Connect with us

Tekno

Virtual Police Bisa Tekan Kejahatan Siber

Published

on

Bisniscorner.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggagas sistem virtual police atau polisi virtual untuk mencegah dan menangani terjadinya kejahatan di media sosial.

Ahli Hukum Pidana, Andre Yosua mengatakan, virtual police menjadi hal yang positif dalam menangani dan menekan kejahatan siber di perkembangan teknologi.

“Virtual police merupakan terobosan yang sesuai dengan perkembangan sosial kultur dalam menekan kejahatan siber,” kata Andre dalam keterangan tertulis, Jumat (07/04/2021).

Andre mengungkapkan, penegakan hukum bukanlah hanya tindakan represif semata. Ada dua aspek lain dalam penegakan yang kerap dilupakan, yaitu adalah tindakan preventif dan persuasif.

“Dan ini yang dilakukan oleh Polri dengan virtual police dalam dunia siber.  Langkah virtual police ini mampu menekan tindak pidana siber yang berujung kepada tindakan represif,” katanya.

Sementara tugas Polisi virtual akan melakukan patroli siber untuk mengawasi berbagai konten-konten yang melanggar dari berbagai media sosial.

Nantinya itu akan diserahkan oleh petugas untuk dimintakan pendapat ke para ahli, seperti ahli pidana, ahli bahasa, dan ahli ITE.

Jika dalam patroli itu ditemukan adanya indikasi pelanggaran, maka tim akan diserahkan ke Direktur Tindak Pidana Siber sebelum nantinya akan mengirimkan peringatan kepada pemilik akun. (Red)

Tekno

Dorong Pertumbuhan Ekosistem Startup Indonesia, Sinar Mas Land Melalui Digital Hub bersama Xendit Gelar DNA VC Startup Connect

Published

on

Bisniscorner.com – Indonesia telah menjadi salah satu tujuan utama bagi investor yang sedang mencari peluang untuk menanam modal di sektor startup. Pertumbuhan ekonomi yang pesat, penetrasi internet yang semakin luas, dan perkembangan ekosistem startup yang dinamis telah menjadikan negeri ini sebagai destinasi menarik bagi para investor. Pada 2021 lalu, berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, bidang investasi startup Indonesia menduduki peringkat tertinggi di Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar 42 persen.

Sinar Mas Land melalui Digital Hub berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan ekosistem startup digital potensial di Indonesia melalui gerakan Digital Hub Next Action (DNA), yang diwujudkan dengan berbagai program, termasuk TechConnectSeries bertajuk “VC Startup Connect”. Program yang diselenggarakan Digital Hub bekerja sama dengan Xendit, sebuah perusahaan penyedia infrastruktur pembayaran digital terdepan di Asia Tenggara ini, menghadirkan rangkaian acara seperti offline speed dating, consultation session, fundraise cheat guide, dan startup networking night bersama lebih dari      100 Startup dan lebih dari 60 Venture Capital (VC), pada Selasa (23/4) lalu di The Residence OnFive, Grand Hyatt Hotel, Jakarta.

Muhammad Neil El Himam – Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menjelaskan, saya sangat senang bisa menghadiri acara DNA VC Startup Connect, sebuah gerakan dalam ekosistem digital yang diinisiasi Sinar Mas Land melalui Digital Hub. Program ini sangat positif, mempertemukan inovasi dan investasi untuk membentuk masa depan ekonomi kita yang lebih baik. Beberapa tahun terakhir ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat dipengaruhi oleh ekosistem startup yang dinamis dan ekspansi ekonomi digital yang tumbuh cepat. Potensi Indonesia sangat besar dalam pengembangan bisnis digital yang kompetitif di tingkat global. Sebagai pemerintah, Kemenparekraf RI berkomitmen untuk selalu berkolaborasi dan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan, baik para pemimpin industri, lembaga pendidikan, maupun komunitas-komunitas startup. Kami meyakini bahwa sinergi dalam memperkuat ekosistem ini dapat lebih meningkatkan akselerasi pertumbuhan ekonomi digital.

CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land – Irawan Harahap mengatakan,  pengembangan dalam dunia startup bisa terealisasikan karena meningkatnya trend digital opportunity di Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh dari Mckinsey & Company, pada sektor teknologi digital, tenaga kerja Indonesia diprediksikan berkontribusi sebesar $35 miliar pada tahun 2025. Sinar Mas Land melalui Digital Hub berkomitmen dalam menerapkan digitalisasi, khususnya di sektor startup guna mendorong terealisasinya PDB sekitar USD 150 miliar (pertumbuhan sebesar 10%) pada tahun 2025. Selain itu, teknologi digital juga berpotensi menambah lapangan pekerjaan sebanyak 3,7 juta. Selaras dengan hal tersebut, acara DNA VC Startup Connect ini bertujuan untuk memberikan medium bagi startup, angel investor, hingga venture capital untuk saling berinteraksi, memperluas relasi dan jaringan, serta membuka kesempatan untuk memperoleh pendanaan. Semoga momen ini menjadi awal dari kolaborasi yang sukses dan membawa manfaat bagi semua pihak, sehingga dapat mencapai tujuan bersama dalam mengakselerasi pertumbuhan startup di Indonesia.

Co-Founder & CEO, Xendit – Moses Lo menyampaikan, saya selalu mengingat nasihat berharga yang kami terima dari investor di awal perjalanan Xendit. Bimbingan mereka memainkan peran penting dalam membentuk siapa kita hari ini. Sebagai perusahaan yang sangat berkomitmen untuk memberikan kontribusi, kami bangga mendukung acara seperti ini, yang menunjukkan dedikasi kami untuk mendorong pertumbuhan dalam ekosistem startup digital di Indonesia. Dengan lebih dari 60 investor yang hadir, kami berharap mendapatkan wawasan berharga yang akan memberdayakan startup untuk berkembang.

DNA VC Startup Connect merupakan kegiatan speed dating eksklusif untuk mempertemukan startup dengan investor terkemuka skala nasional maupun internasional. Tujuannya untuk mendorong kolaborasi dan pertumbuhan ekosistem startup yang tengah berkembang pesat di Indonesia.

Sebelumnya, para startup yang berpartisipasi harus melewati proses seleksi dan kurasi ketat yang dinilai melalui beragam aspek mulai dari inovasi ide, potensi pasar, dan skalabilitas bisnis. Startup yang terpilih mendapatkan kesempatan untuk bertemu secara langsung dengan angel investor serta perusahaan modal ventura seperti Living Lab Ventures, East Ventures, Alpha JWC Ventures, Gobi Partners, Vertex Ventures SEA and India, Trihill Capital, MDI Ventures, Antler, AC Ventures, Intudo, SMDV, dan banyak perusahaan investasi lainnya.

Sejak tahun 2016, Sinar Mas Land telah melakukan transformasi digital untuk memberikan pelayanan dan produk terbaik bagi masyarakat. Inisiatif tersebut salah satunya dilakukan dengan mengembangkan Digital Hub, sebuah kawasan seluas 26 hektare di BSD City yang didedikasikan untuk komunitas, institusi pendidikan, startup dan perusahaan multinasional di bidang teknologi digital dan kreatif. Animo positif didapatkan dari berbagai pihak dalam pengembangan ekosistem yang telah menjadi rumah bagi lebih dari 38 dari perusahaan terkemuka di antaranya Traveloka, Unilever, NTT, Grab, dan Apple.

Dari sisi akses, Digital Hub memiliki jalur langsung menuju gerbang Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A, Tol Jakarta-Merak (Tol Kebon Jeruk), dan Tol Jakarta-Serpong yang terintegrasi dengan Tol Kunciran-Serpong, JORR 2, Tol Bandara Soekarno-Hatta, dan Tol Jagorawi. Mobilitas dari/ke Digital Hub pun juga didukung dengan beragam pilihan transportasi umum mulai dari free shuttle bus BSD Link, feeder bus BSD City, dan kereta commuter line melalui Stasiun Cisauk di kawasan Intermoda BSD City. (Rls)

Continue Reading

Tekno

FIFGROUP Wujudkan Visi Keberlanjutan, Solar Panel ke-20 Terpasang di Cabang Cikarang

Published

on

Bisniscorner.com –  anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, hari ini melanjutkan komitmennya terhadap keberlanjutan dengan meresmikan pemasangan solar panel ke-20 di Kantor FIFGROUP Cabang Cikarang. Pemasangan panel surya berkapasitas 10,8 KwP ini merupakan langkah penting dalam upaya FIFGROUP untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan transisi menuju energi ramah lingkungan.

FIFGROUP menargetkan penambahan instalasi solar panel di 12 titik cabang, dan hari ini menjadi yang ke-2 di tahun 2024, setelah sebelumnya sudah dilakukan pada awal April 2024 berlokasi di FIFGROUP Cabang Serang. Menurut rencana, implementasi project pemasangan solar panel FIFGROUP 2024 selanjutnya akan dilakukan di cabang Palu, Pontianak 1, Surabaya 1, Palangkaraya, Lampung, Sorong, Pangkal Pinang, Batam 1, Jatiuwung, dan Pondok Gede.

Kegiatan ini menyusul pemasangan instalasi solar panel di sepuluh kantor cabang pada tahun 2023, tujuh cabang sebelumnya pada 2022 dan satu cabang pada 2019. Sehingga total sampai dengan 26 April 2024, sudah 20 solar panel yang telah diresmikan oleh FIFGROUP yang tersebar di Indonesia.

Hadir dalam peresmian kali ini, Operation Director FIFGROUP, Setia Budi Tarigan beserta Human Capital (HC), General Support (GS), Corporate Communication, Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati.

Dalam sambutannya, Esther Sri Harjati menyampaikan harapannya kepada seluruh jajaran manajemen FIFGROUP Cikarang untuk berperan aktif dalam menjaga dan merawat keberadaan solar panel tersebut.

“Mari seluruh karyawan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya aksi keberlanjutan, dengan salah satu fokusnya adalah pengurangan jejak karbon.Tindakan nyata dimulai dari diri sendiri, seperti menghemat energi dan memilih sumber daya yang ramah lingkungan.,” ungkap Esther lebih lanjut.

Dukungan terhadap program keberlanjutan perusahaan

Cikarang menjadi salah satu yang terpilih untuk dilakukan instalasi solar panel karena tingkat sinar matahari yang tinggi di daerah tersebut. Kondisi intensitas irradiasi matahari Cikarang tercatat sebesar 1.702,9 KWh/m2, sesuai dengan data dari Global Horizontal Irradiation (GHI) yang memiliki intenstitas irradiasi tertinggi berada di wilayah Indonesia bagian Selatan (kisaran 1.600 KWh/m2 sampai dengan 2.000 KWh/m2).

Di 2023, FIFGROUP telah melakukan 10 instalasi solar panel yang berlokasi di Cabang Medan, Denpasar, Pekanbaru, Rungkut, Makassar, Palembang, Jayapura, Mataram, Karawang, dan Balikpapan. Pada tahun 2024 ini, perseroan berkomitmen untuk melakukan pemasangan instalasi solar panel sebanyak 12 titik lokasi kantor cabang.

“Pemasangan solar panel ini juga seirama dengan misi FIFGROUP dalam menjalankan program keberlanjutan yang sejalan dengan Environment, Social, and Governance (ESG). Oleh karenanya, di mana setiap individu dan pihak harus berperan aktif dalam upaya penanggulangan emisi GRK agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan lestari bagi generasi mendatang,” lanjut Esther.

Inisiatif Keberlanjutan FIFGROUP

FIFGROUP berharap melalui instalasi solar panel yang dilakukan secara berkesinambungan si beberapa titik yang tersebar di Indonesia , dapat menjadi inisiatif yang baik dalam memberikan dampak positif bagi keberlanjutan ekosistem lingkungan hidup di bumi dan kehidupan di generasi yang akan datang.

Esther juga menyampaikan terkait kompetisi bagi karyawan internal bertajuk FIFGROUP Sustainability Awards 2024 dengan mengajak seluruh karyawan FIFGROUP untuk berpartisipasi, baik melalui pencapaian sustainability index cabang dalam sub-program Sustainability Index Awards, maupun melalui ide misi keberlanjutan yang inovatif dalam sub-program Sustainability Innovation Ideas dengan inisiatif-inisiatif demi kebaikan perusahaan dan kontribusi kepada lingkungan, sosial dan keamanan.

Perusahaan yang berkantor pusat di selatan Jakarta itu, juga terus berkomitmen menjalankan program kampanye #CARE (Create Action, Rescue Earth) melalui perwujudan aksi nyata perseroan dengan berfokus pada peningkatan awareness karyawan untuk mencapai target keberlanjutan pada tahun 2030.

Pada kampanye tersebut, FIFGROUP membaginya menjadi 3 inisiatif, yaitu #CAREforWaste, #CAREforPeople, dan #CAREforGreenLiving. Untuk #CAREforWaste, FIFGROUP mendorong karyawannya berpartisipasi untuk bijak dalam penggunaan air, mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan, hingga penggunaan botol plastik di area kantor.

Kemudian melalui #CAREfoPeople, FIFGROUP berinisiatif menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan inklusif melalui program rekrutmen untuk pegawai disabilitas dan juga program inspeksi safety riding yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan dalam berkendara yang aman.

Dan untuk program #CAREforGreenLiving, FIFGROUP berinisiatif menciptakan kehidupan yang berkelanjutan melalui program yang mendorong karyawan dalam menghemat penggunaan listrik khususnya Air Conditioner (AC) sebagai salah satu penyebab penggunaan listrik berlebihan.

Program ini akan terus digencarkan oleh perusahaan, sehingga kedepannya aksi keberlanjutan tidak hanya dilakukan oleh perseroan tetapi dimulai dari hal kecil yang dapat dilakukan oleh seluruh karyawan perusahaan hingga masyarakat yang merasakan dampaknya. (Rls/Her)

Continue Reading

Tekno

Inovasi Bethsaida Hospital: Menghadirkan Pusat Layanan Kesehatan dan Teknologi Terdepan

Published

on

Bisniscorner.com –  Bethsaida Hospital, general hospital pertama di Gading Serpong yang didirikan pada 12 Desember 2012, senantiasa melakukan peningkatan kualitas dan fasilitas untuk menghadirkan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.

Sebagai hospital yang berlokasi strategis di pusat kota Gading Serpong, Bethsaida Hospital Gading Serpong selalu berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Peningkatan layanan ini merupakan respons bagi kebutuhan layanan kesehatan masyarakat yang semakin meningkat, juga sebagai upaya untuk selalu menghadirkan fasilitas dan layanan terkini sesuai dengan perkembangan zaman.

Pada tahun 2024, Bethsaida Hospital Gading Serpong melakukan beragam peningkatan layanan dan fasilitas hospital, yaitu revitalisasi beberapa area pelayanan seperti area Main Lobby, yang kini memiliki konsep layaknya hotel bintang 5 dengan area-area pelayanan khusus dan kapasitas ruang tunggu yang luas juga nyaman, serta dilengkapi dengan teknologi digital, yaitu Interactive Digital Kiosk untuk pendaftaran mandiri pasien rawat jalan.

Lalu adanya area VIP Lounge dengan ruang tunggu eksklusif yang memiliki privasi tinggi dengan adanya akses Face Recognition di setiap pintu. Lalu yang tidak kalah penting, adalah Empat Center of Excellence Bethsaida Hospital, yaitu Dental Center (Gigi & Mulut), Emergency & Heart Attack Center (UGD), Women Health Center (Kebidanan & Kandungan), serta Heart & Vascular Center (Jantung & Pembuluh Darah) yang sudah memiliki pelayanan tersentralisasi mulai dari pendaftaran, pembayaran, farmasi, area ruang tunggu, area konsultasi, area perawatan dan dilengkapi dengan peralatan medis terkini, tenaga medis ahli, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Bethsaida Hospital Gading Serpong juga memperbarui fasilitas penunjang dengan teknologi terbaru, melalui pengadaan alat diagnostik canggih dan merupakan yang pertama di Indonesia, yaitu CT Scan Revolution Apex Elite 512 Slice, yang menghadirkan gambaran organ tubuh dengan resolusi tinggi dengan detail terbaik untuk diagnosis yang tepat, serta merupakan yang pertama di Indonesia.

Kemudian alat Mobile X-Ray AMX Navigate yang memungkinkan diagnosis pasien dengan kondisi non-transportable (pasien yang tidak dapat dipindahkan) dan telah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI). Untuk pendukung tindakan operasi, Bethsaida Hospital juga melakukan pengadaan alat C-Arm OEC Elite yang dapat memberikan visualisasi akurat dan tepat pada berbagai prosedur medis, serta Cath Lab Allia IGS 520 with Autoright yang memiliki sistem canggih dengan kecerdasan buatan (AI) untuk prosedur intervensi diberbagai bidang medis yang dapat mengoptimalkan kualitas gambar secara otomatis dan mengurangi paparan radiasi bagi pasien.

Dr. Pitono Yap, Direktur Bethsaida Hospital, mengungkapkan, pembaharuan fasilitas dan teknologi medis yang kami lakukan, bertujuan untuk memberikan diagnosis medis yang lebih tepat dan akurat, sehingga bisa meningkatkan angka kesembuhan pasien melalui penanganan medis yang sesuai dengan keluhan atau penyakit yang dialami. Tidak hanya bagi pasien, teknologi-teknologi canggih yang kami adakan mulai dari CT Scan 512 Slice, Mobile X-Ray, C-Arm & Cath Lab, juga membantu para dokter untuk memberikan penegakan diagnosis dalam memberikan penanganan yang tepat bagi pasien.

“Pelayanan kesehatan yang paripurna, haruslah menyeluruh. Melalui pengadaan alat medis canggih, revitalisasi area pelayanan umum dan juga penyempurnaan Center of Excellence, kami yakin dapat membantu pemerintah dalam penyediaan layanan kesehatan yang mumpuni dan merata khususnya di area Tangerang, Banten dan sekitarnya,” ucapnya saat prescon pada Senin, 22 April 2024.

Iwan A. Setiawan, selaku VP Bethsaida Hospital juga mengatakan, kami memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan Kesehatan terbaik bagi pasien secara menyeluruh. Salah satunya dengan adanya kolaborasi bersama asuransi-asuransi rekanan, terkait kendali mutu dan biaya untuk perawatan pasien di Bethsaida Hospital. New Look of Bethsaida Hospital kami dedikasikan bagi pasien dan pengunjung, sehubungan dengan semakin meningkatnya volume pasien dan tren kebutuhan akan penanganan penyakit yang semakin spesifik, sehingga perlu adanya pusat layanan unggulan yang optimal dan fasilitas-fasilitas khusus lainnya.

Norman Daulay, Direktur yang menangani Pengembangan Bethsaida Hospital, menambahkan, seluruh proses pembangunan yang dilakukan oleh Bethsaida Hospital sudah direncanakan sebaik mungkin dengan konsep yang matang, bukan hanya untuk tujuan estetika, tapi juga dalam hal fungsi ruang serta optimalisasi sirkulasi untuk memastikan hasil yang dicapai dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh pasien dan pengunjung. Untuk memberikan pengalaman yang baik, konsep revitalisasi yang kami sediakan juga lebih menyerupai hotel dibandingkan dengan hospital pada umumnya. Tidak hanya area pelayanan umum, kami juga telah melakukan inovasi pada konsep pelayanan di Center of Excellence Bethsaida Hospital dengan menganut sistem Cluster-ing, yaitu layanan dan alur pasien yang sudah tersentralisasi pada satu area yang sama.

M. Nawawi, Presiden Direktur PT. Bethsaida Hospital International menjelaskan, saat ini industri kesehatan di Indonesia semakin dituntut untuk berinovasi dan berkembang demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga semakin sadar akan pentingnya kesehatan. Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Indonesia kehilangan devisa negara hingga 170 triliun per tahun karena tingginya angka masyarakat yang berobat keluar negeri. Di mana hal ini menjadi motivasi Bethsaida Hospital untuk menyediakan layanan kesehatan termutakhir agar masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi keluar negeri untuk berobat. Bethsaida Hospital berkomitmen akan terus berinovasi dan berinvestasi dalam bidang kesehatan. Tidak hanya itu, kami juga telah memiliki perencanaan jangka Panjang untuk 5 tahun ke depan mengenai pengembangan-pengembangan apa saja yang akan dilakukan. (Rls)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News25 menit ago

Presiden Jokowi Gelar Ratas Terkait World Water Forum ke-10

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju menggelar rapat terbatas (ratas) terkait persiapan penyelenggaraan World Water...

Breaking News19 jam ago

Puncak Hari Air Dunia ke-32, Menteri Basuki : Tingkatkan Kemampuan Mengelola Air

Bisniscorner.com – Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia (HAD) Tahun 2024, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat...

Breaking News2 hari ago

PUPR Rampungkan Infrastruktur Pariwisata KSPN Wakatobi Sultra Tahap I

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penataan dan pengembangan infrastruktur pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional...

Breaking News3 hari ago

Jelang World Water Forum ke-10 di Bali,  Kementerian PUPR : Platform Diskusi Pengelolaan Air Global

Bisniscorner.com  – Dalam rangka menyambut World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia pada 18-25 Mei 2024, Kementerian...

Breaking News5 hari ago

Dvisasa Majantara untuk Merajut Persatuan dengan Seni, Budaya dan Ekonomi Kerakyatan

Bisniscorner.com – Jakarta, 24 April 2023. Bertempat di Kediaman Ketua Umum Dvisasa Majantara, telah dideklarasikan lahirnya organisasi yang bergerak di...

Breaking News6 hari ago

Sequis Bagi Tips Cara Jaga Bumi Sekaligus Bijak Kelola Finansial 

Bisniscorner.com – Hari Bumi atau Earth Day diperingati oleh jutaan orang di seluruh dunia pada tanggal 22 April demi sebuah...

Trending