Connect with us

CSR

Hero Supermarket Gandeng Yayasan Pita Kuning untuk Dukung Anak dengan Kanker di Indonesia

Published

on

Bisniscorner.com  – Dalam rangka Hari Kanker Anak Sedunia 2023, PT Hero Supermarket Tbk melalui Hero Supermarket berkolaborasi dengan Yayasan Pita Kuning dengan memberikan dukungan berupa donasi materil untuk anak dengan kanker terutama mereka yang berasal dari keluarga prasejahtera.

Program kolaborasi dan donasi bagi anak dengan kanker merupakan salah satu kampanye berkelanjutan Hero For Life dibidang kesehatan yaitu #HeroForWellness yang fokus untuk mendukung dan melaksanakan program kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Dokter Spesialis Anak, dr. Ludi Dhyani Rahmartani, Sp.A (K) mengatakan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kanker adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia dan tahun ini, Indonesia telah memperkirakan ada 11.000 kasus baru pada anak sehingga orang tua disarankan untuk mewaspadai sedini mungkin gejala kanker pada anak.

dr. Ludi melanjutkan, orang tua perlu menyadari gejala kanker pada anak seperti pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, pangkal paha, sesak napas, tersumbatnya saluran pencernaan, demam, keringat malam, lemah, lesu, napsu makan berkurang, serta penurunan berat badan agar bisa segera dilakukan penanganan. Namun sebelum hal tersebut terjadi, peran orang tua untuk mencegah kanker pada anak juga diperlukan dengan membiasakan pola hidup sehat sejak dini yang bisa dimulai dari mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

Direktur Hero Supermarket, Hendy mengatakan, sebagai ritel yang tumbuh bersama masyarakat, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) melalui Hero Supermarket senantiasa aktif dan peduli terhadap kesehatan masyarakat Indonesia dengan menyediakan makanan dan minuman sehat dan berkualitas.

“Kali ini dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak Sedunia, Hero Supermarket ingin ikut berkontribusi untuk memberikan dukungan dalam bentuk apapun, termasuk dukungan secara psikologis untuk meningkatkan kualitas hidup anak dengan kanker agar tetap memiliki semangat selama menjalani pengobatan,” paparnya pada Jumat, 17 Februari 2023 di Hero Supermarket, Mall Taman Anggrek.

Hero Supermarket memberikan donasi materil untuk mendukung program di Yayasan Pita Kuning yang fokus pada peningkatan kualitas hidup pasien anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera di Indonesia, memberikan pendampingan psikososial berkala, menyalurkan dana bantuan kebutuhan bulanan, serta menyediakan akses konseling dan informasi atas kebutuhan perawatan paliatif.

Petugas Sosial Yayasan Pita Kuning, Dodi Nuriana mengatakan, penanggulangan kanker yang efektif harus sejalan dengan pengetahuan informasi, pengobatan, dan perawatan sehingga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Kami sangat mengapresiasi kepedulian Hero Supermarket yang telah mendukung program kami sehingga kami bisa memberikan layanan pendampingan terbaik bagi anak dengan kanker. Kini, Yayasan Pita Kuning mendampingi 45 anak dengan kanker di beberapa wilayah Indonesia dan tentunya akan terus bertambah karena mendapatkan dukungan yang tulus dari Hero Supermarket.

“Kami percaya bahwa setiap anak dan remaja dengan kanker, termasuk mereka yang berasal dari keluarga prasejahtera, bisa mendapatkan perawatan psikososial terbaik dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Kami berharap itikad baik yang kami lakukan dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama, serta semakin banyak orang yang teredukasi mengenai pentingnya menjalani pola hidup sehat dimulai dari apa yang kita konsumsi sebagai salah satu upaya mencegah kanker,” tutup Hendy. (Red)

CSR

Sinar Mas Land Gelar Pengembangan Budaya Literasi bagi Siswa-siswi, Akademisi dan Masyarakat Binaan di Kota Tangerang Selatan

Published

on

Bisniscorner.com  – Pendidikan merupakan salah satu faktor penting untuk membentuk sumber daya manusia berkualitas sehingga mampu mendorong inovasi, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan mewujudkan kesejahteraan bangsa.

Data Rapor Pendidikan 2023 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menunjukkan bahwa setiap jenjang pendidikan dari SD hingga SMA indeks kompetensi minimum literasinya tidak ada yang melampaui 70 persen. Sementara skor Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Indonesia berdasarkan laporan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) pada 2023 hanya sebesar 69,42 persen.

Untuk terus meningkatkan budaya literasi di Indonesia sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional, Sinar Mas Land menyelenggarakan serangkaian kegiatan edukatif melalui program Pengembangan Budaya Literasi dengan tema ‘Learning for a Better Future’.  Program pelatihan ini diberikan kepada siswa-siswi Pendidikan Anak Setingkat PAUD (PSAP) Do & Learn, para pelajar, mahasiswa, hingga akademisi dan masyarakat di Kota Tangerang Selatan pada Kamis (2/4) lalu.

Managing Director President Office Sinar Mas Land – Dony Martadisata mengatakan, program pengembangan budaya literasi bagi pelajar hingga masyarakat binaan di sekitar wilayah operasional perusahaan ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Sinar Mas Land untuk meningkatkan keterampilan dan literasi, guna mendukung kemajuan pendidikan nasional. Dengan adanya program ini, kami harap dapat mencetak lebih banyak SDM lokal yang memiliki indeks literasi tinggi dan berkualitas.

Kegiatan Pengembangan Budaya Literasi ini dimeriahkan dengan beragam agenda mulai dari life skill cooking class yang dipandu oleh Chef Een, tutor tata boga khusus anak usia dini, dan diikuti 35 pasangan peserta dari ibu dan anak PASP Do & Learn. Adapula workshop lifelong learning secara daring yang dipandu oleh Uswatun Chasanah, Dosen Praktik Kemendikbudristek dan diikuti 98 peserta terdiri siswa pelajar, mahasiswa serta tenaga didik. Sementara sharing session mengenai “Peran Masyarakat dalam Perkembangan Pendidikan” diikuti 140 anggota keluarga di wilayah Kelurahan Cilenggang, Tangerang Selatan.

Selain kegiatan Pengembangan Budaya Literasi, Sinar Mas Land juga memiliki sejumlah program CSR di bidang pendidikan dan literasi lainnya seperti program Sekolah Berhati (Berkarakter Hijau, Sehat dan Inovatif), sejalan dengan Kurikulum Merdeka Belajar yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia.

Adapula Program Bina Sekolah dan Bina Literasi yang diimplementasikan melalui sederet aktivitas seperti peningkatan kapasitas tenaga pendidik, bantuan pendidikan, bantuan sekolah, peningkatan kapasitas siswa melalui kelas kewirausahaan sosial dan multimedia, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta pendampingan program pendidikan secara berkala di wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. (Rls)

Continue Reading

CSR

Di Hari Pendidikan Nasional, P&G Indonesia dan Save the Children Dorong Pendidikan Setara dan Aman

Published

on

Bisniscorner.com – Memperingati Hari Pendidikan Nasional, isu kemerdekaan belajar menjadi pusat perhatian seiring dengan konsep kesetaraan dalam pendidikan. Meskipun hak setiap individu untuk mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas tanpa diskriminasi telah diakui, namun kenyataannya masih terdapat disparitas. Tantangan kesetaraan gender dan lingkungan yang aman di dunia pendidikan menjadi fokus utama. Masih ada tindakan kekerasan di lingkungan sekolah, praktik diskriminasi, pembedaan antara pendidikan anak laki-laki dan perempuan.

Melihat tantangan tersebut, Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan. Upaya ini dilakukan untuk mencegah kekerasan dan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman, serta mendorong sikap saling menghormati mencakup peserta didik, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan, dimana hal ini merupakan salah satu bentuk merdeka dalam belajar.

Sejalan dengan semangat tersebut, Procter & Gamble (P&G) Indonesia menegaskan kembali komitmennya dalam mendukung pendidikan yang inklusif melalui program We See Equal (WSE). Selama kurang lebih 6 tahun berjalan lewat kolaborasi bersama Save the Children Indonesia di wilayah Jawa Barat yaitu Kabupaten Bandung dan Cianjur, program We See Equal berupaya memberdayakan komunitas demi menciptakan lingkungan yang setara, aman, dan positif gender, sehingga generasi mendatang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Saranathan Ramaswamy selaku Presiden Direktur, P&G Indonesia menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung Hari Pendidikan Nasional dengan terus memperjuangkan pendidikan yang setara, aman dan positif gender.

“Pendidikan tak hanya sebuah kunci, tetapi juga harapan bagi masa depan yang lebih baik, dan setiap anak berhak mendapatkannya terlepas dari gender dan latar belakang mereka. Sejalan dengan semangat pemerintah, P&G Indonesia turut memberikan kontribusi positif untuk memastikan setiap anak memiliki akses yang sama terhadap pendidikan yang berkualitas, setara, dan inklusif. Melalui program We See Equal, kami bekerjasama dengan Save the Children membentuk lingkungan yang setara, positif gender, dan aman bagi mereka. Ini adalah cara kami untuk terus hadir bersama anak-anak Indonesia dan mendukung mereka untuk mendapat akses yang setara terhadap kehidupan yang lebih berkualitas di masa kini dan mendatang,” terangnya (2/5/2024)

Dalam program We See Equal, upaya yang dilakukan tidak hanya membentuk karakter positif murid-murid di sekolah tetapi juga mengedukasi orang tua dalam mendidik anak remaja. Peran orang tua sangat penting dalam membentuk karakter positif anak-anak. Namun demikian, kompleksitas tantangan yang dihadapi orang tua dalam mendidik anak remaja menjadi hambatan bagi mereka. Dalam menghadapi hal ini, Save the Children menyampaikan beberapa poin penting pendekatan yang dapat diterapkan orang tua untuk menunjang pendidikan dan pengasuhan anak yang aman, setara, dan positif gender, seperti:

●             Menerapkan disiplin positif yang berarti mendisiplinkan anak tanpa kekerasan melalui pemberian kehangatan dan bimbingan dari orangtua. Anak-anak merasa aman, nyaman, dihargai perasaan dan ide-idenya tanpa perasaan takut dan tertekan sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara sehat dan optimal.  Disiplin positif mempraktekkan nilai saling menghargai, kesetaraan dan keadilan gender di mana baik laki-laki maupun perempuan memiliki kesempatan dan penghargaan yang sama untuk tumbuh kembang secara sehat dan optimal.

●             Memahami kebutuhan anak sesuai tahapan usianya. Setiap tahap usia memiliki karakteristik dan kebutuhan, misalnya, usia remaja adalah usia dimana anak suka mencari tantangan dan risiko, lebih dekat dengan temannya, dalam tahap mencari jati diri sehingga harus direspon dengan memberi kepercayaan, menjelaskan konsekuensi setiap perilakunya baik positif dan negatif.

●             Komunikasi dua arah yang interaktif dimana orang tua memberikan kesempatan pada anak, baik laki-laki maupun perempuan untuk menyampaikan pandangannya sehingga mendorong anak terbuka kepada orang tua tanpa ada rasa takut dihakimi atau diabaikan.

Dengan pola asuh yang mengedepankan kepentingan anak, orang tua jadi mempunyai ikatan hubungan yang erat dengan anak sehingga pola asuh ini mendukung pertumbuhan emosional dan kognitif sang anak, dan juga menghindari risiko masalah perilaku karena anak-anak diberikan pemahaman dan konsekuensi dari tindakan mereka dan merasa lebih bertanggung jawab atas tindakannya.

Tata Sudrajat selaku Interim Chief of Advocacy, Campaign, Communication, and Media, Save the Children Indonesia menyampaikan, pengasuhan positif memastikan tumbuh kembang anak yang sehat, aman  dan tanpa menggunakan kekerasan atau hukuman yang merendahkan harkat & martabat anak sesuai hak-haknya. Melalui program Wee See Equal, orang tua dan pengasuh dilatih pengasuhan positif dimana mereka belajar memahami pentingnya memiliki tujuan pengasuhan, bagaimana menyediakan kehangatan dan bimbingan, memahami apa yang anak rasakan dan pikirkan melalui tumbuh kembang anak dan bagaimana menyelesaikan masalah serta menciptakan komunikasi yang saling menghargai dengan anak. Kami berharap, program We See Equal bersama orang tua, pengasuh, sekolah dan masyarakat dapat mempromosikan dan melindungi hak-hak anak.

Menanggapi langkah positif yang dilakukan oleh P&G Indonesia dan Save the Children, Anggun selaku Brand Ambassador Pantene, salah satu produk perawatan rambut dari P&G yang juga seorang ibu, menyoroti pentingnya pendidikan bagi masa depan anak-anak menyatakan, sebagai seorang ibu, pendidikan anak merupakan prioritas utama bagi saya. Pengalaman pribadi dalam membesarkan anak perempuan, membuat saya percaya bahwa setiap anak berhak mendapatkan kesempatan yang sama dalam hal pendidikan yang berkualitas, terlepas dari gender dan identitasnya. Terutama pada era yang dalam proses belajarnya menggunakan platform digital, dimana dia dapat mengakses berbagai sumber, saya sebagai orang tua pun harus terus belajar dan mengikuti hal-hal baru tersebut, demi terus mendukung pendidikan anak. Selain itu saya tetap mengarahkan anak saya untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya, seperti membaca buku yang dia suka, untuk memberi ruang agar dia tetap bisa bereksplorasi sesuai keinginannya namun tetap dengan bimbingan dan arahan dari orang tua. Melihat langkah positif yang diambil P&G Indonesia dan Save the Children melalui program We See Equal sungguh menginspirasi saya. Saya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan dalam memprioritaskan pendidikan yang setara, aman, dan positif gender, karena dapat memberikan harapan baru bagi masa depan anak-anak Indonesia.

Melalui program We See Equal, inisiatif dari P&G dan Save the Children telah berhasil memberdayakan  80 sekolah, 26.998 anak, 1.874 guru, dan 2.990 orang tua, serta mencakup 11 desa dengan melibatkan 551 tokoh masyarakat, 77 staf pemerintah dan 11 forum anak di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung. Selain itu, program ini juga berhasil membentuk Forum Anak Desa di bawah bimbingan WSE sebagai wadah anak-anak untuk menyuarakan kebutuhan dan ide-ide mereka, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan mereka. Melihat dampak positif yang dihasilkan, Pemkab  Cianjur dan Pemkab Bandung pun telah berinisiatif untuk mereplikasi pelaksanaan modul WSE ke lebih banyak sekolah.

Sebagai kelanjutan dari komitmennya, P&G bersama Save the Children sedang melakukan evaluasi dan perencanaan untuk fase keempat dari program We See Equal. Langkah ini merupakan upaya konkret untuk memastikan kelangsungan dalam membentuk lingkungan yang setara, berorientasi pada positif gender, dan aman bagi perkembangan anak-anak. (Rls/Her)

Continue Reading

CSR

Sambut HUT ke-35, FIFGROUP Jadi Sponsor Utama Kuliner Lampung Festival 2024

Published

on

.

Bisniscorner.com –  Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-35, PT Federal International Finance (FIFGROUP) hadir sebagai sponsor utama dalam ajang Kuliner Lampung Festival (KLF) 2024 yang akan diselenggarakan mulai hari ini, tanggal 26 April hingga 5 Mei 2024, di Taman Griya Parkir, Lapangan Parkir Angel Wing, Enggal, Bandar Lampung mulai pukul 15.00 – 22.00 WIB setiap harinya.

Kepala FIFGROUP Wilayah Lampung dan Bangka Belitung, Subur Ritonga, menyebutkan bahwa KLF 2024 merupakan wadah untuk melestarikan kuliner dan jajanan Indonesia serta diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian dan masyarakat Lampung.

“Sebagai bagian dari rangkaian menyambut HUT ke-35 FIFGROUP, kami menjadi sponsor utama dalam pameran kuliner ini. Kami percaya bahwa momen KLF 2024 akan memberikan manfaat besar, terutama bagi perekonomian Lampung dengan partisipasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang akan mengisi setiap stand,” ujar Subur.

Lebih lanjut, Subur menjelaskan bahwa KLF 2024 merupakan destinasi liburan akhir pekan yang ideal, di mana pengunjung dapat menikmati kuliner dan jajanan khas Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. “KLF 2024 adalah ajang yang tepat bagi masyarakat Lampung untuk menikmati liburan akhir pekan dengan beragam kuliner dan jajanan Indonesia serta berbagai kegiatan seru dan hadiah menarik,” tambahnya.

Selain pameran kuliner, pengunjung KLF 2024 juga dapat menikmati beragam acara live music dan entertainment, serta berpartisipasi dalam berbagai kompetisi, permainan berhadiah, dan pameran lainnya dengan promo menarik.

FIFGROUP dengan 5 brand services

Pada KLF 2024 yang akan berlangsung selama 10 hari tersebut, FIFGROUP akan hadir dengan kelima brand services-nya, yaitu FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, FINATRA, dan AMITRA.

FIFASTRA menawarkan solusi finansial bagi masyarakat Lampung yang ingin memiliki sepeda motor Honda dengan promo hemat angsuran hingga Rp6,8 juta dan uang muka mulai dari 10%. “Kami memberikan kesempatan kepada masyarakat Lampung untuk memiliki sepeda motor Honda dengan angsuran hemat dan uang muka rendah,” kata Subur.

Selain sepeda motor Honda, FIFGROUP melalui SPEKTRA juga menyediakan layanan pembiayaan untuk alat elektronik, gadget, dan perabot rumah tangga. Cukup dengan Rp175 ribu, masyarakat Lampung dapat membawa pulang barang impian mereka, ditambah dengan potongan angsuran hingga Rp200 ribu dan hadiah langsung yang bisa didapatkan hanya di KLF 2024.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari biaya pendidikan, kesehatan, hingga renovasi rumah, FIFGROUP hadir dengan DANASTRA yang menyediakan layanan pembiayaan multiguna. DANASTRA menawarkan promo potongan angsuran hingga Rp600 ribu dan souvenir menarik.

Melalui FINATRA, FIFGROUP menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia. Pada KLF 2024, pelaku UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya dapat menikmati promo potongan angsuran sebesar Rp6 juta.

AMITRA, layanan pembiayaan syariah dari FIFGROUP, juga memberikan promo menarik bagi masyarakat muslim Lampung yang hendak melaksanakan ibadah Naik Haji atau Umrah. AMITRA menawarkan potongan biaya admin untuk Haji Reguler hingga Rp500 ribu.

Tidak hanya itu, kehadiran AstraPay sebagai penyedia layanan dompet digital juga menambah keuntungan pada program KLF 2024 dengan berbagai promo cashback dan voucher diskon. “KLF 2024 adalah momen yang tepat untuk menikmati liburan akhir pekan bersama keluarga, mencicipi kuliner dan jajanan menarik, serta mewujudkan impian dengan kemudahan finansial dari FIFGROUP,” tutup Subur.

Bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP

Tidak hanya terkait soal pengembangan bisnisnya, FIFGROUP juga terus berupaya melanjutkan komitmen untuk terus hadir bagi masyarakat. Dalam acara konferensi pers, FIFGROUP juga turut memberikan bantuan kepada 5 pondok pesantren dan panti asuhan sebagai berikut : Panti Asuhan Ummi May, Panti Asuhan & Sekolah Luar Biasa Yayasan Dharma Sari, Panti Asuhan Daarul Aitam, Panti Asuhan Bussaina dan Panti Asuhan Budi Asih.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh jajaran manajemen FIFGROUP Area Lampung dan Bangka Belitung kepada masing-masing perwakilan pondok pesantren dan panti asuhan, yang turut hadir dalam acara pembukaan booth tersebut. Bantuan yang diberikan masing-masing sebesar Rp7 juta sehingga total dana bantuan CSR yang diberikan adalah sebesar Rp35 juta. (Rls/Her)

Continue Reading

Berita Terbaru

Breaking News13 jam ago

Keikutsertaan Febryan Wishnu dalam Program “Praktisi Mengajar” di Jurusan DKV Universitas Mercu Buana

Bisniscorner.com – Febryan Wishnu, seorang pengusaha muda dari Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang berkiprah dalam industri ekonomi kreatif, dengan bangga...

Breaking News19 jam ago

Accor Buka ibis Styles Serpong BSD City

Bisniscorner.com – ibis Styles, brand ekonomi berbasis desain dari Accor, dengan senang hati mengumumkan pembukaan ibis Styles Serpong BSD City...

Breaking News20 jam ago

Menteri Basuki: BPKP Guru Penguatan Sistem Pengendalian Intern Kementerian PUPR

Bisniscorner.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjadi pembicara pada acara Forum Nasional Pembentukan Karakter Inti...

Breaking News2 hari ago

Kementerian PUPR Kerahkan Alat Berat Tangani Banjir Lahar Dingin di Sumbar

Bisniscorner.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bergerak cepat mengerahkan alat-alat berat untuk membantu penanganan darurat bencana banjir...

Breaking News3 hari ago

Antisipasi Krisis Air, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Ameroro dan Penataan KSPN Wakatobi di Sultra

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ameroro dan Penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Peresmian...

Breaking News4 hari ago

Presiden Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah Sepanjang 165 km pada 15 Kabupaten/Kota di Sultra

Bisniscorner.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan penyelesaian pembangunan 22...

Trending