian sehingga memudahkan mencuci pakaian si kecil.

Satu hal lain yang membedakan Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka dengan lainnya adalah tidak berbau. Biasanya ketika membersihkan luka, bau alkohol atau iodine yang muncul dari obat luka membuat si kecil merasa terganggu dan membuatnya tidak mau dirawat. Sekarang, tidak perlu khawatir lagi, dengan Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka Anda tidak merasakan bau atau aroma mengganggu lainnya. (Rls)

 

 

 

CSR

Dorong Penguatan Layanan Kesehatan Masyarakat, Sinar Mas Land Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu

Published

on

Bisniscorner.com – Pelaksanaan transformasi layanan primer oleh Kementerian Kesehatan mendorong pemerintah terus melakukan penguatan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat. Salah satu penguatan pelayanan kesehatan dasar tersebut terimplementasi pada Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang kini tidak hanya melayani kesehatan ibu dan anak, tetapi juga remaja, dewasa, hingga lansia. Untuk mendukung upaya revitalisasi Posyandu tersebut, Sinar Mas Land mengadakan Workshop Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu yang diadakan pada 3 – 4 Juli 2024 di Auditorium Green Office Park (GOP) 9, BSD City.

Acara ini dihadiri oleh Dony Martadisata (Managing Director President Office Sinar Mas Land), Dr. dr. Ati Pramudji Hastuti, MARS (Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten), Yusuf Fachroji, S.STP., M.Si (Camat Cisauk), dr. Netty Mawaty Tambunan (Kepala Puskesmas Cisauk), serta 90 kader Posyandu  yang menjadi penggerak pelayanan terpadu di wilayah Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land mengatakan workshop peningkatan kapasitas kader Posyandu ini merupakan bagian dari inisiasi Sinar Mas Land dalam program Sehat Bersama Posyandu yang telah diluncurkan sejak 2023. Kami berharap peserta workshop dapat memahami materi yang telah diberikan dan mengaplikasikannya saat memberikan pelayanan kepada masyarakat demi terciptanya layanan kesehatan yang optimal. Program ini sejalan dengan visi perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar proyek Sinar Mas Land dengan melalui sejumlah program di berbagai bidang termasuk kesehatan.

Dalam workshop ini kader Posyandu mendapatkan pembekalan mengenai dasar tata kelola Posyandu, keterampilan dasar kader Posyandu, Integrasi Layanan Primer (ILP), edukasi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbasis pangan lokal,  optimalisasi penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan Posyandu Go Green yakni gerakan penghijauan pada area sekitar lokasi pelayanan kesehatan.

Selain workshop, Program Sehat Bersama Posyandu diterapkan melalui rangkaian kegiatan edukasi dan pendampingan Posyandu yang berfokus pada tiga desa di kecamatan Cisauk, yaitu Desa Sampora, Desa Cibogo, dan Kelurahan Cisauk. Dalam program ini, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang, dan Bank Sampah Ecomart dengan memberikan berbagai program yang digulirkan secara berkesinambungan. Program Sehat Bersama Posyandu merupakan bagian dari kontribusi pemberdayaan perempuan (women empowerment) yang diinisiasi oleh Divisi Corporate Social Responsibility (CSR) & Green Initiative Sinar Mas Land. (Rls)

Continue Reading

CSR

Darya-Varia Umumkan Program Beasiswa D-STAR, Beasiswa untuk Calon Peneliti Wanita Berbakat dan Berpotensi

Published

on

Monitorbogor.com – PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, mengumumkan program beasiswa D-STAR (Darya-Varia Scholarship for Talented and Aspiring Researchers) yang ditujukan untuk mahasiswi jurusan Farmasi yang memiliki minat dan bakat dalam penelitian. Di tahun ini, D-STAR bermitra dengan 4 Universitas terkemuka di tanah air yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Indonesia dengan mengundang mahasiswi dari 4 universitas tersebut untuk berpartisipasi dalam proses seleksi, dan satu mahasiswi dari masing-masing   Universitas akan diberikan beasiswa penelitian senilai Rp30 Juta untuk mendukung tugas akhir mereka.

Program Beasiswa D-STAR digagas karena terdapat kesenjangan antara jumlah mahasiswi yang melanjutkan ke jenjang pendidikan di perguruan tinggi dengan jumlah yang bekerja di bidang Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM). Fakta menunjukkan bahwa hanya 2 dari 10 perempuan yang bekerja sebagai profesional, dan hanya 3 dari 10 perempuan yang memilih karier sebagai peneliti. Program stimulasi, seperti beasiswa, hanya mencapai 38%. Hal ini memerlukan perhatian dari industri, terutama di sektor farmasi, untuk mendorong perempuan memasuki dunia kerja.

Ian Kloer, Presiden Direktur PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, menjelaskan, sebagai salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, Darya-Varia sangat berkomitmen terhadap inklusivitas perempuan di tempat kerja, serta meningkatkan inovasi melalui penelitian. Kami bangga dapat meluncurkan program beasiswa D-STAR ini sebagai salah satu bentuk komitmen kami untuk mendukung inklusivitas perempuan di industri farmasi, dan Perusahaan percaya dapat mengisi defisit penetrasi tenaga kerja perempuan dalam industri, dan juga dapat mengembangkan mereka menjadi peneliti terkemuka.

Selain itu, program beasiswa D-STAR ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi perspektif yang lebih baik dari sisi perempuan dalam pengembangan penelitian tentang penyakit dan obat yang berhubungan dengan perempuan. D-STAR ingin memotivasi mahasiswi calon peneliti muda untuk lebih aktif dan giat lagi memberikan inovasi dan sumbangsihnya sehingga hambatan-hambatan dalam partisipasi perempuan di bidang STEM seperti faktor sosial budaya dan kesempatan kerja secara bertahap dapat teratasi.

Dekan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Prof. apt. Junaidi Khotib, SSi, M.Kes., Ph.D. menjelaskan, kami mengapresiasi program beasiswa D-STAR yang memberikan kesempatan kepada mahasiswi berprestasi dari jurusan Farmasi untuk melanjutkan minat mereka, khusunya dalam perjalanannya menjadi peneliti. Program ini akan mendorong perkembangan intelektual dan memperluas wawasan mahasiswi, sekaligus menghadirkan kontribusi nyata bagi pembangunan bangsa.

Prof. Dr. apt. Satibi, M.Si., Dekan Fakultas Farmasi  Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, mengatakan, program beasiswa D-STAR ini adalah peluang yang sangat berharga bagi mahasiswi kami untuk mendapatkan dukungan dan penghargaan atas minat dan potensi mereka dalam melakukan penelitian. Kami sangat mendukung inisiatif ini karena dapat mendorong pengembangan perempuan dalam bidang STEM, khususnya di sektor Farmasi.

Prof. Dr. apt. Arry Yanuar, M.Si., Dekan Fakultas Farmasi (FF) Universitas Indonesia (UI) mengatakan, program beasiswa D-STAR memberikan kesempatan emas bagi mahasiswi kami dari jurusan Farmasi untuk belajar dan fokus di sektor penelitian sehingga dapat memicu minat mereka sebagai peneliti di konteks yang lebih global seperti dunia kerja. Kami yakin program ini akan menjadi titik tolak penting dalam membentuk generasi penerus yang handal dan berkompeten di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Prof. Dr. apt. Elfahmi – Wakil Dekan Bidang Akademik Sekolah Farmasi ITB, menjabarkan, program beasiswa D-STAR merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi akademik dan keterampilan profesional mereka. Kami sangat mendukung inisiatif ini dan yakin bahwa ini akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan sumber daya manusia Indonesia.

Program beasiswa D-STAR yang dihelat pertama kalinya ini akan diberikan selama satu semester, yaitu dari September 2024 hingga Maret 2025. Mahasiswi penerima beasiswa D-STAR nantinya juga berkesempatan untuk melanjutkan pengalaman mereka di dunia kerja dengan masuk ke dalam program magang, terutama di divisi Research and Development Darya-Varia. (Rls)

Continue Reading

CSR

Pendidikan Anak Setingkat Paud Binaan Sinar Mas Land Rayakan Wisuda Angkatan X

Published

on

Bisniscorner.com – Pemerintah telah menetapkan strategi Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) sejak tahun 2013 yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan esensial anak usia dini yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. Untuk mendukung upaya pemerintah tersebut, Sinar Mas Land menginisiasi program Pendidikan Anak Setingkat Paud (PASP) Do & Learn yang merupakan salah satu bentuk kegiatan corporate social responsibility perusahaan. \

Pada hari Rabu, 26 Juni 2024, Do & Learn merayakan wisuda kelulusan Angkatan X yang mengusung tema ‘Semangat Meraih Cita-Cita’ di Gedung Auditorium GOP 9, BSD City. Acara ini dihadiri 40 siswa/siswi yang berasal dari 15 kelurahan/desa di sekitar wilayah BSD City dinyatakan lulus setelah menempuh pendidikan selama satu tahun.

Managing Director President Office Sinar Mas Land – Dony Martadisata mengatakan, pendidikan anak usia dini sangat penting dalam menciptakan karakter seorang anak melalui penanaman nilai-nilai budi pekerti, interaksi sosial, hingga toleransi kepada sesama. Sejak sepuluh tahun lalu sudah 500 anak merasakan manfaat dari program PASP Do & Learn. Kami berharap program ini terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar kami, khususnya membantu tumbuh kembang anak dengan optimal dan melahirkan generasi yang unggul.

Program yang diluncurkan sejak 2014 tersebut memberikan pembelajaran serta pelatihan kepada anak – anak usia 2,5 tahun hingga 5 tahun secara free atau bebas biaya untuk meningkatkan pengetahuan, life skill, dan pengalaman secara langsung melalui konsep belajar sambil bermain. Gelaran wisuda Angkatan X dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan, seperti penampilan fashion show kostum profesi oleh setiap siswa hingga penyampaian sekapur sirih dari orang tua siswa.

Sebelum memasuki acara inti penyematan wisudawan/wisudawati, para peserta mempersembahkan sejumlah tarian seperti Kalau Kau Suka Hati, Balonku, dan Jingle PASP oleh siswa/siswi kepada orang tua. Acara selanjutnya yaitu pemberian apresiasi kepada wisudawan/wisudawati berprestasi, kemudian ditutup dengan penampilan sulap dan dongeng spesial Kak Igo dari Rumah Dongeng Khatulistiwa.

Selain pengembangan untuk anak, program PASP Do & Learn juga berupaya melakukan pengembangan kapasitas orang tua melalui kegiatan workshop parenting, konseling, Hidangan Literasi untuk Ibu (HULU), dan beragam kegiatan menarik lainnya. Pada tahun ajaran berikutnya, Sinar Mas Land akan terus menambah jumlah penerima manfaat program, dengan penambahan target sasaran sebanyak 50%-100% dari tahun sebelumnya.

Sehingga, tujuan perusahaan dalam mengimplementasikan SDGs (Sustainable Development Goals) yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata, serta peningkatan kesempatan belajar sepanjang hayat dapat terus meningkat. (Rls)

 

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News9 jam ago

Dapat Bantuan Buku, Gerakan Literasi Putra Bangsa Makin Giat Membina Anak Desa

Bisniscorner.com – Di tengah kendala kurangnya buku bacaan koleksi Taman Baca Putra Bangsa yang rutin melaksanakan kegiatan literasi, “Membaca dan...

Breaking News2 hari ago

Pembangunan Panggung Sebagai Upaya Memfasilitasi Berbagai Kegiatan Warga

Bisniscorner.com – Setelah diselesaikan selama 6 bulan, dosen dan mahasiswa Arsitektur Universitas Mercu Buana melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di...

Breaking News3 hari ago

Sinergi Bank DKI dan Transjakarta Resmikan Penamaan Halte Transjakarta Senayan Bank DKI

Bisniscorner.com  – Bank DKI kembali menjalin kemitraan bersama Transjakarta, melalui penamaan halte dari Halte Gelora Bung Karno menjadi Halte Senayan...

Breaking News4 hari ago

Kunjungan Menteri Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan Timor-Leste ke Universitas Multimedia Nusantara

Bisniscorner.com  – UMN mendapat kunjungan dari Kementerian Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan Timor-Leste (19/07). Kunjungan ini diharapkan menghasilkan MoU kerja-sama dan...

Breaking News5 hari ago

Maknai Tanggung Jawab Sosial Seni, Diskusi Publik Pitulasan #5 Sukses Digelar di Taman Malelang

Bisniscorner.com – Sebuah diskusi yang mengangkat seni dan budaya bertajuk Pitulasan  kembali digelar oleh Komunitas yang tergabung Trotoar Kreatif Kelompok...

Breaking News6 hari ago

Optimalkan Pengendalian Banjir Kota Makassar, Kementerian PUPR Bangun Bendungan Jenelata

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai pembangunan Bendungan Jeneleta di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan....

Trending