Connect with us

Breaking News

Dvisasa Majantara untuk Merajut Persatuan dengan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan

Published

on

Bisniscorner.com – Jakarta, 24 April 2023. Bertempat di Kediaman Ketua Umum Dvisasa Majantara, telah dideklarasikan lahirnya organisasi yang bergerak di bidang Pengembangan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan, Dvisasa Majantara.

Dvisasa Majantara lahir atas inisiator dari seorang Jeki Ayu, yang juga sebagai Ketua Umum Dvisasa Majantara, dan didirikan bersama oleh 12 Punggawa Majantara.

Dvisasa Majantara memiliki filosofi sebagai 12 (Dvisasa-duabelas) Punggawa Mata Rajawali Majantara yang mendedikasikan diri untuk memediasi, memfasilitasi dan membangkitkan program-program kerja dalam sektor Pengembangan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan dengan gaya dan cara yang berbeda dari organisasi lain.

Dvisasa Majantara akan memulai Program hulu hingga hilir pada sektor Pengembangan Seni Budaya Nusantara dan Ekonomi Kerakyatan dengan pola Bottom-Up, dimana para Pelaku Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan sepenuhnya akan dilibatkan sepenuhnya dalam setiap program kerja yang akan dijalankan. Sedangkan Pembeda utama dari Dvisasa Majantara adalah, kegiatan program kerja akan dikemas dalam suasana kekinian dengan tetap mengedepankan nilai-nilai luhur kearifan lokal seni dan Budaya Nusantara.

Dvisasa Majantara adalah Nafas dan Marwah baru dalam Pengembangan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan di Indonesia. Karena dalam kegiatannya akan melibatkan semua pihak, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, para Pelaku dan Sanggar Seni Budaya, Pelaku UMKM dan pihak swasta, sehingga terbangun satu kolaborasi dan kebersamaan yang akan berdampak kepada “kehidupan baru” dalam menjalin kebhinnekaan menuju Persatuan Indonesia yang hakiki dalam rangka meraih cita-cita Indonesia Emas 2045.

Deklarasi Dvisasa Majantara diisi oleh Penampilan 3 Matra Majantara yang menampilkan bentuk musik Bali, seni olah Vokal dan seni Pertunjukan Wayang Golek dalam balutan Kontemporer Urban yang dipersembahkan oleh 3 Seniman Nusantara, yakni :

Rudy Octave, musisi yang mengabdikan karya-karyanya untuk tutur Tradisi Bahasa di Nusantara.
Caecillia, seorang seniman Vokal dan Suling asal Jawa Timur.
Dr. Wawan Gunawan. S.Sn., MM yang akrab disapa Ki Dalang Wawan Ajen, Seniman Dalang yang Totalitas menggarap Seni Pewayangan Nusantara, terkenal dengan Wayang Ajen.

Selain acara diatas, Deklarasi Dvisasa Majantara yang dipadu dengan syukuran sederhana kelahiran Dvisasa Majantara tersebut diisi dengan acara menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, penjelasan singkat tentang Profil Dvisasa Majantara oleh Koordinator Bidang Humas dan Promosi Aknobin Sinaga, Pembacaan Manifesto Budaya Dvisasa Majantara oleh Sekjen Dvisasa Majantara Arief Darmawan, Sambutan Ketua Umum Jeki Ayu.

Pada Kesempatan itu juga, dikemukakan oleh Sekjen Dvisasa Majantara, bahwa pada moment 17 Agustus 2024, akan diselenggarakan Event Akbar berupa “Kemah Bakti Kebangsaan” di Ibu Kota Nusantara yang akan diikuti oleh 500 Seniman, Budayawan dan Para Tokoh Adat/Kepala Suku dari seluruh Indonesia, dan Oktober 2024 akan diselenggarakan event akbar “Atas Nama Cinta” sebagai bentuk tanda cinta kepada Bapak Ir.
Joko Widodo yang telah memancangkan pondasi dan tiang perubahan bagi kemajuan Indonesia selama menjadi Presiden Republik Indonesia, sekaligus juga sebagai bentuk ucapan selamat datang dan doa Lintas agama bagi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, sebagai penerus estafet kepemimpinan Jokowi.

Khusus untuk Kegiatan “Atas Nama Cinta” ini, akan diikuti oleh segenap masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke – dari Miangas sampai Pulau Rote secara live dan liputan langsung dari seluruh penjuru Indonesia, dengan pusat kegiatan inti di 4 kota yakni Jakarta, Bogor, Ibu Kota Nusantara, dan Puncak acaranya di Kota Solo dengan menampilkan atraksi seni dan budaya Nusantara serta pesta rakyat terbesar sepanjang sejarah Indonesia.

Sebagai penutup, Ketua Umum Dvisasa Majantara, mengajak seluruh Bangsa Indonesia untuk kembali memperkuat Bhinneka Tunggal Ika sebagai Pemersatu Bangsa, karena perbedaan yang dianugerahkan kepada Bangsa Indonesia adalah kekayaan luhur yang seharusnya dapat lebih mempersatukan seluruh anak bangsa dalam membangun Indonesia maju yang akan menjadi Mercusuar di kancah global.(Rls/Her)

Breaking News

KH Saidih Terpilih Kembali Sebagai Ketum MUI Kota Tangsel Masa Khidmat 2024-2029

Published

on

Bisniscorner.com  – Ketua Umum MUI Kota Tangsel KH Saidih terpilih kembali pada Musyawarah Daerah (MUSDA) IV Kota Tangerang Selatan yang digelar di salah satu hotel bilangan Serpong Utara, Kota Tangsel  Minggu (5/5).

Ketua Umum MUI Kota Tangsel KH Saidih menyampaikan dengan Musda ini dirinya mengajak untuk mengoreksi diri sendiri. Serta berjuang untuk kemaslahatan umat di Kota Tangsel.”Marilah kita muhasabah dan mujahadah apa yang akan diperbuat di MUI ini untuk umat,” ucapnya.

Menurutnya pengurus MUI harus senantiasa membimbing masyarakat. Meski dalam kondisi sulit. Agar saat datang kematian membawa senyum. Kenapa bisa demikian karena senantiasa mengerjakan alam kenaikan. Soal dirinya dipercaya melanjutkan pucuk pimpinan dirinya mengaku menangis.

“Semoga bapak ibu nanti saat meninggal membawa bekal agar tidak menangis serta mendapatkan Rahmat. Bagaiman mendapatkan Rahmat?, yaitu orang yang selalu berbuat kebaikan. Semoga orang-orang di Tangsel selalu melakukan kebaikan,” doanya.

Ketua Pimpinan Sidang KH. Hasan Mustofi menyampaikan syukur proses Musda digelar sejak Sabtu hingga Minggu (4-5/5) berjalan lancar, meski selama sidang pleno tidak mudah dilalui. “Alhamdulillah kita hari ini bisa menutup pelaksanaan MUSDA MUI IV Tangsel hari dengan hasilkan rekomendasi penting untuk ke depan,” tukasnya.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Tangerang ini menambahkan estafet kepemimpinan dilanjutkan oleh KH Saidih untuk masa khidmat 2024-2029.”Tadi dengan mekanisme skema musyawarah mufakat semua musta’mirin dan musta’mirat memilih tim formatur hasilkan KH Saidih tetap melanjutkan,” urainya.

Menurut dia Tim Formatur berjumlah sebelas yang terdiri dari dua pengurus demisioner, empat MUI kecamatan, tokoh masyarakat dan wakil pengurus organisasi Islam, NU dan Muhammadiyah.”Tim formatur dipilih berdasarkan ketentuan organisasi yang disepakati oleh peserta MUSDA untuk rapat terbatas tadi malam,’ ucapnya.

Dia juga menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung acara tersebut baik sampai bisa menghasilkan pengurus mendatang.”Terima kasih atas dukungannya. Semoga MUI bisa terus meningkatkan layanan sosial keagamaan pada masyarakat Tangsel. Mohon doa dan dukungannya,” pungkas dia. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Kementerian PUPR Terus Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

Published

on

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus berupaya mempercepat pembangunan sejumlah jalan tol di berbagai daerah dalam rangka meningkatkan konektivitas antar daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satunya yaitu Jalan Tol Semarang – Demak sepanjang 26,84 km di Semarang, Jawa Tengah.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, Jalan Tol Semarang-Demak merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang direncanakan sebagai ruas komplementer dari Jalan Nasional Pantura Jawa yang menghubungkan Semarang – Demak – Gresik – Surabaya.

“Mengingat peran vitalnya sebagai jalur logistik di Utara Jawa, penyelesaian Ruas Tol Semarang – Demak sudah ditunggu masyarakat. Keberadaan Ruas Tol Semarang – Demak akan menambah kapasitas jalan sekaligus mengurangi beban lalu lintas di Jalan Pantura Jawa yang sudah sangat padat dan sering mengalami kemacetan,” kata Jubir Endra.

Bertindak sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) adalah PT. PP Semarang Demak (PPSD) yang menggunakan skema SBO-T (Supported, Build, Operate, and Transfer). Jalan tol tersebut terdiri atas porsi investasi BUJT pada ruas Sayung – Demak sepanjang 16,31 km yang berada di daratan dan telah beroperasi sejak 25 Pebruari 2023.

“Sedangkan porsi Pemerintah pada ruas Semarang – Sayung sepanjang 10,64 km yang berada di atas laut dan terbagi menjadi 3 paket yang saat ini dalam tahap konstruksi dengan progres fisik secara keseluruhan mencapai 9,25 %. Target penyelesaian konstruksi keseluruhan Paket tersebut adalah pada Februari 2027,” ungkap Jubir Endra.

Untuk porsi Pemerintah, kontraktor pelaksana Paket 1A adalah Hutama Karya (HK) dan Beijing Urban Construction Group (BUCG), Paket 1B adalah Pembangunan Perumahan (PP), Wijaya Karya (WIKA) dan China Road and Bridge Corporation (CRBC) serta Paket 1C adalah Adhi Karya dan Sinohydro.  Sebagian dana pembangunan proyek ini bersumber dari Pinjaman Luar Negeri.

Kehadiran Tol Semarang – Demak diharapkan dapat semakin melengkapi konektivitas jaringan jalan di wilayah Jawa Tengah bagian utara sekaligus menjadi penghubung kawasan strategis seperti pelabuhan, bandara, kawasan industri, dan kawasan pariwisata religi khususnya di wilayah Demak.

Di samping itu, dengan pembangunan jalan tol yang terintegrasi dengan tanggul laut ini, diharapkan permasalahan banjir rob di Semarang Timur khususnya Kaligawe – Sayung yang mengakibatkan kerugian ekonomi cukup signifikan, dapat teratasi pada akhir tahun 2024. Terlebih dengan terbangunnya tanggul hingga 7 lapis timbunan dan beroperasinya Rumah Pompa pada Kolam Retensi Terboyo dan Sriwulan. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Tingkatkan Suplai Air Baku dan Air Irigasi di Sumbawa Barat, Bendungan Tiu Suntuk Diresmikan Presiden Jokowi

Published

on

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat Lalu Gita Ariadi meresmikan Bendungan Tiu Suntuk di Kecamatan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis (2/5/2024).

Presiden Jokowi mengatakan perubahan iklim menyebabkan air menjadi kunci bagi kehidupan ke depan, utamanya di NTB baik untuk pertanian maupun air baku. Oleh sebab itu, pemerintah dalam 10 tahun ini telah membangun 6 bendungan di NTB.

“Bendungan Tiu Suntuk ini menjadi salah satu bendungan besar di NTB yang menghabiskan anggaran Rp1,4 triliun. Kapasitasnya 60,8 juta m3 dan manfaatnya untuk irigasi 1.900 Ha dan air baku 68 liter/detik serta bisa mereduksi banjir di sekitar Sumbawa Barat,” kata Presiden Jokowi.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia mengatakan Bendungan Tiu Suntuk akan melayani irigasi pada D.I Tiu Suntuk seluas 530 Ha dan menambah suplai irigasi eksisting di D.I Kalimantong I seluas 1.370 Ha yang mencakup wilayah Kecamatan Taliwang dan Kecamatan Brang Ene.

“Bendungan ini nantinya juga berpotensi menyuplai air irigasi D.I Lang Desa di Kecamatan Jereweh seluas 2.100 Ha, sehingga total potensi suplai air irigasi dari Bendungan Tiu Suntuk bisa mencapai 4.000 Ha. Suplai air irigasi ini akan meningkatkan indeks pertanaman menjadi 300% sehingga para petani bisa panen 3 kali dalam setahun,” ujar Dirjen Bob.

Selain itu, bendungan dengan luas genangan 321,52 Ha ini juga memiliki potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 0,8 MW dan reduksi banjir sebesar 439 m3/detik atau seluas 489 Ha khususnya di Kecamatan Taliwang yang merupakan daerah rawan banjir. Bendungan ini juga  berpotensi sebagai tempat konservasi, tempat pariwisata, dan perikanan darat.

Pembangunan Bendungan Tiu Suntuk dilaksanakan pada tahun 2020-2023. Pekerjaan konstruksinya dilakukan dalam dua paket dimana Paket I dilaksanakan oleh PT Nindya Karya dan PT Bahagia Bangun Nusa (KSO), sedangkan Paket II oleh PT PP-Marfri (KSO).

Mustamirin, salah satu petani di Kecamatan Brang Ene,  berharap dengan adanya Bendungan Tiu Suntuk dapat membantu meningkatkan hasil panen sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Sumbawa Barat.

“Bendungan Tiu Suntuk ini memang sangat dinantikan oleh warga dan petani yang ada di Kecamatan Brang Ene ini. Dengan adanya bendungan ini, yang sebelumnya dua kali panen dalam setahun mungkin bisa jadi tiga kali dan hasilnya lebih baik lagi. Terima kasih kami ucapkan kepada Kementerian PUPR yang telah membangun Bendungan Tiu Suntuk,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia, Direktur Bendungan dan Danau Adenan Rasyid, dan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I Tampang. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News21 menit ago

KH Saidih Terpilih Kembali Sebagai Ketum MUI Kota Tangsel Masa Khidmat 2024-2029

Bisniscorner.com  – Ketua Umum MUI Kota Tangsel KH Saidih terpilih kembali pada Musyawarah Daerah (MUSDA) IV Kota Tangerang Selatan yang...

Breaking News1 hari ago

Kementerian PUPR Terus Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus berupaya mempercepat pembangunan sejumlah...

Breaking News3 hari ago

Tingkatkan Suplai Air Baku dan Air Irigasi di Sumbawa Barat, Bendungan Tiu Suntuk Diresmikan Presiden Jokowi

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri...

Breaking News4 hari ago

Makin Mendunia, UMN Raih 4 Stars QS Stars University Rating

Bisniscorner.com – Universitas Multimedia Nusantara semakin matang dengan komitmen menjadi World Class University dan bersaing di tingkat internasional. Melalui pendidikan...

Breaking News4 hari ago

UMN Menjalin Silaturahmi Bersama Media dalam Halal Bihalal UMN 2024

Bisniscorner.com – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengadakan pertemuan dengan rekan-rekan media dalam rangka menjalin silaturahmi dan menyambut Hari Pendidikan Nasional...

Breaking News4 hari ago

Luncurkan Program Magister Desain, BINUS Graduate Program Terapkan Kurikulum Advanced Designpreneur Padukan Kreativitas dan Bisnis

Bisniscorner.com  – Di tengah perkembangan pesat industri kreatif di Indonesia, pasar kini menghadapi tuntutan yang semakin kompleks. Berbagai sektor industri...

Trending