Connect with us

Breaking News

Polda Banten Akan Lakukan Pengawalan dan Pengamanan Aksi Mayday dengan Prokes yang ketat

Published

on

Bisniscorner.com  – Polda Banten dan Polres Jajaran lakukan pengawalan dan pengamanan rencana giat serikat buruh pada peringatan Mayday Sabtu (01/05/21) besok.

Seperti diketahui, tanggal 1 Mei adalah Hari Buruh atau biasa disebut Mayday. Pada hari inilah biasanya buruh/pekerja yang tergabung dalam serikat buruh/serikat pekerja melakukan kegiatan untuk menyampaikan aksinya.

Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto mengatakan dalam peringatan Mayday tahun 2021 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini karena masih pandemi Covid-19, jadi agak sedikit berbeda. Kali ini kami dari jajaran Polda Banten sudah melakukan kordinasi dan komunikasi dengan teman teman Serikat buruh baik di kota maupun tingkat provinsi.

Seandainya ada beberapa kelompok buruh yang akan ke jakarta, maka kita akan melakukan pengawalan dan pengamanan massa buruh yang melaksanakan kegiatan di wilayah hukum Polda Banten, dengan diawali dengan pemeriksaan swab antigen, menerapkan protokol kesehatan” kata Rudy Heriyanto, Jum’at (30/04/2021).

Ia juga menjelaskan dalam upaya Jalin Komunikasi dan mengarahkan kegiatan dan merubah bentuk pola aksi unjuk rasa menjadi kegiatan yang lebih positif dan humanis seperti bentuk kegiatan aksi bantuan dan baksos seperti santunan karyawan korban PHK, pembagian masker, santunan anak yatim, pembagian sembako, pembagian takjil, dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan, serta kegiatan seminar virtual buruh.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan jika jumlah buruh yang akan mengikuti aksi Mayday sebanyak 415 orang dari 8 elemen buruh se kab/kota yang ada di Banten, sedangkan Polda Banten akan memberi back up 300 personil yang bertugas pengamanan ke polres jajaran dengan meneruskan satgas Covid-19 bersama teman-teman TNI, Polri dan satpol pp.

“Aksi Mayday besok akan diisi dengan giat-giat baksos seperti yang dijelaskan bapak Kapolda tadi. Pelaksanaan baksos sendiri dilakukan di masing-masing wilayahnya. Seperti FSPMI Tangerang raya akan melakukan baksos pembagian 2000 paket takjil di depan gerbang Citra raya dan jalan baru Tigaraksa kabupaten Tangerang, KSPSI 1973 Pandeglang akan melakukan santunan anak yatim dan buka bersama di hotel mutiara Carita Pandeglang dan yang lainnya,” jelas Edy Sumardi.

Kabidhumas juga mengapresiasi para Serikat Buruh yang mau merubah bentuk pola aksi unjuk rasa menjadi bentuk kegiatan aksi sosial.

“Semoga aksi sosial yang dilakukan oleh para serikat buruh dapat bermanfaat bagi yang menerimanya. Dan semoga kegiatan besok berjalan dengan lancar dan jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan agar tidak terjadi peningkatan angka penularan Covid-19,” tandasnya. (Rls)

Breaking News

PUPR Rampungkan Infrastruktur Pariwisata KSPN Wakatobi Sultra Tahap I

Published

on

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penataan dan pengembangan infrastruktur pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Kawasan Wakatobi telah ditetapkan sebagai salah satu KSPN Prioritas dari 10 “Bali Baru” yang dikembangkan Pemerintah berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 guna meningkatkan jumlah wisatawan dalam dan luar negeri ke Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian masyarakat melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul,” kata Menteri Basuki.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, dukungan terhadap pengelolaan infrastruktur oleh seluruh pihak menjadi tahapan yang sangat penting dari pembangunan infrastruktur KSPN Wakatobi.

“Harapannya infrastruktur yang sudah dibangun ini dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat dengan dukungan pengawasan dan pemeliharaan dari pemerintah daerah. Hal ini adalah wujud nyata dari upaya kita dalam menjaga keberlanjutan lingkungan, budaya, dan pariwisata,” kata Dirjen Diana.

Pada Penataan KSPN Wakatobi Tahap I, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tenggara, Direktorat Jenderal Cipta Karya telah menyelesaikan 4 destinasi wisata unggulan. Destinasi tersebut meliputi Alun-alun Merdeka, Puncak Toliamba, Sombu Dive dan Danau Kapota dengan total anggaran yang dialokasikan sebesar Rp96,54 M.

Alun-alun Merdeka didesain sebagai ruang terbuka yang menjadi pusat kegiatan masyarakat. Sementara Puncak Toliamba, Sombu Dive dan Danau Kapota merupakan destinasi pariwisata alam yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sehingga, penataan kawasan yang dilakukan termasuk dengan area plaza terbuka dan penataan lansekap, serta fasilitas penunjang pariwisata seperti kios souvenir bagi UMKM, jalan akses hingga dermaga dan menara pandang.

“Penataan KSPN Wakatobi Tahap I mulai dilaksanakan pada Oktober 2022 hingga 26 November 2023. Dan setelah pekerjaan fisik selesai, telah diserahterimakan secara operasional kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara pada Desember 2023 lalu,” jelas Kepala BPPW Sulawesi Tenggara Septina Rachmawati.

Saat ini, BPPW Sulawesi Tenggara tengah melanjutkan Penataan KSPN Wakatobi Tahap II yang dipusatkan pada pembangunan infrastruktur Waterfront Marina dan Keraton Liya. Kegiatan penataan kawasan pariwisata tersebut merupakan kombinasi antara pariwisata modern dan pelestarian sejarah.

“Saat ini, progress fisik Penataan KSPN Wakatobi Tahap II telah mencapai 23,5%. Dengan alokasi anggaran sebesar Rp139,6 M, diharapkan pekerjaan penataan Waterfront Marina dan Keraton Liya ini dapat selesai pada tahun ini (2024),” tandas Septina. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Jelang World Water Forum ke-10 di Bali,  Kementerian PUPR : Platform Diskusi Pengelolaan Air Global

Published

on

Bisniscorner.com  – Dalam rangka menyambut World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia pada 18-25 Mei 2024, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus memastikan kesiapan pelaksanaan forum air tingkat dunia tersebut.

Sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10, Indonesia memiliki peran penting dalam menyediakan platform global bagi para pemangku kepentingan untuk membahas berbagai isu terkait pengelolaan air.

“Forum ini merupakan kesempatan bagi negara-negara untuk berbagi pengalaman, inovasi, serta solusi dalam pengelolaan dan pemeliharaan sumber daya air terutama dampak dari perubahan iklim yang semakin nyata,” kata Sekretaris Jenderal Mohammad Zainal Fatah yang mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam program “Indonesia Bicara – Menuju World Water Forum 2024” yang diselenggarakan oleh TVRI, Kamis (25/04/2024).

Di samping itu, World Water Forum ke-10 yang mengusung tema “Water for Shared Prosperity” ini diharapkan menjadi momentum bagi Indonesia untuk menunjukkan kepemimpinannya. Serta komitmennya dalam upaya global mengatasi tantangan pengelolaan air.

“World Water Forum ke-10 terdiri dari 3 proses utama yaitu Proses Politik, Proses Regional, dan Proses Tematik yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait. Proses Tematik terdiri dari 6 sub-tema yang nantinya akan didiskusikan bersama untuk mencari common goals secara global,” tambah Sekjen Zainal Fatah.

Adapun 6 sub-tema tersebut meliputi Water Security and Prosperity, Water for Humans and Nature, Disaster Risk Reduction and Management, Governance, Cooperation and Hydro-diplomacy, Sustainable Water Finance, dan Knowledge and Innovation. Sementara, Proses Regional meliputi Asia Pasifik, Amerika, Afrika, dan Mediterania. Untuk Proses Politik terdiri dari 5 tingkat, yaitu Head of States, Parliamentarian, Ministerial, Local Authorities, dan Basin Authorities.

“Setiap negara memiliki permasalahan dan fokus pengelolaan air masing-masing, sehingga pendekatan komprehensif secara regional perlu untuk dilakukan. Untuk proses politis, kebijakan pengelolaan air akan dibahas bertingkat mulai dari pelaksana hingga Kepala Negara,” tambah Sekjen Zainal Fatah.

Sekjen Zainal Fatah mengatakan, harapan bersama yang ingin dicapai melalui World Water Forum ke-10 Tahun 2024 di Bali adalah terciptanya komitmen global yang lebih kuat dalam mengatasi tantangan pengelolaan sumber daya air. Selain itu juga mendorong aksi yang lebih efektif dan berkelanjutan, serta memperkuat kerjasama internasional.

“Melalui forum ini, Indonesia juga ingin mengangkat 4 deliverables outcomes yang akan menjadi legacy yaitu pendirian Centre of Excellence on Water and Climate Resilience (COE), dan pengarusutamaan Integrated Water Resources Management (IWRM) on Small Islands,” kata Sekjen Zainal Fatah.

Selain itu, akan dilakukan pula penetapan World Lake Day (WLD), dan pencantuman dalam Ministerial Declaration Compendium of Concrete Deliverables and Actions, dalam bentuk daftar kegiatan sebagai tindak lanjut konkrit dari World Water Forum ke-10. (Rls)

Continue Reading

Breaking News

Dvisasa Majantara untuk Merajut Persatuan dengan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan

Published

on

Bisniscorner.com – Jakarta, 24 April 2023. Bertempat di Kediaman Ketua Umum Dvisasa Majantara, telah dideklarasikan lahirnya organisasi yang bergerak di bidang Pengembangan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan, Dvisasa Majantara.

Dvisasa Majantara lahir atas inisiator dari seorang Jeki Ayu, yang juga sebagai Ketua Umum Dvisasa Majantara, dan didirikan bersama oleh 12 Punggawa Majantara.

Dvisasa Majantara memiliki filosofi sebagai 12 (Dvisasa-duabelas) Punggawa Mata Rajawali Majantara yang mendedikasikan diri untuk memediasi, memfasilitasi dan membangkitkan program-program kerja dalam sektor Pengembangan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan dengan gaya dan cara yang berbeda dari organisasi lain.

Dvisasa Majantara akan memulai Program hulu hingga hilir pada sektor Pengembangan Seni Budaya Nusantara dan Ekonomi Kerakyatan dengan pola Bottom-Up, dimana para Pelaku Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan sepenuhnya akan dilibatkan sepenuhnya dalam setiap program kerja yang akan dijalankan. Sedangkan Pembeda utama dari Dvisasa Majantara adalah, kegiatan program kerja akan dikemas dalam suasana kekinian dengan tetap mengedepankan nilai-nilai luhur kearifan lokal seni dan Budaya Nusantara.

Dvisasa Majantara adalah Nafas dan Marwah baru dalam Pengembangan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan di Indonesia. Karena dalam kegiatannya akan melibatkan semua pihak, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, para Pelaku dan Sanggar Seni Budaya, Pelaku UMKM dan pihak swasta, sehingga terbangun satu kolaborasi dan kebersamaan yang akan berdampak kepada “kehidupan baru” dalam menjalin kebhinnekaan menuju Persatuan Indonesia yang hakiki dalam rangka meraih cita-cita Indonesia Emas 2045.

Deklarasi Dvisasa Majantara diisi oleh Penampilan 3 Matra Majantara yang menampilkan bentuk musik Bali, seni olah Vokal dan seni Pertunjukan Wayang Golek dalam balutan Kontemporer Urban yang dipersembahkan oleh 3 Seniman Nusantara, yakni :

Rudy Octave, musisi yang mengabdikan karya-karyanya untuk tutur Tradisi Bahasa di Nusantara.
Caecillia, seorang seniman Vokal dan Suling asal Jawa Timur.
Dr. Wawan Gunawan. S.Sn., MM yang akrab disapa Ki Dalang Wawan Ajen, Seniman Dalang yang Totalitas menggarap Seni Pewayangan Nusantara, terkenal dengan Wayang Ajen.

Selain acara diatas, Deklarasi Dvisasa Majantara yang dipadu dengan syukuran sederhana kelahiran Dvisasa Majantara tersebut diisi dengan acara menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, penjelasan singkat tentang Profil Dvisasa Majantara oleh Koordinator Bidang Humas dan Promosi Aknobin Sinaga, Pembacaan Manifesto Budaya Dvisasa Majantara oleh Sekjen Dvisasa Majantara Arief Darmawan, Sambutan Ketua Umum Jeki Ayu.

Pada Kesempatan itu juga, dikemukakan oleh Sekjen Dvisasa Majantara, bahwa pada moment 17 Agustus 2024, akan diselenggarakan Event Akbar berupa “Kemah Bakti Kebangsaan” di Ibu Kota Nusantara yang akan diikuti oleh 500 Seniman, Budayawan dan Para Tokoh Adat/Kepala Suku dari seluruh Indonesia, dan Oktober 2024 akan diselenggarakan event akbar “Atas Nama Cinta” sebagai bentuk tanda cinta kepada Bapak Ir.
Joko Widodo yang telah memancangkan pondasi dan tiang perubahan bagi kemajuan Indonesia selama menjadi Presiden Republik Indonesia, sekaligus juga sebagai bentuk ucapan selamat datang dan doa Lintas agama bagi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, sebagai penerus estafet kepemimpinan Jokowi.

Khusus untuk Kegiatan “Atas Nama Cinta” ini, akan diikuti oleh segenap masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke – dari Miangas sampai Pulau Rote secara live dan liputan langsung dari seluruh penjuru Indonesia, dengan pusat kegiatan inti di 4 kota yakni Jakarta, Bogor, Ibu Kota Nusantara, dan Puncak acaranya di Kota Solo dengan menampilkan atraksi seni dan budaya Nusantara serta pesta rakyat terbesar sepanjang sejarah Indonesia.

Sebagai penutup, Ketua Umum Dvisasa Majantara, mengajak seluruh Bangsa Indonesia untuk kembali memperkuat Bhinneka Tunggal Ika sebagai Pemersatu Bangsa, karena perbedaan yang dianugerahkan kepada Bangsa Indonesia adalah kekayaan luhur yang seharusnya dapat lebih mempersatukan seluruh anak bangsa dalam membangun Indonesia maju yang akan menjadi Mercusuar di kancah global.(Rls/Her)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News2 jam ago

PUPR Rampungkan Infrastruktur Pariwisata KSPN Wakatobi Sultra Tahap I

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penataan dan pengembangan infrastruktur pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional...

Breaking News1 hari ago

Jelang World Water Forum ke-10 di Bali,  Kementerian PUPR : Platform Diskusi Pengelolaan Air Global

Bisniscorner.com  – Dalam rangka menyambut World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia pada 18-25 Mei 2024, Kementerian...

Breaking News4 hari ago

Dvisasa Majantara untuk Merajut Persatuan dengan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan

Bisniscorner.com – Jakarta, 24 April 2023. Bertempat di Kediaman Ketua Umum Dvisasa Majantara, telah dideklarasikan lahirnya organisasi yang bergerak di...

Breaking News4 hari ago

Sequis Bagi Tips Cara Jaga Bumi Sekaligus Bijak Kelola Finansial 

Bisniscorner.com – Hari Bumi atau Earth Day diperingati oleh jutaan orang di seluruh dunia pada tanggal 22 April demi sebuah...

Breaking News5 hari ago

Pulihkan Aktivitas Sosial Ekonomi, Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Rehab dan Rekonstruksi Bangunan Gedung Pascabencana Sulawesi Barat

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi...

Breaking News6 hari ago

Dukung Produktivitas Pertanian, Presiden Jokowi Resmikan Penanganan 5 Ruas Jalan Daerah di Gorontalo

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan 5 ruas jalan daerah...

Trending