Connect with us

UMKM

‘Ayo Rangkul ‘ di Laman Tokopedia, Targetkan 5.000 Produk UKM

Published

on

Bisniscorner.com –  Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Tangerang menghadirkan layanan Ayo Rangkul (Tangerang Bangga Komunitas Usaha Lokal) dalam mengenalkan produk unggulan UMKM. Layanan toko online tersebut ada salah satu kanal di laman Tokopedia dengan target 5.000 UKM ikut bergabung.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menjelaskan, Untuk ‘Ayo Rangkul’ yang tersedia di laman Tokopedia hanya akan memajang produk asli buatan pelaku UKM Kota Tangerang. Kedepan secara bertahap akan terus ditingkatkan sehingga bisa memfasilitasi dalam upaya optimalisasi pemasaran para pelaku usaha.

Menurut Wali Kota, para pelaku usaha saat ini harus tetap bisa berinovasi dalam memasarkan produknya sehingga meskipun daya beli masyarakat belum kuat namun bisa bertahan di tengah masa pandemi.

“Kita berharap kreatifitas para UMKM, pengusaha di tengah pandemi ini jangan pernah kendor, terus optimis. Karena daya beli masyarakat ada penurunan namun kita siapkan dan berikan stimulan,”jelasnya, Selasa (23/3).

Sementara itu, Ii Nurul Komarudin Kepala Bidang UKM Disperindagkopukm Kota Tangerang menambahkan, saat ini sudah ada 332 produk yang tergabung dan akan terus ditingkatkan lagi.

Ia bahkan mengajak masyarakat Kota Tangerang untuk turut mempromosikan toko online produk UKM tersebut agar transaksinya terus meningkat. Jumlah produk yang bergabung juga bisa terus bertambah.“Kami targetkan bisa mencapai 5.000 produk yang masuk ke toko ini,”pungkasnya. (Fjn)

UMKM

Sebanyak 1.000 Peserta Terpilih Ikuti Baparekraf Developer Day 2024 di Bandung

Published

on

Bisniscorner.com – Sebanyak 1.000 peserta terpilih mengikuti “Baparekraf Developer Day (BDD) 2024” yang merupakan program peningkatan kapasitas dan kompetensi bagi para pelaku ekonomi kreatif khususnya pada subsektor aplikasi, gim, pengembangan web, dan IoT (Internet of Things) yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya secara daring di kegiatan BDD 2024, Sabtu (9/3/2024), mengapresiasi kembali terselenggaranya Baparekraf Developer Day yang kali ini mengusung tema “Bridging the Digital Skills Gap: Paving the Way for Digital Indonesia”.

Tema tersebut dipilih karena saat ini terjadi kesenjangan keterampilan digital atau digital skills gap antara permintaan dan ketersediaan tenaga kerja di subsektor aplikasi, gim, pengembangan web, dan IoT (Internet of Things).

“Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada peserta yang rela datang jauh-jauh dari luar kota untuk mengikuti acara ini. Keterampilan digital sangat penting untuk mendongkrak ekonomi Indonesia,” kata Menparekraf Sandiaga.

Program Baparekraf Developer Day diharapkan bisa menjadi awal yang baik untuk menciptakan generasi muda yang kreatif, inovatif, dan kompetitif di era digital sekaligus menghapus kesenjangan digital.

BDD 2024 menghadirkan sejumlah narasumber praktisi yang akan memberikan pembelajaran dalam enam track. Keenam track tersebut adalah android developer, front end web developer, machine learning developer, multi platform app developer, back end developer, dan data scientist.

Pemilihan keenam track pembelajaran itu disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini.”Kita berharap enam track pembelajaran di kegiatan BDD 2024 dan diskusi ini bermanfaat bagi ekonomi digital ke depan,” kata Sandiaga.

Product Marketing Manager Google Indonesia, Dora Songco, sebagai salah satu narasumber, mengatakan pihaknya di tahun ini juga memiliki program dalam mendukung peningkatan kapasitas talenta digital Indonesia. Terutama fokus pada developer start up, students, dan job seekers.

“Program tersebut itu tidak hanya belajar tech skills, namun juga soft skills yang juga sangat penting. Dengan 900 jam online learning, diharapkan dapat menciptakan lulusan terbaik yang dapat bekerja di perusahaan dalam dan luar negeri,” ujar Dora Songco.

Turut hadir di acara “BDD 2024”, Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin; Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil Himam; Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti; Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Benny Bandanadjaja; serta Ketua Tim Pengembangan Ekosistem Startup Digital-Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Sonny Hendra Sudaryana. (Rls)

Continue Reading

UMKM

Pacu Kreativitas dan Optimisme UMKM, Sinar Mas Land Gelar Festival UMKM 2023 di The Breeze BSD City

Published

on

Bisniscorner.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah menjadi roda penggerak perekonomian Indonesia karena memberikan dampak signifikan khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menyebutkan per Agustus 2023, UMKM berkontribusi sebesar 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia sekaligus mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Tanah Air.

Dalam rangka mendukung kreatifitas pelaku UMKM agar lebih berani dan optimis dalam mengembangkan usahanya, tahun ini Sinar Mas Land melalui pemberdayaan CSR (Corporate Social Responsibility) di bidang ekonomi dan pemberdayaan UMKM (MSME empowerment) kembali menggelar acara tahunan yakni Festival UMKM 2023.

Tahun ini, acara tersebut mengusung tema “UMKM Kreatif, Berani dan Optimis Melaju Untuk Indonesia Maju”. Festival UMKM 2023 melibatkan ratusan UMKM, baik UMKM binaan CSR Sinar Mas Land, Pilar Sinar Mas maupun komunitas mitra yang dilaksanakan di The Breeze, BSD City pada 29 November 2023. Acara tersebut dibuka oleh Andi Ony Prihartono (Penjabat Bupati Tangerang), Ferry Salman (Managing Director Sinar Mas) dan Dony Martadisata (Managing Director President Office Sinar Mas Land).

Andi Ony Prihartono, Penjabat (Pj) Bupati Tangerang menyatakan, saya sangat mengapresiasi langkah Sinar Mas Land yang secara rutin setiap tahunnya mengadakan Festival UMKM sebagai bentuk dukungan kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Kegiatan ini menjadi momentum untuk membangun semangat kolaborasi yang berkelanjutan dan meningkatkan daya saing UMKM di Kabupaten Tangerang. Untuk itu kami mengajak seluruh stakeholder baik pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk terus mendukung pengembangan UMKM. Semoga kegiatan pendampingan pelaku UMKM yang telah dilakukan Sinar Mas Land dapat memberikan dampak ekonomi yang positif, tak hanya untuk Kabupaten Tangerang tapi juga juga bagi perekonomian nasional.

Ferry Salman, Managing Director Sinar Mas mengatakan, Sinar Mas yang bermula dari usaha mikro, tentu tak terpisahkan dari UMKM. Kami percaya melalui pendampingan melekat oleh pemerintah dan sektor usaha, UMKM dapat naik kelas, menjadi energi penggerak perekonomian bangsa yang menyejahterakan banyak orang. Berpegang pada empowering people, empowering the economy, pilar usaha kami menggandeng UMKM lewat skema inclusive closed loop yang sebagian hasilnya bisa kita saksikan dalam acara Festival UMKM 2023 ini.

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land menambahkan, setelah sukses dengan Festival UMKM pada tahun 2022 lalu, kami kembali menghadirkan Festival UMKM 2023. Sinar Mas Land melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) juga telah melakukan serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku UMKM berupa pengadaan beragam program pelatihan dan pembekalan keterampilan.

Melalui Festival UMKM 2023 kami berharap dapat mendorong pelaku UMKM untuk terus kreatif serta mampu bersaing dan menghadirkan produk-produk berkualitas yang tidak hanya bisa dijangkau secara langsung, namun juga secara digital. Semoga acara ini dapat mewujudkan kemandirian UMKM yang berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan UMKM yang inklusif.

Festival UMKM 2023 juga dimeriahkan oleh serangkaian kegiatan seperti bazar UMKM dengan total jumlah 30 booth, Fashion Show Disabilitas yang berkolaborasi dengan ESMOD Jakarta, pertunjukan bakat tarian dan musik serta beragam jenis pelatihan menarik yang bisa meningkatkan kemampuan, kreativitas dan terbukanya peluang usaha baru bagi pelaku UMKM. Acara ini juga menjadi momen wisuda bagi UMKM binaan Sinar Mas Land batch 3 dan menghadirkan talk show yang bertajuk “Keunggulan UMKM Melalui Pendampingan Terpadu” dengan pembicara dari Kementerian Koperasi dan UMKM, DANA Indonesia dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Festival UMKM 2023 merupakan kolaborasi Sinar Mas Land dengan seluruh pilar usaha Sinar Mas, seperti Bank Sinar Mas, Asia Pulp and Paper (APP), Asuransi Sinar Mas, Sinar Mas Communication & Technology, Sinar Mas Energy dan Infrastructure, Tzu Chi Sinar Mas, Eka Hospital dan juga Eka Tjipta Foundation. Selain itu juga hadir komunitas mitra SML UMKM CENTRE yang ada di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. (Rls)

Continue Reading

UMKM

Percepat Akselerasi Digital bagi UMKM, Sinar Mas Land Gelar Festival Pasar Rakyat Go Digital

Published

on

Bisniscorner.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan besar bagi roda perekonomian di Indonesia. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menyebutkan per kuartal ke-IV 2022, UMKM berkontribusi sebesar 61 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia sekaligus mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Tanah Air. Guna dapat terus bertahan dan berkembang, UMKM dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Dengan teknologi digital, proses bisnis UMKM menjadi lebih efisien, memperluas pasar, dan akses pendanaan secara daring. Data Kementerian Koperasi dan UMKM hingga Juni 2023, sebanyak 22,8 juta UMKM di Indonesia telah onboarding ke ekosistem digital. Saat ini angka tersebut juga akan semakin bertambah pada 2024. Sejalan dengan upaya pemerintah untuk mempercepat transformasi digital UMKM, Sinar Mas Land telah menginisiasi program UMKM Pasar Rakyat Go Digital sejak 2022.

Kali ini, Sinar Mas Land mengadakan Festival Pasar Rakyat Go Digital di Pasar Modern BSD City pada Rabu (11/10), serta dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki yang diwakili kehadirannya oleh Dr. Koko Haryono, S.Pd., M.M selaku Sekretaris Deputi Kementerian Koperasi, perwakilan pemerintah daerah, jajaran Direksi Sinar Mas Land, mitra perbankan (financial technology), mitra E-Commerce, mitra civitas akademika, para pedagang dan pengunjung pasar.

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UMKM dalam keynote speechnya mengatakan, saya menyampaikan apresiasi kepada Sinar Mas Land sebagai pengembang kota mandiri BSD City yang telah menyelenggarakan program Festival UMKM Pasar Rakyat Go Digital sebagai bagian dari giat CSR. Tema yang diusung juga sangat relevan yaitu ‘Accelerating Micro, Small and Medium Enterprice Enter the Digital Ecosystem’ mengakselerasi hadirnya UMKM dalam ekosistem digital. Saya mengapresiasi para pelaku UMKM pedagang Pasar Modern BSD City yang selama ini sudah sangat fasih dalam menggunakan transaksi digital. Tercatat di Tahun 2022 penggunaan transaksi uang elektronik  yang cukup besar mencapai Rp399,6 triliun. Besar harapan saya Sinar Mas Land juga Sinar Mas Group lainnya  terus memberikan peluang kolaborasi lebih luas bagi UMKM binaan dan mitranya.

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land mengatakan, sejak 2022 Sinar Mas Land telah melakukan serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi pedagang pasar dan pelaku UMKM di Pasar Modern BSD City dan Pasar Modern Intermoda. Pendampingan tersebut berfokus kegiatan edukasi literasi digital, edukasi financial technology dan E-Commerce untuk UMKM. Festival Pasar Rakyat Go Digital digelar untuk menggaungkan pentingnya Pasar Rakyat di berbagai daerah di Indonesia agar kian gencar mendorong dan mengakselerasi para pedagang UMKM untuk merambah dan mengoptimalisasi peluang dalam ekosistem ekonomi digital. Semoga acara ini dapat mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan UMKM yang inklusif.

Benyamin Davnie, Walikota Tangerang Selatan dalam sambutannya menyatakan, saya ingin mnegucapkan terima kasih kepada Sinar Mas Land yang selalu bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan sehingga melahirkan berbagai inovasi untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat khususnya UMKM di Kota Tangerang Selatan. Pelaku UMKM perlu mengenal ekosistem digital. Langkah digitalisasi diperlukan agar dapat melakukan pelayanan moden secara online, sudah saatnya pelaku UMKM digital telah melakukan transormasi dari cara konvesional ke digital. Festival Pasar Rakyat Go Digital menjadi momentum pertumbuhan Pasar Modern BSD City sekaligus sebagai percontohan pasar rakyat go digital di Indonesia.

Festival Pasar Rakyat Go Digital juga dimeriahkan oleh serangkaian lomba seperti Video dan Photo Competition Pasar Rakyat Go Digital, pilah sampah dari lapak UMKM dan menghias lapak go digital serta penyerahan apresiasi untuk UMKM dengan transaksi pembayaran digital terbanyak serta mitra program UMKM Pasar Rakyat Go Digital. Selanjutnya, acara ini juga diisi dengan Talk Show yang bertajuk Talkshow ‘Akselerasi UMKM untuk Meraup Potensi Besar Ekonomi Digital’. Gelar wicara tersebut dihadiri oleh Ignesjz Kemalawarta (Advisor President Office Sinar Mas Land) dan M. Fatihi (Ketua Bidang Teknologi Usaha Kementerian Koperasi dan UMKM). Dalam acara ini juga diadakan penyerahan simbolis kepesertaan BPJS untuk UMKM Pasar Modern BSD City sebagai bentuk perlindungan bagi pekerja UMKM.

Program UMKM Pasar Rakyat Go Digital telah berhasil menaikkan tingkat partisipasi digital kepada 800 UMKM atau pedagang pasar yang bernaung di Pasar Modern BSD City. Dengan adanya dorongan dari program ini, partisipasi UMKM pasar terhadap financial technology seperti penggunaan Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) sebagai alat pembayaran mengalami peningkatan signifikan dari sebelumnya  sebesar 34% pada awal 2022 menjadi 93% pada pertengahan 2023. Di rentang waktu yang sama, partisipasi UMKM Pasar Modern BSD City terhadap E-Commerce juga meningkat dari sebelumnya sebesar 27% pada awal 2022 menjadi 54% pada pertengahan 2023. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News11 jam ago

Kementerian PUPR Terus Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus berupaya mempercepat pembangunan sejumlah...

Breaking News2 hari ago

Tingkatkan Suplai Air Baku dan Air Irigasi di Sumbawa Barat, Bendungan Tiu Suntuk Diresmikan Presiden Jokowi

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri...

Breaking News3 hari ago

Makin Mendunia, UMN Raih 4 Stars QS Stars University Rating

Bisniscorner.com – Universitas Multimedia Nusantara semakin matang dengan komitmen menjadi World Class University dan bersaing di tingkat internasional. Melalui pendidikan...

Breaking News3 hari ago

UMN Menjalin Silaturahmi Bersama Media dalam Halal Bihalal UMN 2024

Bisniscorner.com – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengadakan pertemuan dengan rekan-rekan media dalam rangka menjalin silaturahmi dan menyambut Hari Pendidikan Nasional...

Breaking News4 hari ago

Luncurkan Program Magister Desain, BINUS Graduate Program Terapkan Kurikulum Advanced Designpreneur Padukan Kreativitas dan Bisnis

Bisniscorner.com  – Di tengah perkembangan pesat industri kreatif di Indonesia, pasar kini menghadapi tuntutan yang semakin kompleks. Berbagai sektor industri...

Breaking News4 hari ago

Kenalkan Budaya dan Komoditas Pertanian Banyuwangi, Kementerian PUPR Tuntaskan Penataan Kawasan Agrowisata Tamansuruh

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan kawasan Agrowisata Tamansuruh di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa...

Trending